Bantu Keringkan Kaki Busuk Pada Penderita Diabetes

4.53/5 (17)

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan telah menajdi satu dari sekian banyak penyebab kematian yang menyerang orang Indonesia. Masalah yang paling sering timbul dan merepotkan bagi para pendeirta diabetes melitus adalah luka yang timbul pada bagian kaki. Hal ini dikarenakan apabila luka tersebut dibiarkan begitu saja tanpa segera dilakukan penanganan yang baik maka kondisi ini akan dapat meningkatkan resiko infeksi yang cukup parah yang mana pada tahap selanjutnya kebusukan bisa menjadi hal yang menakutkan. Diabates dapat merusak saraf kaki dan memicu tingkat resiko cedera kaki yang parah serta ulserasi sehingga kondisi ini dapat memicu timbulnya gangren yang bernanah dan berakhir dengan amputasi.

Mengapa Kaki Busuk Bisa Terjadi Pada Penderita Dibates?

Seringkali kita bertanya-tanya mengapa luka kaki sampai terjadi kebusukan bisa terjadi pada para penderita diabetes. Kondisi ini pula yang membuat sebagian besar masyarakat dihantui ketakutan yang sama meski belum tahu betul seperti apa mekanisme kebuskan kaki bisa terjadi pada penderita diabetes.

Ya, kaki yang busuk yang dialami oleh penderita diabetes disebabkan karena matinya sel-sel jaringan kaki akibat adanya kerusakan saraf (diabetes neuropati) serta kondisi sirkulasi darah yang buruk yang terjadi pada bagian kaki. Kondisi ini dapat muncul sebagai akibat dari kondisi hiperglikemik yang terjadi secara berulang-ulang. Akibat kerusakan saraf inilah pasien menjadi kurang peka terhadap segala bentuk luka yang terjadi pada bagian kakinya, baik luka yang kecil maupun luka yang besar.

Gangren yang muncul umumnya akan ditandai dengan area sekitar kulit yang berwarna kehitaman, berbau amis dan kadang pula mengeluarkan nanah yang beraroma bau busuk. Jika anda mengalami kaki busuk akibat adanya gangrene, maka segera lakukan pengobatan. Sebab bila biarkan begitu saja kondisi ini bisa menjangkiti bagian tulang kaki yang mana bila kondisi ini terjadi maka amputasi adalah jalan akhir yang diambil guna mencegah kondisi ini menyebar pada bagian lainnya.

Bantu Keringkan Kaki Busuk Pada Penderita Diabetes

Lalu bagaimana cara cepat membantu pengeringan luka akibat kaki busuk yang timbul sebab adanya gangren pada penderita penyakit diabetes melitus agar tidak beresiko amputasi? Apabila anda memang sudah melakukan berbagai pengobatan namun hasilnya tak kunjung terlihat atau mungkin kurang memuaskan, maka cobalah pengobatan yang bersifat alternatif dibawah ini.

Pengobatan dibawah ini ditujukan guna mengatasi luka infeksi bakteri dan jamur yang serius seperti halnya eksim, borok bernanah, kadas dan khusus untuk gangren yang sudah diterapkan oleh orang-orang sejak zaman dahulu. Akan tetapi, informasi ini masihlah bersifat tradisional sehingga butuh waktu dan kesebaran serta konsistenitas dari anda sendiri untuk terus melakukan penananganan ini dengan baik.

1. Perbaiki Gaya Hidup Anda

Hal penting yang pertama yang perlu untuk dilakukan dalam membantu pengeringan luka yang terjadi adalah dengan memperbaiki pola hidup yang anda jalani saat ini. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kaki busuk yang dialami oleh penderita dibaetes terjadi akibat kadar glukosa didalam darinya tinggi sehingga kondisi ini menyumbat sirkulasi darah dan menimbulkan kerusakan saraf.

Oleh karenanya guna mempercepat pengobatan maka penyebab utama dari kondisi ini perlu diperbaiki dengan baik yakni dengan merubah gaya hidup anda pada hal yang lebih baik. Lantas gaya hidup seperti apa yang perlu dibenahi? Berikut ini adalah poin-poinnya.

  • Tidak Merokok

Merokok akan dapat meningkatkan resiko pengerasan arteri yang dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi tersumbat. Kombinasi antara diabetes dan rokok adalah dua hal yang menjadi mimpi buruk untuk semua orang. Sebab kondisi ini malah akan dapat meningkatkan resiko kaki busuk akibat gangren sebanyak 2 kali lipat dibandingkan dengan diabetes tanpa rokok. Untuk itu, hentikan kebiasaan ini dengan segera.

  • Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga adalah kegiatan penting sebagai syarat untuk mendapatkan gaya hidup yang sehat. Kegiatan yang satu ini pun bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dengan lebih baik. Ketika sirkulasi darah anda lancar maka oksigen dalam aliran daah dan sel-sel darah putih pun akan menjadi lebih lancar. Perlu diketahui bahwa oksigen dan darah putih berperan besar dalam pengobatan berbagai luka, terutama kaki busuk akibat diabetes. Beberapa olahraga yang bisa anda lakukan diantaranya adalah:

  • Berjalan kaki
  • Jogging pagi hari
  • Senam
  • Yoga

Itulah dia beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan pada saat anda menderita diabetes. 

  • Hindari Begadang

Begadang bukanlah pilihan yang baik untuk dijalankan sebagai kebiasaan sehari-hari. Kondisi ini akan dapat mempengaruhi kualiatas tidur anda menjadi buruk. Akibatnya hal ini pun akan dapat menimbulkan stres dan akan dapat meningkatkan resiko gangguan sirkulasi darah yang buruk.

2. Manfaatkan Air Ludah Basi dan Binahong

Air ludah basi adalah air ludah yang muncul pada pagi hari ketia anda bangun pagi dari tidur malam dan keadaan mulut yang belum dimasuki apapun. Jadi, air liur yang keluar setelah anda tidur merupakan air liur murni hasil dari sekresi tubuh anda sendiri. Sementara itu, jika mulut anda sudah dimasuki dengan pasta gigi maka kualitas air liur sebagai antibakteri akan rusak. Lantas mengapa air liur?

Tingkat kepekatan enzim-enzim pembunuh bakteri dan jamur pada air liur dipagi hari memiliki konsentrasi yang besar. Enzim-enzim yang terdapat pada air liur ini berperan untuk dapat membunuh bakteri dan jamur. Seperti misalkan tiosianat, hidrogen peroksida dan juga immunoglobin. Sementara enzim lisosim berfungsi untuk lisis bakter. Jadi demikian bahan alami ini dapat anda manfaatkan untuk meringankan luka busuk akibat diabetes.

Lalu bagaimana dengan binahong? Binahong adalah daun yang mengandung beberapa kandungan kimia yang baik seperti halnya flavoid dan juga asam oleanolik yang bermanfaat sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi dan juga anti radikal bebas. Sedangkan kandungan asam askorbat dalam daun binahong akan dapat bermanfaat sebagai pembentukan kolagen yang mempercepat pengerikan borok atau busuk pada kaki akibat diabetes.

Untuk menggunakan air liur dan dau binahong sebagai obat peringering luka busuk pada kaki anda bisa menguyahnya dengan mulut pada pagi hari saat anda belum melakukan aktivitas atau belum mengkosumsi apapun. Lalu letakkan daun binahong yang sudah dihaluskan disekitar luka.

3. Hindari Pantangan Selama Melakukan Pengobatan

Menghindari apa yang dilarang dan menjadi pantangan selama pengobatan memang menjadi hal penting yang perlu untuk dilakukan. Hal ini pun tentu akan membantu anda untuk mempercepat proses pengobatan dan membuat semua keluhan yang dialami dapat segera diatasi. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk pengobatan kaki busuk menjadi lebih mudah kering.

  • Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji dengan kandungan lemak dan kalori yang begitu tinggi. Selain itu makanan instan seperti mie instan dan produk lainnya pun perlu anda waspadai.
  • Hindari konsumsi makanan dengan kandungan pengawet yang tinggi dan MSG yang banyak.
  • Hindari konsumsi makanan dengan kandungan protein hewani, baik itu yang berlemak maupun yang non-lemak. Misalkan seperti daging kambing, sapi, ayam, ikan laut dan lain sebagainya.
  • Pilihlah nasi jagung atau beras merah sebagai pengganti makanan pokok anda yakni nasi putih. Sementara itu, bila anda ingin mengkosumsi nasi biasa maka biarkan nasi dingin selam 12 jam terlebih dahulu.
  • Hindari konsumsi beberapa makanan seperti durian, jengkol, melinjo dan nangka. Baik itu buahnya maupun daunnya.

Demikianlah beberapa tips bantu meringankan kondisi kaki busuk yang mungkin dialami saat ini. Pemerhatian yang baik terhadap kesehatan dan gaya hidup yang anda jalankan akan membantu proses pengobatan berjalan dengan lebih optimal.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel