Bahayakah Demam Pada Anak Disertai Mimisan

4.57/5 (42)

Berbeda dengan kondisi dimana anak mengalami demam yang disertai dengan tanda yang berbahaya yaitu ketika anak anda demam disertai dengan kejang atau demam anak anda yang disertai dengan mimisan, maka harus segera diperiksakan ke dokter meskipun belum tiga hari mengalami demam. Demam dengan kondisi mimisan bisa menjadi pertanda anak anda menderita penyakit tertentu, kondisi kesehatan dan pemeriksaan lanjut sangat diperlukan untuk mendiagnosa anak. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai demam yang disertai mimisan pada anak.

Mimisan

Mimisan atau istilah kedokteran epikstasis merupakan kondisi dimana hidung anak mengeluarkan darah. Penyebab terjadinya mimisan beraneka ragam ada yang disebabkan karena perlukaan pembuluh darah pada hidung, mengalami spontan saat anak mengalami demam tinggi, udara yang terlalu kering atau panas atau mengalami benturan. Kondisi mimisan pada anak tidak selamanya membahayakan akan tetapi segera melakukan penanganan ke dokter apabila anak anda mengalami mimisan yang sering, tidak dapat teratasi dan kondisi anak anda sedang demam.

Anak Demam dan Mimisan

Mimisan pada anak tidak selamanya membahayakan apalagi bila anak anda mengalami fisik yang sehat. Mimisan yang dialami pada kondisi anak sehat disebabkan karena trauma pada bagian hidung dalam atau mengalami muktosa hidung yang kering hingga masuknya benda asing.
Berbeda lagi dengan anak yang mengalami mimisan ketika kondisi badan anak anda demam tinggi, anda harus melakukan antisipasi dan waspada.

Ini dapat menjadi salah satu tanda yang membahayakan apabila kondisi anak anda demam dan mengalami mimisan, seperti berikut ini :

  1. Anak anda mengalami sulit bernafas
  2. Jumlah darah yang keluar sangat banyak
  3. Anak merasa lemas dan pucat
  4. Mengalami benturan di wajah dan disertai nyeri dada atau denyut nadi menjadi berkurang , cepat lelah.

Kondisi seperti inilah yang menjadi tanda bahwa anak anda yang mengalami mimisan menjadi berbahaya. Pada beberapa kasus anak yang mengalami demam tinggi dan mengalami mimisan dapat disebabkan karena penyakit seperti demam berdarah hingga penyakit leukemia.

Pertolongan pada anak yang mengalami mimisan

Anda tidak perlu panik ketika anak anda mengalami mimisan. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memposisikan kepala lebih tinggi seperti posisi setengah duduk atau posisi duduk kemudian setelah itu tekan tulang hidung anak anda selama 1 menit. Anda dapat pula menggunakan es batu untuk mengompresnya di arah tulang hidung. Pasangkan pula sumbat lubang hidung yang mengalami mimisan dengan menggunakan tissue atau kapas.

Meskipun bukan masalah yang besar apabila terjadi berulang dan sulit teratasi maka sebaiknya segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi. Ciri mimisan yang menjadii tanda penyakit adalah mimisan yang sering terjadi pada anak, kondisi anak anda sedang demam tinggi dan sulit teratasi sehingga pemeriksaan dokter diperlukan untuk mengetahui keadaan anak. Pada saat anda anak mengalami mimisan, seringakali mengalami batuk yang mengeluarkan darah, kemungkinan besar dikarenakan darah yang ikut tertelan anda tidak perlu panik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

4 komentar pada “Bahayakah Demam Pada Anak Disertai Mimisan

    • Bidan Pevi Revina, STr.Keb says:

      Tetap perlu di waspadai bun, dan baiknya segera periksakan ke dokter. Apalagi jika terjatuh harus di periksakan luka yang yang menyebabkan perdarahan tersebut, di khawatirkan juga adanya infeksi yang menyebabkan demam.
      Sebagai tambahan, waspadai dan segera periksakan ke dokter jika kondisi mimisan sbb:
      1. Mimisan yang diikuti oleh demam atau juga sebaliknya tangan dan kaki anak menjadi leibh dingin
      2. Perdarahan yang banyak dan berulang
      3. Mimisan menyebabkan anak lemas dan susah bernafas
      4. Tubuh dan wajah anak menjadi pucat
      5. Denyut nadi dan jantung menjadi lebih cepat

  1. Nilam says:

    Anak saya tiba” demam dan mimisan meski tidak banyak tp itu terjadi 2 x saya sudah mengatasinya dengan menyimpan pakai daun sirih masalah teratasi to stelah di cabut daunnya tidak lama keluar kembali tp tidak banyak …kira” penyakit apakah …saya agak panik di karenakan tiba” mimisan dan demam mohon solusinya dan penyakit apakah ….berbahaya atau tidak …karena masih anget badannya

    • Bidan Pevi Revina, STr.Keb says:

      Salam Bunda Nilam,
      Mimisan diikuti demam, apalagi terjadi berulang tentunya harus di waspadai. Karena mimisan yang berulang dan disertai oleh demam adalah gejala penyakit.
      Untuk mengetahui secara pasti penyakit apa yang diderita si kecil tentunya harus dilakukan pemeriksaan. Namun, biasanya mimisan menjadi gejala untuk penyakit demam berdarah, hemofilia (gangguan darah, dimana darah tidak membeku dengan sendirinya secara normal) atau juga sinusitis (radang pada rongga sinus yang letaknya di belakang pipi dan dahi), atau juga karena hal lainnya. Saran kami segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, usahakan minta rujukan ke dokter untuk di lakukan pemeriksaan darah dan urine, biar nanti dokter yang membaca diagnosanya.
      Dan juga, jika terjadi mimisan, untuk menyumbatnya saran kami jangan menggunakan dedaunan, karena di khawatirkan malah bisa infeksi. Cukup dengan kain kassa, tissue atau kapas yang di gulung saja. Lakukan juga kompress jika si kecil demam.
      Demikian Bunda Nilam, jawaban dari kami, semoga membantu, dan semoga si kecil cepat sembuh

Diskusikan Tema Artikel