data-ad-format="auto"

Parenting

Manfaat Sarapan Pagi Untuk si Buah Hati

Terkadang memang cukup sulit untuk anak-anak dipagi hari untuk menyantap sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah. Hal ini disebabkan karena mood anak yang belum bergairah dan suasana pagi yang kurang kondusif sering membuat anak kerap kali melewatkan sarapan pagi yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Lantas apakah penting sarapan pagi bagi anak-anak sebelum berangkat ke sekolah? jawabannya amat penting. (Baca : Menjaga Gaya Hidup Sehat Untuk Anak)

Menurut hasil dari sebuah studi mengungkapkan sarapan yang bergizi amat bermanfaat untuk anak. Terutama untuk anak yang selalu melewatkan sarapan paginya sebelum berangkat ke sekolah dapat berpengaruh terhadap fisik dan psikologisnya, yang pada akhirnya jika hal ini terjadi, akan berpengaruh pada proses dan hasil belajar anak-anak yang menjadi lebih menurun. Salah satu tanggung jawab utama orangtua adalah mendidik anak-anaknya hingga mereka berhasil.

Jadi dengan demikian, menyediakan anak-anak sarapan yang sehat sebelum mereka pergi berangkat sekolah tergolong sebagai tugas penting untuk menunjang keberhasilan pendidik

Continue Reading

Dampak Buruk Untuk Perkembangan Anak Ketika Anda Menjewernya

Ketika anak melakukan kesalahan atau sulit diatur, kebanyakan orangtua akan memberikan hukuman dengan menjewer anaknya. Namun tahukah anda, kebiasaan menjewer anak dipercaya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena ada beberapa mitos bahkan masalah kesehatan yang dapat terjadi saat anda sering menjewer anak anda.

Berikut ini beberapa hal buruk yang akan berdampak pada perkembangan anak ketika anda sering menjewernya ketika ia melakukan kesalahan

1. Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Anak

Memukul dan menjewer anak dapat merusak kesehatan mental anak secara negatif karena secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan mental anak anda. Meskipun secara umum, menjewer anak tidak meninggalkan bekas luka pada telinga anak, namun nyatanya, hal ini dapat merusak beberapa jaringan syaraf anak, meski tidak secara langsung. Untuk itu, sebaiknya hindari perilaku menjewer anak ketika mereka berbuat kesalahan, sebaliknya nasihati anak jika apa yang dilakukannya itu bukanlah perbuatan terpuji.

2. Membuat Anak Takut Pada Anda

Alih-alih mendengarkan dan

Continue Reading

Tips Tepat Memilih Tema Pesta Ulang Tahun Untuk Anak

Memperingati hari kelahiran atau yang lebih dikenal dengan ulang tahun adalah moment yang kental dengan keceriaan dan suka cita. sebagai orang tua anda pasti ingin selalu memberikan hal terbaik untuk anak anda. Termasuk menghadirkan suasana yang berbeda dan selalu berkesan disetiap moment ulang tahunnya, meskipun si kecil belum terlalu memahami makna dari ulang tahun itu sendiri.

Merayakan moment ulang tahun bisa dilakukan dengan pergi berlibur, berkunjung ke rumah nenek atau bahkan merayakannya dengan sebuah pesta ulang tahun. Nah, untuk anda yang berencana memilih merayakan pesta ulang tahun untuk si kecil, anda harus memastikan bahwa pestanya nanti akan berkesan untuk si kecil, sehingga moment tersebut akan selalu ia ingat hingga ia beranjak besar nanti.

Salah satu cara memastikan pesta ulang tahun berkesan untuk si kecil adalah dengan mempersiapkan dan menentukan tema apa yang tepat untuk pesta ulang tahun si kecil. Lantas mengapa harus ada tema? karena dengan tema yang sudah dipersiapkan

Continue Reading

Ini Sebabnya Mengapa Tangan Anak Sering Berkeringat

Rangkaian perawatan kesehatan anak dapat dimulai dari hal kecil yakni dengan sering memperhatikan kondisi tubuh si anak. Masalah-masalah umum seperti malas berbicara, malas belajar, hiperaktif, sulit makan, susah buang ar besar, sering mengeluh sakit, malas-malasan, metabolisme tubuh yang terganggu, sulit berkonsentrasi, autis hingga masalah yang sering dihadapi adalah tangan anak yang sering berkeringat.

Tangan anak yang sering mengeluarjkan keringat yang berlebihan membuat aktivitas dan kegiatan mereka menjadi terganggu, patut mendapatan perhatian lebih dari para orang tuanya. Biasanya keluarnya keringat dari dalam tubuh yang berlebihan bukan merupakan pertanda adanya keluhan kesehatan pada anak, hanya mungkin ini adalah sebagai tanda atau gejala awal suatu penyakit.

Di Indonesia sendiri jia kita menemukan dan merasakan sendiri keluhan keringat berlebihan pada tangan maka yang paling sering disebutkan adalah penyakit jantung dan stres. Lantas benarkah demikian? penyebab tangan berkeringat sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu sebelum memulai untuk mencari solusi pengobatan terhadap masalah ini.

Berikut adalah

Continue Reading

Tips Mengajarkan Anak Disiplin Untuk Single Parents

Anak-anak dan perilaku disiplin, merupakan dua kombinasi hal yang amat sangat sulit untuk diterapkan, mengingat anak-anak lebih memilih untuk bermain secara bebas tanpa terikat dengan aturan. Dalam kondisi seperti ini, anda dituntut bekerja keras untuk mengajarkan kedisiplinan pada anak-anak. Hal ini akan menjadi masalah yang lebih rumit terlebih jika anda adalah orang tua tunggal atau single parents. Dalam kasus seperti ini, anda memiliki tugas ganda, yakni sebagai ibu dan sekaligus sebagai seorang ayah untuk anak-anak anda.

Tanggung jawab akan menjadi sangat besar anda hadapi, karena anda menjadi satu-satunya contoh untuk anak-anak anda. Mulai dari membantu mereka membuat keputusan yang tepat, menghadapi emosi anak yang kadang naik turun, menata perilaku anak sampai dengan mengajarkan kedisiplinan dalam menjalani kesehariannya.

Mendidik anak disiplin amatlah penting untuk dilakukan oleh para orangtua. Dengan mendidik anak kedisiplinan, itu berarti mempersiapkannya untuk terjun ke dunia luas yang cukup keras. Jika anak terbiasa dimanjakan dan sering berleha-leha,

Continue Reading

4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak

Memiliki seorang bayi sudah pasti menjadi hal yang menyenangkan dan membuat kita bahagia, hanya saja ada kalanya anda akan dibuat kerepotan saat harus dihadapkan pada masalah untuk menyingkirkan kebiasaan-kebiasaan mereka yang bisa mengganggu kesehatannya. Misalnya saja, kebisaan menghisap jempol.

Bayi dan balita mulai menghisap jari-jari mereka sebagai alat untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka. Beberapa bayi melakukan ini disaat gusi mereka dirasa gatal dikarenakan mulai tumbuhnya gigi baru, sehingga mereka memerlukan sesuatu yang sekurang-kurangnya dapat mengurangi rasa gatal yang mereka alami.

Sebagian besar orang tua mungkin beranggapan perilaku anak menghisap jempolnya sekedar tindakan untuk bermain-main saja dan tidak akan menjadi sebuah kebiasaan. Namun faktanya, perilaku menghisap jari pada anak dapat menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan terus-menerus.

Perilaku menghisap jempol merupakan perilaku refleks survival yang sudah dilakukan anak sejak usianya 15 minggu saat berada didalam rahim ibunya. Meskipun sebagian besar anak-anak akan berhenti menghisap jarinya diusia 2 hingga 3 tahun, namun nyatanya,

Continue Reading

Tips Pintar Mengatasi Anak yang Susah Diatur

Sewaktu bayi, sikecil adalah terlihat begitu menggemaskan, menginjak usia batita dikisaran usia 2-3 tahun mereka tumbuh menjadi pribadi yang begitu mengagumkan, memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar yang mana perilakunya ini tak jarang membuat ayah dan bundanya tertawa gemas. Seiring bertambahnya usia, sikecil menjadi pribadi unik yang memiliki harapan dan keinginan tersendiri dan bahkan keinginannya ini bisa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh ayah dan bunda.

Pada beberapa kasus, ayah dan bunda menemukan anaknya yang periang dan penurut tiba-tiba berubah menjadi pribadi yang mudah meledak, sentimentil, pembangkang, hiperaktif, agresif cengeng dan beberapa sifat yang kurang disenangi lainnya. Disinilah peran dan kesabaran ayah dan bunda sebagai orang tua tengah diuji.

Namun tak perlu cemas, kita perlu memahami bahwa sifat-sifat diatas adalah hal yang normal terjadi pada anak-anak. Sebagaimana orang dewasa yang tidak selalu sempurna, sikecil juga terkadang bisa berperilaku tidak menyenangkan dan dianggap menjengkelkan. Namun hal yang terpenting

Continue Reading

Ketahui Tips Penting Menyalurkan Kemarahan Anak

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anakpun mengalami kemarahan dan emosi. Bahkan hal ini sudah terjadi sewaktu anak-anak masih bayi. Tentu saja pada saat itu, kemarahan bayi ditunjukan dalam bentuk menangis atau rewel. Sedangkan pada usia batita, ekspresi kemarahan ini umumnya diungkapakan dengan gerak atau perilaku seperti menedang, membanting, memukul dan lain sebagainya. Menginjak usia sekolah, ungkapan emosi kemarahan anak selain dicetuskan dalam bentuk perilaku yang buruk juga disertai dengan nada-nada yang tinggi.

Dan pada usia sekolahlah stereotip gender mulai mempengaruhi ekspresi emosi anak. Ketika anak berada di lingkungan sekolah, misalkan anak laki-laki dituntut untuk tidak menangis atau menunjukan rasa takut. Sementara anak perempuan akan diprotes jika melakukan hal-hal brutal ketika amarahnya muncul. Emosi atau amarah yang muncul pada anak biasanya dipicu karena anak merasa kalah atau digagalkan, banyak anak yang bereaksi amat keras dengan membanting atau merusak benda yang ada disekitarnya.

Hal ini terjadi karena mereka belum bisa mengatasi

Continue Reading

Tips Penting Agar Anak Kembali Bersemangat Sekolah Setelah Libur Panjang

Post Holiday Syndrome atau sindrom pasca liburan ternyata tidak hanya diderita oleh orang dewasa, namun hal ini juga bisa terjadi pada si kecil. Gejala utama dari sindrom ini, yakni anak enggan kembali ke sekolah setelah libur panjang yang menyenangkan. Lantas apa yang harus dilakukan para orangtua agar anak tetap bersemangat untuk pergi kesekolah?

Liburan memang menyenangkan, apalagi jika liburan yang didapat adalah libur panjang yang begitu mengesankan. Namun bila liburan telah usai, semuanya mau tidak mau harus kembali ke aktivitas dan rutinitas sebegaimana biasa dijalani. Terutama anak-anak, mereka harus kembali ke sekolah dan menjalani rutinitasnya seperti biasa. Akan tetapi, bagaimana bila sikecil masih bermalas-malasan pergi kesekolah? sulit bangun pagi dan sarapanpun sangat lambat. Maunya bangun siang, duduk didepan televisi sambil menyaksikan acara kartun kesukaannya. Dan di sekolahpun nampaknya ia menjadi kurang antusias mengikuti pelajaran.

Berikut tips yang bisa anda lakukan agar anak-anak kembali bersemangat pergi ke sekolah setelah libur

Continue Reading

Tips Menghentikan Kebiasaan Menonton Televisi Pada Anak

Anak-anak akan mudah tertarik pada hal-hal yang mereka anggap menakjubkan, salah satunya adalah televisi. Seorang anak dapat dikatakan menggalami kecanduaan televisi saat mereka bersedia mengorbankan hal-hal yang disukainya dulu dan mengalihkan perhatian sepenuhnya terhadap televisi.

Sekarang ini, setiap orang tua yang menghabiskan hidupnya di perkotaan banyak mengalami masalah serupa, yakni adalah bagaimana menghentikan kecanduan anak-anak mereka dari menonton televisi secara terus-menerus. Waktu belajar, waktu makan atau melakukan aktivitas lain, anak-anak sering menggunakan banyak waktunya didepan televisi. Televisi bak candu yang dapat menambah pengetahuan dan juga dapat mengakibatkan rusaknya rutinitas serta tingkah laku seorang anak.

Televisis sudah seperti pusat dari kehidupan anak-anak, hal ini dikarenakan televisi kerap bertindak sebagai guru, tutor, babysitter, serta penghibur yang berhimpun jadi satu. Segalanya bergantung pada televisi. Efek negatifnya, terkadang anak mengukiti apa yang dilihatnya ditelevisi seperti sinetron, adegan kriminal, kekerasan dan kata-kata yang tidak sebaiknya diucapkan oleh anak seusianya. Untuk itu, menghentikan anak-anak dari

Continue Reading

Tips Pintar Membantu Meningkatkan Konsentrasi Anak Saat Belajar

Ayah dan bunda mungkin memiliki seorang anak yang duduk di bangku sekolah. Anak yang duduk dibangku sekolah tentu memiliki beberapa tugas yang hampir setiap hari harus mereka lakukan, yakni kewajibannya belajar. Hanya saja, sebagian ayah dan bunda mengeluh karena menghadapi anak yang kesulitan berkonsentrasi saat belajar. Orangtua kerap melihat anaknya kehilangan minat belajar bahkan sering memunculkan ekspresi wajah melamun, padahal mereka sedang belajar.

Rendahnya perhatian terhadap studi akademik menyebabkan prestasi anak menurun. Ironisnya lagi, banyak ditemukan pada beberapa kasus anak yang tadinya memiliki catatan prestasi baik, tiba-tiba kehilangangan minatnya dalam belajar. Harapan orang tua yang menginginkan prestasi anaknya meningkat, justru yang terjadi sebaliknya. Setelah ditelusuri, ternyata daya konsentrasilah yang memicu permasalahan minat belajar anak menjadi menurun.

Masalah konsentrasi pada anak dapat diindikasikan bila perhatian mereka mudah pecah dan teralih. Anak mengalami kesulitan untuk fokus dalam menyimak satu hal. Hal inilah yang membuat anak kerap kali kesulitan menyelesaikan satu masalah

Continue Reading

Tips Agar Sikecil Gemar Membaca

Buku adalah jendela dunia. Nampaknya ini adalah pepatah yang tepat, bagaimana tidak, sebuah buku dapat memberikan beraneka ragam infomasi dan pengetahuan yang kita butuhkan, dengan membaca wawasan seseorang akan bertambah luas dan membuatnya menjadi serba tahu. Membaca merupakan kegiatan yang amat mudah karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Hanya saja menumbuhkan minat baca pada anak-anak bukanlah hal yang mudah. Anak-anak cenderung memilih kegiatan yang lebih menyenangkan dan menggembirakan dibandingkan dengan membaca. Diperlukan trik-trik  khusus agar anak tertarik untuk membaca. Hal inilah yang menjadi tantangan untuk para pendidik, baik guru maupun orang tua, agar mampu menciptakan berbagai kegatan yang berkaitan dengan membaca sebagai bagian dari stimulasi agar anak gemar membaca.

Kondisi yang menyenangkan juga akan sangat berpengaruh dalam menciptakan mood positif pada anak. Ketika hatinya gembira, materi pelajaran yang diterima sianak akan lebiih mudah diterimanya. Dan untuk menciptakan kondisi menyenangkan ini, maka kita perlu tahu hal apa saja yang disukai

Continue Reading

Hindarkan Penggunaan Benzocaine Pada Bayi Yang Baru Tumbuh Gigi

Usia pertumbuhan gigi pada bayi dimulai sejak bayi menginjak usia 6 bula atau lebih. Diusia ini, bayi akan sering menangis, demam, senang menggigiti banda atau tangan, yang mana ciri ini adalah hal yang menunjukan tumbuhnya gigi pada bayi. Saat keadaan seperti ini, biasanya orang tua kerap kali dibuat panik dan kebingungan menghadapinya dan tak jarang mereka akan memberikan beberapa obat atau produk untuk meredakan rasa sakit pada bayi, agar bayi dapat berhenti menangis, salah satunya adalah dengan memberikan obat-obatan yang mengandung benzocaine.

Namun, sebenarnya hal ini tidak diperlukan, karena produk benzocaine hanya akan berfungsi untuk meringankan rasa sakit sementara saat bayi tumbuh gigi. Benzocaine adalah anestesi lokal. Produk ini adalah bahan aktif dalam banyak obat tanpa menggunakan resep dokter yang diberikan pada bayi baik untuk mengurangi rasa sakit di mulut ataupun gusi pada berbagai kondisi. Biasanya produk benzocaine ini datang dalam bentuk, sprey (semprotan), cairan, bentuk gel, dan pelega

Continue Reading

Ajarkan Anak Menghormati Bulan Puasa Dengan Lakukan Cara Berikut

Bulan Ramadhan telah tiba! Dan tiba saatnya pula seluruh muslim didunia akan melaksanakan ibadah puasa. Dibulan suci Ramadhan ini, umat muslim senantiasa memperlakukan Ramadhan dengan hormat dengan mencoba memperbaiki diri dengan melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat selama bulan suci Ramadhan. Sementara itu, sebagian besar lainnya banyak juga yang menghabiskan waktu puasa mereka dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah-ibadah lain seperti rajin membaca Al-Qur'an dan meningkatkan amalan shaleh lainnya.

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang sudah baligh. Namun demikian, tidaklah mudah melakukan puasa untuk pertama kali, terutama bagi anak-anak. Untuk itu, agar sikecil dapat terbiasa dan menghormati bulan puasa, maka anda perlu mengajarkan mereka dan memperlihatkan betapa indahnya bulan puasa itu.

Orangtua harus dapat mengajarkan pada anaknya bagaimana membuat puasa dibulah Ramadhan menjadi sebuah pengalaman belajar yang menarik bagi anak-anak. Agar orangtua dapat mengajarkan anak-anak untuk menghormati bulan puasa dan memaknainya sebagai bulan dimana

Continue Reading

Penyebab Gigi Kuning Pada Anak

Bukan saja terjadi pada orang dewasa, gigi kuning juga banyak dijumpai pada Anak dan balita. Seperti halnya orang dewasa, anak dan balita yang memiliki gigi berwarna kuning akan merasa minder, karena diusia balita mereka sudah mulai senang memperhatikan penampilannya. Lantas bagaimana saat gigi anak berwana kuning, perlukah kita membawanya ke dokter? Sebelum membawanya kedokter, kita kenali terlebih dahulu apa sebabnya. Warna gigi amat bervariasi, sehingga perlu dilihat terlebih dahulu apakah kuningnya gigi termasuk kepada warna kuning yang normal atau tidak.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi anak menjadi kuning, seperti misalnya akibat konsumsi air minum yang berasal dari pompa air dengan kadar zat besi yang begitu tinggi atau penyebab lainnya bisa juga dipicu karena terdapat kandungan stain yang mengkontaminasi air yang kemudian diminum oleh anak, konsumsi vitamin yang mengandung zat besi serta cara menggosok gigi yang kurang tepat, akibatnya terjadi penumpukan plak dan sisa makanan. Jika hal ini

Continue Reading

Kewalahan Dengan Bayi yang Kerap Begadang? Berikut Tips Mengatasinya

Setiap orangtua tentunya menginginkan jika bayinya memiliki jadwal tidur yang normal dan teratur, karena tidur memberikan banyak manfaat bagi bayi, sebab ketika tidurlah proses tumbuh kembang bayi terpacu. Waktu lamanya tidur bayi dibedakan tergantung pada usianya. Bayi usia 0 hingga 1 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14 hingga 18 jam setiap harinya, dan setelah menginjak usia 1 bulan hingga 18 bulan waktu tidur bayi berkurang menjadi 12 hingga 14 jam per hari. Hal ini berbeda dengan jam tidur orangtuanya yang hanya mencapai 6 hingga 8 jam saja.

Beberapa orangtua kerap kali dibuat kerepotan akibat bayi yang selalu terjaga hingga larut malam. Hal ini dikarenakan para orang tua yang harus ikut terjaga setelah lelah beraktifitas seharian. Kondisi seperti ini bisa meningkatkan kadar stres pada orangtua akibat tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Selain itu, bayi yang kerap bergadag dikhawatirkan akan berdampak pada proses tumbuh kembangnya.

Faktor yang Mempengaruhi Bayi Kerap Begadang

Continue Reading

Hemangioma Pada Anak, Apakah Berbahaya?

Pernahkah anda melihat benjolan merah seperti tanda lahir pada anak-anak? apakah tanda bercak merah yang timbul tersebut hanya sebuah tanda lahir atau kelainan? lantas berbahayakah apabila dibiarkan? Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan anda, ada baiknya jika kita simak penjelasan mengenai hemangioma.

Apakah Hemangioma Itu?

Hemangioma merupakan salah satu kelainan pembentukan pembuluh darah yang dapat terjadi pada setiap jaringan dalam tubuh. Hemangioma ini bisa dimasukan pada kelompok tumor jinak namun tidak seperti kanker melainkan benjolan yang terbentuk dari pembuluh darah.

Meski digolongkan tumor jinak, hemangioma tidak selalu berbentuk benjolan seperti tumor pada umumnya. Selain itu, hemangioma juga bukanlah tanda lahir, karena pada tanda lahir biasanya akan tampak warna merah atau warna biru dengan bentuk datar tidak timbul benjolan. Sementara itu, benjolan malah terlihat pada pendrita hemangioma. Umumnya sebanyak 55% hemangioma  sudah timbul dan terlihat sejak lahir dan sisanya baru tampak setelah bayi berusia satu minggu.

Hemangioma ini tidak memiliki kecenderungan untuk

Continue Reading

Tips dan Trik Agar Bunda Tak Kerepotan Mengurus Buah Hati di Pagi Hari

Pagi hari merupakan awal dimulainya segala aktivitas. Bagi wanita yang telah memiliki buah hati dan suami, waktu pagi ini bisa menjadi waktu paling merepotkan apabila segala sesuatunya dilakukan seorang diri dan tidak mempersiapkan sebelumnya. Memiliki pasangan hidup dan diberikan kepercayaan untuk mejadi seorang bunda tentunya adalah sebuah kebahagian yang tak ternilai harganya, dengan hadirnya buah hati ditengah keluarga kecil yang baru saja anda bangun tentunya akan semakin menambah keceriaan dan kegembiraan yang melengkapi keluarga kecil bunda. Namun, tak bisa dipungkiri bagi bunda yang saat ini baru saja memiliki buah hati, menjadi seorang bunda sekaligus seorang isteri tentunya bukanlah perkara yang mudah.

Disatu sisi melayani suami dan mempersiapkan segala kebutuhannya sudah menjadi tanggung jawab anda, namun pada sisi lain menjaga dan merawat agar buah hati untuk tetap sehat dan terawat tentunya adalah prioritas yang harus senantiasa dikedepankan. Inilah mengapa terkadang pagi selalu menjadi waktu paling menyibukan untuk para wanita yang

Continue Reading

Jangan Lewatkan Jadwal Imunisasi Untuk Mendapatkan Manfaatnya

Ingatkah jadwal imunisasi anak anda? Imunisasi merupakan kegiatan rutin yang tidak boleh dilewati. Mengapa imunisasi sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak anda? Bagaimana jika terlewati, berbahayakah bagi kesehatan anak anda? Imunisasi merupakan upaya untuk mendapatkan kekebalan terhadap berbagai jenis penyakit dengan cara memasukan kuman atau bibit kuman yang dilemahkan ke dalam tubuh anak anda. Sehingga dengan memasukan kuman atau bibit penyakit maka dapat menghasilkan zat anti untuk dapat melakukan pertahanan tubuh.

Orang tua diharapkan dapat mengikuti program imunisasi untuk dapat melindunginya dari serangan penyakit yang berbahaya. Imunisasi di Indonesia dikenal pada tahun 1970 dengan target bayi dan anak-anak. Tujuan utama dalam pemberian imunisasi agar tidak rentan terkena penyakit sehingga pada masa dewasa dapat hidup sehat dan juga aktif. Dengan demikian penyakit berbahaya dapat ditepis dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Beberapa jenis penyakit infeksi yang berbahaya dapat dicegah dengan imunisasi diantaranya adalah sebagai berikut Penyakit Hepatitis A dan

Continue Reading

Cara Tepat Memilih dan Mengolah Bahan Makanan Untuk Anak

Peranan ibu selain memberikan pengasuhan dan pendidikan di dalam keluarga juga memberikan nutrisi melalui makanan dan mengolahan yang baik untuk anak. Sebagai ibu seringkali anda sangat berhati-hati dalam memberikan bahan makanan terlebih yang mengandung bahan kimia atau pengawet harus dikurangi. Semua bertujuan untuk memberikan penyajian yang terbaik bagi keluarga.

Bagi anda yang ingin menyeimbangkan bahan makanan untuk anak perhatikan beberapa faktor diantaranya adalah denga menyeimbangkan konsumsi dari jenis makanan. Seperti yang kita kenali bahwa makanan yang mengandung protein, jenis protein nabati ataupun hewani dapat membantu menambah energi di dalam tubuh anak anda. Meskipun demikian seimbangkan dengan sayuran dan buah sehingga dapat menyeimbangkan kebutuhan gizi.

Masyarakat kini telah peduli dengan kesehatan keluarga, terbukti dengan sadarnya pemilihan makanan yang berasal dari tubuh atau buah yang lebih organik. Pada dasarnya bahan makanan yang berasal dari tumbuhan organik tidak menggunakan bahan kimia yang berlebih. Cobalah untuk beralih ke bahan yang lebih organi karena

Continue Reading

Tips Agar Anak Menghabiskan Bekal Sekolah

Memberikan bekal terbaik untuk anak-anak usia sekolah merupakan salah satu kewajiban bagi orangtua. Disarankan untuk memberikan makanan bergizi setiap hari bagi anak anak sekolah dengan makanan atau cemilan yang mereka bawa. Dengan makanan yang bergizi maka akan terjadinya tumbuh kembang anak yang sehat dan terpenuhi nilai gizi harian anak anda. Membiasakan anak anak pada usia dini untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan dibuat dirumah. Lakukan di mulai usia bayi sehingga sudah terbiasa bebas bahan kimia dan juga pengawet.

Dengan demikian akan berlanjut hingga anak mulai masuk ke sekolah sehingga memberikan cemilan yang sehat setiap harinya. Sebagian besar anak-anak menolak membawa bekal dikarenan dirasa kurang menarik atau kurang enak. Ubahlah anggapan ketinggalan jaman ketika memberikan bekal kepada anak anda, berikan pengertian pada anak anda bahwa membawa makanan di rumah akan membantu anak anda dalam menjaga kesehatan, terutama dalam membantu memenuhi nilai gizi. Pengontrolan pola makan dan pengawasan secara langsung terhadap

Continue Reading

Tips Melatih Menggunakan Toilet Pada Anak-anak Usia Balita

Baru saja kemarin anda direpotkan mengganti popok bayi anda kini anda sudah mengajarkan anak anda untuk menggunakan toilet. Sebelum anda mengajarkan toilet training pada balita anda, pastikan bahwa si kecil sudah siap secara mental. Kesiapan balita anda dapat dilihat dari beberapa faktor, baik secara usia maupun kemampuan fisik dan kognitifnya. Melakukan toilet training pada anak anda harus dibarengi dengan pertimbangan dikarenakan apabila usia bayi anda terlalu kecil maka akan menimbulkan masalah sebut saja usia yang belum memadai untuk mengajarkan anak anda toilet training akan mengakibatkan kandung kemih yang belum kuat.

Dibawah usia 1 tahun anak anda belum dapat untuk mengontrol keinginan buang air begitu pula dengan gerakan ususnya yang belum mendukung. Sedangkan memasuki usia dua tahun dimana anak anda sudah mulai dapat mengontrol ketika akan buang air kecil dan buang air besar. Perlu anda ingat pula, bahwa mengajarkan toilet training terlalu terlambat, tidak baik pula pada anak anda. Sehingga

Continue Reading

Bagaimana Memberikan Pertolongan Luka Sayatan Pada Anak?

Memasuki usia balita kemampuan anak anda semakin berkembang. Rasa ingin tahu yang tinggi seringkali timbul dalam benak anak anda untuk mengetahui berbagai kegiatan sehingga mendorong melakukan aktivitas yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Meskipun pengawasan dalam kendali anda akan tetapi seringkali anak anda mengalami cedera. Berbagai macam cidera diantaranya adalah cidera akibat luka sayatan. Luka sayatan pada usia anak-anak dapat terjadi apabila anggota tubuhnya mendapat luka sayat dikarenakan benda tajam. Benda tajam inilah yang menyebabkan kulit menjadi terbuka bahkan apabila kurang mendapatkan pertolongan dapat menimbulkan infeksi. Sebagai orang tua ketika mendapati anaknya mengalami luka sayat terkadang serba salah dalam memberikan penanganan.

Berikut adalah beberapa gambaran yang dapat anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama ketika anak mendapatkan luka sayatan :

1.   Anda dapat mengurangi kecemasan anak anda dengan memberikan ketenangan. Hal yang harus anda ingat adalah dengan mengurangi ketegangan yang biasanya timbul pada setiap orang tua. Yakinkan pada diri anda bahwa luka

Continue Reading

Waspadai Migrain Dapat Terjadi Pada Anak-anak

Migrain adalah penyakit neurologis, dengan nyeri kepala dan gejala yang terkait, seperti mual, muntah, pusing, sensitivitas terhadap sentuhan, suara, cahaya, dan bau, sakit perut, bahkan hingga perubahan suasana hati. Sementara balita atau anak-anak umumnya memiliki serangan migrain lebih sedikit atau jeuh lebih pendek dibandingkan dengan penderita dewasa dan dapat berakibat serius sehingga mempengaruhi kualitas kehidupan anak. Orang tua harus segera berkonsultasi dengan dokter jika seorang balita sering mengalami sakit kepala atau gejala migrant lainnya.

Migrain dapat menjadi sangat umum pada anak-anak, migrain dapat terjadi sekitar 10% dari anak usia sekolah. Pada anak anak yang mengalami migraine setengahnya memiliki serangan pertama mereka sebelum usia 12 tahun. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia dibawah 12 tahun, bahkan pada usia balita berumur satu tahun. Pada anak laki-laki sebelum pubertas seringkali menderita migrain lebih sering dibandingkan dengan anak perempuan. Sedangkan pada usia dewasa, memasuki usia 17 tahun maka sebanyak 8 persen

Continue Reading

Kiat Melatih Anak Mandiri Sesuai Dengan Usia Anak

Kemandirian perlu anda-ajarkan sedini mungkin pada anak anda. Meskipun demikian banyak orang tua yang melewati cara mengajarkan anak mandiri dikarenakan beberapa alasan, salah satunya kesibukan orang tua dengan pekerjaan diluar rumah atau ketergantungan antara anak dan orang tua hingga sulit untuk anda melepaskannya. Perilaku anak dapat dibentuk dari pengaruh lingkungan, sedangkan lingkungan terbesar anak-anak adalah rumah. Salah satunya adalah ketika sebagian anak takut pada hal baru sedangkan sebagiannya lagi justru mencoba penuh dengan berani bahkan tidak jarang hingga yakin benar. Hal ini jelas merupakan salah satu gambaran tingkat kenyamanan  pada anak yang masing masing memiliki perbedaan.

Betulkah ini merupakan salah satu pengaruh dari latihan kemandiran anak? Bagaimana kiat melatih anak mandiri? Latihan kemandirian sudah dapat anda latih pada anak usia dini. Terutama apabila anak anda sudah memasuki usia 1 tahun. Perlu anda ketahui setiap usia anak anda memiliki pemahaman dan daya tangkap yang berbeda ketika melatih kemandirian sehingga anda

Continue Reading

Kenali Bahasa Tubuh Bayi

Bayi memiliki cara tersendiri untuk dapat memberitahu apa yang sedang dialami dan diinginkannya meskipun terkadang sebagai orang tua tidak mengerti isyarat yang diberikan oleh bayi anda. Faktor inilah yang membuat orang tua serba salah hingga menyebabkan baby blues pada ibu baru. Salah satu contoh yang seringkali terjadi yaitu ketika bayi anda menangis tanpa sebab bahkan hingga 10 menit tanpa berhenti. Padahal ketika di cek, kondisi bayi anda sehat dan tidak buang air besar ataupun buang air kecil. Lalu kenapa bayi anda menangis? Perlu anda ketahui bahwa dengan tangisan bayi dapat memberikan isyarat pada anda, baik ketidaknyamanan hingga ancaman yang sedang dialaminya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengenali bahasa tubuh bayi sehingga membuatnya dalam kondisi nyaman.

Setiap orang tua cepat maupun lambat akan memberita tahu kebutuhan bayi, baik dari suara tangisan, gerakan kaki, gerakan tangan dan gerakan tubuh lainnya. Bahasa tubuh bayi merupakan alat komunikasi bayi dengan orang

Continue Reading

Tips Menghadapi Anak Introvert Dan Membantu Mereka Keluar dari “Zonanya”

Kepribadian dan kehidupan psikologis setiap anak memang berbeda-beda. Sebagian anak mungkin tumbuh dengan kepercayaan diri dan keberanian yang tinggi, sementara sebagian lain mungkin lahir dengan kecenderungan pribadi yang introvert. Kepribadian introvert bukanlah sebuah penyakit, melainkan kondisi psikologis dimana seorang anak lebih pendiam dan cenderung menutup dan menarik diri dari lingkungannya.

Pada kebanyakan kasus yang dijumpai, biasanya anak introvert memiliki kesulitan dalam kehidupan bersosialisasi karena mereka tidak memiliki rasa keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi sebagaimana yang dimiliki oleh anak-anak ekstrovert. Selain itu, beberapa criteria seperti, anak yang biasanya menjawab pertanyaan secara singkat, enggan mengungkapkan isi hatinya, cenderung lebih pendiam dibandingkan dengan teman-temannya, dan lebih suka mengamati orang berbicara dibandingkan ketika mereka menjadi pusat perhatian. Anak dengan kreteria ini termasuk kedalam kategori anak introvert.

Sebagai orang tua, sudah seharusnya anda bisa mengenali dan memahami bagaiamana kepribadian anak. Setiap anak diciptakan berbeda dan mereka memiliki bakatnya masing-masing. Kendati demikian, anda sebagai

Continue Reading

5 Kegiatan Yang Baik Untuk Balita Hiperaktif

Saat anak menginjak usia balita, dimana mereka baru bisa berjalan dan berlarian kesana-kemari. Mereka akan cenderung tak bisa diam dan menjadi hiperaktif, seolah anak-anak ini memiliki banyak energi dan tak pernah merasakan lelah. Kondisi ini amat sangat normal terjadi pada balita karena mereka baru saja menemukan kebahagiaan karena dapat berjalan dan ingin menjelajahi segala sesuatu.

Saat bayi anda berubah menjadi seorang anak yang bisa berjalan dan berlarian di sekitar, sebagai orang tua, anda dituntut untuk bisa tetap menjaga dan membuatnya terlindungi tanpa menghilangkan keceriaannya dalam bereksplorasi. Saat anak anda memasuki fase ini, ketelitian dan kesigapan anda dalam mengawasi balita dituntut untuk lebih extra. Namun mengarahkan keaktifannya pada sebuah kegiatan yang bermanfaat tentu akan bermanfaat banyak untuk stimulasi otak dan membantu anak untuk mengubah energi mereka menjadi kegiatan yang lebih produktif dan positif.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang baik untuk balita yang hiperaktif :

1.    Berolahraga

Untuk anak-anak yang hiperaktif,

Continue Reading

Kenali Faktor Pemalu Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Anak sulit berinteraksi dengan orang lain dan ia hanya bersembunyi dibalik bokong anda setiap kali dikenalkan di depan public, bisa jadi ini adalah tanda anak pemalu. Malu atau menjadi pemalu diusia tertentu, bukanlah bagian dari perkembangan. Bila anak tumbuh menjadi pribadi yang pemalu, sifat tersebut lebih sebagai hasil dari proses belajar dari lingkungannya.

Di usia tertentu termasuk usia balita anak akan belajar berinteraksi dengan lingkungannya. Response yang dihasilkan oleh setiap anak juga berbeda-beda, ada anak yang mudah mencair dan akrab dengan situasi baru, ada juga anak yang membutuhkan waktu untuk mengamati lingkungan baru sebelum akhirnya ia bisa mencair dan akrab dengan lingkungan barunya.

Meski memang belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kalau anak pemalu mengalami kesulitan pelajaran atau gagal dalam pekerjaan. Namun menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah hal yang paling mendasar bagi kehidupan sosialnya dimasa yang akan datang. Selain itu, rasa percaya diri juga ikut andil dalam

Continue Reading

Tips Berpergian Dengan Buah Hati Menjelang Libur Tahun Baru

Libur telah tiba! menjelang liburan tahun baru nanti, banyak keluarga yang memutuskan untuk menghabiskan liburan tahun barunya di luar kota. Membawa serta merta anggota keluarga termasuk buah hati untuk berwisata memang hal yang menyenangkan bukan? Namun keperluan dan daya tahan tubuh buah hati anda yang masih sangat rentan dan sensitif dengan lingkungan baru, terkadang hal ini membuat anda khawatir.

Bukan suka cita yang didapat, malah penyakit yang menghancurkan liburan anda. Anda tentu tak ingin jika hal ini terjadi. Untuk itu, perencanaan dan konsep yang baik adalah pedoman paling penting diikuti untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak anda pikirkan sebelumnya terjadi. Untuk itulah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berpergian bersama buah hati anda.

Hal yang paling penting sebelum memutuskan membawa serta merta buah hati ke tempat wisata dengan perjalanan yang panjang adalah memastikan bahwa buah hati anda dalam keadaan sehat dan fit. Selain itu, pastikan vitamin dan obat-obatan yang

Continue Reading

Loading...

Follow us