Bukan Dengan Obat! Ini Loh Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Ketika sedang hamil tentunya tidak jarang wanita yang mengalami perubahan baik pada bentuk tubuh. Pasalnya, kehamilan menjadi salah satu fase dimana bentuk tubuh wanita akan mengalami beberapa fase perubahan yang tidak jarang membuatnya merasa tidak nyaman. Salah satu masalah kehamilan yang umum terjadi yaitu masalah kaki bengkak atau sering disebut dengan istilah oedema. Istilah tersebut untuk mengindikasi adanya pembengkakan yang diakibatkan adanya penumpukan cairan pada exstremitas ataupun organ tubuh lainnya.

Ketika sedang hamil, jantung akan bekerja dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Hal ini tentunya untuk menjaga sirkulasi darah yang mengalir ke dalam janin di dalam rahim. Kerja jantung yang cukup ekstra tersebut tentunya dapat mengakibatkan penumpukan lemak pada exstremitas tubuh. Keadaan rahim yang terus berkembang selama proses kehamilan tentunya dapat memberikan tekanan pada pembuluh balik besar bawah yakni pembuluh darah yang menerima darah dari badan dan juga kedua kaki.

Tentunya, ketika sirkulasi darah terganggu, maka akan berdampak pada penumpukan cairan pada kaki sehingga akan membuat kaki menjadi bengkak. Kondisi kaki bengkak ketika hamil tentunya membuat Anda merasa sedikit tidak nyaman. Hal ini tentunya menjadi sebuah tugas bagi Anda dimana Anda harus menemukan cara dan pengobatan untuk mengatasi kaki bengkak tersebut.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Rendam Kaki Dengan Menggunakan Air Hangat Dicampur Garam

Cara pertama untuk mengatasi kaki bengkak ialah dengan merendam kaki dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Diamkan kaki beberapa menit samapi terasa rileks. Cara ini tentunya dapat mengatasi kaki bengkak selama masa kehamilan. Cara ini juga bertujuan untuk menyerap kelebihan cairan yang ada pada jaringan di dalam kaki.

Pijat Kaki Menggunakan Minyak

Dalam memijat kaki tentunya Anda harus melakukannya secara perlahan. Hal ini dikarenakan titik-titik pijat pada kaki dapat menyebabkan timbulnya kontraksi pada kehamilan. Untuk memijat kaki, alangkah baiknya jika Anda menggunakan minyak lemon, kayu putih, minyak zaitun dan juga minyak lavender untuk memberikan sedikit aroma terapi pada Anda.

Tidur Miring Ke Kiri

Dengan membiasakan tidur miring ke kiri tentunya Anda sudah dapat mengurangi beberapa tekanan yang dibebankan oleh pembuluh vena cava. Hal ini tentunya dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ketika Anda tidur. Posisi ini tentunya menjadi posisi yang paling aman dan juga nyaman untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan juga nyenyak.

Tinggikan Posisi Kaki

Jika Anda tidak ingin adanya darah yang tersumbat pada area kaki, Anda tentunya dapat meninggikan posisi kaki ketika sedang duduk ataupun berbaring. Posisi ini juga bisa dibantu dengan diganjal dengan guling dan juga bantal.

Tentunya, masih ada beberapa cara dan juga alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pembengkakan pada kaki saat hamil agar tidak semakin parah. Hal ini tentunya berkaitan dengan tercukupi cairan tubuh, hindari duduk bersila, hindari penggunaan celana dan juga baju yang ketat, perbanyak gerak, jangan biarkan terlalu lama berdiri, janagn biarkan kaki mengambang ketika duduk di atas kursi. Selain itu, Anda juga harus memenuhi asupan makanan yang mengandung kalium. Anda juga dapat menghindari diri dari konsumsi kafein yang terlalu banyak dan juga gunakan alas kaki yang menurut Anda nyaman.

Hal ini disebabkan oleh kondisi kaki bengkak saat hamil memang harus diatasi sebaik mungkin dan harus ditangani oleh dokter yang bersangkutan. Untuk itu, segera hubungi dokter jika dirasa kondisi kaki Anda bertambah parah untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut lagi. Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami kaki bengkak saat hamil. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us