4 Cara Mengatasi Penglihatan Kabur Saat Hamil

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur Saat Hamil – Ketika hamil, wanita akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya yang disebabkan karena perubahan hormon, serta cairan yang meningkat. Kondisi ini akan menimbulkan efek tertentu pada tubuh, tidak terkecuali pada mata.

Kondisi penglihatan buram biasanya dialami saat usia kehamilan trimester kedua. Namun, bisa juga dialami saat usia kandungan berapapun. Biasanya kondisi ini disertai dengan gejala seperti pusing, mual hingga muntah. Namun, masalah penglihatan karena kehamilan biasanya akan membaik setelah di kecil dilahirkan.

Saat hamil penglihatan kabur biasanya disebabkan karena kelebihan cairan dalam tubuh. Hal ini membuat kornea matab lebih tebal, serta terjadin peningkatan tekanan dalam bola mata. Tidak hanya itu, saat hamil penglihatan kabur juga bisa disebabkan karena pusing, mata kering, hormon yang mengalami perubahan sampai masalah kesehatan yang serius seperti preeklamsia hingga kerusakan retina.

Nah, untuk membantu mengatasi penglihatan kabur saat hamil dengan mudah dan alami, beberapa langkah di bawah ini bisa anda coba.

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur Saat Hamil

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur Saat Hamil

Untuk membantu mengatasi tidak nyaman yang disebabkan karena penglihatan mata kabur saat hamil, beberapa langkah berikut ini bisa anda lakukan.

Memakai Kacamata Ketika Berakitivitas

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi penglihatan kabur yaitu dengan menggunakan kacamata, apalagi jika anda melakukan aktivitas. Dengan menggunakan kacamata penglihatan anda akan menjadi lebih jelas. Selain itu, penggunaan kacamata juga akan membantu melindungi mata anda dari cahaya yang terang.

  • Nah, apabila anda biasanya terbiasa dengan memakai soflens, maka sebaiknya anda menggantinya dengan kacamata.
  • Pilihlah model kacamata yang nyaman untuk digunakan beraktivitas sehari-hari.

Istirahatkan Mata

Secara berkala anda bisa mencoba istirahatkan mata anda, terutama jika anda aktif menggunakan ponsel atau berada di depan komputer.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengistirahatkan mata yaitu menggunakan teknik 20-20-20. Caranya iatu mata diistirahatkan tiap 20 menit, selamat 20 detik, melihat objek yang jaraknya 20 kaki.

Menggunakan Air Mata Buatan

Langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi penglihatan kabur ketika hamil yaitu dengan memakai air mata buatan.

  • Anda bisa memakai obat tetes air mata buatan untuk mengatasi penglihatan kabur yang disebabkan oleh kondisi mata kering.
  • Sebelum menggunakannya lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya, obat mata yang tersedia di pasaran tidak semuanya aman digunakan oleh ibu hamil.

Manfaatkan Air Dingin Untuk Mengompres Mata

mengompres mata dengan menggunakan air dingin merupakan langkah yang mudah dan praktis. Selain membuat mata segar, juga akan membantu mengatasi mata kabur ketika sedang hamil.

  • Cara yang bisa dilakukan sangat mudah. Silakan siapkan air es secukupnya saja.
  • Lalu celupkan handuk bersih dalam air es tersebut.
  • Selanjutnya anda bisa kompres mata selama beberapa menit dengan menggunakan handuk tersebut.

Jika keluhan penglihatan kabur yang anda alami terjadi secara mendadak, atau disertai dengan gejala lainnya seperti sakit perut, sakit kepala, ada titik hitam pada penglihatan dan bengkak-bengkak, maka sebaiknya anda segera periksakan kondisi anda pada dokter. Karena bisa saja kondisi tersebut menjadi gejala masalah yang serius seperti kerusakan retina, diabetes gestasional atau preeklamsia.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons