Bahaya yang Ditimbulkan Jika Tidur Setelah Sahur


Resiko Terkena Stroke Tinggi

Selain bahaya-bahaya di atas, tidur setelah sahur juga akan meningkatkan resiko seseorang terkena stroke. Parahnya penyakit ini akan menyebabkan kematian penderitanya. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda menghindari kebiasaan tidur setelah sahur agar resiko terkena penyakit stroke rendah.

Tips Menghindari Tidur Setelah Makan Sahur

Karena begitu bahayanya tidur setelah makan sahur, maka alangkah lebih baik untuk menghindarinya. Beberapa tips di bawah ini bisa anda lakukan untuk menghindari tidur setelah makan sahur.

Atur Ulang Jadwal Tidur

Salah satu penyebab tidur setelah makan sahur yaitu karena kurangnya jam tidur yang terpotong karena berbagai aktivitas yang anda lakukan sebelum tidur. Untuk mengatasinya anda harus mengatur ulang jadwal tidur anda. Usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya agar tidak ngantuk ketika pagi hari. Jika tidak bisa tidur lebih awal, maka anda bisa mengganti jam tidur tersebut dengan melakukan tidur siang.

Makan Sahur Diakhir

Agar dekat dengan waktu shalat subuh, maka alangkah lebih baik apabila anda sahur mendekati waktu imsak. Sehingga setelah makan sahur anda bisa langsung shalat bukannya tidur.

Lakukan Kegiatan Lainnya

Setelah sahur, agar anda tidak langsung tidur maka anda bisa melakukan kegiatan kegiatan positif. Anda bisa membaca ayat suci Al-Qur’an atau melakukan kegiatan lainnya. Selain menghindari tidur setelah sahur, kegiatan tersebut juga akan mendatangkan pahala untuk anda.

Sahur Dengan Menu yang Tepat

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan kantuk saat sahur. Oleh sebab itu, diharapkan anda memperhatikan menu yang anda konsumsi ketika sahur. Konsumsi makanan sehat dan hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kantuk.

Demikian beberapa bahaya apabila tidur setelah selesai sahur beserta cara mencegahnya. Demi kesehatan dan kelancaran puasa, maka sebaiknya hindari kebiasaan tidur setelah sahur. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply