data-ad-format="auto"

Tips dan Cara Seputar Kehamilan

Kumpulan artikel yang membantu anda dalam memberikan tips dan juga cara seputar kehamilan dari awal hingga menjelang persalinan untuk membantu menambah wawasan seputar kehamilan.  

Tips Kehamilan diusia 20-24 tahun

Kehamilan merupakan proses alamiah yang dialami oleh wanita.Proses ini terjadi karena adanya pembuahan didalam rahim,zigot terus berkembang dan tumbuh.Bagaimana kondisi kehamilan pada wanita usia 20-24 tahun, simak pembahasannya berikut ini.

Perubahan Wanita diusia 20an

Pada usia ini wanita mengalami perkembangan baik secara fisik maupun hormonal.Secara psikologis kehidupan besar pada wanita terjadi pada usia ini.Wanita mulai mengembangkan diri dan juga belajar untuk menjadi wanita yang dewasa.

Seperti yang dilansir dalam Allowpmenstalk,perubahan yang dialami oleh wanita memasuki usia 20 tahun diantaranya adalah:

Kemandirian

Memasuki usia 20 tahun wanita akan menjadi sosok yang mandiri dan berani dari rumah untuk hidup.Pada usia ini wanita ini belajar untuk mengelola dan hidup sendiri bahkan belajar untuk mengelola waktu dan hidupnya.

Karier

Usia 20an, wanita telah menyelesaikan sekolah. Wanita memulai karier dan mengambil keputusan tentang jenis pekerjaan dan belajar untuk bertanggung jawab.Bahkan beberapa wanita memilih untuk berkeluarga setelah mencapai

Continue Reading

Tips Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Perubahan yang tidak dapat dielakan lagi saat kehamilan diantaranya adalah perubahan fisik, perut yang semakin membesar.Perubahan ini memicu ibu hamil mengalami sakit atau nyeri punggung yang mengaggu kehamilan . Simak cara mengatasinya di artikel ini.

Ibu hamil yang mengalami sakit punggung diantaranya adalah ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir kehamilan. Kondisi ini disaat perut semakin membesar. Keluhan yang dialami oleh sekitar 50-70% ibu hamil dengan keluhan sakit, gangguan waktu tidur dan rutinitas yang terganggu.

Sakit punggung yang dialami oleh wanita hamil erat kaitannya dengan beberapa faktor diantaranya adalah perubahan titik berat tubuh. Hal ini dikarenakan seiring membesarnya rahim dan pertumbuhan bayi, titik berat akan cenderung menjadi condong ke depan. Akibatnya menarik bagian punggung agar lebih ke belakang. Tulang punggung pada bagian bawah menjadi melengkung dan otot tulang menjadi memendek .

Selain itu wanita hamil mengalami perubahan postur atau posisi tubuh. Pada postur tubuh yang buruk

Continue Reading

Tips Kehamilan Ibu Hamil dan Janin Sehat

Selamat, bagi anda calon ibu yang tengah berbahagia merawat dan menunggu hari kelahiran tiba.Untuk senantiasa menjaga ibu hamil dan janin sehat selama kehamilan, ikuti tips di bawah ini.

Kehamilan dan Hormon

Selama kehamilan banyak perubahan yang terjadi salah satunya adalah hormon kehamilan. Hormon kehamilan yang akan menyebabkan wanita hamil mengalami mual dan muntah.Peningkatan hormon kehamilan akan menimbulkan perubahan sepanjang kehamilan.

Hormon yang paling berpengaruh selama kehamilan adalah hormon progesteron yang terjadi pada awal kehamilan. Hormon progesteron menyebabkan kerja usus melambat sehingga menyebabkan kembung,asam lambung meningkat dan dinding lambung yang mengendur. Kondisi inilah yang memicu ibu hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama.Hormon progesteron selain menjadi penanda kehamilan juga memberikan manfaat untuk ibu hamil.

Hormon-hormon kehamilan dapat membantu sistem metabolisme sebagai reaksi kimia didalam tubuh karena terjadinya penguraian molekul senyawa sari makanan dan molekuk tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada ibu hamil peranan hormon yang

Continue Reading

Tips Program Bayi Kembar Secara Alami dan Medis

Membesarkan bayi dua sekaligus menjadi idaman bagi sebagain wanita, kehadiran bayi kembar yang membahagiakan dan membuat kehangatan keluarga semakin tercipta.

Hanya saja tidak semua wanita bisa mengalami kehamilan kembar.Bahkan kehamilan kembar yang dipengaruhi oleh genetik sekalipun hanya dapat dialami keturunan secara acak tanpa diketahui siapa yang akan mempunyai keturunan kembar. Seiring berkembangnya teknologi wanita yang menginginkan kehamilan kembar dapat mengikuti program bayi kembar.Apakah program bayi kembar dapat diikuti oleh semua wanita?Bagaimana cara mengikutinya dan apa saja risikonya? Inilah program bayi kembar secara alami maupun secara medis yang dapat anda ketahui.

Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar terjadi pada satu sel telur yang dibuahi, kemudian dibagi menjadi 2 ataupun lebih embrio.Sedangkan untuk penyebab kehamilan anak kembar fraternal dibagi yaitu dua atau lebih sel telur yang dibuahi didalam rahim. Pada kehamilan fraternal memiliki kantung ketuban dan juga plasenta yang terpisah untuk masing-masing embrio.

Berikut adalah beberapa penyebab kehamilan kembar:

Faktor Genetika

Salah satu

Continue Reading

Tips Mengetahui Bayi Perempuan atau Lelaki Semenjak di dalam Kandungan

Siapa yang tidak bahagia dapat mengetahui kelamin bayi didalam kandungan,setidaknya anda dapat mempersiapkan semua kebutuhan buah hati setelah kelahiran.

Tidak hanya melalui pemeriksaan USG jenis kelamin anak dapat diketahui melainkan beberapa ciri yang umumnya dipercaya sebagai tanda kehamilan mengarah pada jenis kelamin perempuan atau lelaki. Bagaimana cara untuk mengetahuinya?

Percaya atau tidak jenis kelamin bayi dapat diketahui dari semenjak ibu hamil, meskipun hasilnya tidak selalu akurat 100%, hanya saja hal ini menjadikan anda lebih mempersiapkan perlengkapan bayi.Biasanya perubahan fisik dan juga kebiasaan ibu selama hamil dikaitkan dengan jenis kelamin bayi.

Beberapa mitos seputar jenis kelamin perempuan atau lelaki ini sudah dikenal semenjak jaman dulu kala, bahkan pada setiap daerah atau negara memiliki cara yang unik. Hal yang harus anda jaga adalah tetap menjaga kesehatan ibu dan hamil jangan sampai membahayakan kesehatan anda dan janin.

Salah satu yang akan kami bagikan disini,adalah mitos jenis kelamin janin

Continue Reading

Cara Cepat Hamil,Perhatikan Pola Hidup Sehat

Kehamilan sangat diidam-idamkan oleh setiap wanita terutama oleh wanita yang sudah menikah lama. Inilah cara cepat hamil yang dapat anda lakukan dari perhatikan pola hidup sehat.

Salah satu cara untuk cepat hamil adalah memperhatikan usia. Usia wanita sangat menentukan kehamilan. Pada umumnya pasangan yang telah menikah akan hamil pada usia pernikahan 3 bulan sedangkan untuk beberapa pasangan mengalami kesulitan dalam beberapa tahun pernikahan.

Usia wanita yang memasuki 35-40 tahun kesulitan mempunyai anak dan harus menghubungi spesialis dibidangnya.Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang berbeda pada masing-masing individu.Pada beberapa wabuta yang sulit hamil dengan ceoat salah satu diantaranya adalah faktor usia.

Faktor usia pada wanit menentukan tingkat kesuburan sehingga semakin tua usia pernikahan anda maka anda semakin diperlukan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya sehingga mengetahui treatment yang pas untuk wanita yang belum hamil.

Pada wanita yang memasuki usia lebih dari 40 tahun maka sebaiknya segera menghubungi

Continue Reading

Tips dan Cara Melakukan USG 3 Dimensi yang Benar dan Tepat

Seiring berkembangnya teknologi saat ini,perkembangan USG yang biasanya menggunakan garis dan berwarna hitam putih kini dapat merekam sekaligus melihat dari berbagai sisi janin di dalam rahim dengan menggunakan USG 3 dimensi .

USG merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin didalam kandungan. Alat ini tersedia di klinik, rumah sakit ataupun puskesmas yang dapat membantu anda mendapatkan informasi seputar janin .

Taukah anda bahwa cara ini sudah diperkenalkan pada tahun 1960-an oleh seorang pelopor USG diagnostik asal Skotlandia bernama Prof.Ian Donald. Munculnya teknologi ini sangat membantu ahli kebidanan dan alat inipun tidak merugikan perkembangan dan pertumbuhan janin.Hal ini dikarenakan asalnya dokter atau bidan menggunakan foto sinar X atau rontgen yang memiliki radiasi sehingga merusak sel tubuh .

Perkembangan yang semakin canggih, pemeriksaan USG dengan hasil gambar hitam putih atau dikenal dengan USG 2 dimensi kini dapat juga dinikmati dalam rekontruksi

Continue Reading

Cara Merawat Kehamilan Trimester Pertama yang Menyenangkan

Diawal kehamilan beberapa kondisi yang membutuhkan adaptasi dari calon ibu sangat dibutuhkan, kondisi ini merupakan penyesuaian dari perubahan hormon kehamilan yang terjadi.Mari merawat kehamilan diusia trimester pertama dengan cara yang menyenangkan.

Bagi anda yang pertama kali hamil, pengalaman ini terasa sangat melelahkan.Anda sering merasakan mual, capek, insomnia dan juga mengalami gangguan aktivitas pada saat hamil muda, bahkan berlangsung hingga 3 bulan pertama. Meskipun kondisi ini sangat umum dialami oleh ibu hamil akan tetapi sebaiknya perhatikan kegiatan yang akan mengganggu kesehatan anda.

Pada saat anda hamil anda tidak hanya berdiam diri dan istirahhat dirumah melainkan ada banyak cara yang menyenangkan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Kami akan berbagi tips untuk anda merawat kehamilan di trimester pertama dengan cara yang menyenangkan sehingga anda dapat melewati kehamilan dengan bahagia.

Berikut adalah tips dan cara merawat kehamilan di trimester pertama dengan cara yang menyenangkan:

Manjakan Diri dengan Berbelanja

Continue Reading

Tips Mengatasi Perubahan Suasana Hati (Mood Swing) Saat Hamil

Setiap ibu hamil seringkali diganggu oleh perasaan yang tidak nyaman. Perubahan suasana hati ini akan mempengaruhi emosi dan aktivitas ibu hami, inilah tips dan cara mengatasinya.

Masa kehamilan bukan merupakan masa yang mudah yang dilalui oleh wanita, perubahan hormon dan fisik yang akan mempengaruhi aktivitas ibu hamil. Beberapa diantaranya ibu hamil mengalami sensitif, rewel bahkan keluhan lainnya yang menyebabkan ibu hamil kurang produktif di rumah ataupun di tempat kerja.

Kondisi ketidaknyamanan pada ibu hamil sudah mulai diawali pada trimester pertama kehamilan yang ditandai dengan perubahan hormon kehamilan, ibu hamil mengalami morning sickness yaitu kondisi mual dan muntah. Selain itu lebih sensitit terhadap bau sehingga menghindari beberapa makanan tertentu.

Ketidaknyamanan pada ibu hamil akan berlangsung hingga masa kehamilan menjelang persalinan tiba. Kondisi dimana wanita hamil mengkhawatirkan penampilan.Kemudian setelah perut yang semakin membesar ,keluhan ibu hamil disebabkan karena faktor fisik yaitu susah tidur dan pegal-pegal.

Untuk membuat ibu

Continue Reading

Tips Mengetahui Kehamilan Bermasalah 'Kehamilan Anggur'

Kehamilan yang membahagikan kini menjadi duka kareana didalam rahim wanita tidak tumbuh janin atau sering disebut kehamilan anggur.Bagaimana cara mengetahui kehamilan anggur?

Penyebab Hamil Anggur

Kehamilan yang membahagiakan kini berubah menjadi kehamilan yang tidak diharapkan,salah satunya kehamilan yang bermasalah adalah kehamilan anggur. Kehamilan anggur menurut penelitian dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab  hamil anggur mungkin disebabkan karena 2 atau 3 faktor yang berada di daam diri .

Beberapa penyebab hamil anggur dapat disebabkan karena faktor kondisi kesehatan wanita. Wanita yang pernah mengalami keguguran dikehamilan sebelumnya memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kehamilan anggur. Hal ini dikarenakan adanya sisa jaringan dari keguguran yang tertinggal didalam rahim .

Selain itu kehamilan anggur juga dikarenakan golongan darah. wanita dengan golongan darah A dan juga AB memiliki kemungkinan risiko kehamilan anggur yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang memiliki golongan darah B atau O .

Begitupula dengan wanita yang

Continue Reading

Tips dan Cara Mengukur Jumlah Air Ketuban

Pentingnya mengatahui kesehatan yang dibutuhkan janin didalam rahim,salah satunya adalah jumlah air ketuban yang mencukupi kebutuhan janin. Inilah cara mengukur jumlah air ketuban yang harus anda ketahui.

Air ketuban merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan didalam tubuh ibu hamil.Selama janin didalam kandungan berenang didalam kantung tipis yang berisi cairan putih,agak keruh dan juga berbau amis atau dikenal dengan air ketuban.

Fungsi dari air ketuban bagi janin sangat penting. Tidak hanya saja fungsi ketuban akan tetapi juga jumlah dari air ketuban harus diperhatikan karena sangat berpengaruh pada kondisi janin didalam rahim.

Fungsi Air Ketuban Untuk Janin

Peranan penting dari air ketuban adalah sebagai pelindung yang akan menahan janin dari benturan atau trauma.Kondisi ini juga dapat membantu untuk mencegah dan melindungi tali pusat dari kekeringan sehingga jumlah air ketuban sangat penting.Terakhir yang tidak kalah penting dari fungsi ketuban adalah penyaluran oksigen melalui darah dari ibu

Continue Reading

Cara Menjaga Kehamilan Kembar hingga Menjelang Persalinan

Bagi sebagain calon ibu, kehamilan kembar sangat dinanti akan tetapi taukah anda bahwa kehamilan kembar memerlukan perawatan dan persiapan yang lebih ekstra dibandingkan kehamilan tunggal.Inilah cara menjaga kehamilan kembar yangn dapat dilakukan oleh ibu hamil .

Dianugrahi kehamilan kembar sangat membahagiakan meskipun beberapa ibu khawatir akan mengalami kerepotan ketika harus hamil kembar. Ibu tidak perlu khawatir kehamilan kembar apabila dijalani dengan prosedur yang benar dan tepat akan membahagikan dan menyenangkan .

Di luar sana, kehamilan kembar menjadi idamana calon ibu. Selain dapat sekaligus mendapatkan buah hati lebih dari satu, ibu hamil akan merasakan kelelahan dalam waktu yang bersama dibandingkan harus mengandung tunggal.Tangisan bayi akan mengobati kelelahan ibu ketika mengandung. Hanya saja kehamilan kembar selain faktor keturunan juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi .

Kondisi pertama adalah konsepsi yang digunakan. Salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan kembar adalah anda dapat dengan menghentikan pil kontrasepsi atau lebih dikenal dengan

Continue Reading

Tips Mengatur Pola Makan Selama Kehamilan

Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur pola makan selama kehamilan.

Pentingnya nutrisi selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil, kesehatan janin dan juga tumbuh kembang janin hingga menjelang persalinan.Dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat selama kehamilan.Gizi yang seimbang dan juga menjaga gaya hidup yang sehat akan membuat masa kehamilan ibu jadi lebih nyaman dan aman.

Hal terpenting adalah melaraskan asupan gizi yang diperlukan selama kehamilan. Asupan vitamin,protein dan mineral sangat berperan penting terutama zat besi dan asam folat. Selain itu kehamilan merupakan saat yang tepat untuk melakukan perubahan pola makan yang baik dan juga untuk memberikan asupan nutrisi yang seimbang.

Hal terpenting yang harus dilakukan oleh ibu hamil yaitu menerepkan pola makan yang seimbang dan sehat. Selain itu bukan karena makanan dengan kuantitas yang banyak melainkan dengan kualitas makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang untuk tubuh ibu dan janin.

Variasi menu yang sehat adalah salah satu

Continue Reading

Cara Melakukan USG 2 Dimensi yang Benar dan Tepat

Mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin yang sehat sangat membahagiakan bagi setiap calon ibu dan ayah .Kini dapat diwujudkan dengan cara melakukan USG, salah satunya USG 2 dimensi.

Pemeriksaan USG semakin hari semakin mengalami perkembangan.Pemeriksaan USG dapat dilakukan yaitu USG 2 dimensi yang menghasilkan gambar visual berupa garis saja dan masih sederhana serta umum dilakukan. Selanjutnya adalah USG 3 dimensi dimana anda dapat mengetahui gerak janin dan suara janin. Sedangkan untuk yang tercanggih anda dapat melakukan USG 4 dimensi/USG 3D live. Dimana anda dapat mendokumentasikan video janin dan gerakan diberbagai sisi .

Manfaat Melakukan USG 2 dimensi

USG 2 dimensi ternyata tidak kalah memberikan manfaat dibandingkan dengan USG yang lebih canggih lainnya.Beberapa diantaranya poin plus yang didapatkan yaitu USG 2 dimensi tidak dapat menimbulkan rasa sakit dan juga injeksi apapun. Selanjutnya poin plus dari USG 2 dimensi yaitu lebih ramah dibandingakan dengan metode lainnya. Bahkan dengan menggunakan

Continue Reading

Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Ketiga

cara menjaga kehamilan trimester 3

Memasuki usia kehamilan trimester ke-3,hari persalinan yang dinanti akan segera tiba.Ketahui perkembangan dan cara menjaga kehamilan di trimester ketiga dengan cara-cara dibawah ini .

 

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, perasaan cemas dan khawatir menyambut kehadiran buah hati semakin terasa. Inilah kondisi tubuh ibu hamil pada bulan ke-7 hingga bulan ke-8 kehamilan .

Kondisi Ibu Hamil

Pada bulan ketujuh kehamilan ibu hamil akan mengalami kontraksi, meskipun kontraksi yang dirasakan bukan menandakan kelahiran akan tetapi seringkali ibu hamil cemas.Kontraksi ini sering kali disebut kontraksi palsu.Kontraksi ini tidak mengalami rasa sakit pada perut hanya sedikit kaku.

Bahkan ibu hamil akan merasakan nyeri dan pegal pada bagian pinggang dan juga persendian tulang belakang dikehamilan 7 bulan.Ibu hamil mengalami nafas yang pendek meskipun hanya melakukan kegiatan ringan saja, hal ini karena perut yang semakin membesar .

Selanjutnya ibu hamil akan merasakan rasa gerah dan mudah mengalami keringat karena beban yang dikandung semakin besar

Continue Reading

Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Kedua

cara menjaga kehamilan trimester 2

Pada kehamilan kedua tubuh ibu hamil sudah mulai beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan.Untuk membantu ibu hamil tetap menjaga kesehatan ditrimester kedua,berikut adalah cara menjaganya untuk anda .

Kehamilan ditrimester kedua atau usia kehamilan yang sudah memasuki minggu ke-13. Pertumbuhan dan perkembangan janin ditandai dengan aktivitas janin seperti janin sudah dapat memasukan ibu jari kedalam mulut.Bahkan untuk ukuran dan berat tubuh janin sudah memasuki 13-20 gram.

Pada trimester kedua plasenta sudah terbentuk dengan sempurna sehingga dapat memproses transfer nutrisi, sisa metabolisme dan juga oksigen dengan baik. Bahkan perkembangan panca indera janin sudah mulai dapat diperhatikan untuk mencegah kelainan panca indera janin .

Pada trimester kedua, ibu hamil seringkali mengalami keluhan kehamilan yang berhubungan dengan perubahan fisik yang mempengaruhi aktivitas.Misalnya kenaikan berat badan dan juga nafas yang pendek karena tumbuh kembang bayi yang bertambah .

Hanya saja kehamilan pada trimester kedua ini lebih bisa membuat ibu beradaptasi, janin sudah dapat

Continue Reading

Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama

cara menjaga kehamilan trimester 1

Ibu hamil muda harus dapat menjaga kehamilan di trimester pertama dengan menjaga kesehatan ibu dan janin, inilah caranya untuk anda.

 

Kondisi ibu hamil muda yang mengalami banyak perubahan di dalam tubuh, terutama adaptasi tubuh pada hormon kehamilan yang seringkali menimbulkan keluhan kehamilan.Keluhan kehamilan yang dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan yang tepat akan menyebabkan gangguan kesehatan ibu dan janin.Bagaimana cara menjaga agar kehamilan muda tetap sehat ?

Kehamilan muda seringkali ditujukan pada ibu hamil usia kehamilan 1-3 bulan atau trimester pertama kehamilan. Pada saat ibu hamil muda banyak risiko yang akan dialami oleh ibu hamil,salah satunya adalah risiko keguguran apabila ibu tidak tepat dalam menjaga pola hidup.Inilah cara menjaga kehamilan yang bisa anda lakukan di usia kehamilan muda/trimester pertama.

Kondisi Ibu Hamil Muda

Setelah terjadinya pembuahan didalam tubuh maka wanita akan mengalami perubahan hormon,salah satunya produksi hormon HCG yang meningkat.Hormon kehamilan ini akan mempengaruhi kondisi ibu hamil,seperti mual,muntah,pusing,perubahan suasana hati,

Continue Reading

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan

usia kehamilan dalam bulan

Usia kehamilan sangat diperlukan dalam menentukan perkembangan dan pertumbuhan janin yang sehat, inilah cara menghitung usia kehamilan dalam bulan.

Cara menghitung usia kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara.Anda dapat melakukan penghitungan dengan menggunakan hari pertama hari terakhir haid atau HPHT, kalender kehamilan, pemeriksaan USG atau dengan menggunakan detak jantung dan gerakan janin.

Dengan menghiting usia kehamilan maka dapat membantu dalam memberikan tindakan kesehatan pada ibu dan janin selama kehamilan. Usia kehamilan juga dapat membantu dokter kandungan atau bidan dalam menentukan hari lahir.Menghitung usia kehamilan yang umum dalam minggu atau dalam bulan.

Berikut ini adalah menghitung usia kehamilan dalam bulan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Cara Menghitung Usia Kehamilan  Menggunakan HPHT

Menghitung usia kehamilan  menggunakan hari pertama hari terakhir haid atau yang lebih dikenal dengan HPPT dapat mudah dihitung bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur.Cara ini dinilai lebih mudah dilakukan karena hanya memasukan tanggal haid ke dalam rumus.

Hari

Continue Reading

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dalam Hari

usia kehamilan dalam hari

Usia kehamilan yang tepat dapat membantu ibu hamil dalam menentukan hari kelahiran dan juga membantu dokter dan bidan dalam memberikan tindakan sesuai pertumbuhan dan perkembangan janin.

 

Setelah mendapatkan hasil positif dari pemeriksaan alat testpack. Kali ini kami akan membantu anda dalam menentukan usia kehamilan dalam hari, umumnya kehamilan selama 280 hari. Apa saja cara yang akan membantu anda dalam mengetahui usia kehamilan dalam hari?

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dalam Hari Menggunakan USG

Pemeriksaan USG merupakan pemeriksaan organ tubuh dengan bantuan gelombang suara frekuensi tinggi.Bantuan dari gelombang suara ini diarahkan ke tubuh.Dengan bantuan USG maka dapat diketahui berbagai organ seperti hati, empedu,ginjal,pankreas,jantung dan rahim.Sedangkan pada bagian organ tertentu yang berisi rongga udara sehingga kurang mampu dalam memantulkan gelombang suara yang memiliki frekuensi tinggi seperti paru,usus dan lambung.

Meskipun pemeriksaan USG digolongkan aman untuk ibu dan janin akan tetapi pemeriksaan pada kehamilan normal dan sehat hanya dilakukan tiga kali, pada

Continue Reading

Cara Mengetahui Usia dan Posisi Janin Menggunakan Pemeriksaan Leopold

pemeriksaan leopord

Taukah anda bahwa posisi janin di dalam tubuh dapat diketahui dengan meraba perut ibu hamil?Inilah yang harus anda ketahui dengan menggunakan pemeriksaan Palpasi Leopold .

 

Seiring dengan berkembangnya teknologi canggih untuk memantau dan memeriksa posisi janin.Salah satu cara yang masih bertahan diantara perkembangan teknologi adalah pemeriksaan palpasi Leopold dimana suatu teknik pemeriksaan ibu hamil dengan menggunakan tangan dalam menentukan posisi tertentu.Teori yang dikembangkan oleh  Christian Gerhard Leopold dapat dilakukan pada kehamilan 24 minggu.Pada usia kehamilan tersebut semua bagian janin sudah mulai terasa dan dapat diraba .

Pemeriksaan Leopold ini bertujuan untuk mengetahui posisi janin dan juga letak uterus sehingga dapat memastikan usia kehamilan dan juga memperkirakan berat janin. Kekurangan dari pemeriksaan palpasi leopold ini sulit dilakukan oleh ibu hamil dengan berat badan diatas normal karena adanya dinding perut yang tebal, begitu juga dengan ibu hamil yang mengalami polihidramnion.Pemeriksaan ini harus dilakukan pada kondisi yang santai dan memadai .

Continue Reading

Cara Mengetahui Perkembangan Pertumbuhan Janin Dengan Menggunakan USG

pemeriksaan usg

Perkembangan dan pertumbuhan janin yang normal dan sesuai dengan usia kehamilan dapat dipantau dengan menggunakan USG.

Kehamilan selama kurang lebih 40 minggu harus senantiasa dijaga, dari awal persiapan kehamilann hingga menjelang hari persalinan.Perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu dan janin harus selalu dipantau melalui yang dialami langsung oleh ibu hamil ataupun menggunakan alat medis.

Salah satu cara untuk mengetahui perkembangan pertumbuahan janin dengan menggunakan alat medis yaitu dengan menggunakan USG.Kapan dan bagaimana fungsi dari alat pertumbuhan janin dengan menggunakan USG ?

Pengertian USG

Ultrasonografi atau dikenal USGkerap kalo digunakan ibu hamil dalam memantau perkembangan pertumbuhan janin dan kesehatan rahim.Test ini menggunaan bantuan gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi sehingga tidak terdengar.

Prosedur penggunaan USG dilakukan dengan topical yaitu mengunakan gel yang membantu dalam menghasilkan kualitas gambar. Sedangkan pada prosedur transvaginal adanya alat yang dimasukan ke dalam saluran alat kelamin wanita. Meskipun demikian cara dengan prosedur transvaginal jarang dilakukan walaupun hasil gambar

Continue Reading

Cara Menghitung Kelahiran Bayi

kelahiran bayi

Menghitung hari lahir bayi dapat membantu ibu dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan, berikut ini adalah cara menghitung kelahiran bayi untuk membantu anda.

Selama kehamilan penting untuk menjaga dan mengamati tumbuh kembang janin di dalam kandungan.Untuk dapat membantu anda mengetahui kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin yang normal maka harus diketahui usia janin secara pasti .

Menghitung usia janin dapat dilakukan dengan menghitung hari pertama hari terakhir haid untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi yang normal dengan rumus yang telah ditentukan.Sedangkan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur maka rumus menghitung berdasarkan HPHT yang dibedakan .

Hanya saja bagi anda yang lupa mengingat hari pertama hari terakhir haid maka dapat menggunakan cara lain dalam menentukan usia kehamilan,seperti menggunakan USG, menggunakan detak jantung janin, tinggi puncak rahim, menggunakan dua jari tangan, menggunakan kalendar dan juga gerakan janin. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekuraangan dalam memberikan hasil usia kehamilan bagi anda .

Continue Reading

Cara Pemeriksaan Denyut Jantung Janin

denyut nadi janin

Tanda kehamilan yang seringkali dialami oleh wanita tidak selamanya menunjukan kehamilan.Terkadang kondisi kesehatan dan perubahan hormon menjelang menstruasi dapat juga menjadi kondisi yang mirip dengan tanda kehamilan. Lalu bagaimana cara dalam menentukan kehamilan pasti? Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan denyut jantung janin.

Pemeriksaan denyut jantung janun dapat dilakukan untuk membantu dalam mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin didalam rahim.Dengan mengetahui standar janin normal maka membantu dalam memastikan organ janin sehat selama kehamilan. Berikut adalah artikel yang membantu anda untuk mengetahui cara pemeriksaan denyut jantung janin.

Denyut Jantung Janin

Denyut jantung janin baru dapat diketahui dengan menggunakan alat Ultrasonografi pada usia kehamilan 8 minggu sedangkan apabila menggunakan alat doppler baru diketahui pada usia kehamilan 10-12 minggu.Sedangkan untuk suara tinggi rendahnya ditentukan karena posisi janin di dalam rahim, kondisi berat badan ibu hamil dan juga keakuratan dalam menentukan usia kehamilan.

Denyut jantung janin baru dapat didengar dengan gambaran pada detak jantung yang

Continue Reading

Cara Menghitung Kelahiran Bayi

kelahiran bayi

Menghiting hari lahir bayi dapat membantu ibu dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan, berikut ini adalah cara menghitung kelahiran bayi untuk membantu anda.

Selama kehamilan penting untuk menjaga dan mengamati tumbuh kembang janin di dalam kandungan.Untuk dapat membantu anda mengetahui kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin yang normal maka harus diketahui usia janin secara pasti .

Menghitung usia janin dapat dilakukan dengan menghitung hari pertama hari terakhir haid untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi yang normal dengan rumus yang telah ditentukan.Sedangkan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur maka rumus menghitung berdasarkan HPHT yang dibedakan .

Hanya saja bagi anda yang lupa mengingat hari pertama hari terakhir haid maka dapat menggunakan cara lain dalam menentukan usia kehamilan,seperti menggunakan USG, menggunakan detak jantung janin, tinggi puncak rahim, menggunakan dua jari tangan, menggunakan kalendar dan juga gerakan janin. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekuraangan dalam memberikan hasil usia kehamilan bagi anda.

Usia

Continue Reading

Cara Mengetahui Kehamilan Sehat

kehamilan sehat

Mendapatkan janin yang tumbuh kembang sesuai usia kehamilan menjadi idaman bagi setiap wanita berikut ini adalah cara mengetahui kehamilan sehat.

Selama kehamilan hingga menjelang hari persalinan menjaga kesehatan ibu dan janin sangat penting. Kondisi ini erat kaitannya dengan menjaga berat badan ibu hamil,mendapatkan kondisi seimbang untuk asupan nutrisi dan olahrga yang teratur khusus untuk ibu hamil.

Mengetahui kehamilan yang sehat dapat dimulai dari mengetahui tanda-tanda awal kehamilan yang sehat,kondisi ibu dan janin selama trimester awal hingga trimester akhir sesuai dengan usia kehamilan dan juga keluhan yang tidak membahayakan ibu dan janin.

Artikel kali ini akan membantu anda dalam mengetahui kehamilan yang sehat, berikut ini adalah tanda kehamilan yang sehat,perkembangan dan pertumbuhan kehamilan yang sehat dan juga keluhan yang tidak membayakan.

Tanda Tanda Kehamilan yang Sehat

1.Morning Sickness

Ibu mengalami mual dan muntah diawal kehamilan dan akan berhenti dengan sendirinya memasuki trimester kedua kehamilan.Kondisi ini normal terjadi apabila tidak disertai dengan

Continue Reading

Cara Menentukan Usia Kehamilan

detak jantung janin

Kehamilan merupakan salah satu moment yang sangat ditunggu oleh pasangan suami istri.Selama kehamilan berlangsung kurang lebih 42 minggu banyak perubahan yang terjadi secara fisik dan psikis pada wanita. Bagi anda yang baru mengalami kehamilan pertama hal ini akan sangat terasa berbeda untuk beradaptasi.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil baik secara fisik maupun psikis akan berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan. Oleh karena itu penting bagi ibu hamil menentukan usia kehamilan untuk menyikapi perubahan yang dialami oleh tubuh selama hamil.Usia kehamilan juga dapat membantu anda dalam mengetahui kesehatan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan.Baik dari cara yang manual ataupun medis.Bahkan dari cara yang memiliki hasil nilai akurat yang rendah hingga tinggi.Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat menentukan usia kehamilan.

Pentingnya Mengetahui Usia Kehamilan

Usia kehamilan dapat dibedakan berdasarkan minggu,bulan atau trimester.Dokter kandungan atau bidan seringkali menggunakan satuan minggu untuk menentukan usia kehamilan,hal ini

Continue Reading

Cara Cek Kehamilan

cara cek kehamilan

Tanda-tanda kehamilan seringkali tidak disadari oleh wanita sehingga baru diketahui ketika usia kehamilan memasuki usia 5-10 minggu.Padahal mengetahui usia kehamilan sangat membantu dalam menjaga kehamilan dan mengurangi risiko keguguran.

Bagi anda yang ingin mengetahui kehamilan dapat dengan menggunakan alat test kehamilan atau dengan pemeriksaan laboratorium. Cara cek kehamilan yang dilakukan dari tradisional hingga medis,bahkan yang dapat dilakukan sendiri di rumah atau menggunakan alat laboratorium.

Kapan anda membutuhkan alat test kehamilan? Seringkali wanita menggunakan alat test kehamilan setelah hari pertama haid terlambat.Sedangkan alat test kehamilan dapat dilakukan setelah tujuh hari melakukan hubungan suami istri.Salah satunya dengan menggunakan alat test kehamilan atau testpack yang banyak dijual di apotik.

Untuk membantu anda dalam menentukan hasil yang akurat, kami akan memberi tahu cara cek kehamilan. Inilah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui anda sedang hamil.

Cara Cek Kehamilan Menggunakan TestPack

Perlu anda ketahui bahwa test kehamilan yang dilakukan untuk mengetahui dan mendeteksi

Continue Reading

Cara Mempercepat Kehamilan

cara mempercepat hamil

Bagi sebagian pasangan suami istri mendapatkan momongan memerlukan usaha lebih ekstra. Harapan untuk segera memiliki buah hati harus dijalani dengan sabar dan penuh dengan usaha.Anda tidak perlu kecewa,banyak pengalaman yang dialami oleh pasangan suami istri mendapatkan momongan setelah beberapa bulan atau beberapa tahun menikah.

bagi wanita yang sulit hamil dipengaruhi oleh beberapa faktor,salah satunya adalah mengalami kesulitan hamil yang disebabkan karena kesuburan suami atau wanita. Keduanya memiliki prosentase 40%, dimana prosentase ini sama ketika mengalami kesulitan hamil dialami oleh suami atau istri.Sedangkan beberapa faktor lainnya dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat,kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau beberapa faktor lainnya.

Berikut adalah tips dan cara mempercepat kehamilan:

Kehamilan

Moment yang paling ditunggu setelah berkeluarga adalah hadirnya sang buah hati. Hanya saja tanda-tanda kehamilan belum juga dapat anda rasakan?Anda tidak pelu khawatir.Waktu kehamilan anda tidak dapat disamakan dengan kehamilan rekan atau teman anda.

Waktu kosong yang dimulai dari awal pernikahan hingga hari

Continue Reading

Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini

cara mengetahui kehamilan

Kehamilan merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri terlebih bagi anda yang baru saja menikah.

 

Kehamilan merupakan proses alami yang terkadang baru dikenali setelah beberapa bulan anda telat menstruasi.Padahal mengetahui tanda kehamilan sangat penting untuk menjaga hamil muda yang rentan mengalami keguguran. (Artikel menarik lainnya: tanda-tanda hamil muda)

Selain itu hamil muda membutuhkan banyak asupan nutrisi dalam membentuk janin. Salah satu diantaranya adalah asupan asam folat diminggu pertama kehamilan.Untuk membantu anda dalam memberikan pengetahuan kehamilan sejak dini,berikut adalah cara mengetahui kehamilan sejak dini.

Mendeteksi Pembuahan

Kehamilan terjadi karena adanya pembuahan setelah berhubungan suami istri.Hanya saja terjadinya pembuahan kurang disadari oleh sebagian besar wanita. Untuk mengetahui pembuahan yang terjadi maka dilakukan deteksi dini. Deteksi dini dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Cara pertama adalah dengan mengukur suhu tubuh ketika bangun di pagi hari. Ketika akan beranjak dari tempat tidur anda dapat mengukur temperatur. Pada saat terjadi pembuahan maka suhu

Continue Reading

Cara Menjaga Kehamilan

cara menjaga kehamilan

Selamat bagi anda yang baru saja mendapatkan kabar gembira,dinyatakan positif hamil. Kebahagian yang tidak terkira dimana kehamilan yang sudah anda tunggu-tunggu akhirnya datang juga.

Anda dapat mempersiapkan diri untuk menjaga kehamilan hingga hari bersalin tiba.Menjaga kehamilan bagi setiap ibu hamil berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi dan riwayat kesehatan ibu hamil.Hal inilah mengharuskan anda untuk senantiasa memeriksakan diri dan berkonsultasi kepada dokter kandungan atau bidan sehingga dapat menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

Menjaga kehamilan dapat dibagi berdasarkan kategori usia kehamilan. Bagi wanita yang baru memasuki usia 1-3 bulan atau disebut juga dengan istilah trimester pertama membutuhkan adaptasi baik fisik maupun psikis selama kehamilan. Sedangkan bagi kehamilan 4-6 bulan akan terasa dalam perubahan fisik, dimana perut semakin membesar yang menimbulkan keluhan selama kehamilan.Terakhir adalah ketika memasuki usia kehamilan 7-9 bulan untuk mempersiapkan diri menunggu hari kelahiran sang buah hati.

Dengan demikian menjaga kehamilan dilakukan dari awal terjadi tanda kehamilan hingga hari

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us