data-ad-format="auto"

Atasi Tekanan Darah Rendah Dengan Lakukan Cara-cara Berikut!

Tekanan darah rendah atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan hipotensi sebenarnya banyak diderita oleh sebagian besar orang. Hanya saja sebagian besar dari mereka mengabaikan masalah ini dan menganggapnya sebagai pusing biasa atau hanya sekedar dehidrasi. Tekanan darah rendah memang tidak memiliki resiko besar sebagaimana tekanan darah tinggi. Padahal membiarkan tekanan darah rendah sama berbahayanya dengan tekanan darah tinggi yang memiliki resiko pemicu kematian.

Apakah Tekanan Darah Rendah Itu?

Saat ini masih saja ditemukan banyak kasus kerancuan, yang menganggap bahwa tekanan darah rendah sama dengan kurang darah. Namun nyatanya, anggapan ini benar-benar keliru, gejala yang ditimbulkan antara kurang darah dan tekanan darah rendah mungkin sama, yakni berupa gejala pusing, kurang semangat, sering mengantuk dan masih banyak lagi.

Kurang darah adalah konsisi dimana tubuh mengalami kurangnya pasokan sel darah merah (hemoglobin), yang bertugas membawa dan mengedarkan nutrisi serta oksigen keseluruh tubuh. Kurang darah ini disebut juga dengan anemia. Adapun penyebabnya dipicu sebagai akibat dari gaya hidup yang kurang sehat, seperti salah satunya diet ekstrim. Cara mengatasinya pun bisa dilakukan dengan cukup memiliki waktu istirahat dan ubah pola diet menjadi lebih sehat.

Sementara itu, pengertian ini berbeda dengan tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah sebuah kondisi dimana tekanan darah seseorang amat rendah atau berada dibawah tekanan darah normal yakni diukuran 120/80 mmhg, jika timbul tekanan darah maka hal ini akan berakibat pada munculnya gejala mual, pusing, lemas, kelelahan, jantung berdebar-debar, sesak napas, demam, muncul keringat dingin dan lain-lain. Bahkan jika tekanan darahnya lebih rendah lagi, hal ini dapat mengakibatkan pasokan darah kurang dan tidak dapat menjangkau dan mengaliri hingga kebagian otak. Apabila hal ini terjadi maka dapat mengancam dan membahayakan jiwa.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi tekanan darah rendah tentunya harus disesuaikan dengan penyebab tekanan darah itu sendiri. Dan berikut ada beberapa cara alami yang bisa anda jalani untuk mengatasi tekanan darah rendah yang diderita.

1.    Konsumsi Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan, terbukti dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini didasarkan pada peneliti dari luar negeri yang merekomendasikan konsumsi kacang-kacangan sebagai makanan yang mampu mengatasi tekanan darah rendah. Hal ini karena kacang-kacangan dapat dicerna oleh sistem pencernaan secara perlahan sehingga mampu membuat tekanan darah naik. Adapun kacang-kacangan yang bisa anda konsumsi diantaranya, buncis, kacang hijau, kacang merah dan lain-lain.

2.    Kurangi Konsumsi Alkohol

Selain memiliki efek yang memabukan jika dikonsumsi secara berlebihan, mengkonsumsi alkohol juga menyebabkan dehidrasi sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Daripada mengkonsumsi alkohol yang meski dikonsumsi dalam jumlah kecil ataupun besar namun tetap memiliki efek buruk yang sama, ada baiknya jika anda mulai menggantinya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Berbeda dengan alkohol, air putih ini jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menghidrasi tubuh yang mengalami dehidrasi.

3.    Konsumsi Daging dan Hati Ayam

Daging ayam memiliki kandungan protein hewani yang mampu meningkatkan tekanan darah yang rendah. Karena tubuh memerlukan protein untuk membangun sel termasuk juga sel dalam pembuluh darah.

4.    Kopi

Kopi murni kental atau minuman yang mengandung kafein lainnya juga dapat meningkatan tekanan darah. Bagi anda yang menderita tekanan darah rendah, mengkonsumsi secangkir kopi murni dipagi hari bisa dilakukan sebagai cara untk mengatasi tekanan darah rendah. Hanya saja, jangan biasakan mengkonsumsi kafein dalam jangka yang panjang.

Berikut adalah beberapa cara yang yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Namun sebaiknya, seiring dengan melakukan cara-cara diatas, ada baiknya jika anda mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur. Karena sejatinya, olahraga adalah kunci dari hidup yang sehat.

Loading...

Follow us