Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda?

4.28/5 (43)

Selama masa kehamilan ibu hamil dituntut untuk selalu memperhatikan segala halnya dengan baik.

Mulai dari melakukan olahraga, melakukan kegiatan sehari-hari, melakukan pekerjaan rumah sampai dengan asupan makanan. Ya, asupan makanan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan gizi dan makanan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah apa yang akan mempengaruhi janin yang ada didalam kandungannya.

Perlu diketahui bayi dalam kandungan anda hidup dari menyerap gizi dan nutrisi yang didapatnya dari tubuh ibunya. Ketika yang anda konsumsi selama ini adalah jenis makanan yang berbahaya dan minuman yang tidak sehat maka inilah yang akan didapatkan oleh si buah hati.

Janin yang tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup akan mungkin terkendala dalam proses tumbuh kembangnya. Akibatnya hal ini akan dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan organ lain pada janin anda yang berkembang dengan tidak baik. Ketika hal ini terjadi maka akan besar kemungkinannya anda melahirkan bayi yang cacat sebab tumbuh kembang didalam rahim anda tidak dapat bekerja dengan baik karena asupan gizinya tidak tercukupi.

Untuk itulah, penting sekali agar ibu hamil memperhatikan segala halnya dengan baik. Disiplin dan konsisten dalam hal memilih dan mengkonsumsi jenis makanan sehat selama kehamilan adalah hal yang penting. Hal ini akan menjadi kunci untuk anda bisa menjalankan kehamilan yang sehat dan berkualitas dengan keadaan yang bahagia.

Penting sekali untuk ibu hamil menggali informasi lebih dalam seputar kehamilan dan jenis makanan apa yang berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini akan menjadi penunjang anda untuk dapat menjalankan kehamilan dengan sehat dan bahagia tanpa terikat dengan hal-hal yang bernadakan paksaan. Bila hal ini datang dari hati anda sendiri dan besarnya kecintaan anda terhadap janin dalam kandungan maka kehamilan yang anda jalani dengan menghindari berbagai jensi makanan yang berbahaya untuk janin akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua calon ibu dibekali dengan pemahaman jenis dan tipe makanan serta minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi. Sebagian diantara mereka bahkan menghalalkan beberapa jenis makanan dan minuman dan mengkonsumsinya tanpa batasan. Padahal jenis makanan dan minuman tersebut berbahaya jika dikonsumsi dan akan berpengaruh terhadap kesehatan anda dan si jabang bayi. Termasuk dengan mengkonsumsi minuman bersoda.

Minuman bersoda atau softdrink adalah jenis minuman yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Ya, meski sudah banyak roang yang mengetahui minuman bersoda (minuman berkarbonasi), namun nyatanya tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa itu karbonasi.

Apa Itu Kabornasi Minuman Bersoda?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa karbonasi adalah sebuah proses memasukan karbon dioksida (CO2) yang dimasukkan kedalam cairan dengan tekanan yang cukup tinggi.

Dengan adanya proses karbonasi maka minuman yang dikenai dengan proses ini akan menghasilkan gelembung dengan rasa menggigit dan krenyes. Ketika minuman berkarbonasi atau bersoda dikocok dan tutupnya dibuka, maka soda dari minuman tersebut akan menghilang dan yang tersisa hanyalah cairan biasa yang berisikan dengan pemanis.

Selain itu, penelitian mengungkapkan proses memasukan CO2 kedalam cairan, memiliki keterikatan secara permanen. Karena ketika tutup botol dibuka, cairan dari minuman tersebut akan mengeluarkan bunyi “cess” terdengar seperti sebuah tiupan kecil.

Hanya saja yang jadi pertanyaan disini apakah konsumsi minuman ini oleh ibu hamil boleh dilakukan? Adakah bahayanya? Seperti apa pengaruhnya? Nah, untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Minuman Bersoda?

Minuman bersoda cukup terkenal di tanah air kita. Tak heran bila banyak variasi jenis minuman ini yang mulai dibuat. Kemasan dan merk yang baru pun mulai bermunculan bahkan kini konsumsi terhadap minuman ini sudah bak gaya hidup untuk sebagian besar masyarakat perkotaan. Lantas amankah minuman bersoda untuk ibu hamil?

Kebanyakan wanita yang terbiasa minum kopi atau bahkan alkohol, mungkin berpikiran bahwa soda adalah minuman pengganti yang lebih baik dibandingkan minuman lainnya pada saat hamil. Akan tetapi, konsumsi segelas soda setiap hari juga dapat menimbulkan komplikasi tersendiri.

Kita semua sudah maklum bahwa ibu hamil terkadang mengalami ngidam atau mendambakan ingin mengkonsumi makanan atau minuman tertentu yang terdengar tidak lazim dikonsumsi oleh ibu  hamil, termasuk salah satu ngidam yang paling sering dijumpai adalah ngidam makanan atau minuman yang manis dan asam. Dan mungkin salah satunya adalah minuman bersoda.

Akan tetapi dalam satu kaleng kecil minuman bersoda mengandung banyak gula, asam fosfat/karbonat/soda, bahan pengawet dan kafein. Beberapa zat inilah yang akan berbahaya bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Sehingga ada anjuran ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi terhadap jenis minuman yang satu ini. Sebab ada beberapa resiko yang akan dialami bila ibu hamil memaksakan kehendaknya mengkonsumsi minuman bersoda.

Dampak Bahaya Konsumsi Soda Selama Kehamilan

Ada cukup banyak kerugian yang akan dialami dari mengkonsumsi jenis minuman ini selama kehamilan beberapa diantaranya adalah:

  • Resiko Obesitas

Penyakit kelebihan berat badan sebanyak 75 persen dari ukuran berat ideal merupakan faktor nomor satu meningkatnya resiko diabetes, terutama untuk diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Kebiasaan mengkonsumsi minuman jenis ini selama kehamilan akan mungkin meningkatkan resiko ini dengan lebih besar. Perlu diketahui setiap 1 kaleng kecil minuman bersoda kandungan didalamnya didominasi dengan gula. Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan dapat menyebabkan diabetes dan meningkatkan resiko gangguan kesehatan lainnya.

  • Resiko Hipertensi

Kandungan kafein yang terdapat dalam minuman berkarbonasi dapat menjadi sumber pemicu munculnya hipertensi. Hipertensi yang terjadi selama masa kehamilan akan dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur dan melemahkan sistem imuntias yang akan membuat tubuh mudah terserang dengan berbagai resiko penyakit. Untuk itu, sebaiknya hindarkan konsumsi minuman ini selama kehamilan dan menyusui sebab hal ini akan dapat menimbulkan masalah untuk kesehatan anda dan perkembangan janin yang anda kandung saat ini.

  • Kesehatan Tulang dan Osteoporosis

Minuman berkarbonasi yang memiliki kandungan asam fosfat yang tinggi akan dapat menyebabkan meningkatnya asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada meningkatnya resiko terhambatnya penyerapan kalsium serta berdampak terhadap penyusutan massa tulang. Selanjutnya, sudah dapat diduga, potensi terkena osteoporosis pun akan semakin tinggi.

Dengan demikian, bukan hanya membahayakan kehamilan, dampak lain yang akan dialami juga berpengaruh terhadap kesehatan anda. Mulai saat ini sebaiknya hentikan segera kebiasan mengkonsumsi minuman bersoda selama masa kehamilan sebab dampaknya bisa sangat buruk. Beralihlah pada minuman yang lebih sehat dan alami seperti air putih.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari mengkonsumsi minuman bersoda selama kehamilan. Pada intinya, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi terhadap minuman ini untuk menjaga kesehatan janin dan tubuhnya dengan baik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel