Awas! 5 Jenis Makanan Ini Penyebab Stroke Anda Kambuh Kembali

5/5 (4)

Penyakit yang satu ini telah menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia setelah kanker dan diabetes. Penyakit stroke dapat terjadi karena kebiasaan buruk dan juga gaya hidup tidak sehat yang biasa kita lakukan. Bagaimanapun juga, penyakit stroke menjadi sebuah penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap orang karena dapat mengancam jiwa. Mungkin bagi orang yang memiliki stroke ringan tidak terlalu menjadi masalah yang pelik. Namun, bagi orang yang mengalami stroke berat, hidup terasa tidak berguna sama sekali.

Terlepas dari penyebab penyakit stroke yang harus benar-benar Anda waspadai. Tentunya, menjaga asupan makanan dan juga minuman yang biasa Anda konsumsi menjadi satu hal yang perlu Anda perhatikan. Bagaimanapun juga, makanan dan minuman dapat menjadi penyebab dimana Anda mengalami penyakit stroke baik ringan ataupun berat. Meskipun memang faktor keturunan menjadi penyebab yang paling besar dimana seseorang mengalami penyakit stroke. Namun, mencegah agar Anda tidak mengalami penyakit stroke menjadi hal yang harus Anda lakukan.

Makanan Penyebab Stroke Kambuh Kembali

Bagi Anda penderita penyakit stroke tentu faktor asupan makanan dan juga minuman menjadi hal yang benar-benar harus Anda perhatikan. Sama halnya dengan penyakit yang lain, beberapa jenis makanan mungkin saja harus dihindari dan bahkan tidak boleh dikonsumsi. Hal ini dikarenakan jika Anda mengonsumsi jenis makanan tersebut, maka dikhawatirkan penyakit stroke Anda akan kembali kambuh. Tentu, Anda tidak ingin penyakit stroke yang sudah membaik kembali kambuh.

Pada umumnya, segala jenis penyakit disebabkan oleh makanan dan juga minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Pantangan makanan dan juga minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita stroke memang tergantung dari kondisi masing-masing individu. Akan tetapi, alangkah baiknya jika kita membatasi dan bahkan menghindari asupan makanan dan juga minuman yang kemungkinan akan membuat penyakit stroke kembali kambuh dengan mudah. Berikut ini beberapa jenis makanan dan juga minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita stroke, diantaranya:

Makanan tinggi gula

Jenis makanan pertama yang dipercaya sebagai penyebab stroke kambuh ialah jenis makanan dengan kandungan tinggi gula. Hal ini dikarenakan konsumsi gula yang berlebih dapat merusak pembuluh darah serta mengakibatkan obesitas. Jika hal ini terjadi, maka tidak menutup kemungkinan penyakit stroke akan kembali kambuh dan juga menyerang Anda. Untuk menghindari agar penyakit stroke tidak kembali kambuh, maka sebaiknya Anda membatasi konsumsi gula yakni sekitar 4 sendok makan perharinya.

Fast Food

Makanan instan siap saji tentunya dapat menjadi pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita stroke. Bagaimanapun juga, makanan yang instan memang tidak dianjurkan untuk penderita stroke. Di dalam makanan instan tersebut memang mengandung natrium nitrat dan juga nitrit. Kedua bahan tersebut tentunya sering dijadikan sebagai zat pengawet ataupun zat pewarna pada berbagai olahan makanan dan juga pengawet pada daging olahan seperti misalnya sosis, daging kemasan dan juga produk makanan instan lainnya.

Begitupula dengan makanan kemasan lain seperti mie instan, cemilan kemasan dan juga kentang goreng. Perlu Anda tahu bahwa natrium nitrat dan juga nitrit dapat dengan mudah merusak pembuluh darah sehingga dapat membuat arteri menyempit ataupun mengeras. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan Anda menderita penyakit jantung dan juga meningkatkan kembali risiko penyakit stroke menjadi kambuh kembali.

Minuman beralkohol

Jenis minuman selanjutnya yang dipercaya dapat menyebabkan penyakit stroke kembali kambuh. Pada umumnya orang yang mengalami stroke disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol bahkan tidak boleh mengonsumsi alkohol sama sekali. Bagi penderita stroke tentunya disarankan untuk konsumsi alkohol sebanyak satu gelas per hari untuk perempuan dan juga dua gelas per hari untuk pria. Namun, untuk mencegah agar stroke Anda tidak kembali kambuh, maka tidak mengonsumsi alkohol sama sekali menjadi cara terbaik bagi Anda. Pada kondisi lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan juga kolesterol yang tinggi alangkah baiknya untuk dikonsultasikan langsung pada dokter gizi agar mendapatkan panduan makan yang lebih tepat bagi penderita stroke.

Makanan tinggi garam

Jenis makanan yang mengandung garam yang cukup tinggi tentunya dapat memicu tekanan darah kembali meningkat. Menghindari makanan yang mengandung garam yang cukup tinggi tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Jika tidak kita kendalikan, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami hipertensi sehingga akan memicu penyakit stroke untuk datang kembali. Maka dari itu, Anda diharuskan untuk membatasi asupan natrium dan juga garam di dalam setiap masakan yang akan Anda konsumsi. Anda tentunya dapat mengusahakan agar Anda tidak mengonsumsi natrium lebih dari 1.500 mg setiap harinya atau setara dengan satu sendok teh garam.

Makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans

Seperti yang kita tahu bahwa lemak jenuh dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Dalam hal ini jika kadar LDL di dalam tubuh berlebih, maka dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak di dalam arteri. Kondisi ini tentunya dapat menghambat aliran darah yang akan masuk ke jantung dan juga otak sehingga dapat meningkatkan terjadinya risiko penyakit stroke dan jantung. Selain lemak jenuh, jenis lemak lainnya yang sebaiknya dihindari ialah lemak trans. Lebih tepatnya lagi lemak trans ialah salah satu jenis lemak yang diolah untuk menambahkan hidrogen pada minyak sayur sehingga dapat membuatnya menjadi lebih padat. Dalam hal ini lemak trans dapat terbukti meningkatkan penyakit stroke kembali kambuh.

Jika Anda ingin tahu apa saja makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, berikut kami sajikan beberapa contoh makanan tersebut, diantaranya:

Lemak jenuh

– Kulit ayam

– Produk susu

– Daging merah

Lemak trans

– Makanan beku olahan

– Biskuit

– Donut

– Makanan siap saji (kentang goreng, ayam goreng atau burger)

– Margarin

– Makanan ringan seperti keripik singkong kemasan, cemilan sejenis dan keripik kentang)

– Gorengan

Makanan Untuk Penderita Stroke

Berbagai makanan penderita stroke memang terbilang cukup susah. Hal ini dikarenakan penderita stroke akan kembali mengalami kambuh. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan oleh The American Heart Association dan American Stroke Association, diantaranya:

– Kacang-kacangan, biji-bijian dan juga makanan tinggi serat seperti wortel, kacang merah dan juga gandum

– Sayuran dan juga buah-buahan

– Daging ikan seperti tuna, lele, nila dan teri basah

– Daging unggas dan juga sapi tanpa lemak

– Produk susu dengan rendah lemak seperti yogurt sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Seperti yang sudah banyak dialami oleh para penderita stroke dimana mengalami selera makan yang menurun drastis. Namun, Anda tetap membutuhkan asupan gizi dan juga nutrisi agar kebutuhan tubuh tercukupi. Anda tentunya dapat memilih makanan yang lunak, memotong makanan dalam ukuran yang kecil, serta sajikan olahan makanan tersebut dengan sajian yang menarik. Demikianlah beberapa  jenis makanan penyebab stroke kambuh kembali yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel