Berat Badan Bayi Menurun, Normalkah?

5/5 (3)

Normalnya berat badan bayi yang baru lahir berkisar 2,5-4 kg, pada minggu pertama akan mengalami penurunan antara 7-10%,setelah memasuki antara minggu kedua dan minggu ketiga maka akan mengalami kenaikan berat badan kembali, kondisi ini tidak berlaku untuk bayi yang lahir prematur. Pada bayi yang prematur kenaikan berat badan akan cukup lama, dapat mencapai minggu keempat, hal ini disebabkan karena kandungan cairan di dalam tubuhnya cukup banyak dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan. Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir dikarenakan tidak ada pengaruh yang berarti pada bayi apabila terjadi penurunan berat badat pada minggu pertama bayi dilahirkan. Penurunan berat badan bayi ini dimaksudkan untuk mengeluarkan cairan yang dibawa sejak lahir, bahkan dapat membuat adaptasi sistem pernapasan dan kardiovaskular menjadi seimbang.

Adapun apabila bayi dalam pertumbuhannya sering kali mengalami penurunan berat badan disertai dengan masalah tinggi badan dan juga lingkar bayi abnormal, maka sebaiknya anda segera memberikan penanganan pada kesehatan bayi anda. Konsultasikan dengan dokter, untuk mengetahui penyebab utama masalah kesehatan anak anda, beberapa penyebab yang berhubungan dengan masalah berat badan bayi adalah faktor menyusui yang mengakibatkan bayi tidak mendapatkan ASI secara lancar, sehingga asupan gizi bayi tidak dapat terpenuhi, kemudian faktor selanjutnya adalah sistem organ pada tubuh bayi bermasalah misalnya pencernaan, sistem imunologi dan juga sistem hormonal. Terakhir berhubungan dengan penyakit, misalnya penyakit kronis tuberkolosis.

Perlu anda ketahui, bahwa pertumbuhan bayi bersifat individual, artinya adalah pertumbuhan bayi akan berbeda beda satu sama lainnya, ketika anda membandingkan pertumbuhan bayi anda dengan bayi lain anda sering kali menemukan perbedaan yang signifikan, anda tidak perlu khawatir. Kurva pertumbuhan bayi bersifat individual akan tetapi jangan lupa perhatikan pula pertambahan atau penurunan berat badan bayi, apakah masih dalam kisaran normal atau mengalami penurunan abnormal. Oleh karena itu sebaiknya anda sesering mungkin untuk memberikan ASI, berikan secara ekslusif selama enam bulan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda baik secara fisik maupun mental. Anda juga dapat membiasakan untuk tidur dengan bayi anda untuk meningkatkan kadar hormon prolaktasin dan oksitosin serta menambah frekuensi menyusi. Selanjutnya adalah melakukan rileksasi selama menyusui, agar terhindar dari stress.

Meskipun berat badan bayi mengalami penurunan pada minggu pertama kelahirannya adalah normal akan tetapi jangan abaikan apabila berat badan bayi tidak bertambah hingga usia 2 minggu, berat badan badan bayi tidak mengalami kenaikan minimal 300 gram pada bulan pertama atau pada bulan ke enam kelahirannya bayi anda tidak mengalami penambahan berat badan minimal 500 gram sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter, salah satunya dikhawatirkan akan mengalami gangguan metabolisme.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply