Anak Anda Berkata Kasar? Temukan Alasan dan Penyebabnya Di Sini!

4/5 (2)

Sebagai orang tua tentunya menginginkan kondisi ideal bagi anak-anaknya untuk tumbuh dan berkembang.

Pada kenyataannya kondisi ideal tersebut tidaklah bisa didapatkan,selalu saja ada hal-hal yang terjadi di luar apa yang diharapkan berkaitan dengan tumbuh kembang anak anda. Sebagai orang tua yang bisa anda lakukan ialah memberikan pengawasan dan bertindak menjadi kontrol bagi anak anda, agar ketika keluar dari jalur, secepatnya orang tua bisa mengarahkan dan memberikan kembali pengertian dan langkah penanganan yang terbaik untuk anaknya.

Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua, salahsatunya ialah berkaitan dengan perkembangan linguistiknya. Perkembangan linguistik terkait dengan kemampuan ia berkomunikasi, pengusaan kosakata dan berbagai hal lain yang terkait di dalamnya. Selalu menarik untuk mengamati perkembangan lingusitik yang dimiliki anak anda, dari mulai ia mengenal bahasa dan mulai belajar berbahasa tentunya menjadi momen-momen yang akan mewarnai perjalanan hidupnya dan tentunya anda sebagai orang tua.

Dalam perjalanan perkembangan berbahasanya banyak sekali gangguan yang muncul, salashsatunya yang seringkali membuat orangtua cemas dan khawatir ketika anak-anak mulai berbicara kasar. Sebagai orangtua anda pasti juga merasa khawatir dengan perkataan kasar yang tiba-tiba keluar dari mulut anak anda, padahal sebelumnya anda tidak pernah berkata kasar di hadapannya bahkan hingga berkata kasar kepadanya. Anda juga tahu betul jika penggunaan kata kasar ini bisa mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak

Mengejutkan memang mengetahui anak anda tiba-tiba memiliki kosakata kasar yang selama ini sepertinya tidak pernah secara langsung diberikan dan diajarkan olehnya. Ada baiknya anda mengetahui dari mana saja dan apa alasan yang membuat anak anda tiba-tiba bisa berbicara kasar padahal sebelumnya anda tidak pernah sama sekali mengajarkannya, sehingga anda bisa mengetahui apa yang harus anda lakukan selanjutnya dan bagaimana cara anda bersikap dalam menangani anak anda yang berkata kasar.

10 Hal yang Bisa Memicu Anak Berkata Kasar

Berikut ini ada 10 alasan yang mungkin menjadi penyebab anak anda tiba-tiba berkata kasar meskipun tidak pernah diajarkan. Simak di bawah ini!

Eksplorasi Bahasa dan Makna

Sesuai dengan usianya, biasanya anak-anak penasaran dengan kata-kata baru dan terus selalu mengeksplorasi kata-kata baru untuk menambah perbendaharaan kosakatanya. Terkadang eksplorasi ini juga sampai kepada pengenalan kosakata yang dianggap kasar. Meskipun demikian, terkadang justru anak-anak tidak mengetahui apa sebenarnya makna dari kata yang mereka ucapkan, mereka hanya menguji coba kata tersebut untuk mengetahui reaksi orang-orang. Dengan melakukan eksplorasi bahasa ini, bagi anak-anak cara ini juga merupakan sebuah cara yan gterbaik untuk menambah kosakatanya, meskipun memang terkadang justru mereka juga menggunakan cara ini dengan menerapkan kata-kata kasar.

Respon Sebagai Pelampiasan Perasaan Negatif

Seiring dengan perkembangan usianya, lingkup pergaulan anak-anak juga semakin luas dan terntunya perbendaharaan kosakata yang akan mereka miliki juga bertambah, begitu pula dengan kosakata kasar. Dengan dimilikinya kosakata kasar oleh anak-anak, maka akan ada saatnya mereka mengeluarkan kata-kata kasar di saat mereka sedang marah dan emosi. Sehingga kata-kata kasar itu menjadi respon yang mereka berikan untuk perasaan emosi mereka.

Cara Untuk Bersosialisasi

Pergaulan menjadi hal yang snagt penting untuk saat ini, sebab dengan banyak bergaul cakrawala pengetahuan yang dimiliki anak anda juga ikut terbuka. Pengalaman baru serta ilmu yang didapatkan dari teman-teman sebaya dan sepermainannya di luar tentunya akan sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembangnya juga. Namun ada kalanya pergaulan itu juga memilliki sisi negatif yang pada akhirnya dilakukan untuk bisa sesuai dengan lingkungan bermainnya. Beberapa lingkungan permainan atau sosialisasi anak biasanya memiliki kosakata baru yang nantinya akan menjadi perbendaharaan juga bagi anak anda, namun terkadang kosakata ersebut juga tidak sepenuhnya baik dan terdapat beberapa kasar yang pada akhirnya digunakan dan menjadi bahasa pergaulan mereka untuk bersosialisasi.

Orang Tua Terlalu Mengekang

Terkadangan kekangan orang tua terhadap anak dan aksi keras yang diberikan orang tua terhadap anak anda bisa juga berpotensi mereka menggunakan kata-kata kasar serta offensif. Cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir potensi tersebut tentunya dengan mencoba memahami anak anda dan jangan lupa untuk berkomunikasi dengan mereka dan mengaarahkan mereka untuk bisa menyampaikan pendapat dengan kata-kata yang baik dan tidak ofensif.

Untuk Menarik Perhatian

Alasan ini mungkin terdengar cukup konyol, namun mungkin anda juga dahulu pernah berbuat demikian untuk menarik perhatian orang di sekitar anda. ada banyak sebenarnya cara yang seringkali dilakukan untuk menarik perhatian dan melihat respon yang kemudian diterima, berkata kasar merupakan salahsatu cara yang mungkin paling sering digunakan, karena cenderung cepat ditanggapi dengan ungkapan kemarahan atau kekesalan orang tua. Dengan begitu mereka merasa berhasil menarik perhatian orang tuanya. Untuk mengatasinya sebaiknya anda tidak menanggapi kata-kata kasar yang sudah dilontarkan, sebaliknya berikan dia penghargaan atau pujian dalam bentuk tanggapan ketika ia berkata dengan sopan.

Melihat Reaksi dan Menikmati Sensasinya

 

Hal yang unik dari berkata kasar untuk anak-anak adalah melihat reaksi yang muncul dari orang tua atau siapapun yang mendengar. Reaksi-reaksi unik itulah yang kemudian memancing hasratnya untuk terus mengulang dan kembali melihat reaksinya, entah kepada orang yang sama ataupun orang lain. Bermain dengan kosakata baru juga memberikan sensasi tertentu bagi mereka yang terkadang menarik dan menyenangkan. Dengan berbagai alasan mereka jadi mengetahui jika di balik kosakata baru yang mereka gunakan dan pakai tersebut ternyata menyimpan makna tertentu yang menarik.

Tidak Adanya Aturan Dalam Keluarga

Aturan dalam keluarga merupakan salahsatu yang perlu diperhatikan, sebab terkadang rendahnya konsistensi aturan yang diterapkan bagi anggota keluarga yang berkata kasar bisa menjadi pemicu anak-anak anda melakukannya dan mengulanginya lagi. Kata-kata kasar yang diungkapkan oleh seorang anak dan digunakan kepada orang lain itu merupakan sebuah hal yang menjurus kepada perilaku kasar, meskipun dalam bentuk verbal lebih jauh dari itu ungkapan kasar dari seseorang siapapun itu tidak terpaku usianya bisa merusak orang yang diberikan kata-kata tersebut. Oleh karena itu ada baiknya anda menerapkan aturan yang jelas dan konsisten mengenai apa yang akan dilakukan ketika mendapati seorang dalam anggota keluarganya berkata kasar dan tidak layak kepada orang lain.

Mencontoh

Mungkin anda tidak pernah merasa mengajarkan kosakata kasar tersebut kepada anak anda, namun menngapa anak anda bisa berbicara kasar? Anak-anak merupakan peniru yang baik, maka di kala ia melihat contoh orang lain berkata kasar ia juga dengan cepat menyerap hal tersebut. sehingga berhati-hatilah anda dalam berkata.

Demikian tadi merupakan beberapa penyebab dari sekian banyak alasan mengapa anak anda bisa berkata kasar meskipun anda merasa mencontohkan atau bahkan mengajarinya secara langsung. Meskipun demikian memang masih ada banyak alasan lainnya yang mungkin bisa menjadi jalan masuknya berbagai macam kata kasar. Dengan mengetahui alasan-alasan mengapa anak anda bis berkata kasar, anda kemudian bisa melakukan penanganan dan anda tahu apa yang bisa anda lakukan ketika mendapati anak anda berkata kasar seperti itu.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel