Bau Mulut Saat Puasa? Yuk, Cegah Dengan Tips dan Cara Berikut Ini!

Ketika berpuasa tentunya kita tidak bisa terhindar dari yang namanya bau mulut. Tentu, sudah menjadi hal yang wajar dimana ketika kita sedang berpuasa, mulut kita akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Bau mulut kerap menjadi salah satu masalah setiap orang selama menjalankan ibadah puasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa bau mulut yang kurang sedap dapat membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Bau mulut yang timbul ketika puasa pada intinya disebabkan oleh keadaan mulut kita yang kering dan tidak mengunyah makanan apapun. Meskipun bau mulut saat berpuasa tidak dapat dihilangkan, namun tentunya ada beberapa tips mencegah bau mulut saat berpuasa. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan kebiasaan Anda dalam menjaga kesehatan gigi dan juga mulut. Seperti beberapa cara mencegah bau mulut saat berpuasa yang dapat Anda lakukan sekarang juga!

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, satu hal yang tidak kalah penting yakni mengetahui mengapa mulut kita bau saat berpuasa. Saat kita sedang berpuasa tentunya tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari. Hal ini dikarenakan cadangan glikogen yang ada di dalam otot dan juga hati sudah terpakai habis menjadi sumber energi.

Ketika lemak digunakan sebagai sumber energi tentunya tubuh akan menghasilkan senyawa yang disebut dengan keton. Senyawa ini tentunya memiliki bau yang khas dimana dapat tercium langsung melalui pernapasan Anda, terlebih ketika kita sedang berpuasa. Selama berpuasa kita juga tidak diperbolehkan untuk minum sehinga mulut dan juga lidah kita akan kering. Kondisi mulut dan juga bibir yang kering akan membuat bau mulut menjadi semakin bertambah parah. Saat mulut kering, kadar air liur pun berkurang sehingga sangat mudah menyebabkan bau pada mulut kita.

Padahal, air liur berfungsi untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak. Air liur ini tentunya berperan dalam menghilangkan sel-sel mati yang sudah terakumulasi pada pipi, lidah dan juga gusi. Maka, sel-sel mati tersebut akan menjadi penyebab timbulnya bau mulut.

Selain disebabkan oleh senyawa keton, bau mulut juga tidak dapat lepas dari makanan dan juga minuman yang kita konsumsi baik sahur ataupun berbuka. Makanan yang sudah kita konsumsi tentunya akan dicerna dan juga diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah termasuk juga pada paru-paru. Jika saat sahur ataupun berbuka Anda mengonsumsi makanan ataupun minuman yang memiliki aroma menyengat, tidak menutup kemungkinan napas Anda akan menghasilkan bau yang kurang sedap.

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh kurang bersihnya Anda dalam merawat kebersihan mulut dan juga gigi. Bau mulut juga tidak dapat dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dan juga gusi sampai membersihkan lidah. Untuk itu, bau mulut yang tidak sedap saat berpuasa tidak bisa dihilangkan dengan mudah, namun sedikitnya dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara dan juga tips yang bisa Anda lakukan.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Ketika berpuasa tentunya mulut Anda cenderung kering dikarenakan kurangnya asupan air putih. Bau mulut saat berpuasa tentunya tidak dapat dengan mudah kita hilangkan sehingga membuat kita menjadi tidak percaya diri. Namun tenang saja, beberapa tips dan cara di bawah ini setidaknya dapat membantu Anda untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa, diantaranya:

Cukupi air putih

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencukupi air putih baik saat sahur ataupun berbuka puasa. Agar mulut tidak bau selama bulan puasa, maka alangkah baiknya jika Anda mencukupi kebutuhan cairan saat buka dan juga sahur. Siapa sangka bahwa air putih dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita. Jika produksi air liur lancar, maka akan membantu mulut kita agar tetap bersih dan meminimalisir bau mulut yang tidak sedap.

Konsumsi teh pahit

Teh pahit tanpa gula ternyata dipercaya dapat mencegah bau mulut tidak sedap ketika berpuasa. Namun, alangkah baiknya jika Anda memilih teh hijau dibandingkan dengan teh hitam. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung polyphenol yakni zat yang dapat membantu membersihkan bakteri di area saluran pernapasan. Selain itu, teh hijau juga dapat menetralisir bau pada mulut perokok.

Konsultasi ke dokter gigi

Jika Anda tidak ingin mulut Anda menghasilkan bau yang tidak sedap saat berpuasa, tentu cara yang satu ini sangat dianjurkan bagi Anda. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Seperti yang kita tahu bahwa karang gigi menjadi salah satu penyebab dimana mulut menghasilkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda agar mulut dan gigi Anda terawat dengan baik selama berpuasa.

Hindari makanan lengket dan berbau

Beberapa jenis makanan tentunya menghasilkan bau yang tidak sedap seperti jengkol dan juga petai. Selama bulan puasa tentunya Anda harus menahan terlebih dahulu keinginan Anda dalam mengonsumsi makanan yang dapat menghasilkan bau yang tidak sedap. Jika jengkol dan juga petai termasuk ke dalam makanan favorit Anda, tentu Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut saat bulan puasa. Selain makanan yang sangat kuat aromanya, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lengket karena akan menempel pada sela-sela gigi. Dalam jangka waktu yang panjang, maka akan membusuk sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap terlebih ketika sedang berpuasa.

Jangan terlalu banyak tidur

Ketika sedang berpuasa, tidur menjadi satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang. Tidak jarang orang yang menghindari rasa lapar dan haus dengan cara tidur. Namun ternyata tidur dapat membuat tubuh menjadi lebih dehidrasi. Selain dehidrasi, tidur juga menjadi penyebab dimana mulut kita menjadi kering dan juga kurang air. Tidak heran jika ornag yang banyak tidur saat berpuasa akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Jangan lewatkan sikat gigi

Menyikat gigi memang menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Ketika puasa bukan berarti Anda tidak boleh menyikat gigi. Dalam menyikat gigi tentunya Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Senyawa fluoride tentunya dipercaya dapat menghilangkan sisa makanan dan juga plak yang menumpuk pada gigi. Gosok gigi Anda minimal 2 menit atau sampai bersih.

Bersihkan lidah

Untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa tentunya tidak hanya dapat disiasati oleh menyikat gigi saja. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan lidah. Untuk menghilangkan bau mulut tentunya Anda bisa menggunakan alat khusus yang dapat didesain untuk membersihkan lidah. Hal ini dikarenakan sisa-sisa kotoran yang ada di dalam lidah akan menimbulkan aroma yang tidak sedap sehingga membersihkan lidah ialah salah satu cara mencegah bau tidak sedap yang harus Anda lakukan.

Gunakan benang gigi

Sisa-sisa makanan yang menyelip di dalam gigi tentunya lama kelamaan akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut Anda. Benang gigi tentunya dapat digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi. Biasanya bagian sela gigi sangat sulit untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi sehingga diperlukan alat khusus untuk membersihkan sela-sela gigi. Jika sisa-sisa makanan tersebut dibiarkan, maka dapat memicu terbentuknya plak yang dapat menyebabkan bau mulut.

Gunakan obat kumur non-alkohol

Obat kumur non-alkohol tentunya dinilai ampuh untuk membersihkan mulut dan juga gigi. Setelah menggosok gigi tentunya jangan lupa untuk berkumur dengan menggunakan obat kumur. Fungsi utama dari obat kumur ini yakni untuk membersihkan keseluruh area mulut yang bahkan sangat sulit untuk dijangkau. Dengan menggunakan obat kumur tentunya bakteri akan langsung mati.

Jangan merokok saat sahur

Jika Anda tidak ingin memiliki bau mulut yang tidak sedap, maka Anda harus menghentikan kebiasaan merokok. Jika awalnya Anda terbiasa merokok setelah sahur, maka kondisi ini akan membuat bau mulut Anda semakin bertambah. Hal ini dikarenakan zat yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap terlebih saat berpuasa. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

Menjaga mulut tetap bersih dan juga tidak berbau tentunya menjadi hal yang cukup sulit saat menjalankan ibadah puasa. Namun, dengan melakukan beberapa cara dan juga tips mencegah bau mulut saat berpuasa tentu masalah bau mulut dapat sedikitnya dengan mudah Anda atasi. Selamat mencoba!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel