Bentuk Tubuh Ini Sangat Berisiko Terserang Diabetes

5/5 (1)

Setiap penyakit tentunya memiliki sebuah ciri dan juga faktor risiko dimana penyakit tersebut rentan menyerang tubuh manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap orang yang menderita suatu penyakit tentunya diawali dengan beberapa faktor risiko yang kemungkinan besar tidak disadari oleh orang tersebut. Tidak hanya itu, banyak sekali penyebab-penyebab yang tidak banyak orang tahu akan potensi suatu penyakit menyerang tubuhnya. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan akan timbulnya penyakit tersebut.

Begitupula dengan penyakit diabetes yang terbilang sangat serius dan berpotensi mengancam jiwa manusia. Perlu Anda tahu bahwa penyakit diabetes bukanlah penyakit dimana jika seseorang tersebut terkena akan tiba-tiba mengalami gejala yang parah. Penyakit diabetes dapat dikatakan sebagai suatu penyakit yang membunuh manusia secara perlahan. Jika seseorang tersebut mengalami penyakit diabetes, maka dapat dipastikan ia juga mengalami penyakit yang lainnya atau yang biasa kita sebut dengan komplikasi.

Terlepas dari hal tersebut tentunya ada beberapa faktor risiko dimana diabetes sangat berpotensi besar menyerang tubuh manusia. Beberapa faktor tersebut tentunya tidak banyak disadari oleh sebagian besar orang. Ternyata, ada sebuah penelitian dimana bentuk tubuh seseorang bisa saja menjadi faktor risiko terkena diabetes. Jika kita hanya menganggap bahwa diabetes hanya menyerang orang yang berbadan gemuk, ternyata diabetes juga sangat rentan menyerang orang yang berbadan gemuk.

Bentuk Tubuh Yang Berisiko Terserang Diabetes

Mungkin tidak banyak orang yang begitu menyadari bahwa ternyata bentuk tubuh seseorang ikut menjadi faktor risiko terkena penyakit diabetes. Hal ini dimana bahwa penyakit diabetes tidak memandang bentuk tubuh sehingga setiap orang memiliki faktor risiko terkenanya diabetes. Jika bentuk tubuh memiliki faktor risiko terserangnya diabetes, bagaimana dengan pola makan dan juga gaya hidup Anda sehari-hari. Untuk itu, memang penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai ciri dan juga gejala dari suatu penyakit agar kita dapat dengan mudah menanganinya. Lantas, bentuk tubuh seperti apakah yang rentan terserang diabetes? Yuk kita langsung simak saja pemaparan kami berikut ini!

Bentuk tubuh gemuk atau obesitas

Tentunya bukan menjadi rahasia umum lagi jika bentuk badan yang gemuk dan cenderung obesitas memiliki faktor risiko terserang diabetes cukup tinggi. Lebih umumnya lagi bahwa sebagian besar orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki penumpukan lemak yang di berbagai bagian tubuh. Terlepas dari bentuk tubuh tentunya kelebihan berat badan ataupun obesitas dapat dengan mudah meningkatkan faktor risiko terkenanya diabetes. Tidak heran jika obesitas menjadi akar dari berbagai penyebab penyakit seperti misalnya jantung, stroke, hipertensi hingga diabetes.

Dikutip dari sebuah laman WebMD yang menyatakan bahwa obesitas dapat menjadi salah satu faktor risiko dengan nomor satu sebagai penyebab dari penyakit diabetes. Seperti yang kita tahu bahwa obesitas merupakan suatu penumpukan lemak berlebih yang mengakibatkan terjadinya perubahan sistem metabolisme tubuh. Perubahan yang terjadi ini tentunya dapat menyebabkan terjadinya jaringan lemak yang dapat melepaskan molekul lemak di dalam darah. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi berbagai sel responsif insulin sehingga mengakibatkan berkurangnya sensitivitas insulin.

Sebuah pengecekan status gizi dengan metode Indeks Massa Tubuh (IMT) tentunya menjadi salah satu cara dalam menentukan apakah bentuk tubuh Anda termasuk ke dalam kategori obesitas ataukah tidak. Selain itu, indeks massa tubuh juga dapat digunakan untuk mengetahui risiko akan kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, bentuk tubuh seseorang yang obesitas sangat mempengaruhi akan risiko dari suatu penyakit tertentu.

Bentuk tubuh dengan lingkar pinggang besar

Selain bentuk tubuh yang obesitas tentunya faktor risiko terkena diabetes. Sebuah penelitian tentunya menyebutkan bahwa pria dan wanita dengan lingkar pinggang besar memiliki risiko yang lebih tinggi. Kondisi ini tentunya untuk mengembangkan dari berbagai penyakit kronis yakni salah satunya diabetes. Pada umumnya, bentuk tubuh dengan lingkar pinggang yang besar sangat identik dengan orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Faktanya bahwa orang dengan berat badan yang normal, akan tetapi memiliki lingkar pinggang yang besar sangat berisiko terserang berbagai jenis penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki lingkar pinggang normal.

Dalam hal ini sebuah lembaga dari Amerika yakni American Heart Association National Heart serta Lung and Blood Institute telah menetapkan bahwa ukuran pinggang yang normal bagi laki-laki yakni sekitar 102 cm dan perempuan yakni sekitar 88 cm. Sementara itu, target dari lingkar pinggang yang cukup ideal bagi orang Asia yakni kurang dari 80 cm untuk wanita dan 90 cm untuk laki-laki. 

Bentuk tubuh dengan perut yang buncit

Bentuk tubuh selanjutnya yang sangat berisiko  terkena diabetes yakni orang yang memiliki perut buncit. Orang dengan berat badan berlebih pastinya memiliki perut yang cenderung buncit sehingga tidak heran jika bentuk tubuh dengan perut buncit tersebut sangat berisiko terserang diabetes. Namun pada kenyataannya, perut buncit tidak hanya dialami oleh orang yang memiliki berat badan yang berlebih saja. Orang yang bertubuh kurus pun dapat mengalami yang namanya perut buncit.

Perut buncit tersebut tentunya dikarenakan oleh adanya lemak jahat sebagai penyebab utama dimana perut menjadi mengembang sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Lemak di dalam perut tentunya dapat dipengaruhi oleh produksi lemak darah yang dihubungkan langsung dengan tingginya kadar kolesterol seperti LDL dan menurunnya produksi kolesterol baik (HDL) dan juga resistensi insulin. Inilah faktor utama dimana orang yang memiliki perut buncit sangat cenderung terkena penyakit diabetes. Kondisi ini dapat terjadi saat insulin tidak bekerja secara optimal sehingga dapat menyebabkan tingginya kadar glukosa di dalam darah sehingga tidak dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Itulah beberapa bentuk tubuh seseorang yang ternyata memiliki faktor risiko lebih besar terkena diabetes.

Cara Menurunkan Risiko Diabetes

Bagi Anda yang termasuk ke dalam salah satu orang yang memiliki bentuk tubuh seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Maka Anda jangan terlalu khawatir karena masih banyak sekali tips dan juga cara-cara yang dapat Anda lakukan guna menurunkan risiko diabetes, diantaranya:

Perbanyaklah aktivitas fisik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan aktivitas fisik. Jika saat ini Anda cenderung orang yang pasif dalam melakukan suatu aktivitas, maka ubahlah kebiasaan Anda untuk mulai memperbanyak aktivitas dan juga gerak fisik. Dalam melakukan gerak fisik tentunya Anda jangan terlalu khawatir karena tidak selamanya aktivitas fisik dilakukan dengan berat. Anda hanya dapat melakukan kebiasaan rutin seperti berjalan kaki dan juga bersepeda saat weekend. Dengan catatan Anda harus melakukan kebiasaan ini secara rutin dan juga teratur. Setidaknya Anda dapat melakukan kebiasaan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu kurang lebih 30 menit. Aktivitas ini tentunya dapat membantu Anda menurunkan risiko terkenanya diabetes. Selain itu, Anda juga harus melakukan olahraga secara teratur dengan diimbangi oleh asupan gizi dan juga nutrisi yang tepat sehingga dapat membantu Anda dalam membentuk tubuh yang ideal.

Cek gula darah secara rutin

Selain dengan rutin melakukan gerak fisik, tentunya Anda dapat mengecek gula darah secara rutin. Dengan cek gula darah secara rutin tentunya Anda dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Maka dari itu, periksalah gula darah Anda secara rutin sebelum dan juga sesudah makan  agar Anda dapat mengetahui kadar gula darah di dalam tubuh Anda. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mengontrol dan juga mengendalikan jikalau kadar gula darah tubuh Anda cukup tinggi.

Mulai perhatikan asupan makanan

Bagaimanapun juga, makanan memang menjadi salah satu dimana suatu penyakit tumbuh. Begitupula dengan penyakit diabetes dimana dapat disebabkan oleh asupan gizi dan juga nutrisi yang tidak sehat. Anda tentunya dapat memulai dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran dan juga makanan yang tinggi akan serat. Anda tentunya dapat menghindarkan diri dari jenis makanan yang berlemak dan juga manis. Selain itu, Anda diharuskan untuk mulai memperhatikan porsi makan yang Anda konsumsi setiap harinya. Dengan memperhatikan asupan makanan dan juga minuman tentunya Anda dapat dengan mudah mengendalikan kadar gula di dalam darah sehingga kemungkinan besar Anda terhindar dari risiko terserangnya penyakit diabetes.

Saat Anda memiliki faktor risiko yang cukup besar terkena diabetes tentunya Anda diharuskan untuk mencari cara dan juga tips untuk menurunkan risiko diabetes. Tips dan juga cara yang telah kami sebutkan di atas tentunya sangat mudah untuk Anda lakukan. Jagalagh asupan makanan dan juga minuman yang biasa Anda konsumsi sehari-hari agar dapat terhindar dari risiko terkenanya diabetes. Demikianlah beberapa bentuk tubuh yang berisiko tinggi terserang penyakit diabetes. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply