data-ad-format="auto"

Kesehatan Bayi

Kategori artikel yang berisi informasi seputar kesehatan bayi, seputar permasalahan kesehatan bayi berikut tips dan penanganannya. Berguna bagi orang tua guna mewujudkan buah hati yang senantiasa tumbuh dengan sehat

Mengapa Bayi Baru Lahir Mengalami Rambut Rontok?

Menjadi seorang ibu adalah dambaan bagi setiap wanita, menantikan kelahiran bayi mejadi moment yang paling mendebarkan sekaligus menyenangkan dalam kehidupan wanita. Ketika bayi anda lahir kedunia dan mendapati bahwa kepala mereka ditumbuhi dengan rambut yang hitam serta lebat.

Kemudian secara perlahan rambut-rambut halus itu mengalami penipisan akibat rontok. Masalah rambut rontok seperti bukan saja menjadi permasalahan bagi orang dewasa saja. Bayi baru lahirpun bisa mengalami hal serupa. Namun satu hal yang perlu diketahui, rambut rontok yang terjadi pada bayi umunya normal dan lumrah terjadi. Hanya saja sebagai ibu yang baru saja melahirkan bayi tercinta, anda mungkin panik, bila sibuah hati mengalami kerontokan rambut yang terus-menerus. Rambut rontok pada bayi memang normal terjadi, hal ini karena pertumbuhan rambut pada setiap bayi berbeda-beda. (Artikel bersangkutan: Bayi Baru Lahir )

Pada beberapa kasus yang dijumpai, pertumbuhan rambut bayi yang pertama biasanya sudah gugur sebelum pertumbuhan rambut berikutnya. Beberapa bayi lain bahkan

Continue Reading

Perlukah Minyak Ikan Untuk Balita?

Memiliki anak yang sehat,cerdas dan berkembang sesuai usianya adalah keinginan semua orang tua. Anak yang cerdas dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor lingkungan keluarga dan kemampuan otak anak anda. Dalam rangka mengoptimalkan kemampuan anak anda maka dilakukan berbagai rangsangan otak. Salah satu rangsangan yang dapat diberikan adalah dengan memberikan makanan yang mengandung omega 3.

Kandungan omega 3 yang terdapat dari bahan bahan makanan seperti ikan salmon kadang kali ditolak oleh balita anda. Balita lebih suka memilih milih makanan saja, bagaimana dengan balita yang tidak menyukai ikan, perlukah pemberian minyak ikan pada balita?
Rangsangan yang dapat membantu perkembangan otak anak anda dengan memberikan bahan makanan yang mengandung omega 3.Kandungan omega 3 memiliki manfaat dalam mengoptimalkan nutrisi ke otak. Selain itu omega 3 memiliki manfaat dalam memenuhi kebutuhan  dalam perkembangan otak  anak anda.

Dengan demikian sangat penting mencukupi kebutuhan omega 3 bagi anak anda dari bahan bahan makanan yang mengandung

Continue Reading

Kenali Gejala Lumpuh Otak (Celebral Pasty) Pada Bayi

Taukah anda perkembangan janin di dalam kandungan sangat rentan terlebih bagi anda yang mempunyai riwayat kesehatan yang membahayakan anda dan janin. Meskipun demikian bukan berarti anda tidak daat melakukan pencegahan, selama anda menjalani gaya hidup sehat anda dapat meminimalisir kemungkinan terburuk untuk perkembangan janin anda.

Perkembangan janin sangat menentukan bayi dimulai dari kelahiran hingga pertumbuhan. Salah satu kondisi kelainan pada bayi yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai Gejala Lumpuh otak atau ada yang menyebutnya Celebral Pasty. Celebral Paty merupakan kondisi bawaan lahir yang paling umum terjadi, penyakit ini dikenal dengan istilah gangguan kepekaan dalam merasakan sesuatu dan melakukan gerakan di luar kendali. Sedangkan menurut istilah celebral merupakan cerebrum atau otak dan palsy sendiri kekakuan sehingga penderita celebral pasty dapat mengalami gangguan syaraf yang permanen dan menggangu fungsi otak secara motorik kasar dan motorik halus bahkan dalam tingkat kondisi tertentu akan melumpuhkan kemampuan bicara atau lainnya.  

Meskipun

Continue Reading

Tips Memberikan Makanan Pada Bayi Dalam Keadaan Darurat

Menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja terlebih di Indonesia yang sangat rentan terhadap banjir, gempa bumi atau tsunami. Hal ini membuat banyak orang harus waspada, terlebih bagi ibu yang memiliki bayi. Pada dasarnya bayi dan balita masih sangat rentan terhadap perubahan kondisi lingkungannya.Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk memberikan pertolongan terutama makanan pada bayi dalam keadaan darurat?

Tidak ada satu orangpun yang menginginkan terjadi bencana namun anda harus siap dalam mengatasi kemungkinan terburuk yang terjadi apalagi bila anda sedang memiliki anak dalam usia batita. Pada usia batita perhatian terhadap kesehatan paling utama karena akan menunjang perkembangan dan pertumbuhannya. Perhatian utama dari kesehatan usia batita adalah makanan yang diberikan ketika dalam keadaan darurat.

Pertolongan yang diberikan pada saat kondisi darurat dibutuhkan kordinasi dengan semua pihak.Bantuan dari pihak sukarelawan, donatur dan juga perhatia pemerintah dalam mengetahui pemberian makanan bayi dalam keadaan darurat.

Berikut adalah beberapa tahapan

Continue Reading

Mengapa Bayi Sering Tidur Gelisah?

Memasuki usia bayi anda tiga bulan sering kali bayi melakukan push up kecil-kecilan seperti mengangkat kepala dan bahunya ketika bayi anda tengkurap. Bahkan sesekali bayi anda berguling-guling, pada dasarnya kemampuan fisik bayi semakin bertambah hingga mampu dan membuat anda memperketat pengawasan anda.

Pengawasan yang anda lakukan tidak saja ketika bayi anda terjaga akan tetapi anda harus melakukannya juga ketika bayi anda tertidur. Pada suatu kondisi tertentu bayi anda mungkin akan mengalami tidur gelisah yang ditandai dengan tidak nyaman dengan posisi tidurnya, bayi cenderung berguling guling, napas tidak teratur dan tubuh cenderung tegang.

Bayi yang mengalami tidur gelisah dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya dikarenakan mengalami perubahan fase tidur yaitu rapid eye movement (REM) bahkan tidur bayi gelisah seringkali terjadi pada usia bayi 6-7 bulan di dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa alasan bayi anda sering gelisah ketika sedang tidur :

1. Flu dan Batuk

Penyebab bayi anda tidur gelisah

Continue Reading

Bayi Berkeringat Berlebih, Normalkah?

Beberapa ibu baru seringkali mengkhawatirkan bayi yang mengalami keringat berlebih. Mereka mengkhawatirkan terjadinya kelainan pada bayi di usia yang masih muda. Benarkah munculnya keringat berlebih pada bayi merupakan kelainan atau tanda adanya masalah kesehatan pada bayi? Untuk menjawab kekhawatiran anda ,kami akan berbagai mengenai masalah keringat berlebih pada bayi.

Pada dasarnya produksi keringat pada tiap anak mengalami perbedaan. Hal ini tergantung dari produksi kelenjar keringat yang berada di dalam tubuh anak anda. Bahkan dalam kondisi tertentu produksinya akan mengalami kelebihan dari biasanya. Misalnya saja disebabkan karena mekanisme mendinginkan suhu tubuh anak anda yang terkadang berlebihan sehingga menyebabkan keringat yang lebih banyak dari biasanya, walaupun udara tidak terlalu panas.

Selain mekanisme tubuh bayi, pengaruh besar yang dapat menyebabkan bayi berkeringat berlebih adalah kondisi ruangan yang tidak nyaman atau udara yang panas. Pada usia bayi kemampuan bayi dalam mengatur suhu tubuh tidak dapat secepat pertumbuhan bayi anda. Oleh karena itu anda

Continue Reading

Mengapa Bayi Sering Muntah?

 Pernahkah anda mengalami dimana bayi mengalami muntah setelah diberikan ASI? Bahkan pada bayi yang sudah diberikan MPASI pada suapan terakhir bayi anda ketika mulutnya terbuka dan makanannya tersembur keluar. Tentu saja anda khawatir terlebih apabila kondisi ini terus berulang pada bayi.

Anda sebaiknya jangan panik terlebih dahulu dikarenakan pada usia bayi 3-6 bulan seringkali mengalami gumoh. Perbedaan yang harus anda ketahui bahwa gumoh terjadi pada bayi tanpa terdapat makanan biasanya hanya berupa air liur dan tidak banyak sedangkan muntah yaitu kondisi dimana makanan dan minuman keluar lebih banyak dan sedikit menyembur .

Mengapa gumoh atau muntah lebih seringkali dialami oleh bayi ketimbangkan usia anak-anak? Salah satunya dikarenakan bayi memiliki refluks gastroesofagus (GER) atau yang lebih dikenal dengan refluks. Pada usia 3 bulan hampir 70% mengalami muntah hingga 3 kali sehari bahkan pada beberapa bayi hingga mencapai 10-12 kali.Meskipun demikian ini masih dinyatakan dalam kategori yang normal dikarenakan otot pada

Continue Reading

Pentingkah Imunisasi Tambahan Pada Bayi?

Semua orang pasti setuju bahwa imunisasi merupakan jadwal penting yang tidak boleh terlewatkan oleh anak anda. Hal ini justru dilatar belakangi oleh beberapa kasus yang terjadi puluhan tahun dimana banyak sekali penyakit yang berbahaya yang menyerang anak-anak ataupun pada usia dewasa. Salah satu contoh penyakit yang berbahaya yaitu tetanus, polio, difteri dan cacar.

Dengan mengikuti imunisasi dapat mengurangi dan juga mencegah terjadinya wabah penyakit-penyakit yang berbahaya. Lantas bagaimana dengan imunisasi tambahan pada bayi, seberapa penting imunisasi tambahan untuk bayi ?

Pada dasarnya imunisasi wajib yang harus didapatkan oleh anak anda diantaranya adalah vaksin BCG, DPT, hepatitis B, Polio dan juga campak. Jenis imunisasi tersebut sangat diwajibkan sesuai dengan rekomendasi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dengan melakukan imunisasi yang dianjurkan akan mencegah berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan mengikuti jadwal rutin diantaranya adalah radang paru-paru, meningitis atau radang selaput otak, hepatitis, campak dan kanker mulut

Continue Reading

Kenali Bercak Merah Pada Bayi Saat Demam

Salah satu gangguan kesehatan yang seringkali timbul pada anak-anak yaitu demam. Demam dapat disertai dengan gejala lainnya , salah satunya timbulnya bercak merah pada seluruh badan anak anda. Beberapa orang beranggapan apabila terjadi demam yang disertai dengan bercak merah merupakan penyakit campak. Betulkah timbulnya bercak merah disertai dengan demam pada anak anda merupakan campak?

Tidak selamanya demam yang disertai dengan bercak merah merupakan penyakit campak pada anak anda. Meskipun beberapa tenaga medis seringkali menyimpulkan penyakit campak yang lebih dari satu kali terjadi pada bayi. Padahal seharusnya penyakit campak hanya terjadi satu kali seumur hidup karena memiliki mempunyai kekebalan alamiah.

Kenali lebih lanjut bercak merah pada bayi anda ketika saat demam. Ciri khas penyakit campak pada bayi yaitu demam yang tinggi disertai dengan bercak merah hingga 5-7 hari. Sedangkan beberapa penyakit yang menyerupai campak diantaranya sebagai berikut :

1. DBD

Salah satu tanda-tanda terjadinya penyakit DBD yaitu timbulnya bercak merah

Continue Reading

Lingkar Kepala Dapat Deteksi Kesehatan Bayi Anda?

 Beberapa menit setelah kelahiran bayi biasanya dilakukan pemeriksaan organ tubuh bayi. Pemeriksaan jumlah jari kaki dan jari tangan. Salah satu yang tidak terlewati adalah pemeriksaan bentuk kepala bayi yang baru lahir. Pada saat baru lahir bentuk kepala bayi dapat dipengaruhi oleh proses persalinan meskipun demikian anda tidak perlu cemas dikarenakan umumnya hanya bersifat sementara.

Pada umumnya ukuran lingkaran kepala bayi yang baru saja lahir yaitu 35 cm dan berbentuk lonjong. Perbedaan proses persalinan akan membedakan bentuk kepala bayi anda saat dilahirkan, pada bayi yang dilahirkan secara normal maka seringkali memiliki bentuk yang lebih lonjong dari bayi yang dilahirkan secara sesar.

Pada artikel kali ini, team bidanku akan mengingatkan pentingnya mengetahui bentuk kepala untuk mendeteksi kesehatan bayi anda. Seringkali aktivitas pemeriksaan pertumbuhan lingkar kepala dan kondisi ubun-ubun diabaikan oleh sebagain orang tua. Sebaiknya ketika anak anda mendapatkan pemeriksaan berat dan tinggi badan di posyandu ataupun sedang mendapatkan imunisasi lakukan pengukuran

Continue Reading

Bahayakah Lidah Putih Pada Bayi?

Semasa bayi anak anda seringkali mengalami perubahan pada tubuhnya. Perubahan yang terjadi seringkali membuat orang tua cemas, dikhawatirkan akan menyebabkan pertumbuhan abnormal. Begitu pula ketika anda mengamati perubahan warna pada bagian lidah bayi anda. Pernahkah anda bertanya tanya mengapa lidah bayi anda tampak berwarna putih pekat, bahayakah warna putih pada lidah bayi?

Dalam menjawab kekhawatiran anda ketika mengamati kondisi mulut bayi anda yang mengalami bercak putih atau oral thrust sebaiknya anda tahu terlebih dahulu penyebab terjadinya bercak putih pada lidah bayi anda. Pada rongga mulut bayi yang kering hingga menyebar menjadi lapisan berwarna putih tidak terlalu berbahaya akan tetapi apabila dibiarkan dapat mengganggu proses pemberian ASI. Salah satu penyebab terjadinya bercak putih yaitu infeksi yang ditimbulkan oleh jamur Candida Albicans.

Pada dasarnya infeksi pada lidah bayi iini dapat terjadi dikarenakan rongga mulut dan juga lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu penyebabnya dapat pula terjadi dikarenakan timbulnya peradangan

Continue Reading

5 Tips Atasi Flu Perut Pada Balita

Pada usia balita, anak anda rentan terkena gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang menyerang balita yaitu flu perut. Gangguan dari flu perut ini dapat bervariasi dimulai dari sakit perut yang bersifat ringan hingga diare yang disertai dengan muntah yang terus menerus.

Pada dasarnya flu perut merupakan gangguan yang akan sembuh dengan sendirinya atau bahkan dalam jangka waktu satu minggu. Flu perut tidak berbahaya akan tetapi bila dibiarkan akan menyebabkan masalah yang sangat serius. Masalah yang akan timbul pada flu perut apabila tidak segera ditangani yaitu dehidrasi yang artinya kekurangan cairan.

Flu perut dapat terjadi dikarenakan adanya infeksi virus dan bakteri. Virus yang menyebabkan flu perut yaitu rotavirus yang kebanyakan menjadi penyebab 90% kasus flu perut pada balita. Sedangkan bakteri penyebab flu perut seringkali mencemari makanan dan mengakibatkan balita keracunan. Contoh bakteri yang menyebabkan flu perut yaitu compylobacter, salmonella dan escherichia coli.

Kenali tanda tanda balita anda terkena flu

Continue Reading

Waspadai Diabetes Melitus Pada Bayi

Diabetes Melitus atau DM merupakan kelainan yang langka, bahkan hanya terjadi 1 diantara 400.000 kelahiran di dunia. Meskipun demikian resiko pada bayi yang lahir lebih dari bobot normal (lebih dari 4 kg) akan meningkat dua kali lipat. Skrining DM atau diabetes melitus terhadap bayi baru lahir memang tidak diharuskan terkecuali apabila bayi yang baru lahir memiliki kemungkinan besar mengalami diabetes salah satunya ditandai dengan berat badan yang terlalu besar pada hari pertama kelahiran. Bayi yang besar biasanya lahir dari ibu yang mengalami diabetes gestasional atau dikenal oleh masyarakat luas adalah diabetes yang terjadi pada saat masa kehamilan. Dengan demikian bayi yang lahir besar dikhawatirkan memiliki kebiasaan dengan kondisi tinggi kadar gula darah bayi.

Bagi calon ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan diabetes maka sebelum menjalani kehamilan harus terlebih dahulu memiliki pemeriksaan. Meskipun demikian bayi yang baru lahir dari ibu yang memiliki riwayat garis keturunan memiliki diabees melitus tidak selalu

Continue Reading

Cara Kenali Tanda-Tanda Mata Juling Pada Bayi

Kini anda sangat senang bermain dengan bayi mungil yang berkembang semakin pesat. Perubahan kecil yang dilakukan bayi anda sangat berarti. Terlebih bagi bayi anda yang sudah mengenal warna dan memiliki benda favoritnya. Meskipun kecemasan dirasa oleh orang tua ketika bola mata bayi anda tidak dapat bergerak secara sinkron sehingga membuat anda bertanya tanya betulkah ini merupakan tanda mata bayi juling?

Anda jangan dulu khawatir dikarenakan pada umumnya kordinasi gerakan pada kedua mata bayi yang baru lahir memang masih belum terbentuk. Faktor tersebut yang menyababkan terjadinya nystagmus dan Juling. Pengertian dari nystagmus sendiri terjadi karena gerakan ritmik tanpa adanya kontrol dari mata. Sedangkan juling merupakan gangguan yang terjadi pada kedua mata yang tidak simetris sehingga terlihat seperti satu mata melihat lurus sedangkan mata lain terlihat ke arah yang lain.

Pada bayi yang berusia dibawah 3 bulan seringkali penglihatannya belum optimal. Mata bayi berfungsi sebagai penglihatan optimal pada usia 3-6 bulan

Continue Reading

Cara Mendeteksi Penyakit Keturanan Sedini Mungkin Pada Bayi

Ketika bayi anda baru saja lahir sering kali diuji saring neonatus, salah satu pemeriksaan yang dilakukan pada bayi sehingga dapat mendeteksi penyakit genetik sedini mungkin. Hal ini berhubungan dengan penyakit keturunan ataupun penyakit bawaan yang serius sehingga dapat dilakukan pencegahan atau penanganan lebih awal. Uji saring neonatus dapat mengidentifikasi kelainan pada bayi. Meskipun pada dasarnya orang tua merasa ketika baru lahir bayi sehat.

Hal ini terkait dengan kebanyakan bayi dengan penyakit bawaan atau turunan akan terlihat normal saat dilahirkan. Dengan melakukan uji saring neonatus akan membantu dalam memberikan penanganan, pengobatan sedini mungkin sehingga bayi dapat memiliki tumbuh kembang yang sama dengan bayi normal lainnya. Meskipun demikian ada pula yang memiliki cara lain dalam mendeteksi penyakit keturunan pada bayi.

Berikut adalah beberapa cara yang sering dilakukan dalam mendeteksi penyakit bayi sedini mungkin :

1. Menelusuri Riwayat Kesehatan Keluarga

Cara paling sederhana yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendeteksi penyakit

Continue Reading

Tingkatkan Imunitas Bayi dengan Konsumsi Ikan

Konsumsi ikan sangat disarankan oleh ahli gizi karena mengandung nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Bahkan pemberian ikan tidak saja dikhususkan pada makanan pendamping ASI melainkan pemberiannya dapat dimulai sejak bayi di dalam kandungan hingga pertumbuhan dewasa. Kandungan yang sangat bermanfaat adalah omega 3 asam lemak yang terkandung di dalam ikan, salah satunya untuk meningkatkan imunitas bayi.

Imunitas bayi dapat diperoleh secara alami dari air susu ibu akan tetapi untuk memberikan imunitas tambahan pada bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan maka anda dapat memberikan beberapa nutrisi tambahan yang bermanfaat memberikan imunitas pada bayi. Dengan pemberian imunitas tambahan diharapkan dapat membantu bayi anda untuk menurunkan resiko terkena gangguan atau penurunan sistem imun yang mengakibatkan kondisi bayi menjadi buruk. Penurunan imun dapat disebabkan faktor lingkungan, cuaca yang tidak menentu, atau beberapa kondisi lain seperti infeksi virus.

Pentingnya dalam pemilihan variasi makanan tidak saja ditujukan untuk menambah nafsu makan pada bayi

Continue Reading

Waspadai Pneumonia yang Mengancam Kesehatan Balita

Data dari World Health Organization menunjukkan pada awal hingga pertengah tahun 2013 bahwa penyebab kematian anak setiap tahunnya yaitu sekitar 1,2 juta anak pertahun disebabkan oleh pneumonia, bahkan dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada 230 anak yang meninggal disebabkan oleh pneumonia. Sedangkan di Indonesia pneumonia pada bayi terjadi sekitar 2,2 persen sedangkan pada balita sekitar 3 persen. Angka kematian di Indonesia pada bayi yang menderita pneumonia sekitar 23,8 persen sedangkan 15,5 persen diderita oleh balita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya melebihi angka kematian yang disebabkan oleh AIDS, tuberkulosis dan juga malaria.

Pneumonia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan infeksi pada salah satu paru-paru anak. Infeksi dapat disebabkan karena adanya bakteri atau virus sehingga menimbulkan demam, batuk, nafas yang pendek, nyeri dada dan juga menggigil. Paling banyak penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi virus, salah satunya adanya adenoviruses, influenza virus, atau rhinovirus.

Continue Reading

Jangan Anggap Remeh Benjolan Di Belakang Telinga Bayi Anda

Tanpa sengaja anda menemukan kondisi benjolan-benjolan kecil seperti biji kacang hijau di belakang daun telinga berupa cairan kenyal. Betulkah kondisi ini akan membuat membesar dan membahayakan anak anda? Kondisi dimana adanya benjolan kecil di belakang daun telinga dapat disebabkan karena adanya pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berfungsi untuk memproduksi sel sel darah putih yang mempunyai fungsi untuk melawan mikroorganisme yang membahayakan tubuh. Pada dasarnya kelenjar ini terdapat pada ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan dan kiri. Kelenjar ini apabila dibiarkan akan mengalami pembesaran dan mengganggu kesehatan tubuh anak anda, bahkan dalam jangka panjang dalam menyebabkan kanker getah bening.

Pembengkakan yang terjadi di bagian belakang telinga anak anda atau dikenal dengan kelenjar getah bening termasuk dalam masalah yang ditimbulkan karena sistem kekebalan tubuh sehingga apabila terjadinya infeksi akan semakin membesar.Dalam keadaan normal kelenjar getah bening tidak akan teraba akan tetapi apabila kelenjar getah bening telah melampaui ukuran

Continue Reading

Betulkah Penyebab Bayi Ngorok adalah Alergi?

Aktivitas bayi pada minggu awal kelahirannya sering kali dihabiskan di tempat tidur. Tidur bayi merupakan salah satu istirahat dari kelelahan dan juga membantu dalam pertumbuhan bayi. Pada dasarnya aktivitas tidur bayi dapat dibedakan menjadi enam tahapan, tahapan ini akan berangsur angsur sesuai dengan aktivitas bayi. Salah satu contohnya adalah beberapa bayi yang tidur nyenyak kemudian bangun tenang atau menangis. Selain dari enam tahapan yang sangat berhubungan dengan aktivitas tidur bayi, perubahan yang sering kali terjadi adalah suara yang ditimbulkan bayi ketika tidur, bayi ngorok. Mengapa tidur bayi bayi bisa ngorok, betulkah salah satunya dipicu oleh alergi?

Ketika bayi anda tertidur sering kali ditemui bayi yang memiliki suara nafas seperti orang dewasa yang mendengkur. Bayi yang mendengkur sering kali dianggap wajar, bayi yang tidur ngorok dianggap sebuah tanda bahwa tidur bayi pulas dan memiliki kualitas yang baik. Meskipun sebuah penelitian menghubungkan bahwa bayi yang sering kali ngorok memicu anak menjadi

Continue Reading

Bayi Lahir Secara Prematur akan Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung?

Sampai saat ini, bayi prematur masih belum ditemui penyebab pastinya. Adapun beberapa faktor dan masalah kesehatan yang memicu kelahiran prematur diantaranya adalah kelahiran bayi kembar lebih dua, tali pusar abnormal atau masalah kesehatan ibu hamil yang berhubungan dengan gaya hidup diantaranya kebiasaan buruk merokok atau kurangnya asupan nutrisi selama kehamilan. Bayi yang lahir secara prematur akan meningkatkan resiko kesehatan jangka pendek atau jangka panjang. Salah satunya adalah berhubungan dengan meningkatnya resiko penyakit jantung pada saat bayi tumbuh dewasa.

Penelitian yang dilakukan pada 102 bayi yang lahir secara prematur hingga usia anak 20 tahun-an, penelitian ini dibandinngkan dengan 132 orang yang dilahirkan secara normal, ditemukan hasil bahwa mereka yang lahir secara prematur pada usia dewasa mempunyai kamar jantung yang vertikal dibagian kanan sehingga ukurannya lebih kecil akan tetapi lebih berat dengan kapasitas pemompaan dinding yang lebih tebal dan pemompaan yang lebih sempit dibanding dengan keadaan normal.  Hal ini didukung oleh penelitian

Continue Reading

Kenali Aturan Pemberian Jus Buah untuk Bayi

Bolehkah bayi diberikan jus buah dengan jenis buah yang berbeda setiap harinya, berapa porsi yang sesuai untuk bayi? Pertanyaan itu sering kali terlintas pada anda sebagai orang tua yang telah memberikan makanan pendamping asi pada bayi. Jus dapat dijadikan menu untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi anda. Tidak saja kandungan nutrisi yang mencukupi kebutuhan harian melainkan rasa yang dihasilkan dari berbagai jenis buah yang mengandung rasa manis alami lebih mudah diterima oleh bayi anda.

Manfaat jus tidak saja memberikan zat-zat gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi anda, beberapa jenis buah tertentu dapat bermanfaat untuk kesehatan bayi anda, terutama dalam mempertahankan daya tahan tubuhnya. Namun, anda juga harus mengetahui pengaruh yang mungkin terjadi apabila bayi anda diberikan jus buah yang berlebihan sehingga menimbulkan pengaruh negatif pada kesehatan bayi anda. Komponen utama dari jus buah adalah cairan yang berguna untuk mengimbangi makanan padat yang

Continue Reading

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya, rata rata berat badan bayi yang baru lahir adalah 2500-4500 gram. Salah satu yang menentukan ukuran dan berat badan bayi adalah genetik, kesehatan ibu selama kehamilan, dan nutrisi yang diberikan disaat dalam kandungan. Anda jangan cemas ketika berat badan bayi anda rendah saat lahir, yang terpenting adalah berat badan yang dapat dicapai setelah bayi anda dilahirkan. Pada dasarnya berat badan bayi tercatat dalam grafik, salah satu grafik yang dapat menjadi panduan ibu adalah Kartu Menuju Sehat (KMS), dengan adanya grafik di dalam KMS akan membantu anda dalam acuan pertumbuhan normal bayi. Umumnya, pada bulan ke 4 bayi akan mengalami kenaikan berat badan dua kali lipat dari saat bayi anda dilahirkan. (Baca juga: Nama-nama Bayi Perempuan dan Nama-nama bayi laki-laki)

Meskipun demikian mengamati perkembangan berat badan saja tidak cukup, anda juga harus memperhatikan tinggi atau panjang

Continue Reading

Berat Badan Bayi Menurun, Normalkah?

Pada bulan bulan pertama bayi anda dilahirkan, tumbuh kembangnya menjadi salah satu perhatian setiap orang tua. Kebanyakan orang tua sangat mengkhawatirkan berat badan bayi yang menurun, apalagi ketika grafik di dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) sering kali menurun, anda jangan terburu-buru untuk menyimpulkan bahwa bayi anda bermasalah dengan tumbuh kembangnya. Berat badan bayi dapat turun di minggu- minggu pertama kelahirannya, hal ini dapat dikatakan normal dikarenakan tubuh bayi banyak mengandung air hingga akan dikeluarkan melalui urine setelah lahir. Meskipun demikian penurunan drastis harus tetap anda waspadai, seperti apakah berat badan pada bayi yang dikategorikan normal?

Normalnya berat badan bayi yang baru lahir berkisar 2,5-4 kg, pada minggu pertama akan mengalami penurunan antara 7-10%,setelah memasuki antara minggu kedua dan minggu ketiga maka akan mengalami kenaikan berat badan kembali, kondisi ini tidak berlaku untuk bayi yang lahir prematur. Pada bayi yang prematur kenaikan berat badan akan cukup lama, dapat mencapai minggu

Continue Reading

6 Tips Aman Mengajarkan Bayi Berenang

Berenang merupakan salah satu aktifitas favorit anak-anak, latihan air ini sangat bermanfaat untuk kesehatan anak. Akan tetapi masih banyak orang tua yang masih bertanya-tanya ketika akan mengajarkan anaknya berenang, kapan waktu yang tepat untuk memulai mengajarkan anak berenang. Perlu anda ketahui, pada usia bayi sudah memiliki kemampuan berenang. Hal ini berhubungan dengan kemampuan bayi di dalam kandungan yang sudah terbiasa dengan air ketuban. Sebenarnya pada usia empat bulan, bayi telah memiliki kemampuan refleks menyelam.

Sebelum anda mengajarkan bayi berenang sebaiknya anda membiasakan bayi anda dengan akifitas air, salah satu contohnya adalah membuat kebiasaan mandinya menyenangkan, sesekali anda dapat memberikan percikan air di atas tubuhnya. Selanjutnya, sebelum mengajak bayi anda ketempat berenang. Anda dapat memilih tempat berenang yang memberikan kenyaman untuk anda dan anak atau anda dapat mendaftarkan ke kelas berenang khusus bayi. Dengan bantuan kelas berenang khusus bayi maka akan mengurangi kekhawatiran anda sebagai orang tua, walaupun sebenarnya peranan

Continue Reading

Waspadai Pemberian Air Putih pada Bayi

Banyak minum air putih, maka tubuh akan sehat dan bugar. Pernyataan itu hanya berlaku untuk orang dewasa tidak untuk bayi. Pemberian air putih pada bayi akan berdampak kurang baik bagi kondisi kesehatannya. Salah satu pengaruh buruk yang ringan terhadap pemberian air putih pada bayi adalah mengurangi asupan ASI atau susu formula sehingga berdampak pada kenaikan berat badan bayi anda. Bahkan, kondisi yang lebih berat mungkin saja terjadi pada bayi yaitu keracunan air atau intoksikasi air yang mengakibatkan bayi menjadi kejang atau koma.

Waktu Tepat Memberikan Air Putih Pada Bayi

Anda jangan buru-buru mempunyai kesimpulan, bahwa bayi tidak dapat diberikan air putih. Sebenarnya pemberian air putih dapat diberikan sesuai dengan waktu yang tepat pada bayi, salah satu untuk menentukannya adalah usia bayi yaitu setelah memasuki usia 6 bulan. Salah satu badan kesehatan Amerika Serikat memperingatkan agar orang tua tidak memberikan air putih pada bayi hingga bayi berusia enam bulan, hal

Continue Reading

Campak Berulang-ulang pada Bayi

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus tidak ada hentinya menghantui semua orang tua dalam menjaga kesehatan bayi mereka. Campak yang sering dikenal dengan sebutan morbilli, measles atau rubela ini merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi dari virus. Virus tersebut ialah morbillivirur yang berasal dari kelompok paramyxoviridae. Penyakit campak ini merupakan suatu faktor yang menyebabkan kesakitan dan juga kematian terhadap kebanyakan anak. Di Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang paling banyak bayi yang terkena campak. Yang paling banyak terkena campak biasanya bayi yang berusia 1 tahun hingga 2 tahun.

Penyakit campak itu sendiri sering ditandai oleh timbulnya ruam berwarna merah pada kulit sebagai pertanda terdapat sebuah perubahan yang biasa terjadi pada tubuh. Ketika awal gejala ruam tersebut timbul sebagai suatu ciri awal campak yang menyebar pada anggota tubuh serta mengalami gejala demam tinggi, flu, batuk kering, serta radang pada mata hingga muncul bercak-bercak yang putih kecil namun

Continue Reading

Betulkah Pola Tidur Bayi Berpengaruh pada Kecerdasan?

Membiasakan bayi anda agar tidur siang ialah sebuah kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan bayi. Beberapa ahli mengatakan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan anak terhadap pola tidur. Manfaat yang bayi anda dapatkan dari kegiatan tidur siang ialah membantu dalam mengembangkan kemampuan bayi secara optimal. Dengan bayi anda teratur tidur siang, pertumbuhan hormon dapat berfungsi dengan sangat baik terhadap aliran darah bayi anda. Selain itu tidur siang juga memberikan perasaan yang tenang dan memulihkan kembali energi bayi anda sehingga pemulihan fungsi otak pada bayi dapat bekerja dengan baik.

Perubahan yang akan terjadi selama bayi tidur tidak dapat mengakibatkan kegiatan susunan saraf bayi menjadi berkurang, namun akan terjadi perubahan pada keseimbangan aktivitas dengan inaktivitas yang berasal dari beberapa sistem saraf pada otak. Bebebrapa dari fungsi saraf dapat menjadi inaktif, sementara itu sistem yang lainnya menjadi aktif. Seperti sel-sel saraf pada korteks otak ini tidak sepenuhnya berubah menjadi inaktif ketika tidur. Dapat

Continue Reading

Tips Memilih Posisi Tidur Aman Bagi Bayi

Bagi bayi tidur memiliki manfaat yang banyak, selain untuk merangsang perkembangan otak bayi, hormon pertumbuhan juga dikeluarkan ketika bayi sedang tidur. Dengan bayi tidur nyenyak maka pertumbuhan otak bayi dapat berjalan secara maksimal sehingga kelak bayi anda dapat tumbuh cerdas. Namun hal tersebut juga harus dibarengi dengan stimulasi serta rangsangan yang di berikan pada proses belajar. Selain dari itu hormon pertumbuhan itu sangat berfungsi untuk memperbaiki serta mempengaruhi semua sel yang terdapat di alam tubuh. Tidur yang lelap dan nyaman sangat penting bagi tumbuh serta kembang bayi, baik dalam posisi terlentang, miring ataupun tengkurap.

Berikut ini merupakan posisi tidur dengan menyesuaikan kondisi bayi : 

1.  Posisi terlentang. Posisi seperti ini sangat umum, biasanya bayi yang berusia sekitar 0 hingga 3 bulan. Bayi belum mampu untuk berguling, serta posisi ini dapat dikatakan seagai posisi yang paling aman untuk bayi. Dengan posisi tidur bayi yang terlentang, kematian bayi yang diakibatkan oleh Sudden

Continue Reading

5 Tips untuk Meningkatkan Kekebalan Bayi

Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh seorang bayi masih belum terbentuk secara baik dan sempurna sehingga bayi mudah sekali terserang penyakit. Sistem kekebalan tubuh merupakan suatu pertahanan pertama bagi tubuh kita pada saat penyakit ataupun infeksi menghampiri. Sebagai orang tua bagi bayi anda, anda sudah seharusnya menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi anda agar tidak mudah teserang penyakit dan tetap sehat. Mengingat bayi sangat rentan sekali terserang bakteri juga virus pada saat bersentuhan langsung dengan mainan atau tempat yang kotor. Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi anda :

1.    Pemberian ASI eksklisif

Asupan yang paling baik bagi bayi anda ialah ASI. Sangat disarankan bagi ibu menyusui untuk memberikan asupan ASI eksklusif selama 6 bulan pada bayinya. Telah terbukti bahwa ASI mempunyai bakteri yang sangat menguntungkan juga memiliki zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh bayi, untuk membentuk mikroflora pada usus yang sangat penting

Continue Reading

Hidrokel pada Bayi yang Baru Lahir

Beberapa orang tua sangat mendambakan bayi laki laki pada kehamilan pertamanya mungkin salah satunya adalah anda dan suami anda. Beberapa cara dilakukan dari mitos ataupun hasil penelitian dalam mendapatkan bayi laki laki. Beberapa orang memiliki kebanggaan terhadap bayi laki laki pada kelahiran pertama yaitu mampu menjaga adiknya kelak. Meskipun demikian kelahiran bayi apalagi jenis kelamin bayi hanya bisa diusahakan tidak bisa ditentukan sebelum atau masa kehamilan dengan cara-cara tradisional maupun ilmiah. Memiliki bayi merupakan kebanggan bagi anda dan keluarga begitupula dalam cara merawat dan menjaga pertumbuhannya optimal sesuai dengan usia bayi anda. Bagi anda yang memiliki bayi laki laki akan berbeda dalam cara perawatan dengan bayi perempuan terutama dalam masalah beberapa kelainan yang mungkin ditimbulkan pada masa anda sedang mengadung atau kelainan bawaan.

Salah satu kelainan pada bayi lak laki adalah adanya hidrokel pada bayi yang baru lahir. Hidrokel atau dikenal dengan istilah hydroceles yaitu adanya cairan pada alat

Continue Reading

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us