data-ad-format="auto"

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem pada tubuh manusia yang sangat penting, dimana sistem ini memiliki peranan sebagai pencerna makanan. Banyak gangguan atau penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan. Dimana pada kategori ini kami uraikan berbagai macam penyakit sistem pencernaan, penyebab dan cara mengatasinya.

Hati Hati Kanker Lambung! Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Tubuh kita rentan akan penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai parah.

Penyakit yang dianggap paling parah yaitu kanker, pasalnya sampai saat ini kanker telah banyak memakan jiwa. Kanker bisa menyerang setiap organ dalam tubuh kita, seperti paru-paru, hati, otak, termasuk lambung. Dibandingkan dengan kanker lainnya, kanker lambung cukup jarang terjadi. Bahkan dalam saluran pencernaan, kanker lambung menempati peringkat kedua setelah kanker usus besar. Meskipun begitu, penyakit kanker harus kita waspadai karena resiko seseorang terkena penyakit ini tetap ada.

Kanker lambung atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan gastric cancer merupakan suatu keganasan yang tumbuh dan berkembang pada lapisan lambung. Kanker lambung itu sendiri digolongkan berdasarkan lapisan lambung. Yang mana jenis kanker lambung paling banyak yaitu adenocarcinoma atau kanker lapisan mukosa dan lapisan penghasil asam lambung. Selanjutnya yaitu, limfoma atau kanker sistem limfatik lambung. Dan terakhir, sarcoma atau kanker jaringan ikat seperti otot, lemak, dan pembuluh darah.

Kanker lambung

Continue Reading

Bahaya Kram Perut, Kenali Penyebab dan Pengobatannya

Kita semua mungkin pernah merasa sakit di bagian perut, sakit yang dirasa pun mungkin berbeda-beda, mulai dari sakit perut ringan atau bahkan sakit perut parah dengan rasa sakit yang tidak tertahankan, seolah-olah perut diremas dan sakitnya tersebut datang dan pergi.

Sakit perut parah seperti itu mungkin saja disebabkan karena kram perut. Dalam istilah medis, kram perut itu sendiri disebut dengan colic abdomen. Colic abdomen menggambarkan rasa sakit yang teramat sakit yang diakibatkan karena adanya kontraksi otot polos atau abdomen yang mana meliputi banyak organ seperti usus, lambung, kendung empedu, esofagus, pankreas, ureter, ginjal, organ reproduksi wanita atau bahkan rahim. Selain menyebabkan rasa sakit, kram perut juga membuat penderitanya tidak nyaman, bahkan sampai menghambat aktivitas.

Nah,bagi anda  yang pernah mengalami keadaan seperti ini tentu ingin tahu apa penyebabnya? Apakah berbahaya? dan lebih lanjut bagaimana cara mengobatinya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Penyebab Kram Perut

Continue Reading

Bahaya Penyakit Batu Empedu, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

Batu empedu merupakan persediaan cairan empedu yang membatu atau mengeras dan terbentuk di dalam kantong empedu.

Kantong empedu itu sendiri yaitu organ kecil yang terletak di perut bagian kanan, tepatnya di bawah hati dan memiliki bentuk seperti buah pir.

Kantong empedu tersebut memiliki cairan pencernaan untuk dilepaskan ke usus halus. Cairan pencernaan tersebut disebut empedu. Pada saat cairan empedu ini membatu atau mengeras, maka akan mengakibatkan terganggunya proses normal sehingga akan muncul gejala atau penyakit batu empedu.

Batu empedu itu sendiri memiliki berbagai macam ukuran dan warna. Mulai dari yang kecil seperti sebutir pasir atau bahkan berukuran besar sebesar bola golf. Warnanya pun bermacam, batu dari pigmen bilirubin berwarna hitam serta teksturnya keras, atau cokelat tua dan rapuh. Batu dari kolestelor berwarna kuning dan mengkilat seperti halnya minyak.

Penyebab Batu Empedu

Penyebab terbentuknya batu empedu itu sendiri masih belum jelas. Namun, diketahui penyebab terbentuknya batu

Continue Reading

Penyakit Asam Lambung Dapat Menyerang Anak-Anak dan Bayi, Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Seperti yang kita ketahui, sistem pencernaan merupakan saluran yang berfungsi untuk mencerna atau memproses makanan yang kita konsumsi

Sistem pencernaan dalam tubuh kita selalu bekerja secara terus menerus dalam mengolah asupan makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan masuk ke dalam lambung untuk dicerna, dengan bantuan asam dan pepsin. Namun, sebelum masuk ke dalam lambung makanan akan melalui bagian-bagian lainnya seperti kerongkongan.

Karena tidak ada hentinya bekerja, maka sistem pencernaan sangat rentan dari gangguan atau penyakit. Terkadang sebagian besar orang selalu mengabaikan beberapa gejala atau tanda karena adanya kerusakan pada sistem pencernaan. Beberapa gejala yang sering dirasa sebagai tanda adanya kerusakan sistem pencernaan yaitu adanya rasa terbakar di bagian dada. Yang mana gejala ini pada umumnya disebabkan karena refluks asam lambung pada kerongkongan. Penyakit ini dinamakan Gastro-Esophageal Reflux Disease atau GERD. Selain adanya rasa terbakar di daerah dada, ada gejala lainnya yang ditimbulkan seperti rasa pahit di

Continue Reading

Penting Diketahui! Inilah Makanan yang Dipantang Penderita Asam Lambung

Sistem pencernaan merupakan saluran dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mencerna atau memproses makanan yang dikonsumsi.

Sistem pencernaan terdiri dari organ-organ tertentu, yang mana salah satunya yaitu lambung. Lambung merupakan organ pencernaan yang memiliki fungsi sebagai tempat dimana makanan yang dikonsumsi dicerna serta sebagai tempat penyerapan sari makanan.

Sama dengan organ pencernaan lainnya, lambung juga sering diserang oleh penyakit. Dimana salah satu penyakit pada lambung yaitu Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Asam lambung itu sendiri merupakan penyakit umum yang sering diderita oleh banyak orang. Namun, kebanyakan orang tidak tahu atau tidak pernah menyadari akan penyakit yang satu ini. Hal ini disebabkan karena kurang paham atau ketidaktahuan mereka akan gejala-gejala yang ditimbulkan.

Kondisi tersebut disebabkan karena naiknya asam lambung di dalam lambung menuju esofagus. Asam lambung itu sendiri yaitu zat asam yang berfungsi membantu lambung dalam menjalankan fungsinya untuk mencerna makanan.

Biasanya ketika asam lambung naik

Continue Reading

Penyakit Asam Lambung, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Lambung merupakan salah satu organ pada sistem pencernaan manusia.

Organ ini memiliki fungsi sebagai penghancur makanan agar makanan lebih lunak dan kecil sehingga dengan begitu mudah dicerna oleh tubuh. Lambung memiliki zat asam di dalamnya yang disebut dengan asam lambung, yang mana zat tersebut berfungsi untuk melakukan fungsi pencernaan. Asam lambung yang terdapat di dalam lambung bisa normal maupun meningkat. Keadaan asam lambung yang tinggi ini justru akan menimbulkan berbagai macam masalah yang memiliki dampak buruk untuk kesehatan.

Asam lambung merupakan salah satu zat asam yang tergolong ke dalam asam kuat yakni asam hidroklorat atau HCL. Ketika lambung dalam keadaan normal, pengeluaran asam lambung dijaga oleh suatu mekanisme agar tidak berlebihan serta jumlah asam lambung yang terdapat di dalam lambung tetap dalam keadaan normal. Namun, ketika ada ketidakseimbangan antara mekanisme penghambat serta mekanisme pengeluaran, maka akan berdampak pada tingginya asam lambung. Yang mana tingginya asam lambung ini akan

Continue Reading

Gastroenteritis Pada Anak-Anak, Ketahui Cara Penanganan dan Pencegahan

Gastroenteritis pada anak

Gastroenteritis merupakan gangguan sistem pencernaan berupa peradangan pada sistem pencernaan yang melibatkan lambung dan usus kecil.

Yang mana keadaan ini akan mengakibatkan kombinasi seperti diare, sakit perut, kejang perut atau muntah. Gastroenteritis biasanya disebut dengan stomach bug, gastro, atau stomach virus. Meskipun tidak memiliki kaitan dengan influenza, tetapi penyakit ini sering juga disebut sebagai flu perut.

Gastroenteritis merupakan masalah pencernaan yang paling sering terjadi pada anak-anak. Gastroenteritis  berat akan menyebabkan dehidrasi serta tidak seimbangnya elektrolit, hal ini disebabkan karena cairan tubuh hilang melalui diare atau muntah.

Gastroenteritis paling sering terjadi di negara berkembang dan sering menyerang anak bersuai 5 tahun. Pada umumnya anak-anak yang tinggal di negara bekembang memiliki resiko lebih tinggi terkena gastroenteritis. Namun meskipun begitu, mereka kesulitan mendapatkan akses perawatan. Sehingga akibatnya, hampir 1,5 juta anak meninggal diakibatkan oleh diare yang disebabkan oleh gastroenteritis.

Penyebab Gastroenteritis Pada Anak

Virus

Virus merupakan penyebab gastroenteritis paling umum

Continue Reading

Kenali Gastroenteritis, Mulai dari Gejala Sampai Pengobatan

Gastroenteritis

Sitem pencernaan sangat rentan akan penyakit, berbagai macam jenis penyakit tertentu bisa menyerang sistem pencernaan, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit parah sekalipun.

Salah satu penyakit sistem pencernaan yakni gastroenteritis. Gastroenteritis merupakan penyakit yang mungkin terasa asing untuk kita semua. Namun, pada kenyataannya penyakit ini sering atau banyak dialami di sekitar kita, namun mungkin kita sendiri kurang atau tidak menyadarinya.

Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi pada usus atau perut, yang mana penyebabnya karena virus. Kondisi ini biasanya lebih dikenal dengan istilah flu lambung, flu perut atau virus perut. Infeksi ini akan menyebabkan mual dan muntah, kram perut, diare atau bahkan demam pada penderitanya.

Pada umumnya penderita gastroenteritis akan pulih sepenuhnya. Namun, kondisi ini juga memiliki fotensi fatal, bahkan akan menyebabkan kematian, terlebih lagi jika terjadi pada orang tua, bayi atau orang yang sistem kekebalan tubuhnya memiliki masalah.

Penyebab Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan keadaan dimana usus dan lambung

Continue Reading

Waspada Anak-Anak Mudah Terserang Tifus! Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

PENYAKITTIFUS PADA ANAK

Tifus merupakan penyakit sistem pencernaan yang bisa dengan mudah menyerang tubuh, apabila sistem kekebalan tubuh pada saat itu sedang lemah.

Selain orang dewasa, anak-anak atau bahkan bayi bisa terserang penyakit yang satu ini. Ketika anak-anak terserang tifus, biasanya orang tua tidak bisa memprediksi secara langsung gejala tifus yang dialami oleh anaknya. Hal ini disebabkan karena gejala tifus pada umumnya hampir sama dengan gejala DBD atau demam berdarah. Biasanya dilakukan pemeriksaan dokter untuk memastikannya.

Nah, agar anda sebagai orang tua lebih waspada akan gejala tifus pada anak, anda sendiri harus mengetahui apa itu penyakit tifus, bagaimana gejala tifus pada anak-anak dan bagaimana cara mengobatinya.

Penyebab Penyakit Tifus Pada Anak-Anak

Gejala tifus pada anak-anak umumnya disebabkan karena usus halus terinfeksi oleh bakteri. Salmonella typhi atau salmonella paeartyphi merupakan bakteri yang menjadi penyebab tifus. Bakteri tersebut bisa masuk ke usus melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak yang menderita.

Continue Reading

Tifus(Tipes), Ketahui Gejala dan Cara Tepat Penanganannya

PENYAKIT TIFUS

Penyakit tifus atau tipes merupakan gangguan sistem pencernaan yang bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Meskipun pada umumnya penyakit tifus sering dialami oleh anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan apabila penyakit tifus menyerang orang dewasa. Oleh karena itu, sebaiknya kita harus mewaspadai penyakit yang satu ini.

Penyakit tifus sering terjadi di Indonesia, baik itu di  perkotaan atau di pedesaan yang diakibatkan karena kurangnya pemahaman akan gejala atau tanda-tanda yang muncul karena penyakit ini. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap gejala penyakit tifus disamakan dengan gejala penyakit DBD atau demam berdarah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut akan penyakit tifus, anda bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Tifus

Tifus(tipes) atau demam tipoid merupakan infeksi akut yang menyerang saluran pencernaan manusia, terlebih lagi usus halus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Jika tidak ditangani dengan baik dan benar, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Bahkan

Continue Reading

Mengenal Penyakit Wasir atau Ambeien, Gejala dan Cara Mengobati

PENYAKIT WASIR

Wasir atau ambeien merupakan gangguan sistem pencernaan yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua, karena gangguan ini sudah dialami oleh banyak orang.

Dalam istilah medis, penyakit wasir dikenal dengan sebutan hemoroid. Hemoroid itu sendiri merupakan keadaan dimana pembuluh darah vena yang letaknya di sekitar anus atau rektum bagian bawah mengalami pelebaran atau peradangan. Secara normal, vena-vena yang terdapat pada anus rektum akan kembali menyalurkan darah ke jantung. Karena pembuluh darah mengalami pelebaran, maka dengan begitu darah akan berkumpul di sana sehingga akan membentuk sebuah benjolan yang tidak biasa dan lunak ketika diraba. Ukuran benjolan atau ambeien itu sendiri tergantung pada tingkat keparahannya.

Penyebab Wasir

Penyebab wasir atau hemoroid itu sendiri sebenarnya masih belum jelas. Namun, dalam beberapa kasus wasir terjadi karena adanya peningkatan tekanan dalam aliran darah. Tekanan ini merupakan penyebab pembuluh darah di sekitar bokong mengalami pembengkakan serta peradangan. Ada beberapa hal yang menyebabkan tekanan tinggi pada

Continue Reading

Sering Merasa Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Kenali Penyebabnya

SAKIT PERUT KIRI BAWAH

Sakit perut merupakan kondisi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan keadaan ini sudah dianggap sebagai hal biasa dan tidak dianggap terlalu serius.

Sakit yang dirasa di daerah perut itu sendiri biasanya tidak hanya pada satu tempat, karena perut itu sendiri terdiri dari bagian-bagian tertentu, baik itu sebelah kiri, kanan, atas atau pun bawah. Namun, dalam kasus tertentu sakit perut merupakan tanda penyakit yang serius.

Ketika kita merasa sakit pada bagian perut sebelah kiri bawah, biasanya berkaitan dengan sistem pencernaan. Namun, juga bisa berhubungan dengan organ reproduksi, masalah kulit, saluran pencernaan, pembuluh darah dan dinding perut.

Untuk memastikan penyebab pasti sakit perut sebelah kiri bawah, maka akan lebih baiknya jika segera menghubungi dokter. Selain mengetahui penyebabnya, juga untuk mendapatkan perawatan tepat mengenai gangguan ini.

Seseorang yang mengalami sakit perut sebelah kiri bawah biasanya mengalami gangguan atau penyakit yang cukup serius pada sepanjang daerah yang terkena dampaknya.

Continue Reading

Waspada Disentri Pada Anak, Ketahui Cara Penanganannya

DISENTRI PADA ANAK

Disentri merupakan suatu gangguan sistem pencernaan yang bisa menyerang siapa saja.

Namun, dibandingkan dengan orang dewasa, biasanya anak-anak akan lebih rentan terserang penyakit yang satu ini.

Penyakit disentri memang sering kita dengar, namun tidak banyak yang mengetahui seperti apa penyakit yang satu ini. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit disentri justru akan menyebabkan kematian pada anak atau orang dewasa. Untuk itulah, anda sebagai orang tua harus lebih waspada terhadap penyakit yang satu ini terlebih lagi pada efek yang akan ditimbulkan terhadap kesehatan anak anda.

Disentri itu sendiri yaitu peradangan yang terjadi pada usus yang disebabkan karena usus tersebut terinfeksi oleh bakteri, sehingga menyebabkan terjadinya diare yang mengandug lendir dan darah. Pada beberapa kasus, disentri yang tidak ditangani dengan segera justru menjadi penyakit yang bisa mengancam jiwa, terlebih lagi jika penderitanya tidak bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat.

Sekitar 15% seluruh diare yang dialami oleh balita

Continue Reading

Penyakit Disentri, Kenali Penyebab dan Cara Penanganannya

PENYAKIT DISENTRI

Apakah anda pernah mengalami susah buang air besar, yang mana kotoran yang anda keluarkan berupa darah dan lendir, atau bahkan mengalami diare dengan tinja bercampur darah?

Jika pernah, apa yang anda alami tersebut mungkin saja penyakit disentri. Penyakit disentri merupakan gangguan sistem pencernaan yang terjadi karena peradangan usus besar yang ditandai dengan sakit perut serta buang air besar secara berulang-ulang yang mana akan menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan banyak cairan.

Di Indonesia sendiri gangguan sistem pencernaan yang satu ini sering terjadi bahkan selalu muncul dalam sepanjang tahun. Namun, jumlah penderita penyakit yang satu ini masih belum diketahui secara pasti karena penyakit ini secara resmi belum tercatat. Faktor yang menyebabkan disentri yang paling kuat di Indonesia yaitu karena makanan dan minuman yang terkontaminasi atau kurang terjaganya kebersihan.

Penyakit disentri harus kita waspadai, karena penyakit ini bisa menyerang segala usia. Selain orang dewasa, anak-anak dan balita pun bisa diserangnya. Agar kita

Continue Reading

Sering Merasa Mual dan Muntah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

MUAL dan Muntah

Mual adalah salah satu gejala yang mungkin sering kita jumpai dan kita alami.

Sering kali mual diartikan sebagai perasaan yang tidak nyaman pada bagian atas perut, sehingga dengan begitu akan menimbulkan perasaan ingin muntah. Sedangkan muntah, yaitu kondisi dimana semua lambung keluar melalui mulut. Ketika muntah bisa berupa cairan yang bercampur dengan makanan maupun hanya cairan lambung saja.

Muntah terjadi melalui mekanisme yang sangat kompleks. Muntah terjadi dikontrol oleh pusat muntah yang mana letaknya berada pada susunan saraf pusat otak. Muntah akan terjadi apabila terdapat kondisi tertentu yang merangsang pusat muntah. Rangsangan pada pusat muntah tersebut kemudian akan dilanjutkan ke diafragma, atau sekat yang terletak di antara dada dan perut serta otot lambung. Hal ini kemudian akan mengakibatkan tekanan dalam perut, tepatnya pada lambung, sehingga akan mengakibatkan isi lambung keluar melalui mulut.

Mual dan muntah merupakan gejala, bukan sebuah penyakit yang berdiri sendiri. Untuk itulah, mual dan muntah

Continue Reading

Gejala dan Cara Mengobati Radang Usus

RADANG USUS BUNTU

Usus merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan.

Sama dengan organ lainnya, usus pun rentan mengalami gangguan, masalah atau penyakit. Dimana salah satu gangguan yang menyerang usus yakni terjadinya peradangan. Radang usus yaitu keadaan dimana usus mengalami peradangan atau inflamasi. Radang usus buntu itu sendiri pada dasarnya terbagi menjadi dua, yakni penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Yang mana kedua kondisi ini diakibatkan karena adanya peradangan kronis pada sistem pencernaan. Kondisi seperti ini muncul apabila adanya reaksi yang keliru terhadap jaringan pada sistem pencernaan yang sehat dan normal.

Penyakit Crohn merupakan peradangan yang biasanya terjadi pada saluran pencernaan secara umum, dari mulai mulut sampai ke anus. Sedangkan kolitis ulseratif yaitu peradangan yang hanya terbatas pada kolon atau usus besar.

Untuk mengenal lebih jauh akan penyakit yang satu ini, anda harus mengetahui beberapa gejala yang ditumbulkan. Berikut gejala radang usus.

Gejala Radang Usus

Radang usus merupakan penyakit

Continue Reading

Waspada Penyakit Usus Buntu Pada Anak Lebih Beresiko

USUS BUNTU PADA ANAK

Usus buntu di dalam tubuh manusia memiliki peranan untuk ikut dalam mengendalikan infeksi di dalam tubuh, karena jaringan usus buntu terdiri dari jaringan limfoid.

Letak usus buntu yaitu di antara usus halus dan usus besar, lebih tepatnya di sebalah kanan bawah perut. Ukuran usus buntu sebesar dan sepanjang jari telunjuk kita. Dimana sesuai dengan namanya, ujung usus ini membuntu sehingga dengan begitu sangat rentan akan penyakit atau masalah-masalah lainnya. Dengan bagian pangkal yang kecil sangat mudah terjadi penyumbatan yang diakibatkan oleh berbagai hal.

Penyakit usus buntu atau apendisitis merupakan penyakit yang terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan.

Penyakit yang satu ini bisa menimpa siapa saja. Selain orang dewasa, anak-anak bahkan balita pun bisa mengalaminya. Pada anak-anak, biasanya  paling sering menimpa anak berusia 4-15 tahun.

 

Gejala Usus Buntu Pada Anak

Sebagai orang tua, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja gejala yang akan terlihat jika

Continue Reading

Penyakit Usus Buntu, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Sistem pencernaan merupakan satu kesatuan organ yang berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sistem pencernaan terdiri dari beberapa organ, dimana salah satunya yaitu usus buntu. Usus buntu merupakan organ yang memiliki bentuk seperti tabung kecil serta tipis dengan ukuran kira-kira 5-10 cm yang terhubung pada tempat tinja terbentuk atau usus besar. Pengangkatan usus buntu ini sebenarnya tidak akan mempengaruhi kesehatan. Namun, jika usus buntu tersebut mengalami pembengkakan serta peradangan, maka penyakit usus buntu atau yang dikenal dengan apendisitis ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang cukup serius.

Apendistis atau penyakit usus buntu ini merupakan penyakit yang sering dan paling umum ditemukan pada kalangan muda yang berusia antara 10-20 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari berbagai jenis usia lainnya.

Lantas Apa Saja Gejala Penyakit Usus Buntu?

Sakit perut merupakan gejala yang mengindikasikan penyakit yang satu ini, dimana

Continue Reading

Keracunan Makanan, Gejala dan Cara Mengobatinya

Keracunan makanan merupakan kondisi dimana sering dialami oleh banyak orang.

Keracunan makanan biasanya terjadi atau menimpa mereka yang tidak teliti ketika ia memilih atau mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh parasit, bakteri atau virus merupakan penyebab utama seseorang mengalami keracunan makanan. Selain terkontaminasi, bisa saja makanan tersebut sudah terkena racun atau zat-zat berbahaya yang dikeluarkan dan mengenai makanan. Makanan dapat terkontaminasi apabila tidak dimasak atau diproses dengan baik.

Bakteri yang mengkontaminasi makanan dan dapat menyebabkan keracunan makanan yaitu, salmonellaCampylobacter, ListeriaShigella, dan Escherichia coli atau E. coli. Sedangkan untuk virus yaitu rotavirus dan norovirus. Dan untuk parasit yaitu, Entamoeba histolytica, cryptosporidium dan giardia.

Ada beberapa makanan yang dapat dengan mudah terkontaminasi jika tidak diproses dengan baik seperti:

  • Daging mentah
  • Susu
  • Telur mentah
  • Makanan siap saji, seperti keju lembek, roti isi dan daging matang
  • Kerang mentah

Gejala Keracunan Makanan

Lama waktu

Continue Reading

Perut Kembung, Penyebab dan Cara Mengatasi

Perut kembung merupakan sebuah kondisi spele namun perlu diwaspadai.

Ketika perut kita kembung, maka kita pun akan merasa keadaan perut lebih penuh dan kencang. Selain itu, perut juga akan terlihat lebih besar. Keadaan seperti ini akan membuat kita atau penderitanya tidak nyaman. Bahkan kondisi ini akan disertai dengan gejala-gejala khas, seperti bersendawa terus menerus, kentut secara berlebihan, serta mual karena perut terasa bergejolak.

Keadaan perut kembung ini biasanya sangat erat kaitannya dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi, serta bagaimana cara kita mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut.

Keadaan perut kembung bisa disebabkan oleh bebarapa hal. Untuk mengetahuinya anda bisa simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Perut Kembung

Makanan dan Minuman

Ada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang dapat menyebabkan perut kembung. Makanan yang menghasilkan banyak gas merupakan salah satu jenis makanan yang dimaksud. Nah, untuk menghindari keadaan ini maka alangkah lebih baiknya jika

Continue Reading

Kenali Lebih Lanjut Tentang Sakit Perut, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Sakit perut merupakan suatu gangguan yang tentunya pernah dialami oleh semua orang.

Sakit perut merupakan gangguan yang menyerang sistem pencernaan. Meskipun hampir semua orang pernah mengalami sakit perut, tetapi sebagian orang tidak memiliki penyebab yang terlalu serius. Namun, ada beberapa gangguan sakit perut yang disebabkan karena adanya gejala-gejala penyakit lain yang dikatakan cukup serius atau berbahaya. Nah, untuk mengantisipasi itu kita harus mengetahui atau mengenal gejala yang muncul ketika kita sakit perut, hal ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya sehingga bisa diobati dengan secepat mungkin.

Sakit yang dirasa pada bagian abdomen biasanya akan mengacu pada sakit perut biasa atau pun kram perut. Namun, kondisi seperti ini biasanya berlangsung hanya sementara waktu saja serta tidak berbahaya. Namun, apabila sakit perut yang parah tiba-tiba dirasa serta pusatnya pada titik tertentu, maka ini merupakan sebuah pertanda yang serius atau darurat. Apabila hal ini terjadi maka anda diharuskan segera meminta

Continue Reading

Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Infeksi Bakteri E.Coli

Di dunia ini ada dua jenis bakteri, yakni bakteri baik dan bakteri jahat.

Dimana kedua bakteri tersebut dapat hidup di dalam tubuh manusia. Bakteri baik memiliki fungsi untuk mendukung kinerja tubuh manusia, seperti sistem pencernaan, dan untuk menambah kekebalan atau sistem imun. Sedangkan bakteri jahat memiliki tugas berbanding terbalik dengan bakteri baik, dimana bakteri jahat ini membuat tubuh manusia menjadi rentan terhadap penyakit tertentu. Salah satu bakteri yang terdapat pada tubuh manusia yaitu Escherichia coli.

Escherichia coli atau yang biasanya sering disebut dengan sebutan E. coli merupakan sejenis bakteri yang dapat ditemukan pada sistem pencernaan manusia atau dalam usus manusia yang sehat. Bakteri E. coli itu sendiri memiliki beberapa jenis, dimana kebanyakan bakteri ini tidak berbahaya. Namun, meskipun begitu ada beberapa jenis bakteri E. coli yang justru menyebabkan seseorang mengalami keracunan makanan serta infeksi yang cukup serius.

Beberapa galur atau jenis dari bakteri E. coli itu sendiri

Continue Reading

Cara Mengatasi Konstipasi Pada Ibu Hamil

Seperti yang sudah kita ketahui, sistem pencernaan merupakan satu kesatuan organ yang memiliki fungsi untuk mencerna makanan yang kita konsumsi.

Mengingat seperti itu, banyak sekali gangguan yang akan terjadi pada sistem pencernaan. Dimana gangguan pencernaan tersebut bisa dialami oleh siapa saja, termasuk bayi dan ibu hamil. Salah satu gangguan pencernaan yang dapat dialami oleh ibu hamil yaitu konstipasi.

Konstipasi atau lebih dikenal dengan sembelit merupakan gangguan pencernaan yang sangat umum dialami oleh wanita yang tengah mengandung. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang menjadi salah satu hormon kehamilan yang membuat otot usus menjadi lebih rileks sehingga gerakannya pun menjadi lebih lambat.

Sama dengan gangguan lainnya, konstipasi pada ibu hamil pun harus diwaspadai. Hal ini demi menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Gangguan konstipasi yang dialami oleh ibu hamil bahkan bisa menjadi parah jika ibu hamil itu sendiri memiliki kecenderungan susah untuk buang air besar, ketika mengalami

Continue Reading

Tanda-Tanda dan Cara Atasi Konstipasi/Sembelit Pada Bayi

Masalah atau gangguan susah buang air besar bisa dialami oleh siapa saja dari berbagai usia, termasuk bayi.

Ketika menghadapi masalah seperti ini, biasanya para orang tua terlebih lagi orang tua yang baru saja mempunyai anak akan langsung panik dan khawatir. Hal ini memanglah dianggap wajar, karena mengingat sedikitnya pengalaman atau informasi dalam mengurus dan menangani bayi. Namun, saat ini anda jangan merasa khawatir, karena dengan bekal informasi yang cukup anda akan tahu seperti apa tanda-tanda dan cara penanganan yang tepat dan efekti dalam mengatasi konstipasi yang terjadi pada bayi anda.

Konstipasi atau yang sering disebut dengan istilah sembelit merupakan suatu keadaan dimana tinja atau feses bayi menjadi keras, tidak seperti biasanya. Sehingga, bayi akan mengalami kesulitan ketika buang air besar bahkan bisa jadi sampai berhari-hari. Seorang bayi akan dikatakan konstipasi atau sembelit apabila ia tidak buang air besar selama 3 hari dengan diiringi rasa yang tidak nyaman serta gelisah.

Continue Reading

Gangguan Konstipasi, Penyebab, Gejala dan Cara Penanganan

Sistem pencernaan merupakan organ atau jalur sebagai peredaran proses mencerna makanan di dalam tubuh.

Sistem pencernaan memiliki tugas sebagai tempat penerima makanan, mencerna makanan dan memecahnya menjadi nutrisi agar bisa diserap yang selanjutnya akan disebarkan ke seluruh tubuh dengan perantara darah. Selain itu, sistem pencernaan juga bertugas dalam memisahkan atau membuang makanan tertentu yang tidak bisa dicerna.

Sistem pencernaan sangat rentan terhadap gangguan yang menyerang, yang mana gangguan-gangguan tersebut akan menghambat proses atau kinerja organ pencernaan itu sendiri. Seperti yang sudah diketahui, banyak sekali gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, selain diare dan maag, gangguan pencernaan yang biasanya sering dialami oleh banyak orang yaitu konstipasi.

Apa Itu Konstipasi?

Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit merupakan gangguan pencernaan yang mana feses atau tinja tertahan di dalam usus besar dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena adanya kesulitan ketika mengeluarkannya. Dimana kesulitan tersebut disebabkan karena tidak adanya

Continue Reading

Kenali Rotavirus Penyebab Diare Pada Anak-Anak

Diare merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan, dimana penyakit yang satu ini masih banyak dijumpai di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Siapa saja bisa menderita penyakit yang satu ini, baik itu orang dewasa atau pun anak kecil. Nah, salah satu penyebab diare pada anak yang paling besar yaitu diakibatkan oleh rotavirus. Rotavirus merupakan virus yang menginfeksi usus. Bahkan secara umum diare yang terjadi pada anak dan bayi di seluruh dunia disebabkan oleh virus yang satu ini. Anak berusia 5 tahun hampir sebagian besar pernah terinfeksi oleh virus yang satu ini. Dimana kondisi ini biasanya terjadi pada negara berkembang dengan kurang optimalnya tingkat nutrisi serta jumlah perawatan kesehatan.

Pada tahun 2006 vaksin ditemukan, sebelum ditemukannya vaksin rotavirus telah menyebabkan kematian anak pada tiap tahunnya dengan angka kematian setengah juta. Anda bisa mewaspadai penjangkitan virus yang satu ini pada bayi dan anak-anak berusia 4-24 bulan dengan pemberian vaksin sebagai salah satu

Continue Reading

Waspada Maag Dapat Terjadi Pada Anak-Anak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Sistem pencernaan merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Sama seperti organ lainnya, sistem pencernaan pun sangat rentan terserang penyakit atau gangguan. Banyak gangguan atau penyakit yang menyerang sistem pencernaan, dimana salah satu gangguan yang paling sering diderita yakni maag. Maag merupakan sebuah gangguan pencernaan yang menyerang salah satu organ pencernaan yakni lambung. Gangguan ini dapat mengakibatkan rasa mual dan sakit perut yang teramat sakit. 

Khususnya di negara kita sendiri, sakit maag sudah sering terjadi dan bisa diderita oleh siapa saja. Selain orang dewasa, ternyata balita atau anak-anak pun bisa mengalaminya.

Lantas bagaimana sakit maag dapat menyerang balita?

Sakit maag yang menyerang balita bisa timbul dan disebabkan oleh beberapa hal seperti misalkan infeksi bakteri H.pylori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, trauma karena efek samping obat, stress setelah menjalankan operasi, efek samping dari gangguan pencernaan lainnya seperti diare dan lain sebagainya.

Bakteri H.pylori atau

Continue Reading

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan suatu gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan, tepatnya pada bagian lambung dan usus besar.

Sakit maag merupakan suatu keadaan dimana lambung mengalami peradangan. Radang lambung akan terjadi dengan terus menerus yang akan menyebabkan dinding lambung menjadi terkikis. Sehinga akan terbentuk sebuah luka yang biasanya sering disebut dengan tukak lambung. Penderita yang mengalami sakit maag akan merasa kesakitan di bagian perut, bahkan sakit yang dirasakan seperti ditusuk-tusuk.

Di Indonesia sendiri, sakit maag merupakan kondisi yang sangat umum terjadi dan bisa diderita oleh siapa saja. Nah, kebanyakan para penderita penyakit maag hanya mengetahui bahwa mereka mengalami sakit maag. Namun, mereka tidak tahu secara spesifik tingkatan atau jenis maag yang mereka derita. Jenis-jenis penyakit maag sebenarnya sangat penting untuk diketahui agar penderita maag dapat memberikan tanggapan yang tepat sesuai dengan jenis maag yang mereka derita.
Secara garis besar sakit maag dibedakan menjadi 2 yakni:

1. Penyakit Maag Akut

Continue Reading

Tips Cegah Sakit Maag Pada Ibu Hamil Untuk Kehamilan Sehat

Bagi wanita yang tengah hamil muda, biasanya perubahan-perubahan akan terjada dalam dirinya termasuk perubahan pola makan.

Pada saat itu kemungkinan besar selera makan akan menjadi menurun, bahkan disertai dengan mual dan muntah yang mana disebabkan karena adanya pengaruh dari hormon. Kondisi seperti ini dapat membuat ibu hamil yang awalnya tidak memiliki riwayat sakit maag bisa terkena sakit, bahkan ibu hamil yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit maag keadaan atau kondisi sakitnya akan menjadi semakin parah.

Pada ibu hamil, sakit maag akan muncul disebabkan karena pengaruh hormon-hormon yang terjadi ketika masa kehamilan seperti adanya hormon estrogen, yang mana hormon tersebut mampu membentuk lapisan dinding pada rahim sehingga dengan begitu akan memberikan dampak mual pada wanita yang tengah mengandung. Sedangkan untuk hormon pregesteron akan mengakibatkan terjadinya relaksasi sistem pencernaan, sehingga pengosongan lambung dan kerja usus akan menjadi lambat.

Dalam masa kehamilan terlebih lagi ketika kandungannya masih muda, ibu hamil akan menjadi

Continue Reading

Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag

Penyakit pencernaan merupakan gangguan yang bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia dan jenis kelamin.

Seseorang sangat rentan terserang oleh gangguan pencernaan, mengingat sistem pencernaan merupakan jalan atau tempat masuknya dan makanan diproses.

Ada banyak sekali gangguan pada sistem pencernaan, dimana gangguan atau penyakit yang sering terdengar dialami oleh banyak orang yaitu penyakit maag. 

Penyakit maag atau yang lebih sering dikenal dengan dispepsia merupakan salah satu gangguan pada lambung yang mana dinding lambung bagian dalam mengalami peradangan. Radang lambung yang terjadi secara terus menerus akan membuat lapisan dinding lambung bagian dalam itu sendiri menjadi terkikis, sehingga dengan begitu terbentuklah luka yang disebut dengan tukak lambung. Biasanya karena penyakit maag ini seseorang akan mengalami rasa perih ketika makan, selain mengganggu makan rasa yang timbul ini juga akan sangat menyakitkan dan membuat tidak nyaman.

Apa penyebab maag?

Pada umumnya, penyebab sakit maag ada dua, yakni disebabkan oleh

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us