Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?

Hal ini tentu beralasan. Betapapun, seorang ibu hamil pastilah menginginkan bayinya lahir dengan kondisi yang sehat dan sempurna serta terbebas dari segala resiko yang akan menyulitkan proses persalinan. Akan tetapi, menilik dari latar belakang mitos ini, tentu bertanya-tanya, benarkah bila ibu hamil mengkonsumsi semangka adalah hal yang dilarang? Mengapa demikian? Nah, simak penjelasan dibawah ini.

Terkait dengan pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil mengkonsumsi semangka, sepertinya berbanding terbalik dengan anjuran dari dunia klinis. Dalam dunia medis, buah semangka nyatanya dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak ada larangan sama sekali bagi ibu hamil yang mengkonsumsi buah yang menyegarkan ini. Adapun beberapa pakar justru memaparkan bahwa kandungan baik dalam buah semangka akan cukup membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi perkembangan bayi dalam kandungannya.

Jadi demikian, mitos akan larangn ibu hamil menyantap buah semangka hanyalah mitos yang tidak benar adanya. Sebaliknya ibu hamil boleh mengkonsumsi buah ini mengingat banyaknya manfaat dari konsumsi buah yang satu ini. Nah, untuk menjadi pertimbangan anda dalam mengkonsumsi buah semangka, kita simak beberapa manfaat buah semangka dibawah ini.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

1. Meredakan Morning Sickness

Kondisi morning sickness adalah tanda awal kehamilan yang umum dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil. Meski begitu, tanda ini umumnya cukup mengganggu karena perasaan mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil yang cenderung datang pada pagi hari. Nah, untuk meredakan kondisi menyiksa ini buah semangka bisa menjadi solusi. Konsumsi buah semangka akan dapat memberikan kesegaran sekaligus memberikan efek menenangkan untuk ibu hamil sehingga kondisinya bisa lebih baik.

2. Meringankan Heartburn

Heartburn adalah sebuah kondisi yang muncul dari rasa panas yang timbul disekitaran dada dan perut. Kondisi ini memang sering terjadi pada ibu hamil yang sebelumnya memiliki riwayat magh. Nah, masalah ini sebenarnya bisa diredakan dengan rajin mengkonsumsi buah seangka guna meredakan intensitas heartburn.

3. Mengurangi Kram Kaki

Manfaat lain yang dirasakan dari mengkonsumsi buah semangka adalah berperan dalam meredakan kram kaki. Dimana kondisi ini lagi-lagi adalah hal yang umum dialami oleh wanita hamil. Konsumsi buah semangka akan membuat otot-otot yang pegal menjadi lebih rileks dan nyaman.

4. Mencegah Pigmentasi

Banyak ibu hamil yang menderita perubahan warna kulit selama masa kehamilan. Biasanya perubahan ini bisa timbul dengan berubahnya kulit pada kondisi yang lebih gelap di beberapa area sekitaran tubuh. Kondisi ini memang menjadi hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Akan tetapi dampak dari kondisi ini seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman sebab kondisi ini akan dapat mengurangi estetika kecantikan tubuh. Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi buah semangka. Semangka akan menjaga pergerakan usus halus dan kemudahan mencerna makanan. Pada gilirannya akan dapat mempengaruhi tekstur kulit selamanya.

Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil

Meski diklaim memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Akan tetapi semangka tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlau banyak. Sebab pada dasarnya segala sesuatu yang terlalu banyak akan berpengaruh tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi semangka akan dapat menimbulkan masalah seperti sakit lambung atau bahkan diabetes gestasional. Untuk itu, konsumsi secukupnya dan sepantasnya.

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons