11 Cara Mencegah Keguguran yang Penting Diketahui Ibu Hamil

Cara Mencegah Keguguran yang Penting Diketahui Ibu Hamil – Kehadiran buah hati tentu sangat dinantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Keluarga kecil akan menjadi lebih lengkap dan bahagia. Program hamil pun diikuti agar cepat hamil dan memiliki buah hati segera terwujud.

Nah, saat kehamilan sudah terjadi, tugas anda dan pasangan yaitu harus menjaga kesehatan kehamilan supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, serta menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan keguguran.

Supaya kehamilan tetap sehat dan terhindari dari masalah keguguran, berikut ini beberapa cara mencegah keguguran yang penting ibu hamil ketahui.

Cara Mencegah Keguguran

Cara Mencegah Keguguran yang Penting Diketahui Ibu Hamil

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah keguguran pada ibu hamil yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Untuk lebih jelasnya, mari simak cara mencegah keguguran di bawah ini.

Mencukupi Kebutuhan Asam Folat

Cara Mencegah Keguguran

Mencukupi kebutuhan asam folat sangat penting dilakukan oleh ibu hamil, bahkan sebelum ibu mengandung. Kandungan asam folat sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil dalam kandungan, dimana salah satu manfaatnya yaitu untuk sistem sarafnya.

Anda dapat mengonsumsi asam folat setidaknya sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Untuk lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gizi Seimbang

Cara Mencegah Keguguran

Dibandingkan sebelum hamil, kebutuhan kalori ibu hamil menjadi meningkat, dapat sekitar 400 hingga 500 ekstra dalam seharinya. Mencukupi kebutuhan kalori tentu sangat penting untuk dilakukan untuk proses tumbuh kembang janin dalam perut anda.

  • Caranya yaitu dengan memenuhi kebutuhan kalori dari aneka sumber nutrisi. Hal itu penting dilakukan oleh ibu hamil.
  • Anda harus makan dengan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang seperti karbohidrat, lemak, protein serta serat dalam setiap harinya.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Cara Mencegah Keguguran

Ketika hamil ibu harus lebih memperhatikan kegiatan yang dilakukannya. Beberapa kegiatan yang rentan untuk kehamilan sebaiknya dihindari. Ibu hamil tetap boleh melakukan olahraga namun dengan penyesuaian tertentu dan olahraga yang dilakukan yaitu olahraga khusus ibu hamil dan aman dilakukan. Selain bagus untuk kesehatan dan kebugaran, namun juga akan membantu mempersiapkan persalinan serta kesehatan mental ibu hamil akan terpelihara.

  • Sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga, pastikan anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Jika kondisi kehamilan anda memang dinyatakan baik, anda dapat melakukan olahraga dengan jenis olahraga sesuai yang dianjurkan dokter.

Menjaga Berat Badan Ideal

Cara Mencegah Keguguran

Menjaga berat badan ideal saat hamil perlu dilakukan. Pasalnya berat badan yang kurang atau berlebih saat hamil akan dapat menjadi faktor terjadinya komplikasi, termasuk keguguran.

  • Anda harus memastikan untuk menjaga agar berat badan ideal sesuai target kenaikan berat badan selama mengandung.
  • Konsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang.
  • Hindari mengonsumsi makanan tidak sehat yang akan menyebabkan peningkatan berat badan berlebih.
  • Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui tips yang tepat agar berat badan ideal saat hamil.

Mencegah Terjadinya Risiko Infeksi

Cara Mencegah Keguguran

Infeksi yang terjadi saat hamil menjadi salah satu menyebab keguguran terjadi pada ibu hamil. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah risiko infeksi agar kehamilan tetap sehat dan aman.

  • Anda harus melakukan pola hidup sehat dan bersih sebagai cara mencegah infeksi ketika sedang hamil.
  • Harus rajin mencuci tangan hingga bersih, menjaga kebersihan diri serta lingkungan dengan baik, memenuhi imunisasi berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Selain itu, anda juga harus lebih ekstra memperhatikan faktor infeksi pada organ intim dan saluran kencing. Hindari menahan keinginan buang air kecil, bersihkan vagina dengan baik dan benar dan rajin mengganti celana dalam ketika sudah lembab.

Menghindari Asap Rokok

Cara Mencegah Keguguran

Paparan asap rokok akan dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Asap rokok akan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Zat berbahaya ini akan menyebabkan masalah pada kehamilan trimester pertama maupun trimester kedua. Namun, pastikan anda menghindarinya selama kehamilan.

  • Hindari paparan asap rokok, baik sebagai perokok aktif ataupun perokok pasif.
  • Jika ada anggota keluarga yang merokok, anda bisa menghindarinya atau meminta merokok di luar rumah.

Jangan Mengonsumsi Obat-Obatan yang Tidak Perlu

Cara Mencegah Keguguran

Ketika hamil konsumsi obat-obatan tentu harus diperhatikan. Terdapat berbagai jenis obat yang akan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi kehamilan. Obat-obatan tersebut tentunya tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Jangan mengonsumsi obat sembarangan, kecuali obat atas resep atau petunjuk dari dokter.
  • Jika anda merasakan keluhan tertentu, anda sebaiknya langsung konsultasi saja pada dokter dan hindari mengonsumsi obat tanpa anjuran dokter.

Kontrol Penyakit Kronis

Cara Mencegah Keguguran

Mempunyai penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi atau penyakit autoimun akan dapat berpengaruh terhadap kehamilan.

  • Apabila anda memiliki penyakit tersebut dan harus rutin minum obat, anda harus memeriksa penyakit anda dengan rutin.
  • Anda harus mengkonsultasikan pada dokter yang merawat penyakit anda tersebut tentang kehamilan dan perawatan seperti apa yang baiknya anda lakukan.
  • Penyakit anda pastikan keadaannya baik dan tetap terkontrol supaya tidak menyebabkan komplikasi kehamilan.

Menjaga Kesehatan Mental

Cara Mencegah Keguguran

Menjaga kesehatan mental dengan menghindari stres menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya keguguran saat hamil. Perlu anda ketahui, stres yang dialami oleh ibu hamil akan dapat menyebabkan risiko, baik untuk janin ataupun ibu hamil. Kadar hormon yang naik turun akan mempengaruhi mood ibu hamil. Untuk membantu mencegah stres saat hamil, beberapa tips di bawah ini bisa anda lakukan.

  • Ketika merasa tertekan anda dapat melakukan relaksasi.
  • Hindari khawatir berlebihan dan selalu berpikiran positif. Dengan berpikir positif ibu hamil akan lebih tenang dan santai.
  • Lakukan hal atau kegiatan yang akan membuat ibu hamil bahagia.
  • Anda dapat berbagi masalah yang anda alami pada pasangan. Dengan begitu akan mendapatkan jalan keluar yang terbaik, serta membantu mengurangi beban.
  • Istirahat dengan cukup dan mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang.

Hindari Radiasi

Cara Mencegah Keguguran

Ketika hamil anda harus menghindari zat kimia beracun dan radiasi untuk menjaga kehamilan, terkecuali apabila ibu hamil membutuhkan proses radiasi seperti X-Ray atau CT scan yang dibutuhkan untuk diagnosa medis dan dokter telah mempertimbangkan akan hal itu.

Namun, sebisa mungkin anda harus hindari sinar radiasi serta zat kimia beracun seperti timbal, arsenik, benzena, formaldehid dan etilen oksida.

Kontrol dengan Rutin

Cara Mencegah Keguguran

Anda harus disiplin untuk kontrol rutin pada dokter kandungan anda untuk memeriksakan kondisi kehamilan anda. Dengan rutin memeriksa kandungan akan dapat mendeteksi dini apabila terdapat gangguan pada kehamilan anda. Dengan begitu dokter akan melakukan penanganan dan mencegahnya semakin buruk.

  • Pastikan anda datang menemui dokter sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Jika dokter memberikan saran tentang kehamilan, pastikan anda mengikutinya dengan baik.
  • Konsultasikan pada dokter mengenai keluhan yang anda alami.

Lihat juga : Cara Mengatasi Sakit Punggung Bawah Saat Hamil Besar

Itulah beberapa cara mencegah keguguran yang penting ibu hamil ketahui. Sangat penting untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berisiko menyebabkan keguguran agar kehamilan anda tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply