data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Lensa Kontak?

Anda boleh tampil cantik selama kehamilan akan tetapi perhatikan alat dan bahan yang digunakan agat tidak menganggu kesehatan ibu dan janin. Selain itu selama hamil anda mengalami perubahan fisik sehingga yang umum anda rasa nyaman digunakan untuk mendukung penampilan anda kini harus diwaspadai berpengaruh negatif untuk kesehatan anda.

Beberapa wanita lebih nyaman menggunakan lensa kontak ketimbang menggunakan kacamata. Hal ini karena dirasa akan membuat percaya diri menggunakan lensa kontak. Meskipun demikian anda harus mengenali dampak menggunakan lensa kontak dengan ibu hamil. Beberapa orang beranggapan akan mengganggu kehamilan dan sebagiannya tetap menggunakan lensa kontak.

Untuk membantu anda menjawab pertanyaan apakah lensa kontak aman untuk ibu hamil.Kami hadirkan melalui artikel "Bolehkah ibu hamil menggunakan lensa kontak ?". Pada artikel ini kami akan membantu anda memberikan informasi mengenai pengaruh negatif menggunakan lensa kontak selama kehamilan dan bagaimana cara mengurangi resiko akibat buruk dari penggunaan lensa kontak selama kehamilan.

Lensa Kontak

Lensa yang umumnya dipasangkan di kornea mata untuk mengganti kacamata konvensional meskipun demikian bentuknya tidak nampak sehingga tidak akan mengaggu penampilan anda. Selain itu warna dari lensa kontak yang akan membantu mata anda semakin cantik. Kini lensa kontak tidak hanya dapat digunakan untuk individu yang bermasalah dengan kesehatan mata akan tetapi pada orang normal (mata tidak minus).

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Dalam menggunakan lensa kontak harus sangat teliti. Pertama ketika menyentuh lensa kontak maka usahan mencuci tangan denga sabun agar mata tidak iritasi. Kemudian penggunaan lensa kontak tidak seperti menggunakan kacamata. Lensa kontak tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama. Penggunaan yang terlalu lama dan memakainya ketika saat tidur akan menyebabkan luka pada kornea.

Lensa kontak akan aman digunakan apabila memperhatikan kesehatan mata. Hindari mata yang terlalu kering akan memperparah mata. Perhatikan pula cairan pembersih ketika menggunakan lensa kontak. Setiap produk memiliki pengawet sehingga apabila kadaluarsa akan mengiritasi mata.

Apabila bagi wanita yang berdandan penggunaan maskara, eyeshadow dan eyeliner sesudah menggunakan lensa kontak dan mengiritasi mata akan berbahaya bagi kesehatan. Sehingga penting untuk memperhatikan kesehatan mata sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak.

Efek Samping Menggunakan Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak yang semakin marak membuat lensa kontak sebagai gaya hidup bagi wanita. Banyak yang menggunakan lensa kontak dan tidak menggunakannya dengan bijak sehingga menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Penggunaan lensa kontak akan membuat mata kekurangan oksigen pada kornea sehingga menimbulkan pembengkakan kornea, peningkatan risiko infeksi, kekeruhan epitel kornea dan juga menimbulkan iritasi dan trauma. Apabila pengguna lensa kontak tidak memperhatikan penggunaannya maka akan menimbulkan bahaya pada mata atau kornea.

Bahkan penggunaan lensa kontak yang kadaluarsa akan membuat tidak nyaman dan menganggu kesehatan. Kondisi ini ditandai denngan gejala merah, perasaan tidak nyaman, pedih, kering atau bahkan rasa nyeri pada mata. Hal ini dikarenakan kecenderungan menggunakan lensa kontak melebihi batas waktu seharusnya menggunakan. Bahkan penggunaan lensa kontak kurang bersahabat apabila digunakan di ruangan ber-AC dan aktifitas yang berkosentrasi tinggi sehingga mata sulit berkedip.

Lensa Kontak Bagi Ibu Hamil

Pada ibu hamil terjadi perubahan bentuk tubuh begitupala pada organ mata yang dapat terjadi pada perubahan kornea dan ukuran mata.Inilah yang menyebabkan ibu hamil tidak nyaman ketika menggunakan lensa kontak. Meskipun demikian ukuran mata akan kembali pada bentuk semula apabila ibu sudah persalinan.

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah perubahan pada visus dan mata yang terasa kering.Sehingga penggunaan lensa kontak kurang tepat dibandingkan menggunakan kacamata. Meskipun demikian bukan berarti ibu hamil dilarang akan tetapi harus waspada saja dalam menggunakannya.

Perubahan hormonal yang terjadi ketika ibu hamil akan mengakibatkan lensa kontak mengalami gangguan ketika digunakan. Perlu anda ketahui bahwa selama kehamilan anda akan mengalami perubahan hormonal dan fluktuasi tekanan darah pada organ mata. Berikut ini adalah perubahan yang terjadi pada mata :

  1. Pembengkakan kornea yang mengakibatkan menjadi tebal dan melengkung. Sehingga ketika menggunakan lensa mata menjadi tidak nyaman dan mudah menggeser.
  2. Mata mudah mengalami iritasi, inilah yang menyebabkan terjadi infeksi yang lebih sensitif pada ibu hamil yang menurun. Bahkan ini yang menyebabkan menjadi ibu hamil terlambat berobat dan mengalami iritasi dan infeksi.
  3. Mata yang kering sehingga apabila terjadi gangguan yang akan memproduksi kelenjar penghasil lapisan pada air mata. Inilah yang menyebabkan mata menjadi menguap dan merasakan mata yang perih.
  4. Mengalami penglihatan yang kabur bahkan mengalami pembengkaakn pada kornea yang mengubah menjadi kondisi refraksi mata menjadi lebih minus dibandingkan sebelum kehamilan.

Cara Nyaman Menggunakan Lensa Kontak Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil boleh saja menggunakan lensa kontak asalkan memiliki batasan yang seharusnya digunakan dan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengurangi resiko kesehatan pada ibu. Mengingat kondisi ibu hamil berbeda-beda sehingga harus dilakukan pemeriksaan sebelum menggunakan lensa ketika hamil. Adapun hal yang harus diperhatikan agar nyaman menggunakan lensa kontak selama hamil :

  1. Perhatikan penggunaan lensa kontak pada ibu hamil. Usahakan ketika kondisi hormon sudah kembali normal.
  2. Apabila anda pertama kali menggunakannya pilih yang menggunakannya masa haria atau mingguan sehingga mudah beradaptasi dengan mata.
  3. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata ketika menggunakan lensa kontak.
  4. Anda dapat menggunakan cairan pembersih dengan memperhatikan kadaluarsanya.
  5. Gunakan lensa kontak sebelum anda menggunakan make-up.
  6. Ketika menyentuh lensa kontak usahakan untuk tangan bersih
  7. Perhatikan pula kebersihan ketika menggunaan lensa kontak
  8. Hindari mengucek mata apalagi bila terpapar debu
  9. Anda dapat menggunakan tetes mata apabila mata terasa kering
  10. Anda juga harus menggunakan sesuai petunjuk ahli perawatan mata untuk mendapatkan perawatan yang optimal.

Dengan demikian apabila anda akan menggunakan lensa kontak atau softlens ketika hamil sebaiknya sangat memperhatikan kenyamanan. Hal ini dikarenakan kondisi ibu saat hamil mengalami perubahan fisik. Salah satunya terjadi pembengkakan pada bagian tubuh. Selama hamil, ibu akan mengalami volume darah dan cairan tubuh yang semakin bertambah. Inilah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada mata. Meskipun demikian pembengkakan pada mata akan berbeda dengan bengkak pada kaki dan wajah hanya terlihat kecil pada mata bahkan cenderung tidak terasa.

Meskipun demikian ukuran kornea akan berubah dan mengalami ketidaknyaman sehingga lensa kontak yang tidak pas akan menempel pada bola mata.Hal termudah yang dapat dilakukan pada ibu hamil adalah dengan menggunakan kacamata selama masa kehamilan. Penggunaan lensa akan lebih baik apabila digunakan digunakan setelah melahirkan dan volume darah sudah kembali normal. Sehingga sudah kembali normal dan nyaman menggunakan lensa kontak.

Loading...

Follow us