Anak Mimisan Saat Puasa? Ini dia Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Baca Juga : Bahayakah Demam Pada Anak disertai Mimisan

Cara untuk mencegah anak mimisan saat puasa

Ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi terjadinya mimisan pada anak saat puasa. Yuk kita simak point-point nya.

Larang anak untuk mengorek hidung

Salah satu faktor terjadinya mimisan adalah adanya cedera pada hidung. Kemungkinan anak akan merasa ingin membersihkan hidung setiap ada kotoran yang terdapat didalamnya. Akan tetapi, jika anak sering mengorek hidungnya dengan jari secara keras, maka akan terjadi gesekan pada dinding hidung. Ini menyebabkan berdarah dan terjadi mimisan.

Lindungi anak dari cedera saat bermain

Membiarkan anak bermain diluar untuk mengeksplorasi lingkungan merupakan cara untuk meningatkan tumbang anak. Akan tetapi, saat anak bermain akan ada beberapa kegiatan yang dilakukan nya. Hal tersebut mungkin saja membuat anak mimisan. Anda harus melindungi anak dari berbagai cedera yang mampu menyebabkan mimisan terjadi.

Jaga hidung anak agar tidak mengering

Kejadian mimisan pada anak akan sering terjadi ketika musim pancaroba yang dingin atau bahkan kering. Salah satu cara yang baik untuk mencegah terjadinya mimisan pada anak yaitu dengan menjaga supaya selaput lendir pada hidung tidak mengering.

Anda dapat menggunakan pencuci hidung yang berbentuk semprot. Pencuci hidung tersebut mampu melembabkan rongga hidung pada anak. Selain itu, anda harus menjaga asupan cairan anak supaya anak tidak mengalami dehidrasi. Karena dehidrasi mampu menyebabkan anak mimisan saat puasa.

Pastikan kuku anak selalu pendek dan bersih

Kebiasaan anak kecil adalah selalu memasukan tangan kotornya kedalam hidung atau bahkan kedalam mulutnya. Hal tersebut tentu akan menjadi penyebab terjadinya mimisan. Anda dapat mengantisipasi dengan cara pastikan kuku anak selalu pendek dan bersih.

Usahakan anda selalu memotong kuku anak secara rutin melakukannya. Sebaiknya anda lakukan memotong kuku anak setelah anak selesai mandi. Itu dikarenakan kuku anak akan lebih lembut saat dibersihkan.

Menambahkan humidifier untuk anak bernafas lebih mudah

Cara untuk mencegah anak mimisan yang terakhir yaitu dengan menggunakan alat yang mampu melembabkan udara dalam ruangan. Anda bisa menggunakan humidifier di dalam rumah. Peningkatan kelembaban menggunakan humidifier mampu menambah udara semakin lembab.

humidifier

Sehingga iritasi yang disebabkan oleh udara kering akan terhindar. Selain itu, anda bisa meletakan humidifier pada malam hari. Itu akan membuat anak bernafas lebih mudah dan kualitas tidur akan lebih baik. Pilihlah humidifier yang mampu menjaga udara tetap ideal serta perbaiki temperatur udara sesuai ruangan.

Itulah penyebab, penanganan dan pertolongan pertama yang bisa anda lakukan ketika anak mimisan saat puasa. Akan lebih baiknya lagi anda tetap tenang sambil tunggu keadaan anak membaik. Jika anak mimisan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya, sebaiknya anda segera bawa anak anda ke dokter.

Semoga Bermanfaat!

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons