8 Cara Membersihkan Puting Payudara Saat Hamil dengan Benar

Cara Membersihkan Puting Payudara Saat Hamil dengan Benar – Saat hamil, ada banyak perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil, salah satunya perubahan yang terjadi pada payudara. Oleh karena itu, saat hamil payudara membutuhkan perawatan khusus. Perawatan payudara yang harus dilakukan salah satunya yaitu membersihkan puting payudara.

Ada banyak perubahan yang akan terjadi pada payudara selama hamil. Payudara yang membesar menjadi perubahan yang paling sering dirasakan. Perubahan payudara lainnya yaitu sakit pada payudara, pembengkakan payudara, puting payudara yang biasanya lebih kering dan terasa gatal, pembuluh darah pada payudara terlihat, puting payudara menjadi sensitif, muncul bintik kecil menonjol di areola dan lain sebagainya. Dimana perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara saat hamil ini disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.

Nah, mengetahui seperti itu maka sangat penting untuk merawat payudara dengan baik dan benar saat hamil. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan perawatan pada payudara saat hamil. Sebelum mengetahui cara membersihkan payudara saat hamil, penting mengetahui beberapa manfaat merawat payudara saat hamil seperti berikut ini.

Cara Membersihkan Puting Payudara Saat Hamil

Manfaat Merawat Payudara Saat Hamil

Melakukan perawatan pada payudara saat hamil tentu akan memberikan banyak manfaat. Adapun beberapa manfaat merawat payudara saat hamil seperti berikut ini.

  • Kebersihan payudara akan terjaga, terutama kebersihan puting susu.
  • Melenturkan, serta menguatkan puting susu sehingga akan memudahkan si kecil saat menyusu nanti.
  • Dapat merangsang kelenjar air susu yang akan membuat produksi ASI menjadi lancar dan banyak.
  • Akan membantu mengetahui kelainan payudara lebih awal, sehingga bisa mengatasinya dengan cepat.
  • Membantu mempersiapkan mental anda menyusui buah hati.

Cara Membersihkan Puting Payudara Saat Hamil dengan Benar

Saat hamil anda perlu membersihkan payudara dengan baik dan benar untuk menghindari berbagai masalah yang mungkin akan dialami payudara ketika anda hamil. Nah, untuk membantu merawat, serta membersihkan puting payudara saat hamil, beberapa langkah berikut ini bisa anda lakukan.

Baca juga : 7 Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Bersihkan Payudara dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membersihkan puting payudara saat hamil yaitu dengan menggunakan air hangat. Membersihkan putih dengan air hangat akan membuat proses pembersihan lebih maksimal.

  • Gunakan air hangat dengan suhu yang tepat untuk membersihkan puting payudara anda. Hindari memakai air yang terlalu panas. Suhu air yang terlalu tinggi akan membuat kulit puting menjadi lebih sensitif sehingga rentan mengalami luka bakar.
  • Cara membersihkannya yaitu siapkan air hangat secukupnya saja dan kain bersih. Kemudian celupkan kain tersebut pada air hangat. Lalu anda bisa mengusapkannya dengan lembut pada payudara anda. Usapkan dengan hati-hati agar tidak melukai puting payudara anda. Kemudian anda bisa mengeringkannya dengan benar.

Keringkan Puting dengan Baik dan Benar

Setelah anda mencuci puting, pastikan anda mengeringkan puting dengan baik dan benar. Sebelum memakai bra, puting harus sudah dalam keadaan kering.

  • Hindari mengeringkan puting dengan menggosokan kain atau handuk langsung pada payudara anda.
  • Cara yang tepat yaitu menepuk-nepuk handuk lembut pada payudara anda sampai kering dengan sempurna. Baru setelah itu anda bisa menggunakan bra dan pakaian.

Memakai Breast Pad

Saat usia kehamilan menginjak trimster ketika puting akan mengeluarkan sedikit kolostrum.

Nah, untuk membantu menyerap cairan anda bisa memakai kain katun atau breast pad. Sehingga ASI tidak akan merembes pada baju anda  dan membuat pakaian basah. Gunakan breastpad yang bagus dan berkualitas agar anda nyaman saat menggunakannya.

Memakai Bra yang Tepat

Saat usia kehamilan trimester pertama, mungkin anda harus mengganti ukuran bra beberapa kali. Pilihlah bra dengan ukuran yang tepat untuk mencegah tidak nyaman dan sesak napas.

  • Selain memilih bra dengan ukuran yang sesuai, and ajuga sebaiknya memilih bra yang terbuat dari bahan katun, lembut dan empuk.
  • Hindari menggunakan bra yang memiliki kawat karena akan menyebabkan produksi susu terhambat.
  • Anda dapat memilih bra dengan kaitan yang banyak supaya pemakaian bisa disesuaikan kebutuhan. Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran payudara agar lebih nyaman.

Jangan Menggunakan Sabun Saat Membersihkan Payudara

Hindari menggunakan sabun untuk membersihkan atau mencuci payudara anda. Selain sabun, anda juga sebaiknya menghindari pembersih yang berbahan dasar alkohol. Sabun akan menyebabkan puting payudara kering, menyebabkan retak sampai membuat puting iritasi.

Oleh karena itu, ketika anda membersihkan puting atau pada saat mandi, sebaiknya hindari pemakaian sabun.

Rutin Mengganti Bra

Jika anda tidak biasa menggunakan breast pad atau merasa tidak nyaman saat menggunakannya, maka alternatif lainnya yang bisa dilakukan yaitu sering mengganti bra. Jika anda membiarkan payudara basah, terutama bagian putingnya terlalu lama maka akan dapat menyebabkan infeksi. Bahkan payudara anda akan lecet dan terasa sakit.

Oleh karena itu, gantilah bra anda setiap kali sudah mulai basah. Pastikan anda menggunakan bra yang nyaman.

Memakai Krim Pelembab

Setelah anda selesai mandi, kelembaban alami kulit akan hilang. Sehingga payudara dan putih biasanya akan menjadi lebih kering dibandingkan biasanya.

  • Untuk membantu mengatasi kondisi ini, anda dapat mencoba mengaplikasikan krim pelembab pada puting.
  • Pastikan anda memilih krim pelembab yang aman, ringan dan tentunya harus bebas alkohol. Akan lebih baik apabila anda memakai pelembab yang terbuat dari bahan alami.

Pijat Payudara

Pijat payudara merupakan salah satu perawatan payudara yang akan membantu mengatasi saluran ASI yang mengalami sumbatan, mengatasi puting pecah-pecah dan stretch mark.

  • Pijat payudara ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan hati-hati. Gunakan minyak zaitun untuk minyak pijat.
  • Silakan ambil minyak zaitun secukupnya pada tangan, kemudian dengan perlahan dan hati-hati gosokan pada sekitar puting payudara anda dengan gerakan melingkar.
  • Pijatan dilakukan dengan ujung jari. Puting ditarik dengan pelan dan lembut ke luar. Anda bisa melakukan pijat payudara ini selama kurang lebih 5 menit.
  • Jika terasa sakit, anda harus berhenti melakukan pijatan. Hindari juga memijat puting berlebihan ketika usia kehamilan anda berada di tahap akhir.

Itulah beberapa cara membersihkan puting payudara saat hamil yang bisa anda simak. Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi pada dokter mengenai perawatan puting payudara saat hamil dengan tepat. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai keluhan-keluhan yang anda rasakan pada payudara serta cara mengatasinya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons