12 Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Cara Mencegah Kelahiran Prematur – Kelahiran prematur yaitu kelahiran sebelum usia  kehamilan 37 minggu. Berbagai masalah kesehatan dapat dialami bayi  yang lahir prematur, bahkan bisa menyebabkan kematian bayi.

Ada  beberapa faktor yang akan meningkatkan kelahiran prematur seperti usia ketika hamil, gaya hidup kurang sehat, sebelumnya pernah melahirkan prematur  sampai masalah kesehatan tertentu. Nah, guna menghindari kelahiran prematur dan bayi dapat lahir normal serta cukup bulan, simak beberapa cara mencegah kelahiran prematur di bawah ini.

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Agar risiko melahirkan prematur berkurang, langkah pencegahan bisa anda lakukan. Yuk simak beberapa cara mencegah bayi lahir prematur di bawah ini.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Menerapkan pola hidup sehat sebelum dan selama kehamilan sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa simak beberapa tips berikut ini.

  • Konsumsilah makanan dengan kandungan gizi seimbang. Anda harus mencukupi asupan protein, omega-3, karbohidrat, vitamin, zat besi dan asam folat.
  • Menghindari stres.
  • Menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Selain itu, selama hamil juga penting untuk menghindari asap roko.
  • Menjaga agar berat badan tetap normal, tidak terlalu gemuk ataupun terlalu kurus

Mencegah Infeksi

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Ibu hamil sebisa mungkin harus mencegah infeksi. Infeksi yang dialami saat hamil akan dapat membuat risiko kelahiran prematur meningkat.

  • Jika anda merasa mengalami infeksi saat hamil, baik bakteri atau virus, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan pada dokter agar bisa diatasi segera.
  • Anda juga bisa mencegah infeksi dengan berbagai cara seperti  rajin mencuci tangan, tidak menyentuh maupun membuang kotoran kucing, menggunakan pengamanan saat melakukan hubungan suami istri dan lain sebagainya.

Jaga Agar Berat Badan Tetap Sehat

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah komplikasi saat hamil. Dimana berbagai komplikasi yang ditimbulkan akan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Sebelum merencanakan kehamilan, sebaiknya anda sudah menjaga berat badan normal.

Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan lengkap. Asupan harian anda juga sebaiknya dilengkapi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh. Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh diketahui akan menurunkan risiko kelahiran prematur.

Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mencegah kelahiran prematur yaitu dengan memperhatikan kesehatan gigi dan gusi. Menurut penelitian, infeksi dan peradangan pada gusi akan dapat mempengaruhi kelahiran.

  • Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi selama masa kehamilan. Anda bisa membersihkan gigi dengan rutin dan menyeluruh.
  • Jika anda mengalami masalah gigi atau gusi saat hamil, sebaiknya anda segera melakukan konsultasi pada dokter.

Perhatikan Jarak Kehamilan

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Mengatur jarak kehamilan, antara kehamilan pertama dan kehamilan kedua merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kelahiran prematur. Cara ini bisa dilakukan untuk ibu yang sebelumnya pernah mengalami kelahiran prematur. Apabila kehamilan jaraknya terlalu dekat setelah melahirkan prematur, maka risiko kelahiran prematur pada kehamilan berikutnya akan meningkat.

Cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga jarak kehamilan yaitu dengan memakai kontrasepsi. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui alat kontrasepsi terbaik untuk anda.

Hindari Kebiasaan Buruk

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Seperti yang kita ketahui, merokok  memiliki dampak buruk bagi kesehatan, termasuk kesehatan ibu hamil. Pada ibu hamil salah satu bahaya merokok yaitu akan membuat risiko kelahiran prematur menjadi meningkat.

  • Oleh karena itu, agar buah hati lahir sehat dan normal sebaiknya anda mulai berhenti merokok.
  • Tidak hanya rokok saja yang perlu dihindari, namun anda juga sebaiknya menghindari minum minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Alkohol dan obat-obatan terlarang juga akan meningkatkan kelahiran prematur, serta bahaya untuk perkembangan janin dalam kandungan.
  • Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui cara berhenti merokok, jika anda merasa kesulitan menjauhi kebiasaan yang satu ini.

Minum Asam Folat

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Cara lainnya untuk mencegah bayi lahir prematur yaitu mengonsumsi multivitamin. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi oleh wanita. Mengonsumsi  multivitamin asam folat akan mencegah cacat lahir, serta menurunkan risiko kelahiran prematur.

Nah, oleh karena itu konsumsilah multivitamin asam folat untuk mencegah masalah bayi lahir permatur. Selain dari multivitamin, asam folat  juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi aneka makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Mengelola Masalah Kesehatan

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Beberapa masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas akan dapat meningkatkan bayi lahir prematur.

  • Jika anda mengalami masalah kesehatan tersebut, anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum merencanakan kehamilan.
  • Pastikan kondisi kesehatan anda terkendali untuk mencegah kelahiran permatur. Anda bisa melakukan perawatan yang dokter sarankan.

Tetap Aktif Bergerak

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Hamil bukan alasan bagi anda untuk malas-malasan. Ketika hamil tidak ada salahnya jika anda tetap aktif bergerak. Ini dilakukan agar risiko  komplikasi berkurang ketika hamil seperti preeklampsia dan diabetes yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.

  • Olahraga yang dilakukan tentunya olahraga yang sesuai untuk ibu hamil. Olahraga ringan seperti berenang dan jalan santai bisa dilakukan.
  • Namun, sebelum melakukan olahraga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Sebab kondisi setiap ibu hamil berbeda-beda.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Saat hamil hindari makan dengan sembarangan. Anda harus lebih berhati-hati saat memilih makanan yang akan dikonsumsi.

  • Hindari konsumsi makanan yang tidak sehat, makanan yang bisa saja mengandung bakteri seperti ikan mentah, daging dan makanan yang telah kadaluwarsa.
  • Sebelum makan maupun sesudah makan anda sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Peralatan memasak yang terkena ikan mentah atau daging harus dibersihkan. Ini dilakukan agar tidak terdapat bakteri yang menempel pada peralatan masak tersebut.

Mencukupi Istirahat

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Mencukupi waktu istirahat saat hamil selain penting untuk kesehatan ibu hamil, juga penting untuk kesehatan bayi yang dikandung. Anda bisa meluangkan waktu beberapa jam untuk bersantai dan memulihkan diri.

  • Jika ada waktu anda bisa tidur siang.
  • Selain itu, ibu hamil juga dapat melakukan meditasi dengan teratur atau spa sesekali. Kegiatan ini akan dapat meredakan stres fisik ataupun stres mental yang dialami ibu hamul.

Rutin Periksa Kesehatan Pada Dokter

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Rutin melakukan pemeriksaan pada dokter sangat penting dilakukan saat masa kehamilan. Dokter tentunya akan mengetahui kondisi anda, serta janin dalam kandungan.

Ketika kontrol pada dokter, jangan ragu untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan atau gejala yang mengganggu anda. Termasuk jika anda memiliki riwayat melahirkan prematur.

Baca juga : Cara Menambah Berat Badan Saat Hamil

Itulah beberapa  cara mencegah kelahiran prematur yang bisa anda lakukan. Diharapkan setiap ibu dapat menjalankan masa kehamilan dengan sehat agar bayi sehat dan lahir normal. Jika mengalami keluhan-keluhan, sebaiknya anda segera melakukan konsultasi pada dokter.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons