Asupan Gizi Seimbang Ibu Hamil

Penting sekiranya untuk anda yang akan mempersiapkan kehamilan untuk memperhatikan asupan gizi agar ketika anda hamil, gizi yang terkandung di dalam tubuh telah mampu mendukung perkembangan awal janin. Gizi seimbang pada ibu hamil didapat dari menu yang seimbang setiap harinya, tidak berlebih ataupun kurang. Selama kehamilan ibu membutuhkan gizi yang seimbang melebihi wanita pada umumnya hal ini dikarenakan ibu hamil harus memenuhi nutrisi janin. Bila anda kurang memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan maka akan meningkatkan gangguan kehamilaan terutama yang berhubungan dengan perkembangan janin. Kecukupan gizi sangat bermanfaat dalam kesehatan ibu hamil, kesehatan janin di dalam kandungan dan mempersiapkan persalinan anda.

Makanan yang bervariasi akan membantu ibu hamil dalam memberikan ketersedian nutrisi yang dibutuhkan dalam kesehatan anda dan janin. Gizi yang dibutuhkan ibu hamil adalah dengan kandungan zat tenaga yang biasanya dihasilkan dari jenis makanan karbohidrat, nasi putih, nasi merah, jagung, roti gandum, sereal. Zat pembangun yang dihasilkan dari beberapa makanan mengandung protein baik hewani maupun nabati dan zat pengatur yang ditemukan pada jenis buah dan sayuran. Bagi anda yang memasuki kehilangan nafsu makan di trimester pertama kehamilan maka bisa makan sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang berdekatan, konsumsi jenis makanan dengan variasi yang berbeda setiap harinya meskipun sedang beradaptasi dengan kehamilan akan tetapi penting untuk anda memperhatikan asupan gizi. Gizi yang seimbang bisa anda hadirkan di setiap menu anda tanpa harus mahal. Karbohidrat pada ibu hamil dibutuhkan sebanyak 6 piring setiap hari mengingat kalori yang dibutuhkan dalam perkembangan janin lebih besar dari pada wanita umumnya.

Selain itu untuk anda yang telah memasuki usia kandungan trimester akhir sangat membutuhkan energi untuk mempersiapkan persalinan. Sediakan selalu sayuran didalam menu anda, setiap hari membutuhkan 3 mangkok dengan fungsi untuk memperlancar pencernaan anda, mengingat ibu hamil sangat rentan terhadap sembelit dan wasir. Buah-buahan bisa menjadi makanan penutup atau cemilan, kandungan vitamin dapat membantu anda dalam mempercepat penguraian seperti misalnya zat besi dengan vitamin C. Protein yang berasal dari hewan dan juga nabati dibutuhkan dalam porsi yang sama yaitu satu kerat setiap menu makan anda sehingga setiap hari diperlukan tiga kerat. Sempurnakan menu makan anda dengan susu khusus kehamilan sehingga memberikan kelengkapan nutrisi  bagi anda, konsumsi susu pada siang dan malam hari. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan kehamilan terutama dengan asupan gizi  sehingga membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter. Kecukupan gizi ibu hamil memang memiliki kesamaan dengan wanita lainya hanya kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi, asam folat, vitamin B, kallsium, Vitamin E dan omega 3 juga sangat berperan dalam kehamilan anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel