Cara Membersihkan Paru-Paru Dengan Efektif Untuk Perokok Pasif

Cara Membersihkan Paru-Paru – Seperti yang kita ketahui semua, merokok memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Selain perokok aktif, perokok pasif juga akan mendapatkan dampak buruknya. Perokok pasif dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung, kanker, paru-paru dan bronkitis.

Pada saat anda berada di dekat orang yang merokok, maka zat kimia berbahaya akan dapat anda hirup, sama halnya seperti perokok aktif. Menghirup asap rokok dari orang lain akan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Membersihkan paru-paru sangat penting untuk dilakukan. Asap rokok akan dapat merusak paru-paru. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan paru-paru agar terhindari dari masalah kesehatan. Simak cara membersihkan paru-paru dan dampak asap rokok untuk perokok pasif di bawah ini.

Cara membersihkan paru-paru

Dampak Buruk Asap Rokok Untuk Kesehatan

Menghirup asap rokok tentunya akan berakibat buruk, baik untuk sementara waktu maupun untuk jangka yang panjang.

Dampak Buruk Asap Rokok Untuk Orang Dewasa yang Tidak Merokok

Asap rokok yang dihirup secara pasif akan menyebabkan risiko mengalami kanker paru-paru meningkat 25 %. Bahkan menjadi perokok pasif juga akan membuat risiko penyakit jantung koroner menjadi meningkat. Dimana penyakit ini akan dapat menimbulkan masalah serangan jantung, gagal jantung dan nyeri dada.

Selain itu, menghirup asap rokok juga bisa membuat arteri mengalami pengerasan. Kondisi ini disebabkan karena terbentuknya lemak, kolesterol,  serta zat yang lainnya pada dinding arteri. Pembuluh darah yang mengalami pengerasan akan membuat arteri menyempit, serta aliran darah akan terhalangi.

Dampak Buruk Pada Anak-Anak

Dampak buruk asap rokok untuk anak-anak akan membuat anak memiliki risiko mengalami beberapa masalah kesehatan tertentu seperti, pilek, asma, alergi, batuk, meningitis, infeksi telinga dan pernapasan, sindrom kematian bayi mendadak, telinga tengah mengalami infeksi.

Selain kesehatan anak yang terganggu, juga dapat menyebabkan kemampuan akademik si kecil perokok pasif lebih rendah jika dibandingkan dengan anak yang tidak pernah terpapar asap rokok.

Dampak Buruk Pada Ibu Hamil

Dampak buruk asap rokok pada ibu hamil akan dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti keguguran, berat badan bayi di bawah rata-rata dan bayi lahir mati.

Cara Membersihkan Paru-Paru Untuk Perokok Pasif

Nah, di bawah ini beberapa cara membersihkan paru-paru bagi anda perokok pasif.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Melakukan olahraga dengan teratur dapat membuat kesehatan fisik dan mental menjadi meningkat. Tidak hanya itu saja, olahraga dengan teratur juga akan membuat risiko mengalami masalah kesehatan berkurang, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Ketika berolahraga otot akan bekerja dengan keras sehingga laju pernapasan tubuh akan meningkat. Otot juga akan mendapatkan pasokan oksigen yang lebih besar. Melakukan olahraga juga akan membuat sirkulasi tubuh meningkat. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan oksigen dengan cukup, begitupun dengan paru-paru, jantung dan otot. Apabila olahraga dilakukan dengan rutin akan dapat membantu membersihkan paru-paru bagi mereka yang perokok pasif.

Sedangkan untuk anda yang mengalami masalah pernapasan, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan olahraga. Dokter akan menyarankan olahraga apa yang cocok sesuai dengan kondisi anda.

Lebih Sering Menghirup Udara Segar

Udara segar bisa anda dapatkan di tempat yang hijau. Udara segar yaitu udara dengan kadar polusi yang rendah. Tempat dengan banyak pepohonan kadar polusinya biasanya lebih rendah, sehingga sehat untuk dihirup.

Jika anda banyak menghirup udara segar, maka akan memperluas jaringan paru-paru sehingga bisa bekerja dengan baik. Jika anda tidak menemukan area hijau di dekat rumah anda, terutama di wilayah perkotaan, anda bisa mengatur waktu untuk pergi ke pegunungan atau dataran tinggi. Udara di sekitar pegunungan biasanya masih segar dan alami, masih baik dan sehat untuk paru-paru. Langkah ini bisa anda lakukan untuk membersihkan paru-paru agar lebih sehat.

Perhatikan Kebersihan Udara di Rumah

Menjaga kebersihan rumah sangat penting dilakukan. Kondisi rumah yang bersih akan membuat penghuninya merasa nyaman dan terhindari dari penyakit.  Buatlah rumah selalu bersih dan perhatikan juga udara di dalam ruangan agar tetap bersih.

Anda harus rutin membersihkan rumah seperti menyapu area rumah, memvakum dan mengepel rumah sekali sehari. Ini dilakukan supaya debu bisa dibersihkan dengan segera sehingga tidak akan menumpuk.

Selain itu, anda juga harus membersihkan ventilasi di rumah anda. Jika anda memasang AC di rumah, kebersihannya juga harus diperhatikan. Bersihkan dengan rutin supaya udaranya tetap bersih. Begitupun dengan kipas angin, anda harus rajin membersihkannya.

Alangkah lebih baik jika anda tidak menyimpan pengharum ruangan di rumah anda. Meskipun memiliki aroma yang harum dan segar, namun diketahui wewangian ini mengandung  bahan kimia yang bisa saja membuat paru-paru teriritasi. Pastikan juga rumah bersih dari asap rokok. Jika ada keluarga perokok, anda bisa membiarkannya merokok di luar rumah.

Perhatikan Kebutuhan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan dalam setiap harinya sangat penting dilakukan. Asupan cairan yang cukup akan mencegah terjadinya dehidrasi. Dengan minum banyak air maka tubuh akan tetap terhidrasi, serta zat kimia pada tubuh akan terbuang. Disarankan untuk minum 8 hingga 12 gelas  dalam setiap harinya.

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menangkal radikal bebas, termasuk radikal bebas yang bersumber pada asap rokok. Tidak hanya menangkal radikal bebas saja, namun dengan antioksidan akan dapat membuat peradangan dalam tubuh berkurang.

Selain perokok aktif, perokok pasif juga dapat mengalami akibatnya. Tanpa disadari paru-paru perokok pasif juga dapat mengalami masalah. Misalkan mengalami kesulitan bernapas sehingga dada menjadi sesak dan berat. Nah, agar peradangan dalam tubuh berkurang, anda dapat mengonsumsi aneka makanan yang mengandung antioksidan di dalamnya.

Ada banyak sumber makanan yang mengandung antioksidan, beberapa di antaranya yaitu kunyit, buah apel, ceri, stroberi, teh hijau, minyak zaitun, kacang kenari dan lain sebagainya. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, anda juga sebaiknya memperbaiki pola makan.

Melakukan Latihan Pernapasan

Melakukan latihan pernapasan dalam bisa anda lakukan agar jumlah oksigen ke paru-paru menjadi meningkat.

Meletakan Tanaman di Rumah

Cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan meletakan tanaman di dalam rumah. Oksigen diproduksi oleh tanaman. Adanya tanaman di dalam rumah juga akan membantu menyaring racun pada udara di dalam rumah. Namun, pastikan tanaman yang anda letakan di dalam rumah mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Tanaman yang kurang cahaya matahari akan dapat menghirup oksigen, bukan memproduksinya.

Demikian dampak asap rokok untuk perokok pasif dan beberapa cara membersihkan paru-paru perokok pasif yang dapat dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda  bermanfaat.

Leave a Reply