Anoreksia, Membuat Wanita Menstruasi di Usia 26 Tahun

Taukah anda anoreksia? Anoreksia merupakan gangguan yang berhubungan dengan makan seseorang. Seseorang yang terkena anoreksia menolak untuk makan. Bahkan banyak sekali terjadi pada model model di paris. Mereka berlomba lomba untuk memiliki badan yang kurus. Sampai lupa akan kesehatan dan menimbulkan anoreksia.

Kisah anoreksia yang membuat wanita mudah harus mengalami gangguan kesehatan reproduksi adalah Helen Gillespie yang berusia 30 tahun. Anoreksia yang dialami oleh Hellen pada saat berusia 10 tahun. Pada saat itu Hellen menolak makan karena dia takut akan menjadi dewasa dan bertambah tua. Hingga helen mengalami gangguan kesehatan di masa pubertas, Hellen kekurangan nutrisi hingga gangguan menstruasi. Pada remaja seusianya telah tumbuh payudara Hellen mengalami gangguan begitupula dengan masa menstruasinya yang baru datang pada usia 26 tahun.

Bahkan yang sangat menyedihkan ketika dokter mengatakan Hellen mengalami tulang yang rapuh hingga harus patah tulang. Anoreksia yang dibiarkan akan mengalami kematian karena kondisi badan yang tidak sehat. Hellen menceritakan bahwa dirinya merasakan bahwa banyak waktu yang dia habiskan seperti anak-anak dan sekarang merasa menjadi nenek-nenek.

Pada saat dewasa normal membutuhkan 1500-2500 kalori sedangkan Hellen hanya mengkonsumsi 60 kalori saja. Saat itulah helen hanya memiliki berat badan 25 kg ketika usianya 14 tahun. Bahkan Hellen pernah berjuang untuk bertahan hidul hingga menghabiskan waktu 4 bulan di rawat di rumah sakit. Hingga mengalami berat badan yang stabil di usianya 20 tahun.

Meskipun sudah berkali-kali dirawat di rumah sakit akan tetapi Hellen kembali mengalami anoreksia. Berat badan yang dapat dikendalikan dan kehilangan berat badan menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh para wanita. Sehingga Hellen mengaki membuat dirinya kelaparan kembali dan mengalalmi anoreksia. Di dalam angannya hanya ingin menjadi anak yang lucu.

Anoreksia yang diderita Hellen telah mengubah sosialnya. Hellen tidak dapat mendapatkan pendidikan seperti remaja seusianya kemudian juga tidak dapat bersosialisasi, tidak dapat kekasih dan tidak dapat punya teman dan kerjaan. Hingga saat inilah Hellen tidak dapat mampu untuk membawa dirinya untuk pola makan yang sehat.

Bahkan makanan yang dokonsumsi oleh Hellen merupakan makanan yang dikonsumsi oleh balita usia 3 tahun, dia hanya dapat makan makanan sehari hari seperti sereal, roti, kacang, buah-buahan. Hal ini membuat Hellen sulit mengkonsumsi menu makanan yang sehat seimbang seusianya.

Anoreksia yang menimpa wanita manapun tidak saja berhubungan dengan keinganan untuk kurus melainkan gangguan yang berhubungan dengan kejiwaan. Apabila anak yang memiliki anoreksia maka dibutuhkan terapi sehingga membuat kesadaran dirinya mengkonsumsi menu yang seimbang merupakan kebutuhan yang dapat menjaga kesehatan tubuhnya dan lingkungan sosialnya.

Berat badan ideal memang sangat penting dimiliki, selain terlalu gemuk terlalu kurus juga akan menimbulkan banyak masalah. Hal ini apalagi untuk wanita kesehatan reproduksi sangat penting untuk dijaga. Terutama ketika masa remaja menu yang seimbang harus didapatkan sehingga dapat tetap menjaga kesehatan.

Begitupula ketika wanita memasuki masa masa penting seperti memasuki kehamilan, inipun tidak kalah penting untuk tetap menjaga asupan gizi yang seimbang. Wanita dengan anoreksia akan mengalami kehamilan yang lebih sulit dibandingkan dengan wanita biasa. Hal ini dikarenakan wanita dengan anoreksia cenderung beresiko pada janin dan juga untuk kesehatan ibu hamil.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply