Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Cincau?

4.95/5 (20)

Seorang wanita yang tengah hamil perlu ektra hati-hati dalam melakukan banyak hal, termasuk mengkonsumsi makanan.

Hal ini dikarenakan beberapa jenis makanan dan minuman tertentu akan dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan bayi dalam kandungan ibu. Tentunya, selama menjalani masa kehamilan seorang wanita dituntut untuk selalu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuhnya.

Janin dalam rahim anda hanya mendapatkan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang anda konsumsi. Dengan demikian, bila makanan dan minuman yang disantap rupanya bukanlah jenis makanan yang sehat. Maka kondisi ini akan mungkin membuat bayi dalam kandungan anda tidak mendapatkan asupan gizi dengan baik sebagaimana mestinya.

Penting sekali untuk ibu hamil selalu memperhatikan jenis makanan empat sehat lima sempurnanya dengan baik. Saat ini, ada begitu banyak jenis makanan yang tersedia dan dijual bebas yang memiliki kandungan yang kurang baik. Kurang selektif dalam memilih jenis makanan akan dapat membuat kita terjebak mengkonsumsi makanan berbahaya.

Mengetahui jenis makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan adalah bekal penting untuk ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik. Pasalnya, tidak sedikit ibu hamil terutama mereka yang baru saja mengalami kehamilan dibuat bingung dan pusing ketika hendak menyantap sesuatu.

Apalagi, kondisi beredarnya mitos tentang larangan terhadap jenis makanan tertentu umumnya menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan. Pada akhirnya kondisi ini seringkali membuat ibu hamil mengurungkan niatannya untuk mengkonsumsi makanan yang kebenaran manfaat dan efek sampingnya masih belum jelas.

Tentu akan sangat baik jika mitos tersebut rupanya adalah sebuah kebenaran dimana alasan dari larangan tersebut memang ditujukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Sayangnya, banyak mitos yang beredar pada umumnya tidak cukup beralasan. Hal ini tentu saja membuat ibu hamil cukup dirugikan.

Bila rupanya konsumsi terhadap makanan tersebut nyatanya tidak apa-apa atau justru memberikan manfaat, mitos yang beredar tersebut akan mungkin membuat ibu hamil melewatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi makanan yang kaya akan khasiat.

Dengan demikianlah, penting sekali mencari tahu dari sumber yang jelas dan terpercaya mengenai jenis makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Sepertinya halnya mengkonsumsi es cincau yang lezat. Banyak diantara kita mungkin sudah tidak asing dengan hidangan minuman tradisional yang satu ini.

kh

Mengenal Es Cincau

Es cincau adalah salah satu jenis minuman yang sudah banyak dikenal dimasyarakat Indonesia. Minuman ini sendiri adalah sejenis minuman penyegar yang terbuat dari bahan utama gel yang mirip dengan agar-agar yang dikenal sebagai cincau. Pada umumnya, sajian minuman ini dibuat dari memanfaatkan daun cincau yang dapat menghasilkan lendir gel yang alami. Potongan cincau ini akan dipadukan bersama dengan sirup, santan atau susu dan ditambah dengan menggunaan es serut untuk menambah sensasi menyegarkan dari minuman ini.

Pada penyajian yang masih tradisional, es cincau pada dasarnya tidak melibatkan sirup buatan yang berperasa seperti yang saat ini banyak dijual. Namun lebih kepada mencampurkannya bersama dengan larutan gula merah yang dipadu bersama dengan santan dan dihidangkan dengan es batu.

Minuman yang satu ini lezat dinikmati ketika udara diluar tengah begitu terik. Apalagi disantap bersama-sama dengan semua anggota keluarga sambil mengobrol dan menghabiskan waktu luang. Sudah pasti rasa dari minuman ini akan terasa lebih istimewa berpadu dengan kebahagiaan bersama dengan kerabat dan sanak saudara.

Minuman es cincau memang bisa dinikmati oleh siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa maupun orang yang telah lanjut usia. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat minuman ini mudah dicerna dan dinikmati.

Hanya saja bagaimana dengan wanita hamil yang menikmati sajian es cincau? Nah, hal inilah yang seringkali menuai banyak pertanyaan dalam benar ibu hamil yang merasa khawatir bila sajian ini memiliki efek samping untuk kehamilannya? Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Cincau?

Pada dasarnya es cincau dibuat dari bahan alami dengan memanfaatkan tanaman atau daun cincau yang memiliki sifat gel alami. Ketika diolah dan dipadukan dengan bahan-bahan pelengkap seperti gula merah dan santan, hidangan yang satu ini akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat.

Selain itu, teksturnya yang lembut dan kental akan dapat meningkatkan pencernaan dengan baik sehingga jenis minuman yang satu ini akan mudah dicerna oleh usus. Pada ibu hamil yang juga sering merasakan sembelit atau susah uang air besar, es cincau akan dapat menjadi solusi yang alami dan efektif dalam memperlancar sembelit yang dirasakan. Dengan begitu, kondisi ini akan dapat mengurangi resiko ambien pasca melahirkan.

Lantas bagaimana dengan mitos yang banyak beredar bahwa konsumsi minuman yang satu ini berbahaya untuk kehamilan. Nah, setelah melihat penjelasan diatas maka dapat dipastikan bahwa kebenaran dari mitos tersebut hanyalah cibiran belaka melainkan tidaklah benar. Justru sebaliknya, konsumsi terhadap minuman yang satu ini akan dapat membantu ibu hamil memperlancar sistem pencernaannya dengan lebih baik.

Manfaat Es Cincau Untuk Ibu Hamil

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas masih banyak manfaat lain yang dapat dirasakan oleh ibu hamil yang mengkonsumsi minuman yang satu ini, diantaranya adalah:

1. Memelihara Tulang

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi es cincau selama masa kehamilan yang lainnya adalah bahan ini dapat memelihara tulang. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dan fosfor yang ada dalam cincau akan dapat membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan dan memelihara tulang anda engan baik. Hanya saja, sebaiknya konsumsi cincau juga tidak dilakukan secara berlebihan sebab terlalu banyak mengkonsumsi fosfor dan kalsium akan berdampak tidak baik untuk kesehatan anda.

2. Membantu Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan adalah dengan membantu pertumbuhan janin atau bayi dalam kandungan ibu. Pada saat masih dalam kandungan si kecil membutuhkan asupan mineral yang banyak. Sebab dengan begini tumbuh kembang, baik fisik maupun otaknya akan dapat tumbuh dengan baik. Nah, konsumsi cincau memiliki kebaikan dalam kandungan mineral yang melimpah sehingga baik untuk kesehatan anda.

3. Memperlancar Kelahiran Bayi

Manfaat yang terakhir yang bisa didapatkan dari rajin mengkonsumsi cincau adalah membuat otot-otot rahim dan bagian untuk mengeluarkan bayi menjadi lebih mengendur. Dengan begini proses kelahiran akan dapat berjalan dengan lebih mudah dan mengurangi perasaat sakit yang akan ditimbulkan dari proses melahirkan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Cincau. Pada intinya, konsumsi terhadap jenis makanan yang satu ini boleh-boleh saja dilakukan sebab memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan.

Semoga artikel ini memberikan cukup informasi yang anda butuhkan dan sampai jumpa kembali pada pembahasan selanjutnya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply