Agar Si Kecil Semangat Bangun Sahur


2. Berikan Cerita Bersambung

Hal yang satu ini pun bisa berkaitan dengan poin yang diatas. Dalam rangka meminta si kecil untuk tidur lebih awal, maka langkah kali ini bisa membantu mereka segera tertidur. Sebelum si kecil masuk ke kamar dan naik ke atas ranjangnya untuk segera tertidur maka tidak ada salahnya bila ibu memberikan mereka dengan cerita-cerita menarik yang memancing rasa ingin tahunya.

Ibu bisa menceritakan sebuah kisah dongeng, cerita petualangan atau cerita-cerita rakyat. Yang terpenting adalah memberikan mereka kisah yang menarik. Akan tetapi, ingat jangan selesaikan cerita tersebut pada malam itu juga. Melainkan berikan ia rasa penasaran tentang bagaimana cerita tersebut berakhir.

Saat itu maka mintalah si kecil untuk segera tertidur dan bila ia bisa bangun dengan mudah pada saat makan sahur nanti, maka ibu berjanji untuk kembali menyambung cerita tersebut. Selain itu sampaikan pula pada buah hati anda bahwa bila ia tidak bangun subuh dan mengikuti sahur maka ia tidak akan bisa mendengar kelanjutan kisah yang ibu berikan.

Nah dalam hal ini tantangan terberat yang mungkin akan anda hadapi adalah anda harus mencari dan mengumpulkan cerita menarik yang akan membangkitkan rasa ingin tahunya. Sampaikan cerita tersebut dengan semenarik mungkin hingga si kecil benar-benar penasaran dan mau menuruti ibu saat diminta untuk bangun subuh. Bila si kecil tidak tertarik dengan cerita awal, maka mungkin ia tidak akan termotivasi untuk bisa bangun saat sahur tiba.

Leave a Reply