Atasi Sulit Tidur Saat Hamil Tua dengan 5 Cara Mudah Ini

Atasi Sulit Tidur Saat Hamil Tua dengan Cara Mudah Ini – Saat hamil tua kondisi perut yang semakin besar akan membuat ibu hamil merasa kurang nyaman. Bahkan beberapa keluhan lainnya juga bisa dialami ibu hamil seperti kram pada kaki, panas pada bagian dada, sering buang air kecil ketika malam hari dan lain sebagainya. Bahkan ketika malam hari ibu hamil dapat mengalami gangguan tidur yang membuat ibu sulit tidur.

Padahal memenuhi kebutuhan tidur sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, sulit tidur saat hamil tua harus diatasi. Nah, berikut ini cara mudah mengatasi sulit tidur saat hamil tua yang bisa dilakukan.

Sulit Tidur Saat Hamil Tua

Atasi Sulit Tidur Saat Hamil Tua dengan Cara Mudah Ini

Lakukan beberapa langkah ini untuk mengatasi sulit tidur saat hamil tua. Yuk simak caranya berikut ini.

Baca juga : Cara Menjaga Kehamilan Setelah Mengalami Keguguran

Tidur dengan Posisi Tidur yang Nyaman

Sulit Tidur Saat Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur sangat penting untuk dilakukan. Untuk membantu mengatasi sulit tidur saat hamil tua, posisi tidur ini bisa anda praktikan.

  • Ibu hamil disarankan untuk tidur dengan posisi miring dan menekuk lutut.
  • Posisi anda disesuaikan sampai benar-benar nyaman.
  • Jika ibu hamil tua mengalami keluhan rasa panas di dada, posisi tidur yang disarankan yaitu tidur setengah duduk, kemudian punggung bersandar pada bantal yang ditumpuk.

Gunakan Bantal Tambahan

Sulit Tidur Saat Hamil Tua

Penggunaan bantal sangat bermanfaat untuk kenyamanan tidur saat sedang hamil tua. Bantal bisa digunakan untuk menyangga tubuh ketika bersandar.

  • Anda juga dapat menggunakan bantal untuk menahan bagian perut, atau bantal bisa ditempatkan antara kaki ketika anda berbaring pada satu sisi.
  • Anda bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil yang saat ini sudah tersedia di pasaran.

Melakukan Teknik Relaksasi

Sulit Tidur Saat Hamil Tua

Dengan melakukan teknik relaksasi, maka pikiran serta otot tubuh akan lebih santai.

Beberapa teknik relaksasi yang bisa anda lakukan yaitu peregangan, pijatan, yoga atau teknik pernapasan dan bisa mandi dengan menggunakan air hangat sebelum anda tidur. Teknik peregangan ini secara khusus akan mencegah kram, serta teknik pernapasan akan membantu mengatasi ketegangan.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Sulit Tidur Saat Hamil Tua

Mencukupi asupan nutrisi sangat penting untuk diperhatikan. Makanan sehat bagi ibu hamil bisa didapatkan dari aneka gizi.

  • Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein, tinggi karbohidrat. Selain itu, sebelum tidur anda bisa minum segelas susu khusus ibu hamil dalam keadaan hangat.
  • Hindari terlalu banyak minum saat malam hari supaya tidak sering buang air kecil yang akan mengganggu tidur anda.

Bergerak Aktif

Sulit Tidur Saat Hamil Tua

Bergerak aktif akan membantu mengurangi terjadinya kram kaki, mencegah berat badan berlebih, mengurangi stres dan menambah energi.

  • Anda dapat bergerak aktif namun sesuaikan dengan kemampuan.
  • Sebelum melakukan olahraga khusus ibu hamil, pastikan anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Lihat juga : Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Itulah beberapa cara mengatasi sulit tidur saat hamil tua. Ketika hamil tua anda jangan mengubah rutinitas tidur. Jika anda merasa perlu banyak waktu tidur, anda sebaiknya melakukannya saat siang hari.

Bagi ibu hamil mencukupi waktu tidur sangat penting. Selain tidur ketika malam hari, tidur ketika siang hari juga akan memenuhi kebutuhan tidur. Jika anda merasa sulit tidur berturut-turut, sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter.

Leave a Reply