Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak?

4.7/5 (47)

Seblak adalah makanan yang sangat digemari dimasyarakat karena rasanya yang pedas dan gurih bisa membuat banyak orang ketagihan. Makanan khas Bandung ini ternyata memiliki efek terhadap Ibu hamil yang bisa berpengaruh terhadap bayi. Jadi ada baiknya ibu hamil mengetahui dampak-dampak yang bisa ditimbulkan terhadap bayi jika terlalu sering memakan seblak.

ibu hamil makan seblak

Manfaat Positif Makan Seblak Bagi Ibu Hamil

  1. Meredakan Mual

Seringkali ibu hamil akan merasakan mual-mual saat hamil. Hal ini tentu saja sangat mengganggu ibu dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Ternyata seblak bisa meredakan mual saat sedang hamil. Rasa gurih dan pedas yang kuat pada bumbu seblak bisa meredakan mual-mual pada ibu hamil. Tentu saja anda harus bijak dalam mengkonsumsinya, banyak memakan seblak juga tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil.

  1. Sumber Vitamin C

Kandungan cabe pada seblak sangat bermanfaat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menangkal penyakit-penyakit. Vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga badan merasa segar dan bugar. Selain itu, vitamin C juga dipercaya bisa menambahkan nafsu makan sehingga bayi akan memiliki cukup nutrisi yang berasal dari makanan. Jadi jika ingin memasak sendiri resep seblak favorit anda, pastikan gunakan cabe segar dan sehat.

  1. Sumber Karbohidrat Alternatif

Jika ibu hamil merasa kesulitan untuk makan nasi karena mual, anda bisa mengganti alternatif nasi sebagai sumber karbohidrat dengan kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka. Karbohidrat sangat penting untuk tubuh, karena karbohidrat adalah sumber energi yang memungkinkan ibu hamil untuk beraktifitas. Tentu saja anda tidak bisa sepenuhnya menjadikan kerupuk pada seblak sebagai pengganti nasi, makan hanya jika anda benar-benar merasakan mual dan butuh sumber karbohidrat alternatif selain nasi.

Efek Negatif Makan Seblak Bagi Ibu Hamil

bolehkah ibu hamil makan seblak

Selain manfaat positif yang terdapat pada seblak, ternyata sebal juga dapat menimbulkan efek negatif yang merugikan untuk kesehatan ibu hamil. Tentu saja hal ini tergantung dari seberapa banyak dan sering anda memakan seblak. Jadi, ibu hamil jangan sampai berlebihan memakan seblak dan makanan pedas lainnya karena bisa merugikan kesehatan ibu dan bayi.

  1. Kandungan MSG Pada Seblak

Banyak sekali perdebatan mengenai efek MSG terhadap kesehatan.Tetapi berdasarkan penelitian banyak ahli, memberikan kesimpulan bahwa jika mengkonsumsi MSG secara berlebihan dan terus menerus bisa menyebabkan penurunan fungsi otak yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. Jadi, ada baiknya jika anda mengurangi memakai MSG pada saat masak atau saat membeli seblak.

  1. Zat Pengawet Pada Bahan Tambahan Seblak

Banyak sekali zat makanan yang mengandung pengawet untuk membuat makanan tahan lama dan awet. Dan banyak bahan makanan campuran seblak menggunakan bahan pengawet yang sangat berbahaya, seperti boraks. Boraks sangat berbahaya bagi kesehatan karena boraks ini bukanlah pengawet makanan yang aman untuk kesehatan. Boraks bisa menyebabkan sel kanker yang bisa menyebabkan bahaya yang serius untuk kesehatan anda. Jadi anda harus lebih selektif dalam memilih bahan makanan sebagai bahan tambahan seblak.

  1. Bahaya Zat Pewarna

Zat pewarna yang biasanya terdapat pada kerupuk sebenarnya aman untuk dikonsumsi, tetapi sayangnya ada sebagian oknum yang memakai zat pewarna tekstil sebaga zat pewarna. Hal ini sangat merugikan kesehatan karena bisa menyebabkan kanker dan penyakit serius lainnya.

Kesimpulan

Seblak merupakan makanan yang sangat lezat dan enak, tapi pastikan ibu hamil mengkonsumsinya dengan bijak dan tidak berlebihan agar ibu hami dan bayi tidak terkena dampak negatif yang di akibatkan oleh makanan seblak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel