Bolehkah Ibu Hamil Makan Coklat?

2.94/5 (78)

Manfaat Konsumsi Coklat Untuk Kehamilan

Selain manfaat yang paling dikenalnya dalam meningkatkan mood dan menjaga agar mood buruk tidak datang menghampiri ibu hamil. Rupanya, masih ada begitu macam ragam manfaat dari mengkonsumsi coklat saat kehamilan. Beberapa manfaat ini akan bisa ibu rasakan dari mengkonsumsi coklat dalam jumlah yang normal. Lalu apa sajakah manfaat tersebut untuk tubuh? Mari simak dibawah ini.

1. Mencegah Preklamsia

Untuk anda yang belum memahami apa itu preklamsia adalah sebuah gangguan kehamilan yang dapat mengakibatkan ibu hamil mengalami tekanan darah yang tinggi dimana kondisi ini umumnya terjadi sepanjang masa kehamilan.

Perlu diketahui kondisi preklamsia yang terjadi selama masa kehamilan akan dapat beresiko untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang tengah dikandungnya. Kondisi ini akan dapat menyebabkan kelahiran prematur pada bayi, menimbulkan gangguan fungsi hati dan ginjal, serta membahayakan nyawa ibu hamil.

Adapun penyebab kondisi ini dapat terjadi disebut-sebut amat berbahaya. Plasenta merupakan salah satu organ paling penting yang berfungsi untuk menyalurkan dari dari ibu hamil ke bayi yang tengah dikandungnya dalam rahim. Munculnya preklamsia diduga karena adanya gangguan perkembangan yang terjadi pada plasenta yang dipicu oleh masalah pembuluh darah pemasok plasenta.

Selain itu, faktor genetik atau adanya riwayat keluarga yang pernah mengalami kondisi serupa pun diduga berperan dalam mekanimse penyakit yang satu ini. Akan tetapi, penyebab pasti dari kondisi ini hingga sampai saat ini belum diketahui dengan pasti.

Nah rupanya dari mengkonsumsi coklat akan dapat mencegah semua resiko preklamsia karena kandungan theobromin dalam coklat akan dapat membuat ibu hamil menjadi lebih tenang, santai dan janin yang ada dalam perut ibu hamil menjadi tidak stres. Untuk itu, tidak perlu lagi khawatir atau ketakutan mengkonsumsi coklat sebab nyatanya jenis makanan ini mendatangkan banyak manfaat.

2. Memberikan Efek Pada Bayi Lebih Bahagia

Berbagai tekanan yang terjadi selama kehamilan akan cenderung membuat ibu hamil mengalami perasaan yang tidak nyaman. Selain itu, berbagai jenis masalah yang berhubungan dengan ganguan kehamilan akan mungkin membuat ibu hamil menjadi rawan terhadap ancaman stres. Hal inilah yang pada umumya membuat ibu hamil merasa tidak bahagia dan membuat janin dalam kandungannya merasakan hal yang sama.

Namun dengan mengkonsumsi coklat beberapa gram selama satu hari rupanya terbukti dapat menurunkan resiko stres pada ibu hamil dan janin yang tengah dikandungnya. Kondisi ini bahkan pernah dilakukan penelitian oleh tim riset dari majalah kesehatan ibu hamil yang ada di Finlandia.

3. Menormalkan Tekanan Darah

Sistem tekanan darah dan produksi darah untuk wanita hamil menjadi hal yang amat penting selama masa kehamilan berlangsung. Akan tetapi dalam beberapa jenis kondisi kehamilan seringkali ditemukan kasus ibu hamil yang mengalami tekanan darah yang tinggi.

Dalam hal ini mengkonsumsi coklat akan dapat menjadi salah satu makanan yang dapat menstabilkan tekanan darah ibu hamil dan mengembalikannya pada kondisi sebelumnya serta mengurangi resiko cacat pada janin.

Lagi-lagi komponen theobromin yang ditemukan pada coklat memiliki peranan yang penting untuk mencegah masalah ini dapat terjadi. Jenis makanan yang memiliki manfaat baik untuk ibu hamil ini dapat mencegah masalah pelebaran pembuluh darah yang amat rentan terjadi pada ibu hamil.

4. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Seperti halnya teh, rupanya coklat pun memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang alami. Adapun manfaat antioksidan dalam coklat akan dapat berperan penting dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker pada ibu hamil. Bukan hanya itu, manfaat lain dari antioksidan adalah berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan menjaga kesehatan janin dalam kandungannya.

Berbagai olahan coklat akan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama coklat dengan kandungan yang rendah gula dimana manfaat terbaiknya bisa diperoleh dengan baik.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply