Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Ibu Hamil

Kondisi kehamilan dengan adanya janin dalam kandungan seorang wanita memang mengharuskan mereka untuk mendapatkan asupan vitamin yang lebih banyak kedalam tubuhnya. Tak heran bila sebagian ibu hamil akan dengan teratur mengkonsumsi makanan sehat dengan baik guna menjamin pertumbuhan si kecil dalam rahimnya.

Bahkan sebagian ibu menyempatkan diri untuk mengkonusmsi sejumlah asupan suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam skala yang lebih besar ketika mereka tidak merasa mendapatkan vitamin cukup dari makanan yang dikonsumsinya.

Ada cukup banyak kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil dalam menunjang perkembangan bayi dan janin dalam kandungan agar berjalan dengan baik. Salah satunya adalah kebutuhan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Bahan vitamin ini akan sangat berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh serta membantu kinerja penglihatan agar berjalan dengan baik.

Sementara itu, manfaat vitamin A untuk ibu hamil ada begitu banyak diantaranya adalah memicu pertumbuhan hati dengan lebih baik pada janin, pertumbuhan embrio, pengembangan jantung pada janin dan masih banyak lagi. Baca juga: Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Selain itu, asupan bahan ini pun akan sangat penting untuk ibu hamil menjelang waktu persalinannya. Vitamin A akan membantu memperbaiki dengan cepat jaringan postpartum dan membuat proses kelahiran secara normal dapat terjadi. Akan tetapi, kelebihan vitamin A dalam tubuh ibu hamil pun bukanlah kondisi yang baik. Sebab kondisi ini akan dapat berbahaya. Diantaranya bahaya yang dapat ditimbulkan adalah:

Overdosis

Masalah pertama yang akan mungkin ditemukan pada ibu hamil yang mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A adalah overdosis. Overdosis dari asupan vitamin A yang berlebihan akan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons