Agar Ibu Hamil Tidak Obese

Bunda, pernahkah  ditegur oleh bidan atau dokter karena berat badan naik drastis dalam 1 bulan? Atau merasa cincin pernikahan mulai sempit dipakai di jari? Hati-hati, kemungkinan itu adalah masalah kenaikan berat badan berlebih atau obese. Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap ibu. Berbagai upaya dilakukan oleh calon orang tua agar dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil. Pun berbagai makanan atau nutrisi yang diberikan pada ibu hamil terkadang melebihi batas normal tanpa memikirkan apakah makanan tersebut  buruk atau tidak bagi kesehatan ibu tersebut. Hingga baru disadari saat bajunya terlihat makin sempit dan pipinya terlihat lebih bulat.

Sebagian besar penambahan berat badan selama kehamilan berasal dari rahim dan isinya, npayudara, volume darah dan cairan. Diperkirakan selama kehamilan berta badan akan bertambah 12,5 kg. Pada usia kehamilan bulan ke 4 hingga ke 9, pada perempuan dengan gizi yang baik dianjurkan untuk menambah berat badan sebesar 1,5 kg per bulan, pada perempuan dengan gizi kurang dianjurkan untuk menambah berat badan sebanyak 2 kg per bulan, sedangkan ibu dengan gizi lebih hanya 1 kg per bulan.
Lalu bagaimanakah mensiasati agar ibu hamil tetap terjaga berat badannya, dan tidak obese? Berikut beberapa tips yang dapat kita simak.

  • Tetaplah makan sebanyak 3 kali sehari, tambahkan buah dan susu, gunakan pedoman 4 sehat 5 sempurna. Bagi ibu hamil yang satu bulan terakhir berat badannya bertambah >2kg disarankan untuk tetap makan sebanyak 3 kali, namun tidak ada tambahan berupa buah dan roti juga susu.
  • Hindari camilan manis dan makanan berlemak, perbanyaklah makan sayur dan buah.
  • Hindari makan besar (nasi dan lauk pauk) sebelum tidur.
  • Lakukan olah tubuh setiap pagi, minimal 30 menit. Agar tubuh ibu terlihat lebih bugar.
  • Untuk menambah jumlah asupan ibu, disarankan untuk meminum suplemen kehamilan yang mengandung zat gizi komplit bagi ibu dan janin.
  • Usahakan untuk mengontrol kenaikan berat badan 1 kg per bulan di petugas kesehatan secara rutin selama masa kehamilan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel