Bagaimana Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh Untuk Cegah Virus Corona?

Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh – SARS-CoV-2 atau lebih dikenal dengan virus Corona merupakan jenis baru coronavirus yang dapat menular ke manusia. Untuk pertama kalinya infeksi virus ini atau disebut dengan COVID-19 kasusnya ditemukan di Wuhan, Cina.

Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Infeksi virus Corona akan menunjukan beberapa gejala awal berupa gejala flu, seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, batuk kering dan kepala terasa sakit. Bahkan setelah itu, bisa saja gejala menjadi berat. Namun, umumnya terdapat 3 gejala yang dapat menjadi tanda seseorang terinfeksi virus ini yaitu, demam dengan suhu tubuh lebih 38 derajat Celcius, batuk, sesak napas.

Kita harus waspada terhadap penyebaran virus yang satu ini. Untuk mencegah penularan virus Corona, memperkuat sistem imun tubuh adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan. Selain mencegah paparan virus, kondisi sistem imun tubuh yang kuat akan dapat melindungi tubuh dari penyakit yang lainnya. Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh guna mencegah virus Corona.

cara memperkuat sistem imun tubuh

Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh Untuk Cegah Virus Corona

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki sistem imun yang berperan untuk melawan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Hanya saja, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh menjadi lemah, seperti misalkan kekurangan gizi, penuaan, penyakit atau konsumsi obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat dan dapat melawan infeksi virus ataupun bakteri. Nah, di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga atau memperkuat daya tahan tubuh.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Tertular Virus Corona

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Sebaiknya perhatikan pola makan anda. Hindari konsumsi makanan-makanan tidak sehat. Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan seperti misalkan buah-buahan dan sayuran. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan akan dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Kerja sistem imun tubuh akan terganggu jika pada tubuh anda banyak radikal bebas, efeknya anda akan lebih mudah terinfeksi oleh virus, termasuk virus Corona.

Tidak hanya itu, agar sistem imun tubuh tetap terjaga anda juga harus mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup. Anda dapat memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan biji-bijian untuk menjaga daya tahan tubuh agar kuat. Selain itu, jahe dan bawang juga diketahui bagus untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan yang dipercaya dapat meredakan peradangan dan melawan infeksi.

Istirahat dengan Cukup

Terkadang banyak orang yang mengabaikan waktu istirahatnya. Tidur larut malam sudah menjadi kebiasaan. Padahal sebenarnya, kurang tidur akan dapat menyebabkan efek buruk untuk kesehatan. Salah satu dampak buruk dari kurang tidur yaitu turunnya daya tahan tubuh. Akibatnya berbagai penyakit bisa menyerang tubuh dengan mudah.

Oleh karena itu, pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan membuat tubuh kuat dalam melawan paparan virus, termasuk virus Corona. Perlu anda ketahui, waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu sekitar 7 hingga 8 jam, sedangkan waktu tidur anak-anak yaitu sekitar 10 jam atau lebih.

Melakukan Olahraga dengan Rutin

Olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, olahraga juga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat, serta meredakan peradangan. Perlu anda ketahui, olahraga yang dilakukan dengan rutin memiliki efek yang bagus untuk sistem imun tubuh jika dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan jarang atau sesekali. Oleh karena itu, anda bisa melakukan olahraga dengan rutin setidaknya selama setengah jam dalam setiap harinya.

Kelola Stres dengan Baik

Seperti yang kita ketahui, stres tidak baik untuk kesehatan. Mengalami stres yang berkepanjangan akan dapat membuat produksi hormon kortisol meningkat. Jika hormon kortisol kadarnya tinggi maka kerja sistem imun akan terganggu dalam melawan infeksi. Mengetahui seperti itu, sangat penting untuk mengelola stres dengan baik untuk menjaga sistem imun tubuh anda, serta kuat dalam melawan infeksi virus penyakit.

Beberapa langkah mudah bisa anda lakukan untuk mengendalikan stres yang anda alami seperti misalkan mencukupi waktu tidur dalam setiap harinya. Selain itu, anda juga bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan agar pikiran dan tubuh anda menjadi rileks, seperti melakukan meditasi, melakukan hobi dan lain sebagainya.

Konsumsi Suplemen

Agar terhindar dari infeksi virus Corona, anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat pada suplemen akan dapat membuat sistem imun meningkat dalam melawan infeksi yang disebabkan karena bakteri atau virus, termasuk virus Corona. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan konsumsi suplemen.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok memiliki efek yang buruk untuk kesehatan. Terpapar oleh nikotin sangat merugikan untuk sistem kekebalan tubuh. Karena nikotin kadar kortisol akan meningkat, efeknya pembentukan antibodi sel B, serta respons antigen sel T akan berkurang. Oleh karena itu, lebih baik anda hentikan kebiasaan buruk yang satu ini.

Batasi Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dengan berlebihan tentunya tidak baik, terlebih lagi pada keadaan seperti sekarang ini. Alkohol yang kadarnya berlebihan pada tubuh akan dapat membuat sistem kekebalan tubuh terpengaruh. Maka dari itu, sebaiknya anda membatasi atau menghindari konsumsi alkohol.

Selain dengan memperkuat sistem imun tubuh dengan beberapa cara di atas, anda juga dapat melakukan upaya pencegahan virus Corona dengan melakukan beberapa seperti berikut :

  • Cuci tangan dengan benar dan teratur. Mencuci tangan merupakan langkah pencegahan virus Corona yang paling sederhana namun efektif. Anda harus rutin mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan air mengalir dan sabun. Setidaknya anda dapat mencuci tangan selama 20 detik. Cuci seluruh bagian tangan anda, termasuk sela-sela jari, pergelangan tangan, punggung tangan dan kuku. Setelahnya anda bisa mengeringkan tangan dengan tisu. Jika sulit menemukan air atau sabun, anda bisa membersihkan tangan anda dengan menggunakan hand sanitizer.
  • Jangan menyentuh wajah, mata dan hidung dengan menggunakan tangan yang belum dicuci atau keadaannya kotor.
  • Sebaiknya hindari pergi ke negara atau daerah yang telah terjangkit oleh virus Corona. Selain itu, disarankan juga untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter ketika anda berinteraksi dengan orang lain. Hindari bepergian ke tempat-tempat ramai. Selain itu, selama di rumah anda harus rutin membersihkan rumah untuk mengurangi risiko tertular oleh virus Corona.

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting dilakukan agar kita terhindar dari paparan virus penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh, beberapa langkah di atas bisa anda lakukan. Selain itu, untuk lebih jelasnya mengenai cara tepat memperkuat sistem imun tubuh, anda bisa melakukan konsultasi pada dokter.

Leave a Reply