Bolehkah Ibu Hamil Minum Yogurt

Seorang ibu hamil tentu membutuhkan gizi dan nutrisi untuk janin yang dikandungnya. Menjaga asupan makanan yang bergizi tentu menjadi keharusan bagi setiap ibu hamil. Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tentu bersumber dari makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Ibu hamil harus menambah porsi makanan dan minuman dari biasanya karena tengah mengandung janin yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, tidak semua makanan dan minuman baik untuk ibu hamil. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang justru berdampak negatif bagi kelangsungan pertumbuhan janin.  Tentu, janin didalam rahim Anda perlu dijaga baik dari asupan makanan dan minuman atau gaya hidup Anda karena hal ini akan berdampak pada perkembangan janin.

Dengan mengetahui makanan dan minuman yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil tentu sangat dianjurkan. Terlebih saat ini tersebar mitos mengenai makanan dan minuman yang dilarang oleh ibu hamil. Tentu saja, kondisi ini membuat seorang ibu hamil menjadi khawatir dan terkadang mengurungkan niatnya untuk mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Padahal, jenis makanan dan minuman itu ternyata sangat baik untuk janin didalam rahim Anda.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yogurt

Untuk itu mencari informasi dan sumber yang jelas mengenai makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi adalah sebuah jalan yang sangat dianjurkan untuk Anda. Sekarang ini beredar kabar mengenai makanan dan minuman yang mengandung zat yang berbahaya bagi ibu hamil karena terdapat makanan dan minuman cepat saji yang saat ini marak dipasaran.

Seperti halnya dilema dalam mengonsumsi minuman yogurt. Sebagian berpendapat bahwa meminum yogurt tidaklah baik, namun bagi sebagian yang lain dianjurkan. Nah, jika Anda ingin tahu jawabannya, simaklah penjelasan kami berikut ini agar Anda terhindar dari rasa dilema yang saat ini menghantui Anda.

Sebelum kita membahas mengenai topik bolehkah ibu hamil minum yogurt, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu yogurt dan apa saja kandungan nutrisi didalamnya. Apakah memang aman ataukah berbahaya bagi seorang ibu hamil?

Untuk itu, mengenal terlebih dahulu apa itu minuman yogurt adalah langkah terbaik sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi yogurt.

Apa itu Yogurt?

Mendengar kata “yogurt” tentu telinga Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman yang satu ini. Seperti yang Anda tahu yogurt adalah sebuah jenis minuman dengan tekstur yang sangat lembut dan lezat untuk dikonsumsi baik tua ataupun muda. Umumnya, yogurt dikonsumsi sebagai minuman pendamping atau cemilan yang biasanya dicampur dengan buah-buahan.

Seperti yang dikutip dari wikipedia, yoghurt atau yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Susu yang dapat dijadikan yogurt tentu susu jenis apa saja termasuk sari kacang kedelai. Namun, saat ini yogurt didominasi oleh produksi dari susu sapi yang difermentasi.

Dari hasil fermentasi ini, gula susu (laktosa) memproduksi asam laktat yang berfungsi dalam pembentukan protein susu sehingga menghasilkan sebuah tekstur yang berbentuk seperti gel dengan aroma yang khas. Saat ini, yogurt sudah tersedia dalam berbagai varian rasa seperti vanilla, stroberi, buah-buah, coklat dan juga varian rasa lainnya.

Pembuatan yogurt membutuhkan ketelitian dan proses yang tepat. Dalam proses pembentukan yogurt dibutuhkan bakteri spesifik yang dicapur kedalam susu dibawah temperatur tertentu sesuai dengan lingkungan. Bakteri yang biasanya digunakan dalam pembuatan yogurt adalah bakteri berjenis thermophilus,streptococcus salivarius subsp, bulgaricus, dan lactobacillus delbrueckii subsp.

Bakteri-bakteri inilah yang kemudian melepaskan asam laktat sebagai produk sisa setelah sebelumnya merombak gula  alami dari kandungan susu. Pada proses pembuatan yogurt ini bakteri yang dimasukkan kedalam susu menjadi lebih aktif dan hidup dalam lingkungan yang baik. Dengan rasa asam yang dihasilkan oleh yogurt membuat kandungan protein dari yogurt menjadi lebih tinggi.

Amankah Yogurt bagi Ibu Hamil?

Terlepas dari banyaknya kabar dan mitos yang tersebar di masyarakat mengenai boleh atau tidak bolehnya yogurt dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentu, ini  menjadi perbincangan yang harus didapatkan titik temunya. Karena, hal ini akan membuat bimbang seorang ibu hamil.

Faktanya, banyak yang meragukan yogurt sebagai jenis makanan atau minuman yang aman untuk kehamilannya. Pasalnya, proses pembuatan yogurt dilakukan dengan sistem fermentasi dengan memasukkan bakteri kedalamnya. Namun, perlu Anda ingat, yogurt dihasilkan dengan sebuah proses yang disebut dengan pasteurisasi. Proses ini merupakan sebuah proses untuk memanaskan makanan yang bertujuan untuk menghilangkan dan membunuh organisme yang berbahaya seperti kapang, protozoa, khamir dan bakteri. Sebenarnya, proses pasteurisasi tidaklah membunuh keseluruhan organisme, namun mengurangi bakteri jahat yang terkandung pada sebuah makanan atau minuman yang menyebabkan penyakit didalam tubuh kita, sehingga yang tersisa hanya bakteri baik.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons