Apa yang Harus Dilakukan Orangtua Sewaktu Anak Merusak Barang Milik Oranglain

Jika anak sudah melakukan bagiannya dengan menunjukan permintaan maaf dengan menunjukan penyesalannya. Maka sisanya adalah tugas kita sebagai orangtua dalam membina hubungan yang baik dengan masyarakat dilingkungan tempat kita tinggal. Jangan karena anak yang sudah meminta maaf, anda lantas cuek dan tidak memperdulikan hal lainnya.

Sebagai orangtua, tentu menjadi kewajiban kita untuk mengganti barang milik oranglain yang telah dirusakan oleh anak kita. Meski sebagian orang akan enggan atau menolak diberikan ganti rugi karena harganya yang tidak seberapa. Namun tetap saja, jangan langsung setuju dan pergi begitu saja. Tidak ada salahnya tawarkan kesedian anda untuk mengganti rugi sebagai wujud permintaan maaf anda atas nama sang anak. Nah, jika sudah dua atau tiga kali menawarkan dan mereka masih menolak, anda baru bisa menerima dengan menyampaikan permintaan maaf anda yang sebesar-besarnya. Dengan begini, tetangga anda akan merasa dihargai meski barang yang rusak tidak seberapa harganya.

Ketika Anak Merusak Barang Orang Lain Dengan Harga yang Mahal

Lantas bagaimana ketika anak kita merusak barang milik orang lain yang berharga mahal, sikap apa yang harus kita tunjukan? Seperti halnya kasus diatas, hal paling utama yang harus dilakukan anak-anak adalah dengan meminta maaf apapun kesalahan anak anda dan cari tahu bagaimana kronologisnya.

Kunci utama dalam menghadapi masalah yang seperti ini adalah dengan tidak menyalahkan oranglain, meskipun terkadang terbersit pertanyaan dalam pikiran kita bagaimana bisa anak-anak dibiarkan bermain dengan perabotan yang rentan pecah. Mintalah anak-anak untuk meminta maaf secara langsung dan berjanji tidak akan mengulangi hal tersebut.

Jika harga dari barang atau benda yang dirusakan harganya mahal, maka usahakan untuk tetap menggantinya. Jika mereka menolak untuk menerima tawaran anda, tawarkan sesuatu yang lain yang bisa dilakukan anak anda. Seperti misalkan membantu mengajak bermain hewan peliharaan sebagai wujud dari penyesalan anak anda.

Membiarkan anak membantu pekerjaan oranglain, bukanlah sebuah tindakan yang mempermalukan anak. Namun berikanlah penjelasan pada mereka bahwa semua hal ada konsekuensinya. Dan atas kecerobohan yang mereka lakukan, tidak ada salahnya jika mereka melakukan sesuatu untuk oranglain yang mereka rugikan sebagai bentuk penyesalan anak anda.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua ketika bereaksi sewaktu anak-anaknya baik sengaja maupun secara tidak sengaja merusak barang milik orang lain. Semoga tips ini bermanfaat untuk ibu dirumah. 

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons