data-ad-format="auto"

Cara Memastikan Terjadinya Kehamilan

Setelah mengamati tanda-tanda kehamilantanda-tanda kehamilan segeralah pastikan apakah anda benar-benar hamil atau tadak.Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memestikan kehamilan melalui tes.

Tes Urin

Untuk melakukan tes ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu proses pengetesan itu sendiri, waktu pengetesannya, dan membaca hasil tesnya.Tes HCG ini adalah bentuk tes kehamilan dengan menguji keberadaan HCG ( Human Chorionic Gonadotrophin ). HCG merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta begitu embrio mulai menempel pada dinding rahim. Hormon sebagian dikeluarkan melalui air seni ibu yang sedang hamil. Alat ini sekarang banyak di jual bebas di pasaran dengan berbagai merk dan pengetesan pun bisa anda lakukan sendiri.

Yang pertama caranya dengan menampung sedikit saja air seni yang dikeluarkan pertama kali saat anda bangun tidur pagi, pada sebuah wadah yang sudah anda persiapkan. Alat test yang berbentuk semacam stick dicelupkan ke dalam air seni yang sudah ditampung selama 5-10 detik. Sebelum melakukan pengetesan ada baiknya anda menahan keinginan untun buang air kecil beberapa saat, supaya air seni yang dikeluarkan pekat dan mengandung banyak Hcg.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kedua perhatikan juga waktu pengetesan, yaitu 7 hari setelah ovulasi. Kurang dari itu hasilnya akan tidak memuaskan. Produksi HCG merupakan reaksi terhadap tertanamnya bakal janin (blastokista) pada dinding rahim, berarti tertanamnya blastokista pada dinding rahim terjadi sebelum HCG diproduksi. Blastokista mulai tertanam pada dinding rahim sekitar 6-12 hari setelah ovulasi, yang paling banyak adalah pada hari ke 10. Sehingga waktu yang tepat untuk memastikan kehamilan adalah sekitar hari ke 7 setelah ovulasi. Kondisi ini seperti ini tidak selalu terjadi pada semua wanita. Ada wanita yang sebetulnya hamil, tetapi menunjukkan hasil test yang negatif. Salah satu penyebabnya adalah karena dia memiliki siklus menstruasi yang panjang.

Yang ketiga adalah membaca hasil test. Untuk itu anda bisa melihat langsung pada alat test tersebut biasanya alat test seperti ini memiliki dua jendela, satu untuk kontrol dan satu lagi untuk hasil. Jendela kontrol berfungsi memberitahukan kepada anda apakah tes yang dilakukan sudah benar atau belum. Sementara jendela hasil menunjukan apakah anda positif hamil atau negatif tidak hamil.

Semua alat tes yang dilakukan di rumah harus langsung di baca begitu selesai digunakan. Setelah itu alat itu harus langsung dibuang agar tidak terjadi kebingungan akibat perubahan tanda positif atau negatif akibat waktu.

Tes Darah

Sama dengan urin, tes darah juga fungsinya adalah untuk melihat keberadaan HCG hanya berbeda sarananya saja. Darah seorang perempuan yang diduga hamil sampai untuk di tes di laboratorium dengan metode tertentu. Tingkat keakuratannya sebetulnya hampir sama.

Tes Dengan USG

Kadang-kadang walaupun telah melakukan tes urine sendiri di rumah ada pasangan suami isteri yang masih belum yakin akan terjadinya kehamilanterjadinya kehamilan karena alasan-alasan tertentu. Untuk mereka bisa melakukan test dengan menggunakan alat ultrasonografi (USG) yang biasanya di rumah sakit atau klinik-klink bersalin atau tempat praktek dokter. Ini akan lebih bisa meyakinkan kalau memang terjadi kehamilan karena anda bisa melihat gambaran embryo melalui layar alat USG.

Loading...

Follow us