data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Rambutan?

Kondisi kehamilan pada wanita perlulah dijaga dengan baik.

Hal ini bertujuan untuk mencegah resiko terjadinya masalah kehamilan atau kelahiran yang bermasalah pada ibu dan buah hatinya. Memang tidak mudah menjaga kehamilan dan tubuh untuk tetap sehat selama masa kehamilan. Apalagi gangguan kehamilan yang banyak muncul pada awal-awal bulan seringkali membuat ibu hamil kesulitan untuk dapat menyesuaikan kondisi tubuhnya dengan kehamilan yang sedang dijalaninya.

Beberapa gejala awal kehamilan seperti pusing, lemas, mual, muntah dan masih banyak lagi seringkali membuat ibu hamil merasa kepayahan menjalani kehamilannya. Belum lagi tubuh ibu hamil dan kandungannya dituntut untuk tetap terjaga kesehatannya dengan baik. Sementara itu, salah satu hal paling mendasar dalam menjaga kesehatan tubuh dan kehamilan seorang wanita yang sedang mengandung adalah dengan mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang didapatkan dari makanan. Apabila ibu hamil sering mengalami mual dan muntah, maka mungkin hal ini yang menjadi kendala bagi mereka untuk bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Namun disinilah tantangannya ketika menjalani kehamilan. Sebab hampir sebagian besar ibu hamil mengalami kondisi yang sama dan serupa. Ibu hamil dituntut untuk dapat mengatasi kondisi tersebut dan tetap mendapatkan asupan gizi dari konsumsi makanan sehat. Selain itu, dalam hal ini dukungan dari orang- orang terdekat akan menjadi hal yang besar agar ibu hamil mampu menjalani kehamilannya dengan lebih ceria.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Berbicara mengenai dukungan dari orang terdekat dan keluarga. Biasanya ibu hamil yang baru pertama kali menjalani masa kehamilannya akan mendapatkan banyak nasihat seputar pengalaman oranglain pada saat hamil. Dalam hal ini biasanya ibu dan ibu mertua anda akan cenderung menjadi lebih siaga dan protektif terhadap kehamilan yang anda jalani. Maklumlah mereka adalah calon nenek yang akan segera menimang cucu yang telah dinantikannya. Jadi demikian mereka akan merasa perlu untuk mengambil alih dalam menjaga kehamilan anda agar tetap terjaga dengan baik.

Tidak heran bila pada saat anda akan makan atau melakukan sutu hal maka orangtua anda atau ibu mertua anda akan cenderung lebih cerewet dengan mengatakan tidak boleh melakukan itu dan tidak boleh memakan ini.

Memang sedikit memusingkan atau mungkin bisa menjengkelkan pada saat ibu dan ibu mertua anda mulai mendikte segala hal yang anda lakukan selama kehamilan. Makan ini tidak boleh, menyentuh itu tidak boleh bahkan pada saat melakukan sesuatu pun tidak boleh. Anda hanya diminta duduk dan akan diberikan jenis makanan yang sudah dipilihkan oleh orangtua atau mertua anda. Namun tentunya terus-terusan diperlakukan seperti ini akan mungkin membuat anda merasa bosan.

Maklumlah orangtua dan mertua anda melakukan hal ini sebab mungkin pada zaman mereka mengandung dulu mereka belum memahami betul informasi tentang kehamilan dan belum mampu membedakan mana fakta dan mitos seputar kehamilan. Asalkan ibu dan mertua mereka memperbolehkan maka itulah yang akan mereka lakukan.

Namun tidak dengan anda saat ini, zaman sudah canggih dan ilmu pengetahuan sudah semakin mudah digali. Jadilah lebih cerdas dengan menggali informasi seputar kehamilan dan makanan apa yang tidak boleh anda konsumsi. Termasuk dengan buah rambutan.

Banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang larang terhadap konsumsi buah rambutan. Ya, ibu dilarang mengkonsumsi buah rambutan sebab buah ini memiliki bentuk kulit unik yang menyerupai rambut dan ketakutan berdampak buruk untuk kesehatan si jabang bayi menjadi alasan buah ini dilarang untuk ibu hamil. Lalu benarkah demikian? Simak dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Rambutan?

Untuk anda yang ingin segera mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas seputar konsumsi buah rambutan untuk ibuh hamil, nampaknya anda bisa bernapas lega. Sebab buah ini sesungguhnya tidak dilarang untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Justru sebaliknya, konsumsi buah yang satu ini selama kehamilan akan dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan sebab buah rambutan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik, termasuk untuk janin yang sedang dikandung.

Jadi demikian, mitos yang beredar dimasyarakat saat ini tidaklah benar. Sebab pada faktanya buah dengan kulit berambut ini aman dan baik dikonsumsi meski selama masa kehamilan. Nah, untuk mengetahui lebih banyak seputar manfaat dari buah yang satu ini maka mari kita simak dibawah ini.

Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

Khasiat atau manfaat buah rambutan untuk ibu hamil sebenarnya cukup banyak. Dengan demikian anda tak perlu khawatir ketika mengkonsumsi buah ini pada saat hamil.

1. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Salah satu tanda kehamilan yang kerap kali menjadi keluhan dan cukup menganggu adalah timbulnya morning sickness atau mual dan muntah yang sering menyerang pada saat pagi hari. Gejala ini memang umum dan mungkin hampir setiap wanita hamil merasakan kondisi ini. Akan tetapi dampak dari gejala ini seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan membuat lemas.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini buah rambutan akan bisa menjadi solusi yang baik. Konsumsi buah rambutan akan dapat menangani perasaan mual yang anda alami. Selain itu, buah rambutan akan dapat mengembalikan stamina anda akan tetap merasa segar dan lebih fit.

2. Membantu Mencukupi Asupan Kalori Harian

Jawaban "boleh" yang dijelaskan diatas dalam menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil mengkonsumsi rambutan, tentunya tidak dilakukan dengan sembarang. Hal ini berbanding lurus dengan manfaat yang terkandung didalamnya.

Buah rambutan dapat dijadikan alternatif untuk mendapatkan asupan kalori yang seimbang guna memenuhi kebutuhan kalori yang umumnya meningkat selama masa kehamilan. Informasi penting yang perlu diketahui adalah pada 100 gram buah rambutan terdapat sekitar 84 kalori yang pada umumnya merupakan pemenuhan sekitar 4.2 persen bila menggunakan sistem 2000kal intake setiap harinya.

3. Membantu Memenuhi Serat Ibu Hamil

Adalah umum untuk ibu hamil mengalami gangguan konstipasi atau kesulitan buang air besar akibat kekurangan serat selama kehamilan. Kondisi yang satu ini tentu akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan membuat perut merasa kesakitan.

Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini buah rambutan akan menjadi solusi mengatasi sembelit atau susah buang air besar sebab kandungan serat yang tinggi pada buah rambutan akan dapat memenuhi kebutuhan serat dan melunakkan feses yang sulit dikeluarkan.

Dengan begini, maka masalah konstipasi akan bisa segera diatasi dan dituntaskan dengan baik. Hanya saja, bantu dengan asupan cairan yang lebih banyak agar buah rambutan bisa bekerja dengan baik dalam mengatasi masalah tersebut.

4. Kandungan Mineral yang Tinggi

Kandungan mineral yang tinggi dalam buah rambutan akan dapat membantu tubuh anda terhindar dari resiko penyakit anemia karena kandungan zat besi yang besar yang ada didalamnya. Selain itu, mineral lain yang penting yang ada dalam buah rambutan termasuk diantaranya fosfor dan kalsium.

Demikian semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan semua wanita hamil di Indonesia.