Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

4.65/5 (185)

Kehamilan dan gizi adalah dua hal yang tidak boleh dipisahkan.

Makananan yang dimasukkan kedalam tubuh ibu hamil tidak hanya akan berpengaruh pada si ibu saja, melainkan juga dapat berpengaruh terhadap janin atau bayi yang ada dalam kandungannya. Itulah mengapa, seorang ibu hamil perlu menjaga asupan makanan dan segala hal yang dilakukannya demi menjaga agar kehamilan yang dijalaninya senantiasa berjalan sehat dan tanpa masalah.

Ya, kehamilan adalah sebuah hal yang amat didambakan oleh setiap wanita yang sudah berumah tangga. Hadirnya si kecil dalam keluarga menjadi kebahagian besar yang akan senantiasa melengkapi suka cita dalam berumah tangga bersama dengan pasangan.

Itulah mengapa, sudah seharusnya kita mensyukuri anugerah besar yang Tuhan berikan dalam kehidupan kita. Sebab banyak diluar sana yang belum beruntung diberikan kepercayaan memiliki buah hati dan mendapatkan kehamilan seperti yang anda miliki saat ini.

Impian memiliki buah hati harus mereka tunda selama waktu yang tidak ditentukan. Bahkan sebagian harus rela mengubur dalam-dalam impian menimang buah hati dalam pelukan mereka karena beberapa alasan tertentu. Dengan demikian, kepercayaan yang Tuhan berikan dalam kehidupan anda ini sudah selayaknya anda syukuri dengan menjaga dan merawatnya dengan baik. Melakukan segala hal dan mengetahui segala informasi dalam menjaga kehamilan tetap sehat adalah kunci dasar untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan berkulitas.

Perlu diketahui bahwa kehamilan yang sehat akan berpotensi besar mendapatkan kelahiran yang sempurna. Sebab tumbuh kembang si buah hati didalam rahim ibu dapat terjaga dengan baik, sehingga masalah dan kendala akan dapat dihindari dan kemungkinan kelahiran yang bermasalah pun bisa dicegah.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan demi mengupayakan agar kehamilan dapat sehat dan terjaga dengan baik, mulai dari melakukan olahraga, menjaga pola hidup yang sehat sampai dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Semua hal ini akan menunjang kehamilan yang berkualitas.

Ya, mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan si kecil dalam rahim anda adalah hal penting yang harus dilakukan. Sebab dari asupan inilah yang akan menunjang tumbuh kembang si janin dalam rahim agar tidak terkendala.

Akan tetapi, asupan makanan ini pun sebaiknya diperhatikan sebab ada cukup banyak pantangan konsumsi makanan yang tidak boleh disantap oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, konsumsi beberapa makanan ini akan dapat membahayakan kesehatan si janin anda.

Hal ini pulalah yang seringkali menuai kebigungan pada sebagian besar ibu hamil pada saat mereka memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Tidak sedikit wanita hamil yang merasa ragu untuk mengkonsumsi beberapa makanan sehingga hal ini membuat mereka mengalami kekurangan gizi dari beberapa makanan.

Sepertinya halnya dengan mengkonsumsi beberapa buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan seperti yang telah kita pahami selama ini bahwa jenis makanan ini adalah makanan sehat yang bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi. Hanya saja, rupanya ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil sebab akan dapat mendatangkan bahaya.

Sama halnya dengan perbincangan hangat yang masih menjadi pertanyaan banyak ibu hamil saat ini, yakni dengan konsumsi pepaya. Buah pepaya memiliki kandungan yang banyak yang mana beberapa kandungan ini amat dibutuhkan oleh ibu hamil. Adapun kandungan vitamin yang terdapat dalam buah pepeaya diantaranya adalah vitamin A,B, kalium dan beta karoten akan sangat berguna untuk tubuh.

Bukan hanya itu, dari tanaman pepaya bukan hanya buahnya saja yang lezat, namuan juga pohon pepaya dapat dimanfaatkan sebagai tali. Biji pepaya pun disebut-sebut dapat dijadikan pengganti lada hitam dan duannya bisa diolah menjadi masakan atau lalapan yang lezat.

Lantas untuk ibu hamil, bolehkah mereka mengkonsumsi buah pepaya?

Bolehkan Ibu Hamil Konsumsi Pepaya?

Pertanyaan yang satu ini masih begitu ramai diperbincangkan dan menuai pertanyaan yang besar. Mengingat kandungan vitamin dan kandungan getah yang ada pada pepaya itu sendiri. Lalu seperti apa sebenarnya pengaruh buah pepaya terhadap kehamilan dan apakah boleh ibu hamil mengkonsumsi buah manis yang satu ini?

Mengkonsumsi buah pepaya sebenarnya aman dan tentu boleh dikonsumsi siapa saja, baik ibu hamil ataupun mereka yang tidak sedang mengandung. Hanya saja untuk ibu hamil, ada beberapa standar dan peraturan yang memperbolehkan ibu hamil mengkonsumsi jenis buah ini.

Untuk ibu hamil, buah pepaya boleh dikonsumsi, asalkan buah pepaya yang dimakan adalah buah yang benar-benar sudah matang alias masak. Bila seorang ibu hamil kerap mengalami mulas atau sembelit (susah buang air besar), maka dengan mengkonsumsi buah pepaya akan bisa sangat membantu guna melancarna pencernaan yang tersebut dan mengurangi rasa begah.

Itulah mengapa, banyak orang akan menyarankan buah pepaya sebagai solusi susah buang air besar. Asalkan perhatikan pula jumlah buah pepaya yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsilah buah pepaya dalam jumlah yang sewajarnya.

Lantas mengapa dibeberapa pemberitaan banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang mengkonsumsi buah pepaya. Nah, inilah yang tengah menjadi masalah saat ini. Para pembaca kurang jeli dalam memahami bacaan yang disampaikan. Bila anda mengkaji lebih dalam artikel tentang larangan mengkonsumsi buah pepaya maka anda akan melihat beberapa syarat yang membuat  buah pepaya yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Larangan mengkonsumsi buah pepaya pada ibu hamil hanya ditujukan pada jenis pepaya yang mengkal atau yang masih setengah matang atau bahkan pepaya yang mentah. Jenis inilah yang tidak diperbolehkan dikonsumsi sebab akan berbahaya untuk ibu hamil.

Buah pepaya yang masih setengah matang memang lezat dikonsumsi, apalagi dibuat bersama dengan bumbu rujak. Akan tetapi hal tersebut akan sangat beresiko untuk janin dalam kandungan anda.

Nah, dibawah ini adalah alasan mengapa pepaya mudah bisa sangat berbahaya untuk kehamilan.

Pepaya Mentah

Buah pepaya yang masih mentah memiliki kandungan pepsin didalamnya yang mana kandungan ini terdapat pada bagian getahnya. Kandungan pepsin tersebut akan dapat menyebabkan kontraksi dan bahkan bisa sampai beresiko keguguran.

Itulah mengapa ibu hamil, terutama ibu hamil muda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi pepaya yang masih mentah atau pepaya mengkal.

Daun Buah Pepaya

Jika anda masih mengalami morning sickness seperti halnya sakit perut atau bahkan mual-mual, sebaiknya hindari mengkonsumsi air daun pepaya atau bahkan menyantap daun pepaya itu sendiri.

Sebuah sumber menjelaskan bahwa mengkonsumsi daun buah pepaya akan dapat membuat ari-ari bayi dalam kandungan menjadi rapuh.

Meskipun buah pepaya setengah matang berguna untuk meningkatkan jumlah ASI untuk ibu yang sedang menyusui. Namun ini bukan berarti pada saat hamil anda bisa sembarang mengkonsumsi segala jenis makanan. Sadari kembali, konsumsi ini hanya boleh dilakukan setelah melahirkan.

Prostaglandin

Getah putih yang terdapat pada buah pepaya mentah akan menjadi begitu lengket saat terkena udara. Papain merupakan pepsin kuat yang terdapat pada getah pepaya. Akan tetapi, bila dikonsumsi oleh ibu hamil hal ini akan dapat mengakibatkan kontraksi. Papain yang ada dari pepaya muda akan dapat melemahkan membran penting dalam perut ibu hamil, yang mana hal ini akan dapat membahayakan kondisi janin yang ada dalam kandungannya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

4 komentar pada “Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

    • Bidan Pevi Revina, STr.Keb says:

      Salam,
      Pepaya yang sudah matang bagus untuk ibu hamil, karena mengandung vit A, vit B dan beta carotine. Ibu hamil di persilahkan untuk makan buah pepaya, asal kondisi buahnya sudah matang dan dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan.
      Yang tidak di sarankan adalah mengkonsumsi buah pepaya yang masih mentah atau setengah matang, karena masing mengandung senyawa pepsin yang dapat membuat kontraksi ibu hamil, yang bisa beresiko keguguran.
      Terima kasih

Diskusikan Tema Artikel