Cara Melakukan Hypnoparenting

Hypnoparenting dapat dilakukan secara sistematis dan sangat sederhana. Hypnoparenting ini sangat mudah dijalankan ketika kita tahu tekniknya dan tepat saat menjalankannya. Hal ini sangat efektif jika orang tua menyediakan segala fasilitas lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan program yang telah disugetikan. Keberhasilannya dapat dilihat langsung dalam prilaku yang telah berubah seperti yang telah disugestikan. Penerapan hypnoparenting ini hanya membutuhkan komitmen orang tua, kondisi lingkungan, serta obrolan yang seimbang yang menjadikan orangtua mengerti apa yang ada dalam pikiran sang anak. Prinsip yang tertanam dalam hypnoparenting yaitu semua yang dilakukan maupun dikatakan oleh orangtua pada dasarnya ialah suatu hipnosis, sebab itu akan terpola dalam pikiran anak.

Teknik hypnoparenting dapat dilakukan saat anak berada dalam gelombang Alpha-Theta yang berarti kondisi yang dapat membantu anak mengontrol pikiran. Pada waktu anak berada dalam hipnosis seseorang secara terpilih ia menjadi fokus, berkonsentrasi, mengasyikan, yaitu mencapai beberapa tujuan dan menyadari potensi dirinya sendiri. Pada saat keadaan hipnosis itulah seorang anak dapat dengan mudah menerima masukan-masukan positif yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak sejak anak-anak hingga dewasa. Masukan-masukan positif ini akan tersimpan dalam pikiran sang anak, isi pikiran anak tentang sesuatu yang positif dan berguna untuk mengisi dan mengontrol emosi dan kejiwaan mereka.

Manfaat dari hypnoparenting, yaitu mudahnya orangtua berkomunikasi dengan sang anak. Teknik komunikasi adalah salah satu cara yang efektif dan berperan penting saat hypnoparenting supaya lebih mudah dalam menanamkan informasi pada bawah sadar anak. Pada awalnya otak akan menerima rangsangan dari luar berupa pendekatan dari orang lain dan akan menangkap panca indranya lalu di proses pada pikiran sadar. Setelah informasi masuk baru diteruskan pada pikiran bawah sadar sehingga akan tersimpan sebagai program, informasi positif maupun negatif. Semua kejadian, dan pengalaman yang berkesan selalu terekam kuat pada pikiran bawah sadar. Lalu rekaman yang tersimpan dapat digunakan sebagai dasar dalam menghadapi hal-hal yang akan terjadi pada kemudian hari. Pikiran bawah sadar berfungsi untuk menyimpan bermacam hal seperti emosi, perasaan, kebiasaa, memori jangka panjang dan juga kepribadian. Dapat dikatakan hampir 90% pikiran anak-anak lebih banyak di dominasi oleh pikiran bawah sadar. Maka disinilah orangtua berperan penting dalam membentuk program yang ada dalam bawah sadar anak.

Cara hypnoparenting:

  1. Pada saat berkomunikasi dengan anak, biasakan memilih kata-kata positif yang membangun.
  2. Hargai atas apa yang telah anak kerjakan. Hal ini cara yang efektif demi  meningkatkan rasa percaya diri pada anak.
  3. Berbicara dengan lembut dan intonasi tidak tinggi. Jika kata-kata yang positif diucapkan dengan intonasi baik maka sang anak pun menangkap dengan positif.
  4. Tunjukan rasa kasih sayang anda dengan menatapnya saat berdialog, mengelus, dan mendekanya
  5. Orangtua baiknya sama-sama konsisten dan kompak dalam memperlakukan anak.
  6. Lakukan evaluasi bersama-sama baik dengan pasangan maupun dengan sang anak itu sendiri.
  7. Jangan malu untuk meminta maaf pada anak ketika kita melakukan kesalahan. Meminta maaf adalah hal positif yang perlu dibangun.
  8. Berkan contoh yang baik bagi anak. Jika kita membatasi anak untuk menonton televisi, maka kita harus melakukan hal yang sama.

Seperti hypnotis lainnya, terapi hypnoparenting dapat dilakukan siapa dan kapan saja. Komunikasi lebih efektif dan konsisten akan menjadikan program yang bisa membentuk jiwa positif anak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply