data-ad-format="auto"

Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Ibu Hamil

Kondisi kehamilan dengan adanya janin dalam kandungan seorang wanita memang mengharuskan mereka untuk mendapatkan asupan vitamin yang lebih banyak kedalam tubuhnya. Tak heran bila sebagian ibu hamil akan dengan teratur mengkonsumsi makanan sehat dengan baik guna menjamin pertumbuhan si kecil dalam rahimnya.

Bahkan sebagian ibu menyempatkan diri untuk mengkonusmsi sejumlah asupan suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam skala yang lebih besar ketika mereka tidak merasa mendapatkan vitamin cukup dari makanan yang dikonsumsinya.

Ada cukup banyak kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil dalam menunjang perkembangan bayi dan janin dalam kandungan agar berjalan dengan baik. Salah satunya adalah kebutuhan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Bahan vitamin ini akan sangat berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh serta membantu kinerja penglihatan agar berjalan dengan baik.

Sementara itu, manfaat vitamin A untuk ibu hamil ada begitu banyak diantaranya adalah memicu pertumbuhan hati dengan lebih baik pada janin, pertumbuhan embrio, pengembangan jantung pada janin dan masih banyak lagi. Baca juga: Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Selain itu, asupan bahan ini pun akan sangat penting untuk ibu hamil menjelang waktu persalinannya. Vitamin A akan membantu memperbaiki dengan cepat jaringan postpartum dan membuat proses kelahiran secara normal dapat terjadi. Akan tetapi, kelebihan vitamin A dalam tubuh ibu hamil pun bukanlah kondisi yang baik. Sebab kondisi ini akan dapat berbahaya. Diantaranya bahaya yang dapat ditimbulkan adalah:

Overdosis

Masalah pertama yang akan mungkin ditemukan pada ibu hamil yang mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A adalah overdosis. Overdosis dari asupan vitamin A yang berlebihan akan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya.

Apalagi untuk anda yang mengkonsumsi suplemen vitamin A dalam memenuhi kebutuhan vitamin ini dalam tubuh. Oleh karenanya, sebaiknya periksakan terlebih dahulu dan konsultasikan dengan dokter seberapa banyak dosis yang bisa anda konsumsi. Dengan begini takaran yang jelas akan menghindarkan anda dari masalah overdosis yang berbahaya.

Cacat Lahir Pada Bayi

Asupan vitamin A kedalam tubuh ibu hamil yang tengah mengandung memang baik untuk dikonsumsi. Hanya saja, kelebihan dosis dari konsumsi vitamin ini dalam tubuh akan berbahaya, salah satunya dalah resiko bayi cacat lahir. Namun demikian, tidak semua bentuk dari vitamin A akan dapat mengakibatkan kondisi ini dapat terjadi.

Adapun beberapa bentuk vitamin A yang beresiko bila dikonsumsi terlalu banyak adalah preform. Sementara itu, bentuk yang aman untuk dikonsumsi dan tidak beresiko adalah vitamin A dengan bentuk beta karoten. Oleh karenanya, perhatikan masalah ini dengan baik salah satu cara terbaik dalam mengenai jumlah asupan vitamin A yang sesuai adalah dengan berkonsultasi masalah ini dengan dokter.

Keguguran

Dampak paling bahaya dari konsumsi vitamin A yang terlalu banyak pada kehamilan adalah keguguran. Overdosis dari bahan vitamin ini akan membuat perkembangan bayi dan jiwanya terancam dalam perut ibu. Hal ini dikarenakan vitamin A yang dikonsumsi terlalu banyak akan dapat bersifat toxic untuk janin dalam kandungan.

Nafsu Makan Menghilang

Dampak lain dari mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A adalah kehilangan nafsu makan pada ibu hamil. Kondisi ini akan sekaligus berdampak buruk pada janin dalam kandungan anda. Salah satunya adalah perkembangan dan pertumbuhan janin yang akan terganggu. Nafsu makan yang hilang pada ibu hamil akan membuat nutrisi dari makanan sehat terkendala masuk kedalam tubuh ibu.

Loading...

Follow us