5 Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

 

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil – Preeklamsia merupakan suatu keadaan terjadinya tekanan darah tinggi pada masa kehamilan. Kondisi ini bisa disertai dengan kerusakan pada organ tubuh lainnya seperti hati dan ginjal. Biasanya kondisi ini terjadi saat usia kehamilanlebih dari 20 minggu.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terjadinya preeklamsia. Berikut ini beberapa caranya.

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Risiko preeklamsia dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Inilah beberapa cara mencegah preeklamsia saat hamil.

Baca juga : Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Kontrol Berat Badan

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat membuat keseimbangan hormon, serta metabolisme tubuh terpengaruh. Hal ini akan dapat menyebabkan risiko terjadinya preeklamsia meningkat. Sehingga selama masa kehamilan menjaga berat badan sangat penting dilakukan. Kenaikan berat badan harus diperhatikan supaya tidak meningkat drastis.

Ibu hamil harus menjaga berat badannya supaya tetap stabil dan berada dalam batas normal sejak sebelum memasuki kehamilan dengan memperhatikan Body Mass Index (BMI).  Jika anda mengetahui BMI maka anda bisa tahu berat badan saat ini apakah overweight, normal atau underweight. Cara ini akan membantu anda supaya saat hamil dapat terhindar dari kelebihan berat badan.

Menjaga Asupan Makanan Saat Hamil

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Saat hamil menjaga asupan makanan sangat penting dilakukan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti berikut ini.

  • Asupan garam harus anda batasi, serta harus mendapatkan asupan kalium yang cukup dalam setiap harinya dari berbagai jenis makanan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko meningkatnya tekanan darah, sebelum kehamilan ataupun saat masa kehamilan.
  • Anda harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi. Untuk kehamilan yang sehat, asupan vitamin, antioksidan dan mineral juga penting.
  • Anda harus bijak dalam memilih makanan saat masa kehamilan. Hindari makanan kemasan, makanan gorengan, makanan berpengawet hingga makanan dengan kandungan gula tinggi.

Cegah Masalah Dehidrasi dan Kelelahan

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dan mencukupi waktu istirahat supaya  tidak mudah lelah memiliki kontribusi untuk mengontrol tekanan darah tinggi di masa kehamilan. Sebagai cara mencegah dehidrasi dan kelelahan, beberapa tips berikut ini dapat anda perhatikan.

  • Anda harus mencukupi kebutuhan cairan dalam setiap harinya. Selama hamil usahakan anda minum 8 hingga 10 gelas air perhari. Dengan cara ini akan dapat membantu tubuh menyeimbangkan kadar garam.
  • Selain memastikan tubuh tidak dehidrasi, anda juga harus mencukupi istirahat. Pastikan waktu tidur anda cukup, yaitu minimal 7 hingga 8 jam setiap malam.
  • Saat tidur kaki bisa diposisikan lebih tinggi ke atas. Ini dilakukan agar aliran darah dalam tubuh lancar.
  • Pastikan cukup istirahat dan tidak melakukan aktivitas berat supaya tidak mudah lelah.

Rutin Melakukan Olahraga

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Melakukan olahraga dengan teratur saat masa kehamilan akan dapat membantu menjaga kesehatan, termasuk dapat membantu mengontrol berat badan, serta mengurangi stres. Manfaat lainnya yaitu risiko komplikasi kehamilan akan berkurang, termasuk preeklamsia.

Pilihlah olahraga yang tepat untuk ibu hamil, karena tidak semua olahraga bisa dilakukan selama kehamilan. Anda bisa mencari tahu olahraga apa yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Jika diperlukan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang aman selama kehamilan.

Melakukan Kontrol dan Konsultasi dengan Rutin Pada Dokter

Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Konsultasi teratur dengan dokter diperlukan, selain saat anda tengah hamil, juga diperlukan sejak anda mempersiapkan kehamilan.  Dengan melakukan konsultasi teratur dapat membantu menghindari faktor yang menyebabkan preeklamsia.

Anda bisa datang untuk melakukan kontrol dan  konsultasi pada dokter sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Umumnya dokter bisa mendeteksi sejak dini gejala yang dicurigai preeklamsia.

Lihat juga : Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah preeklamsia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply