data-ad-format="auto"

Parenting

Tips Hadapi Buah Hati yang Jago Mengancam

Ketika anak telah tumbuh semakin besar mereka akan mulai memiliki pemikiran sendiri dan keinginan. Hanya saja keinginan yang muncul pada anak umumnya memiliki hasrat yang besar untuk segera dikabulkan. Hal ini dipengaruhi karena diusia yang masih begitu belia, anak masih belum memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosinya. Hanya saja mirisnya, akibat lingkungan dan gaya hidup yang kurang terkontrol anak-anak telah mengenal banyak kebiasaan buruk salah satunya adalah perilaku mengancam. Hal ini akan mereka lakukan jika permintaannya tidak segera dikabulkan.

Continue Reading

Jadi Ibu Hebat, Inilah Dia Aturan yang Harus Diterapkan Pada Anak Laki-Laki

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa ibu adalah sahabat sejati untuk anak-anaknya, hanya ibulah yang selalu setia tetap bersama kita dalam kesedihan, kesusahan bahkan dalam keadaan terpahit sekalipun. Dalam kehidupan ini, sosok ibu atau figur seorang ibu memang memiliki peran yang begitu penting dalam perkembangan dan mental serta emosional seorang anak.

Continue Reading

Ide Kreatif Mengisi Waktu Liburan Dirumah Bersama Keluarga

Dengan semakin berkembangnya kehidupan, yang mengarahkan manusia ke dalam pemikiran untuk membaut semua hal menjadi lebih praktis. Saat ini dimasyarakat terbentuk sebuah pemikiran bahwa liburan yang menyenangkan selalu berarti dengan berpergian ke suatu tempat, biasanya ke luar kota. Dan ketika liburannya dihabiskan dirumah, mereka akan cenderung mengatakan bahwa liburan yang mereka jalani seperti ini adalah liburan yang biasa saja.

Continue Reading

Mengapa Balita Kidal?

Pertanyaan yang mendasar pada setiap orang tua adalah ketika perkembangan motorik anak mengalami perbedaan dibandingkan dengan anak seusinya. Salah satunya adalah ketika balita menggunakan tangan kiri lebih dominan. Mengapa anak anda mengalami kidal? Bagaimana solusi yang terbaik bagi anak yang menderita kidal?

Continue Reading

Bolehkah Anak Menggunakan Car Seat?

Bepergian dengan anak anda memang sangat menyenangkan, selain anda dapat melepas penat karena rutinitas mengurus bayi anda sehari-hari. Anda juga dapat mengenalkan dunia baru pada anak anda. Meskipun demikian perhatikan keselamatan dan kesehatan anda dan anak selama di perjalanan.

Continue Reading

Gangguan Motorik Halus Pada Anak

Perkembangan anak anda harus mendapatkan perhatian khusus. Memantau perkembangan dan memberikan stimulasi semenjak dini dapat mengetahui kelainan pada anak dan memberikan penanganan dini. Anak mengalami perkembangan pada usia yang berbeda-beda, sehingga anda tidak perlu cemas apabila anak seusinya sudah mampu merangkak akan tetapi anak anda belum dapat merangkak. Dalam perkembangan secara motorik, rentan waktu usia harus diperhatikan, misalnya pada anak yang sudah memasuki 10 bulan belum bisa menggengam benda dengan erat dan kesulitan dalam memfokuskan pegangan pada salah satu benda.

Continue Reading

Gangguan Motorik Kasar Pada Anak

Setiap anak memiliki perbedaan dalam perkembangan motorik. Perbedaan anak dalam perkembangan motorik salah satu yang paling menonjol adalah usia bayi. Usia bayi yang mengalami perkembangan motorik akan berbeda-beda, ini merupakan hal yang wajar. Perkembangan motorik yang berbeda-beda dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor stimulasi pada bayi. Ketika anda memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia bayi maka akan membuat perkembangan bayi optimal sesuai dengan usia bayi.

Continue Reading

Perilaku Orang Tua yang Berbahaya Terhadap Perkembangan Anak

Orang tua sejatinya adalah panutan dan tauladan untuk anaknya. Setiap perilaku kita sebagai orangtua nantinya secara tidak langsung akan ditiru dan dicontoh oleh si anak. Untuk itulah menjaga perlilaku dan tingkah laku adalah hal penting yang harus senantiasa di lakukan oleh para orangtua jika menginginkan anak mereka tumbuh dengan memiliki budi perkerti dan tatakrama yang baik. Terutama bagi anak kecil yang baru mengenal lingkungan dan belajar untuk mengenal kehidupan.

Continue Reading

Tips Menghentikan Anak Berbicara Kasar

Memasuki usia prasekolah anak anda kini semakin berkembang, memiliki kemampuan bersosialisasi dengan teman seusianya.Sehingga beberapa pengaruh dari lingkungan sangat mudah untuk masuk ke dalam diri anak anda. Menyerap informasi dari luar kemudian anak anda menirunya. Sayangnya, tidak semua yang didengar oleh anak anda merupakan bahasa yang baik. Kadang ada kata-kata kasar yang diucapkan oleh anak anda karena meniru teman, orang dewasa atau film lainnya.

Continue Reading

Tips Cerdas Memotivasi Anak Agar Mau Belajar

Motivasi merupakan hal yang begitu penting. Sebab bersama dengan motivasi, seseorang akan terpacu untuk meraih dan menggapai prestasi dalam hidupnya. Berbeda dengan orang dewasa yang dapat dengan mudah mengatasi kurangnya motivasi, anak-anak memiliki kesulitan yang cukup besar dalam mendapatkan inspirasi jika tidak ada dorongan atau motivasi dari orang tertentu yang dapt mereka percayai.

Continue Reading

Ketahui! Hal Paling Mendasar yang Menentukan Pembentukan Karakter Seorang Anak

Kita sebagai orang tua mungkin pernah melihat dan menyaksikan jika antara satu anak dengan anak lain memiliki sikap dan karakter yang berbeda-beda. Entah itu, ketika si anak sedang menghadapi sebuah masalah atau dalam bersikap terhadap orang-orang sekitarnya. Contohnya ketika di sekolah, ketika anda mengantar si buah hati pergi bersekolah, anda mungkin melihat perbedaan sikap dan karakter antara anak anda dengan anak-anak lainnya. Bahkan ada beberapa anak yang memberikan sikap yang berbeda pada beberapa orang, meskipun orang tersebut adalah orang yang dikenalnya, seperti teman sekelasnya atau gurunya.

Continue Reading

Tips Mengatasi Balita yang Sulit Terlalu Dekat Dengan Ibu

Kegiatan apapun harus dengan anda bahkan ketika anda pergi beranjak dari tempat bermain yang dianggap menarik sekalipun oleh anak anda seringkali membuat anak anda menangis. Anak anda menjadi rewel sering memegang tangan anda seakan anda akan pergi jauh. Itulah ciri anak yang sulit dipisahkan dari ibu.

Continue Reading

Tips Cerdas Ciptakan Quality Time Dalam Keluarga

Dalam sebuah keluarga bukan hanya ada peran ayah, ibu dan anak saja, namun juga sesungguhnya ada ikatan yang terjalin diantara mereka. Terjalinnya ikatan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab seorang ibu atau istri saja yang harus menjamin agar ikatan ini selalu berjalan dengan baik. Keharmonisan dan hubungan baik dalam keluarga dapat terjalin asalkan terjadi komunikasi yang baik antara ayah, ibu beserta anak.

Continue Reading

Kenali Tanda Anak Mengalami Masalah Motorik

Setiap orang tua seringkali mengalami kekhawatiran ketika menemukan ketidaksamaan perkembangan pada anak dan balita seusinya. Kekhawatiran orang tua memang wajar terjadi bahkan diperlukan untuk dapat mengidentifikasi kemungkinan masalah anak.

Continue Reading

Bantu Anak Mengurangi Rasa Pemalu Dengan 3 Cara Berikut

Anak pemalu memang wajar, namun apabila anak anda terus-terusan menjadi pribadi yang pemalu hal ini harus anda waspadai. Rasa malu itu sendiri memiliki arti yaitu, cara seseorang dalam mengungkapkan atau mengutarakan rasa tidak familiar atau rasa tidak biasanya dengan lingkungan yang baru. Anda sebagai orang tua tentunya akan merasa bingung dan khawatir ketika menghadapi perilaku anak yang cenderung pemalu karena anak-anak yang pemalu tentunya akan membatasi pengalaman mereka.

Continue Reading

Normalkah Anak Berjalan Jinjit?

Senangnya kini batita anda sudah mulai belajar berjalan. Beberapa perilaku ketika berjalan membuat anda khawatir, salah satu diantaranya adalah anak anda berjalan jinjit. Apakah setiap anak berjalan jinjit, mengapa anak bisa berjalan jinjit. Tidak akan berpengaruhkah pada cara berjalannya di kemudian hari?

Continue Reading

Tips Ajari Anak Menerima Kekalahan

Setiap orang tua pasti menginginkan anak untuk menjadi pemenang, meskipun demikian seringkali anda lupakan bahwa mengajarkan anak anda untuk menerima kekalahan adalah proses pembelajaran yang harus diterapkan semenjak dini. Dengan menerima kekalahan akan membentuk anak yang memiliki pribadi yang baik.

Continue Reading

Tips Liburan di Rumah Bersama Anak

Libur telah tiba, anak-anak pasti bergembira apabila anda merencanakan untuk dapat berlibur bersamanya. Liburan memang sangat identik dengan pantai, pegunungan atau wahana permainan anak. Padahal anda masih dalam rutinitas kantor yang tidak bisa berlibur bersama dengan anak anda.

Continue Reading

Yuk Kenali Cemilan Untuk Si Kecil

Memasuki usia balita aktivitasnya semakin meningkat. Anak anda sudah mulai beraktivitas di luar rumah mengenal lingkungan sekitar, bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya dan bermain dengan benda favoritnya. Tentu saja ini semua menguras energi sehingga anda harus menyediakan pasokan energi dengan makanan yang sehat.

Continue Reading

Manfaat Bermain Puzzle Untuk Anak

Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini ,sudah tidak aneh jika anak lebih sering membawa gadget untuk memainkan 'game' favoritnya. Padahal permainan yang sederhana tidak kalah seru untuk anak anda. Selain itu beberapa permainan akan membantu dalam perkembangan emosi anak anda.

Continue Reading

Solusi Bagi Si Kecil yang Suka Mengemut Makanan

Seringkali anda dibuat jengkel dengan kebiasaan anak anda mengemut makanan. Membuat makanannya menjadi lebih lama dan beberapa anak tidak menelan ketika sudah mengunyah. Perlakuan makan si kecil seperti ini memang tidak asing, meskipun umum dialami oleh anak kecil dalam proses makan. Mengemut makanan merupakan kebiasaan buruk yang harus dicari solusinya. Yuk, ajak anda untuk menghentikan kebiasaan mengemut makanan karena dengan membiarkan makanan terlalu lama di dalam mulut (lama menelan) akan menggangu kesehatan gigi.

Continue Reading

Mengenal Perkembangan Emosi Pada Balita

Balita dengan berbagai tingkah yang mengngemaskan dan seringkali membuat anda kebingungan dalam menghadapi perubahan perilakunya. Ya, pada masa balita selain memiliki tubuh-kembang yang pesat juga memiliki perkembangan emosi yang dapat dipengaruhi di dalam diri dan lingkungannya. Kali ini kami akan mengajak bunda untuk mengenal perkembangan emosi pada balita sehingga anak anda mampu menjadi anak yang memiliki kesiapan psikis yang baik.

Continue Reading

Mengelola Perilaku Anak yang Super Aktif

Anak anda termasuk kategori anak yang super aktif? Anak yang super aktif biasanya ditandai dengan perilakunya yang tidak bisa diam seringkali melompat-lompat, naik sofa kemudian melompat ke rak. Hal ini jelas membuat anda kewalahan. Anda tidak perlu khawatir, umumnya setiap anak yang berusia 2-3 tahun memiliki kebiasaan seperti ini akan tetapi apabila melebihi rentan waktu tersebut maka dapat dikarenakan pola asuh orang tua. Bagaimana cara mengelola perilaku anak yang super aktif?

Continue Reading

Bahayakah Apabila si Kecil Suka Tidur di Lantai?

Beberapa orang tua mencemasakan kebiasaan anak yang seringkali memilih untuk tidur di lantai dibandingkan tidur di kasur. Bahkan beberapa anak yang sudah terlelap tidur di kasur sekalipun memilih untuk pindah ke lantai dikarenakan suasana yang membuatnya gerah atau tidak nyaman ketika tidur.

Continue Reading

Cara Menumbuhkan Sifat Optimis Pada Anak Untuk Menghindari Depresi

Optimisme adalah perasaan dan semangat positif yang harus dimiliki oleh setiap anak agar dapat berhasil dalah kehidupannya. Jiwa optimis merupakan jiwa seorang juara yang senantiasa berani dalam menghadapi setiap tantangan dan rintangan untuk meraih tujuan hidup dan kesuksesan. Sifat optimis dalam diri seseorang sudah selayaknya ditanamkan sejak dini. Sebab hal ini akan terus melekat dalam diri anak sebagai modal utama yang penting yang amat ia perlukan di masa depannya nanti.

Continue Reading

Daftar Hal Negatif Orangtua yang Cenderung Akan Ditiru Anak

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa anak lahir bagaikan sebuah wadah yang kosong yang dapat diisi oleh apapun, sehingga anak akan terbentuk menjadi pribadi yang sesuai dengan isiannya. Setiap orang tua tentu mengharapkan bahwa anaknya kelak akan menjadi pribadi yang baik yang berguna bagi banyak orang. Jika memang menginginkan demikian, maka orang tua harus dapat mengisi 'wadah kosong' tersebut dengan isian yang baik. Hanya saja banyak orang tua yang tanpa mereka sadari bahwa mereka telah mengisi 'wadah kosong' tersebut dengan isian yang tidak baik.

Continue Reading

Tips Pintar Ajarkan Anak Gosok Gigi

Kebiasaan menggosok gigi adalah kebiasaan sehat yang perlu dilakukan anak untuk menjaga kebersihan mulut dan giginya. Apalagi jika usia anak semakin bertambah dan anak sudah mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan, seperti diantaranya makanan manis, jus, coklat, permen, snack dan lain sebagainya. Makanan manis yang dikonsumsi si kecil akan dapat merusak kesehatan gigi si kecil dan dapat menimbulkan masalah gigi berlubang, gigi keropos berwarna hitam hingga bau mulut yang tidak sedap. Untuk itulah, penting sekali untuk setiap orangtua agar mengajarkan gosok gigi secara teratur pada anak.

Continue Reading

Cara Sederhana Menstimulasi Anak Untuk Berbicara

Kemampuan perkembangan berbicara pada setiap anak tentunya berbeda. Ada sebagian besar anak yang mengalami perkembangan bicara cepat, namun ada juga sebagain lain yang mengalami perkembangan bicara yang lebih lambat dan membutuhkan stimulasi berulang-ulang agar anak mau berbicara. Sebagai orangtua tentu anda menginginkan hal yang terbaik untuk anak anda, termasuk dalam perkembangan bicaranya.

Continue Reading

Jenis Permainan Cerdas yang Bisa Dilakukan Bersama Balita

Dunia balita adalah masa dimana anak-anak berusai 2-5 tahun yang asik untuk bermain sambil belajar. Seiring dengan bertambahnya usia anak, maka rasa penasaran dan keingintahuannya akan semakin bertambah pula. Untuk itu, anak-anak akan mulai belajar mengenal dan mengeskplor lingkungan sekitarnya lewat bermain.

Continue Reading

Loading...

Follow us