data-ad-format="auto"

Cara Mengatasi Penyakit Pelupa

Sering kali ingin melakukan sesuatu namun ternyata tiba-tiba saja lupa akan melakukan apa. Hal ini bukan hanya kebetulan saja, namun juga termasuk ke dalam sebuah penyakit yang harus segera diatasi. Pada umumnya, penyakit lupa dialami oleh kaum manula. Namun ternyata bukan hanya monopoli kaum manula saja, pada kalangan anak muda seperti anak-anak, remaja, mahasiswa dan bahkan karyawan kerap kali mengalami hal serupa.

Seringkali kita lupa dengan hal-hal yang bahkan telah menjadi rutinitas kita sehari-hari. Seperti hal nya pergi ke kantor, ke pasar, ke sekolah atau bahkan melupakan janji bersama orang lain. Alhasil segala perencanaan akan aktivitas yang hendak anda lakukan hari ini menjadi berantakan dan berdampak tidak baik untuk anda dan oranglain.

Selain itu, penyakit lupa atau dimensia disebut-sebut merupakan penyakit degenerati akibat matinya sel-sel otak dan umumnya dapat menyebabkan kemunduran fungsi kognitif dan intelektual, diantaranya meliputi kemunduran daya ingat serta proses berpikir pada seseorang. Untuk itu, ketika anda merasa bahwa saat ini anda seringkali kelupaan melakukan sesuatu maka segera atasi penyakit pelupa anda dengan mulai mengaplikasikannya pada hal-hal yang anda lakukan.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi penyakit pelupa :

1. Buatlah Jadwal Kegiatan (Schedule)

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Membuat jadwal rangkaian kegiatan yang akan anda kerjakan pada hari ini akan membantu anda untuk mengingat semua kegiatan yang akan anda lakukan. Buatlah serangkaian daftar kegiatan tersebut pada sebuah papan pengumuman, white board atau papan mading yang ditempel dan diletakan pada tempat yang sering anda lewati misalkan di pintu, kulkas atau kamar anda. Tentunya hal seperti ini akan sangat membantu dan mengingatkan anda sebab secara tidak langsung anda akan membacanya setiap hari dan membuat anda selalu ingat.

2. Tulis di Buku Catatan

Sebuah buku catatan atau notebook bisa anda gunakan untuk menulis semua rencana-rencana anda dimasa mendatang, termasuk janji anda bersama orang lain. Menulisnya dalam notebook akan lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Dengan demikian anda akan mudah mengingat setiap rencana yang anda buat setiap kali anda lupa akan melakukan apa.

3. Persiapkan Segala Sesuatunya Dengan Baik

Orang yang mudah lupa amat dianjurkan untuk selalu membuat persiapan dengan baik sebelum melakukan segalah hal. Terutama bagi anda para pekerja dan pelajar yang hendak pergi ke kantor, pergi berlibur maupun berpergian jauh. Persiapan yang baik tentu akan sangat membantu anda, bayangkan ketika anda berpergian jauh dan ketika sampai di tempat tujuan anda baru menyadari jika anda melupakan sesuatu, sementara untuk kembali kerumah jarak yang ditempuh begitu jauh. Hal seperti ini tentunya akan sangat merugikan anda. Untuk itu, buatlah persiapan sematang mungkin.

4. Mintalah Bantuan Orang Lain

Meminta bantuan orang lain untuk mengingatkan anda jika saja anda melupakan sesuatu adalah alternatif terbaik yang bisa anda lakukan. Mintalah adik atau orangtua anda untuk mengingatkan anda akan satu hal yang penting yang tentunya hal tersebut sudah terlebih dahulu anda beritahukan kepada mereka. Dengan begitu, mereka akan selalu mengingatkan anda apakah hal tersebut sudah anda lakukan atau belum.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi penyakit pelupa. Cara diatas akan membantu anda melewati hari dengan terpenuhinya segala urusan dan rencana yang telah anda buat tanpa anda lupakan.