data-ad-format="auto"

Makanan Bayi

Kategori artikel yang berisi informasi dan tips seputar makanan bayi guna membantu para ibu dalam mendapatkan informasi tentang bagaimana memilih dan membuat makanan bayi yang berkualitas.

Pilihan Makanan Bergizi Untuk Balita

Makanan merupakan unsur yang sangat penting untuk diperhatikan, makanan bayi sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak anda. Makanan yang bergizi yang anda berikan pada anak anda mampu mengoptimalkan kemampuan anak anda sesuai dengan usianya sedangkan untuk makanan yang tidak sehat hanya membuat kesehatan anak anda bermasalah.

Menjaga asupan makanan yang sehat dapat dimulai semenjak dari usia balita. Anda sebagai orang tua harus selektif dalam memilih bahan bahan makanan untuk makanan balita anda. Bahan makanan yang membuat sehat anak anda dapat dengan mudah anda dapatkan, sebut saja berbagai jenis sayuran dan jenis buah yang beranekaragam yang memiliki nilai gizi dan manfaat yang berbeda.

Makanan yang bergizi untuk anak anda harus memiliki unsur-unsur yang memenuhi kebutuhan gizi hariannya selain itu juga makanan tersebut harus seimbang. Berikut adalah makanan bergizi untuk anda terdiri dari karbohidrat sebagai sumber energi tubuh, apalagi dalam usia balita sangat aktif melakukan aktivitas sehingga kebutuhan

Continue Reading

Kacang Polong Sebagai Sumber Protein Potensial Untuk MPASI

Pemberian kacang-kacangan pada makanan pendamping asi seringkali ditangguhkan dikarenakan dikhawatirkan bayi anda akan mengalami alergi pada jenis kacang yang diberikan. Padahal bagi anda yang tidak memiliki riwayat kesehatan di garis keturunan yang menyatakan alergi kacang, sebaiknya anda mencoba memberikan kacang minimal pada usia 6 bulan. Tentu saja pemberiannya harus dalam tekstur yang lembut dan disesuaikan dengan pencernaan bayi anda, sehingga bisa di jadikan sebagai makanan bayi 6 bulan.

Keunggulan dari kacang kacangan selain memiliki rasa yang gurih dan dinikmati oleh bayi anda, ternyata menyimpan kandungan protein potensial yang bermanfaat untuk kesehatan bayi anda. Kandungan protein yang terkandung di dalam kacang kacangan kurang lebih 8-17%, kandungan zat besi rata rata 1-5 mg/100 gram dan yang terakhir adalah kalsium 14-102 mg/100 gram.

Disarankan makanan pendamping asi pada bayi anda menggunakan kacang polong yang merupakan jenis kacang yang memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk bayi. Kacang polong mengandung protein yang tinggi, kandungan

Continue Reading

Meningkatkan Nafsu Makan Bayi dengan Variasi Makanan Bergizi

Seringkali bayi memainkan makanan yang sedang dikunyahnya, bahkan beberapa bayi menolak pemberian makanan pendamping ASI dan lebih memilih ASI saja sebagai sumber untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Kondisi seperti ini seringkali ditangkap oleh orang tua sebagai hilangnya nafsu makan bayi terhadap makanan terutama menu MPASI. Salah satu cara yang aman adalah dengan memvariasikan makanan untuk bayi anda sehingga mengenal berbagai jenis rasa. Memasuki usia 6 bulan, bayi tidak saja membutuhkan asi dalam melengkapi kebutuhan nutrisinya melainkan makanan pendamping asi yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi sesuai dengan perkembangannya. Pemberian ASI pada bayi yang telah mendapatkan MPASI disesuaikan dengan keinginan bayi, hal ini dikarenakan kandungan gizi pada asi sudah dapat dibantu dengan adanya MPASI.

Peranan MPASI berpengaruh besar dalam perkembangan bayi terutama dalam memberikan energi dan zat gizi yang dibutuhkan bayi, kemudian juga membantu bayi beradaptasi dengan makanan yang mengandung kadar energi yang tinggi dan mengembangkan kemampuan makanan untuk mengunyah. Tantangan yang

Continue Reading

Tips Memilih Makanan untuk Balita yang Menderita Diare

Kondisi kesehatan bayi anda memang sangat diperhitungkan, perubahan kondisi dari keadaan biasanya sering kali membuat anda cemas. Begitu juga ketika bayi anda mengalami gangguan pencernaan yang berhubungan dengan buang air besar yang lebih sering atau dikenal dengan diare. Diare pada dasarnya bukan penyakit, melainkan salah satunya dikarenakan keracunan makanan. Bahkan beberapa bayi dapat mengalaminya secara berulang atau diare kronis yang akan mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi. Umumnya, anak yang mengalami diare sering kali disertai dengan muntah. Meskipun ini umum terjadi akan tetapi apabila dibiarkan akan menggangu kesehatan yang lebih kronis. Penting untuk membedakan antara muntah dan gumoh. Gumoh sering kali terjadi pada masa bayi yang disebabkan isi perut terlalu banyak menampung makanan sedangkan muntah adalah kelainan struktural yang ditandai dengan adanya dorongan kuat dari isi lambung. Bagi balita yang sedang menderita diare anda dapat memberikan pertolongan pertama berupa larutan oralit untuk mencegah dehidrasi pada balita, selain itu dikarenakan diare lebih banyak

Continue Reading

Kenali Tahapan Ideal Pemberian Makanan Bayi

Proses penting dalam perkembangan bayi adalah dengan membiasakan pola makan yang baik dan sehat. Dua faktor penting dalam memperkenalkan makanan pada bayi adalah usia bayi dan jenis makanan yang diberikan. Hal ini terkait dengan waktu dan jenis yang tepat untuk mengurangi resiko kehilangan zat gizi bayi. Pemberian makanan kepada bayi diberikan secara bertahap dengan variasi bahan, rasa dan juga tekstur. Tahapan ideal dalam pemberian makanan bayi adalah sebagai berikut :

1.    Bayi berusia 6 bulan

Pada awal pemberian makanan pendamping asi sebaiknya memberikan dalam porsi kecil, bahkan tekstur makanan pendamping asi dalam hari hari pertama harus lebih cair menyerupai ASI. Hal ini untuk membantu bayi dalam menyesuaikan diri dengan makanan barunya sehingga tidak merasa asing dengan makanan baru. Salah satu kondisi yang memungkinkan adalah bayi menolak pemberian makanan pada tahap awal pemberian makanan pendamping asi, berikan secara pelan-pelan jangan menunda bayi anda lapar atau juga masih kenyang. Hal ini

Continue Reading

Bolehkah Makanan Bersantan untuk Bayi?

Setelah usia bayi anda 6 bulan, pemberian makanan pendamping asi diberikan untuk memperkenalkan beberapa nutrisi yang terkandung di dalam bahan-bahan makanan, selain itu pemberian MPASI akan mengalami perubahan tekstur dari bubur saring menuju nasi sesuai dengan tahapan usia, hal ini penting untuk menyesuaikan pencernaan dengan usia bayi. Begitupula dengan memberikan beragam makanan bayi 6 bulan, meskipun sebaiknya anda selektif. Tidak saja selektif dalam memilih bahan makanan untuk bayi, anda juga harus memperhatikan tambahan (bumbu-bumbu) yang digunakan, pada awal pemberian MPASI tidak diperlukan tambahan gula dan garam dikarenakan terlalu banyak penyedap dalam MPASI akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi anda. Bagaimana dengan penambahan santan pada MPASI bayi? (Artikel lainnya: Makanan bayi)

Santan atau cairan putih kental yang dihasilkan dari kelapa mempunyai kandungan lemak yang dapat membuat makanan terasa gurih. Santan dapat dijadikan tambahan ketika memasak atau membuat kue. Meskipun rasa gurih secara alami dari kelapa akan tetapi pencernaan bayi masih belum

Continue Reading

5 Tips Mengenalkan Finger Food Untuk Bayi

Pada saat bayi berusia 9 bulan, kebanyakan bayi telah mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, gerakan yang tepat diperlukan untuk mengambil potongan-potongan makanan kecil dalam usahanya makan sendiri. Beberapa keterampilannya dalam memegang makanan akan berlangsung secara perlahan. Sebaiknya anda membiarkan usahanya sendiri agar terbiasa untuk memegang makanan tersebut.

Dalam menunjang keterampilan anak anda untuk makan sendiri, anda dapat memberikan finger food. Sebenarnya finger food tidak asing lagi, yaitu makanan bayi yang dapat dipegang oleh bayi secara mandiri sehingga mampu melatih kemampuan makan sendiri. Meskipun pada tahap awal, bayi anda akan mengalami kesulitan dalam menghabiskan porsi makannya. Sehingga anda dapat memakluminya sebagai proses belajar self regulation.

Dalam memberikan finger food pada bayi, anda dapat memilih beberapa jenis makanan yang kecil seukuran jari tangan sehingga memudahkan bayi anda dalam memakannya tanpa bantuan orang lain.Meskipun finger food tidak dapat menjadi penentu asupan gizi yagn baik akan tetapi fungsi utama dari finger food sendiri

Continue Reading

Pentingnya Mengatur Pola Makan sejak Bayi

Sebagai ibu mungkin anda akan merasa bangga ketika melihat si bayi tubuh dengan sehat. Berikan kebiasaan baik pada anak anda dengan memberikan pola makan sehatmakan sehat. Food Combining dapat membuat tubuh bayi anda bekerja dengan optimal. Kenapa demikian? Ada hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan pola makan pada anak. Salah satunya ialah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap, bahan pengawet, dan pewarna. Makanan bayi yang harus dikaji ulang dan harus dipertahankan adalah sebagai berikut :

1.    Pure buatan sendiri memang dianggap baik dari pada pure dalam kemasan. Pure yang dibuat oleh senidri lebih baik dari pure kemasan, selain menggunakan bahan-bahan yang alami, kebersihannya pun terjamin. Akan tetapi, memberikan pure kemasan pada anak juga tidak salah. Asal anda memastikan bahan yang terkandung dalam kemasan dan tidak terdapat bahan pengawet, penyedap rasa, tambahan gula dan garam. Selain itu cek selalu tanggal kadaluarsa pasa makanan.

2.    Kenalkan sayur terlebih dulu sebelum

Continue Reading

Daging Merah untuk Makanan Bayi

Selain memiliki cita rasa yang enak, daging juga mengandung banyak manfaat. Namun apakah daging ini bisa jika diberikan pada bayi? Daging dapat diberikan kepada bayi sejak ia telah diberikan makanan pendamping oleh sang ibu. Namun, walaupun begitu mengingat daging ini memiliki begitu banyak protein yang jika tidak diperhatikan dapat membebani ginjal. Maka berikan secara bertahap sesuai dengan usia bayi.

Daging ayam atau daging sapi? Daging ayam dan daging sapi ini sama-sama memiliki manfaat yang banyak. dalam pengolahan daging ini yang terpenting daging diolah sehalus mungkin agar zat besi dari daging tersebut mudah diserap oleh bayi. Pastikan dalam memasak, daging ini matang tapi tidak terlalu matang yang dapat merusak rasa asli dari daging tersebut. Selain ayam dan sapi, daging bebek serta daging kalkun dapat diberikan untuk bayi. Daging adalah salah satu media untuk bakteri berkembangbiak. Dengan demikian perkecil risiko kontaminasi oleh bakteri pada makanan lainnya, dengan melakukan:

  1. Menggunakan talenan dan

Continue Reading

Bolehkah Gula dan Garam untuk MPASI?

Menurut hasil dari penelitian yang telah dilakukakan, menunjukan bahwa tidak perlu menambahkan garam pada makanan bayi. Bolehkah jika bubur bayi ditambahkan garam? Sebaiknya jangan! Sebab, bayi masih sangat sensitif terhadap garam. Tekanan darah bayi dapat melonjak tinggi, pada saat bayi menerima garam yang bersal dari makanannya. Dampak yang dirasakan itu berlangsung lama. Di tahun yang pertama, sebaiknya anda tidak sama sekali memberikan garam pada makanan bayi. Sebenarnya pada ASI, kacang-kacangan, sayur dan daging itu telah mengandung kadar garam yang alami demi mencukupi semua kebutuhan pada bayi.

Haruskah bayi diberikan makanan yang hambar? Sebenarnya makanan bayi tidaklah terasa hambar, namun dikarenakan selera kita yang telah terbiasa merasakan asin maka bubur bayi terasa hambar. Sementara bayi itu sendiri, langit-langit pada mulutnya belum mengalami perkembangan yang sempurna sehingga dia tidak terlalu preferensi terhadap rasa asin. Jadi, makanan yang terasa hambar oleh kita, sebenarnya terasa enak bagi bayi itu sendiri. Dapatkah ginjal bayi memproses

Continue Reading

Mitos Tentang Makan Bayi

Beberapa ibu lebih memberikan makanan bayi yang instan dengan label gizi yang lengkap ketimbang membuatnya sendiri. Beberapa ibu merasa bahwa makanan pendamping ASI pendamping ASI yang telah dikemas lebih praktis dan disukai oleh bayi. Padahal sebelum anda memilih makanan untuk bayi sebaiknya anda memperhatiakan piramida makanan begitu pula bila anda akan memberikan MPASI MPASI yang instan. Merawat bayi memang tidak lepas dari mitos diantaranya adalah mitos tentang makan bayi yang beredar di masyarakat, bahkan beberapa masyarakat masih mempercayainya.

Berikut adalah beberapa mitos yang beredar di masyarakat mengenai makan bayi :

1.  Bayi dapat diberikan makanan meskipun belum berusia 6 bulan apabila bayi sudah nampak menginginkan makanan disekitarnya. Padahal berdasarkan penelitian para ahli sebelum usia 6 bulan pencernaan bayi belum siap sehingga dapat mengakibatkan resiko seperti sembelit ataupun alergi makanan.

2.  Bagi bayi yang telah senang memasukan jari tangan ke dalam mulutnya berarti telah siap mencerna makanan. Faktanya setiap bayi mengalami fase oral sehingga

Continue Reading

6 Tips Memperkenalkan Makanan Pada Bayi

Mengamati perkembangan bayi anda hingga kini beranjak memasuki fase baru dalam pertumbuhannya dimana bayi yang memasuki usia enam bulan dapat menerima makanan pendamping ASI. Pada usia enam bulan sistem pencernaannya telah sempurna sehingga mampu menerima asupan nutrisi selain dari ASI. Secara fisik bayi yang telah siap menerima makanan pendamping asi ditandai dengan kekuatan kepala yang sudah mulai stabil dalam posisi tegak kemuidan kemampuan menyimpan makanan di dalam mulut bayi yang kemudian ditelan dan biasanya sudah dapat duduk dengan bersandar, hal ini berhubungan dengan proses menelan yang baik dengan posisi yang tegak akan memudakan proses menelan pada bayi kemudian juga secara psikis bayi telah merasakan ketertarikan pada makanan tertentu dan tidak kenyang dengan asupan asi yang diberikan sehari. Meskipun bayi anda telah mendapatkan makanan bayi 6 bulan sebagai pendampinga asi akan tetapi beberapa hal harus anda lakukan diantaranya adalah dengan memberikan adaptasi pada saluran pencernaan bayi anda dalam menerima makanan yang

Continue Reading

Pentingnya Sayuran Untuk Dikonsumi Anak

Ikan yang kaya omega 3 dan juga makanan lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan terhadap sang anak, tetapi disamping itu kita selaku orang tua sudah seharusnya anak-anak kita membiasakan makananan sayuran, karena sayuran dapat membuat perkembangan anak menjadi sangat baik, meskipun terkadang sayuran sangat tidak disukai oleh anak anak karena rasa, bentuk dan warna. Membiasakan dan memperkenalkan sayuran sejak usia dini nantinya akan terbiasa sampai mereka menjadi tumbuh dewasa karena dengan mengkonsumsi sayuran terdapat  kandungan zat-zat yang sangat baik dan juga dapat menurunkan resiko penyakit berat seperti jantung dan kanker

Ada 5 alasan kenapa anak harus mengkonsumsi sayuran :

  1. Didalam sayuran terdapat kandungan vitamin dan juga mineral penting seperti vitamin A, C, E dan kalsium yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh
  2. Penyakit  yang  pada umumnya menyerang anak-anak biasanya adalah penyakit diabetes tipe 2, karena itu sayuran sangat lah penting serta buah-buahan dimana banyak kandungan ataupun zat yang

Continue Reading

Makanan Bayi: Tips Aman Membuat Sendiri Makanan Bayi

Anda dapat dengan aman dan mudah membuat makanan bayi anda sendiri dengan sedikit waktu dan usaha. Makanan bayi buatan sendiri merupakan pilihan alternatif yang paling sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan bayi yang sering diiklankan dan hasilnya adalah sebuah susunan makanan enak yang tidak dapat anda dapatkan ketika menggunakan kaleng-kaleng makanan yang diiklankan. Berbeda dengan yang orang kira sebelumnya, membuat makanan bayi sendiri ternyata sangat aman ketika anda mengikuti beberapa langkah-langkah yang mudah.

Salah satu yang dimiliki perusahaan makanan bayi dan yang tidak bisa anda miliki adalah peralatan untuk membuat makanan bayi tersebut steril dan bersih. Namun bukan berarti anda tidak bisa menjaga makanan bayi anda dari kuman atau kotoran-kotoran yang mungkin muncul pada makanan bayi yang anda buat sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal mudah dan cepat yang bisa anda lakukan untuk memastikan makanan bayi yang anda buat aman untuk dikonsumsi.

Persiapan – Anda, Tempat dan Alat-alat

Selalu pastikan

Continue Reading

Tips Mengatur dan Menyiapkan Makanan Sehat Bagi Bayi

Bayi memiliki perut yang masih kecil dan belum terlalu kuat. Setiap makanan yang masuk ke perutnya harus kita atur baik-baik. Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menyiapkan dan mengatur makanan bayi, antara lain usia si kecil, cara mengolah makanan, dan kandungan gizinya. Mari kita bahas satu persatu, dimulai dari usia bayi. Setiap tahapan usia bayi memiliki jenis makanan yang berbeda-beda. Pada usia 0-6 bulan, bayi hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan cair, yaitu ASI. Selanjutnya masuk usia 6-12 bulan, kita sudah boleh memberikan makanan lembut dan semi-padat seperti bubur dan pisang. Lepas usia satu tahun, kita sudah lebih leluasa memberikan variasi makanan kepada si bayi, misalnya potongan buah atau sayuran. Yang perlu diingat selalu perhatikan higienitas makanan tersebut.

Higienitas bisa didapat sejak Anda memilih bahan makanan si kecil. Akan lebih baik jika Anda memasak sendiri menu yang Anda sajikan

Continue Reading

Vitamin dan Nutrisi Tambahan Untuk Bayi

vitamin dan nutrisi bayi

Vitamin serta nutrisi tambahan bukan menjadi sesuatu dianggap penting bagi kesehatan ketika bayi mengkonsumsi air susu ibu, hal ini disebabkan segala nuturisi dan vitamin yang dibutuhkan bayi terkandung dalam air susu ibu. Sejumlah riset membuktikan bahwa tidaklah dibutuhkan vitamin dan nutrisi tambahan untuk bayi dalam kondisi  serta mengkonsumsi air susu ibu. Namun bisa diberikan jika berat badan  bayi anda berada di bawah level normal. Namun  sejumlah dokter ahli anak banyak memberi saran agar memberikan tambahan vitamin dan nutrisi untuk kesehatan dan daya tahan bayi.

Air susu  ibu adalah madu untuk bayi anda yang diperuntukkan selama 6  bulan pertamanaya. Riset memberikan hasil bahwa floruide, juice, vitamin dan nutrisi, zat besi, air serta konsumsi padat cuma memberi sedikit manfaat kesehatan untuk bayi dalam kondisi menyusu kepada ibunya ketika dalam usia 6 bulan pertama, bahkan dapat beresiko jika asal-asalan dalam memberi makanan bayi. Tambahan vitamin bagi bayi merupakan suatu hal yang perlu

Continue Reading

Tips Memperluas Cita Rasa Makanan Bayi

makanan bayi

Jika bayi telah terbiasa dengan makanan padat dan makanannya bertambah banyak, cobalah perkenalkan berbagai jenis makanan lain. Misalnya, makanan yang sedang musim atau yang keluarga anda biasa makan. Jika anda ragu mengenai berbagai jenis makanan yang akan diberikan, konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan. Cobalah untuk tidak melarang bayi anda makan makanan yang dimakan anggota keluarga lainnya. Indera perasa bayi sudah ada sejak awal kehidupannya. Sebagai orangtua, peran anda sangat penting untuk membantu bayi anda menikmati makanan sehat yang bergizi sebanyak mungkin.

MAKANAN UNTUK DICOBA

Selain bubur beras, bayi anda kini mau mencoba tepung jagung, tepung sagu atau padi-padian. Jangan beri oats atau gandum sampai usianya enam bulan. Bila tidak ada alergi dalam keluarga, cobalah perkenalkan ia dengan makanan hasil peternakan. Misalnya yoghurt tanpa pemanis, puding telur dan susu yang tidak manis (buat sendiri dari tepung puding dan susu sapi). Sedikit saus yang lezat (dari susu sapi dan tepung jagung

Continue Reading

Sudah Sehatkah Makanan Balita Saya?

makananan balita

Setelah memberikan makanan balita sehatmakanan balita sehat alami menurut panduan, saatnya mengamati hasilnya pada balita Anda. Benarkah makanan yang Anda berikan sudah sehat dan bergizi? Apakah porsinya sudah mencukupi? Nah, untuk memastikan balita Anda mendapatkan makanan bergizi dengan porsi yang cukup, mari amati indikator berikut ini.

Indikator BAB

Buang air besar (BAB) bisa menggambarkan kecukupan asupan serat dalam makanan balitamakanan balita Anda. Selalu sempatkan setiap hari mengamati rutinitas buang air besarnya dan amati pula kotorannya.

1. BAB minimum setiap pagi (bisa labih dari satu kali, tetapi tidak diare atau sakit perut).

2. BAB tanpa mengejan, kotoran keluar secara otomatis tanpa didorong.

3. BAB kotoran tenggelam, tidak mengambang.

4. BAB 2 menit, kotoran sudah keluar semua.

5. BAB merasa tuntas.

Jadi, jika balita Anda tidak tidak setiap hari buang air besar atau selalu mengejan setiap kali buang air besar, benahi lagi asupan makanannya. Sebagian besar orangtua merasa sudah memberikan cukup makanan berserat, tetapi ternyata

Continue Reading

Panduan Pemberian Makanan Padat Pada Bayi

makanan bayi

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, dengan manajemen laktasi yang baik, produk ASI cukup dinyatakan sebagai makanan tunggal untuk pertumbuhan bayi yang normal sampai usia enam bulan.Selain itu pemberian ASI exsklusif hingga enam bulan ini dapat melindungi bayi dari resiko terkena infeksi saluran pencernaan.

Saat usia bayi menginjak usia 6 bulan, tak terasa kini bayi harus diajarkan pula pengenalan dan pemberian makanan padat selain ASI. Dibutuhkan pengetahuan yang baik sebagai orang tua dalam memberikan makanan padat ini, dikarenan hal ini merupakan pengalaman pertama bagi bayi. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua pada saat pemberikan makanan bayi 6 bulan padat pada bayi:

Cari Saat Yang Tepat

Setelah enam bulan, pemberian ASI saja hanya sekitar 60-70% kebutuhan bayi. Dengan kata lain, selain ASI, bayi membutuhkan makanan pendamping ASI(MP-ASI). Selain itu bila MP-ASI tidak segera diberikan, masa krisis untuk mengenalkan makanan padat yang memerlukan keterampilan mengunyah (6-7 bulan) dikhawatirkan akan terlewati.

Continue Reading

Prinsip Memilih Makanan Bayi Yang Baik

memilih makanan bayi

Bayi memerlukan perhatian exstra karena dia belum mampu melakukan segala sesuatunya sendiri. Kita sebagai orangtua akan melakukan apapun demi bayi kita. Sebelum bayi kita lahir kita pasti sudah mempersiapkan segala sesuatu keperluan mulai dari pakaian bayi, selimut bayi, susu tambahan. Masing-masing aspek mempunyai dampak bagi kesehatan dan juga pertumbuhan bayi kita. Lingkungan sehat serta nutrisi tambahan serta kondisi lingkungan yang higienis membuat pertumbuhan bayi lebih optimal.

Makanan sangat menentukan pertumbuhan dan daya tahan tubuh bayi. Bayi tumbuh lebih cepat dari orang dewasa, dan dalam setiap pertumbuhan memerlukan nutrisi yang cukup. Pertumbuhan yang cepat memerlukan asupan nutrisi yang exstra dan makanan yang baik. Makanan harus sehat, segar dan kaya nutrisi sehingga dapat membentuk tubuh bayi menjadi sempurna. baca: Makanan bayi 6 bulan

Satu yang harus diingat bahwa apa yang baik untuk orang dewasa tidaklah selalu baik untuk bayi. Meskipuun tubuh bayi serupa dengan tubuh orang dewasa, tetapi sistem jasmani mereka belum

Continue Reading

Makanan bayi; Pengenalan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

Makanan bayi yang paling utama adalah ASI. Semua gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi telah terkandung di dalamnya, khususnya bagi bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Kandungan yang kaya akan nutrisi dan gizi ini tidak dapat tergantikan oleh susu forumula, meskipun harganya paling mahal sekalipun. Itulah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Pemberian ASI eklsusive diberikan kepada bayi hingga bayi mencapai usia 6 bulan, artinya selama 6 bulan bayi tidak perlu memerlukan tambahan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. (Baca juga: Nama-nama Bayi Perempuan dan Nama-nama bayi laki-laki)

Menginjak usia 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan pada makanan yang dinamakan makanan pendamping ASI atau disingkat MPASI. Inilah makanan bayi kedua yang menyertai pemberian  ASI. Mengenai menu makanan yang baik untuk dijadikan sebagai makanan pendamping, silahkan baca artikel kami: "Makanan Pendamping Pertama bayi"

Disini kami akan bahas mengenai cara pengenalan yang baik pemberian makanan pendamping ASI kepada bayi mengingat, organ

Continue Reading

Makanan Pendamping Pertama Bayi

ASI merupakan makanan bayi utama dan pertama bagi bayi anda. Kandungan yang kaya akan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan oleh bayibayi, semuanya berada dalam ASI. Sehingga jenis makanan apapun akan sulit menandingi kualitas daripada ASI. Jangka waktu pemberian ASI ekslusive yang baik bagi bayi anda adalah hingga mencapai usia 6 bulan. Artinya sampai usia 6 bulan tersebut bayi tidak memerlukan makanan lain, Karena segala kebutuhan yang diperlukan oleh bayi terdapat dalam ASI. Jadi, ASI adalah makanan bayi terbaik. (Baca juga: Nama-nama Bayi Perempuan dan Nama-nama bayi laki-laki)
 
Namun, adakalanya ASIASI yang diharapkan di nikmati oleh bayi sampai usia 6 bulan tidak terpenuhi. Kadangkala ASI hanya bisa dinikmati oleh bayi hingga usia 3 bulan atau bahkan kurang. Hal ini disebabkan oleh berbagai kendala, diantaranya ibunya sibuk bekerja atau kurang baiknya produksi ASI yang dihasilkan baik secara kualitas maupun kwantitas. Oleh karena itu, banyak bayi yang berusia kurang dari 6 bulan

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us