5 Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Cara  Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil  – Saat hamil mudah lelah menjadi keluhan yang umum dialami. Meskipun begitu, keluhan ini membuat ibu hamil tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Bahkan bisa saja menjadi gejala masalah kesehatan.

Biasanya keluhan mudah lelah dialami saat usia kehamilan trimester pertama. Namun, bisa juga dialami pada usia kehamilan trimester kedua bahkan trimester ketiga kehamilan. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan mudah lelah saat hamil seperti hormon yang mengalami perubahan, morning sicknes, anemia hingga perasaan cemas dan khawatir. Nah, untuk membantu mengatasi mudah lelah saat hamil, beberapa cara di bawah ini bisa anda coba ikuti.

Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Cara  Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Untuk membantu mengurangi rasa lelah saat hamil,  beberapa cara berikut ini bisa anda lakukan.

Kurangi Aktivitas

Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Selama hamil anda harus membatasi aktivitas atau mengurangi pekerjaan. Ini dilakukan untuk mencegah kelelahan saat hamil.

  • Sebaiknya minta keluarga atau suami untuk membantu pekerjaan rumah.
  • Jika anda bekerja, anda bisa menyempatkan waktu untuk beristirahat sejenak di tengah-tengah aktivitas. Hindari memaksakan diri, jika sudah lelah anda bisa rehat sejenak.

Konsumsi Makanan Sehat

Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil penting dilakukan, caranya yaitu dengan mengonsumsi aneka makanan sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat juga akan membantu mengatasi lelah selama hamil.

  • Anda bisa mengonsumsi makanan seperti telur, ikan, keju, susu dan aneka buah serta sayuran.
  • Sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji, serta roti tawar putih. Makanan ini justru akan membuat ibu hamil mudah mengantuk.
  • Untuk gantinya anda dapat memilih roti gandum sebab nutrisinya lebih baik.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Saat hamil anda dapat melakukan aktivitas fisik ringan sesuai dengan kemampuan. Aktivitas atau olahraga ringan yang anda lakukan juga pastikan aman untuk ibu hamil. Dengan rutin melakukan olahraga maka akan dapat meningkatkan energi serta rasa lelah akan berkurang.

  • Anda bisa memilih jenis olahraga yang aman dan nyaman dilakukan oleh ibu hamil.
  • Diketahui terdapat beberapa jenis olahraga yang bisa ibu hamil lakukan seperti senam hamil, jalan santai di sekitar rumah hingga yoga.
  • Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter karena setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Selanjutnya cara  yang bisa  anda lakukan untuk mengatasi mudah lelah ketika hamil yaitu dengan mencukupi kebutuhan air putih. Minum air putih yang banyak disarankan bagi ibu hamil agar terhindar dari masalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Bahkan mencukupi kebutuhan air putih juga akan membantu meringankan morning sickness. Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih akan membuat anda merasa lebih bugar sehingga terhindar dari kelelahan.

  • Cukupi kebutuhan air putih dengan lebih banyak minum air.
  • Hindari minum minuman tidak sehat yang dapat berpengaruh untuk kehamilan.

Mengonsumsi Suplemen yang Diresepkan Dokter

Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Mencukupi kebutuhan nutrisi selain mengonsumsi makanan yang sehat, serta mengandung gizi seimbang, juga bisa dengan mengonsumsi suplemen kehamilan.

Pastikan anda mengonsumsi suplemen kehamilan resep dari dokter. Hindari mengonsumsi obat sembarangan saat hamil.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Kehamilan

Itulah beberapa cara mengatasi mudah lelah saat hamil yang bisa coba anda ikuti. Jika mudah lelah terus menerus anda alami meskipun sudah mencoba cara di atas, atau bahkan diikuti dengan gejala lainnya sebaiknya anda konsultasikan pada dokter.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons