data-ad-format="auto"

Keluhan Kehamilan

Kategori artikel yang membahas mengenai keluhan-keluhan kehamilan yang sering terjadi saat kehamilan berlangsung berikut tips-tips cara mengatasinya. Bermanfaat untuk menjadikan hari-hari kehamilan menjadi lebih menyenangkan

Tips Aman Atasi Kulit Berminyak Selama Kehamilan

Memiliki kulit cantik dan sehat menjadi idaman setiap wanita, akan tetapi seringkali wanita memiliki masalah kulit sehingga membuatnya ekstra melakukan perawatan kulit. Begitu pula dengan wanita yang seringkali mengeluhkan masalah kulit selama kehamilan, salah satunya yaitu kulit berminyak yang dapat memicu timbulnya jerawat selama kehamilan. Bagaimana solusi untuk kulit berminyak selama kehamilan?

Ibu hamil harus ekstra teliti mengenai produk kecantikan selama kehamilan, salah memilih produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya akan membuat gangguan tumbuh kembang pada janin. Oleh karena itu artikel kali ini akan membantu ibu hamil yang seringkali mengeluhkan masalah kulit berminyak dengan menggunakan solusi yang aman untuk janin.

Kulit berminyak pada ibu hamil

Wajah anda lengket, licin, mengkilap dan sering kali muncul jerawat? Ya, ini merupakan ciri-ciri wajah berminyak yang disebabkan karena perubahan hormon. Ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh wanita selama kehamilan, salah satunya wajah menjadi lebih berminyak. Ketika Anda hamil, hormon dalam

Continue Reading

Tips Atasi Hiperpigmentasi Saat Hamil

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil selanjutnya adalah perubahan warna kulit pada bagian tubuh tertentu yang cenderung lebih gelap dibandingkan sebelum kehamilan. Apakah merupakan kondisi normal terjadi pada ibu hamil dan bagaimana mengatasi keluhan yang sering membuat ibu menjadi khawatir terhadap kecantikan kulitnya?

Banyak perubahan terjadi pada tubuh ibu hamil, termasuk hiperpigmentasi yaitu kondisi kulit lebih gelap dari warna semula (sebelum ibu hamil). Perubahan ini sering terlihat selama trimester pertama bahkan sekitar 90 persen dari wanita hamil mengalami hiperpigmentasi pada bagian tubuh tertentu.

Kebanyakan ibu hamil mengalami perubahan warna kulit pada puting dan areola, daerah di sekitar putting mengalami hiperpigmentasi. Meskipun demikiaan anda tidak perlu khawatir karena akan mengalami perubahan pada warna kulit normal. Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pigmentasi baik selama kehamilan dan setelah kehamilan. Sehingga kondisinya tidak semakin menganggu kecantikan kulit anda.

Hiperpigmentasi pada wajah

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan bercak-bercak hitam

Continue Reading

Tips Aman Atasi Jerawat Selama Kehamilan

Jerawat merupakan keluhan yang umum selama kehamilan. Bahkan, lima dari sepuluh ibu hamil mengalami kondisi jerawat yang sangat parah. Inilah yang menyebabkan ibu hamil seringkali khawatir apabila jerawat semakin merusak wajah dan meninggalkan bekas jerawat. Hati-hati dengan penggunaan obat/cream jerawat saat hamil karena akan bermasalah pada tumbuh kembang janin.

Artikel kali ini akan membantu anda dalam mengatasi jerawat dengan aman dan sehat selama kehamilan sehingga anda dapat mencegah jerawat yang semakin merusak wajah. Anda tidak perlu menggunakan cream/obat oral untuk mengobati jerawat. Anda dapat mencari tahu penyebab jerawat yang terjadi selama kehamilan dan pencegahan yang aman selama anda hamil.

Jerawat dan Kehamilan

Kehamilan jerawat adalah kondisi yang terjadi secara alami, umumnya reda ketika tingkat hormon kembali normal. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan munculnya jerawat ketika awal kehamilan atau bahkan selama kehamilan. Anda tidak perlu menggunakan obat oral atau cream jerawat yang mengandung bahan kimia yang membahayakan tumbuh kembang

Continue Reading

Tips Atasi Rambut Rontok Selama Kehamilan

Ibu hamil mengeluhkan kondisi dimana rambut semakin menipis dan terjadi kerontokan selama kehamilan. Padahal sebelumnya kehamilan rambut sehat dan tumbuh subur, keluhan ini dialami oleh ibu hamil memasuki trimester akhir bahkan hingga pasca persalinan? Mencoba perawatan rambut di salon justru membuat ibu menjadi khawatir, apakah perawatan untuk rambut rontok mengandung bahan kimia yang berbahaya yang akan menyebabkan gangguan pada janin?

Anda tidak perlu khawatir apabila selama kehamilan anda mengalami rambut rontok, salah satunya disebabkan karena perubahan hormon saat hamil dan setelah melahirkan yang dapat mempengaruhi kesuburan rambut. Untuk lebih mengetahui kondisi rambut anda selama kehamilan, melalui artikel ini tips atasi rambut rontok selama kehamilan.

Kondisi Rambut Selama Kehamilan

Ketika hamil kondisi rambut pada ibu hamil akan berbeda-beda. Sebagian ibu hamil mengalami rambut berminyak,rambut yang cenderung tumbuh subur, rambut yang lurus menjadi keriting atau sebaliknya (meskipun tidak terlalu signifikan) dan yang terakhir mengalami rambut rontok. Ketakutan ibu hamil ketika mengalami

Continue Reading

Mengatasi Nafsu Makan yang Semakin Berkurang Selama Kehamilan

Kebanyakan wanita takut mengalami kenaikan berat badan, termasuk wanita hamil yang was-was apabila berat badannya tidak kembali ke semula. Beberapa wanita hamil membatasi diri untuk mengkonsumsi makanan selama kehamilan padahal nutrisi yang mencukupi kebutuhan gizi harian dapat membantu tumbuh kembang janin. Bagaimana dengan ibu hamil yang justru kehilangan nafsu makan, biasanya dikeluhkan oleh ibu hamil pada minggu-minggu awal kehamilan mereka. Normalkan kondisi kehilangan nafsu makan di usia kehamilan muda?

Beberapa gejala wanita berkaitan dengan kurangnya nafsu makan selama kehamilan termasuk perasaan umum seperti sakit, merasa mual, dan benar-benar ingin muntah. Beberapa ibu hamil lebih ekstra sensitif terhadap bau makanan, yang membuat mereka merasa mual dan muntah, sementara yang lain mendapatkan rasa asam di mulut yang membuat mereka tidak mau makan sama sekali.

Bahkan beberapa ibu hamil tidak merasa seperti makan apa-apa dan bisa bertahan berjam-jam tanpa makan, meskipun itu akan memicu risiko gangguan pada kesehatan ibu dan janin. Ibu

Continue Reading

Sering Mengeluhkan “Nyeri Punggung“ Saat Kehamilan, Normalkah?

Seringkali mengeluhkan nyeri punggung saat hamil, mengapa ibu hamil sering mengalami nyeri punggung? Kondisi ini dipicu karena uterus yang semakin luas dan menggeser pusat gravitasi dan membentang keluar sehingga melemahkan otot-otot perut Anda, mengubah postur tubuh Anda sehingga menempatkan tekanan pada punggung Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung apabila menekan pada saraf. Selain itu, penyebab nyeri punggung pada ibu hamil dapat terjadi karena kelebihan berat badan selama kehamilan sehingga lebih banyak pekerjaan otot anda dan meningkatkan stres pada sendi.

Terlebih lagi, perubahan hormonal pada kehamilan melonggarkan sendi dan ligamen yang menempel tulang panggul Anda ke tulang belakang. Hal ini dapat membuat Anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit ketika Anda berjalan, berdiri, duduk untuk waktu yang lama, berguling di tempat tidur, keluar dari kursi rendah atau bak mandi, membungkuk, atau mengangkat sesuatu.

Apabila anda mengeluhkan nyeri punggung, Anda tidak sendirian. Sebanyak tiga perempat wanita hamil mengalami

Continue Reading

Tips Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Ibu hamil seringkali mengeluhkan rasa gatal dan juga kulit yang meregang kering disertai dengan garis yang muncul pada bagian perut, paha dan area tubuh lainnya. Bahkan sangat sulit hilang meski setelah melahirkan. Hampir setiap ibu hamil mengalami kondisi ini dan sulit dihilangkan. Kondisi seperti ini yang disebut dengan Stretch Mark.

Stretch Mark akan menganggu kecantikan kulit maka tidak heran banyak cara yang dilakukan oleh wanita untuk menghilangkan stretch mark. Ibu hamil sangat rentan terkena stretch mark karena adanya peregangan kulit yang begitu cepat. Meskipun demikian banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan stretch mark. Artikel kali ini akan membahasnya untuk anda, tips menghilangkan stretch mark.

Mengapa terjadi Stretch Mark?

Stretch mark terjadi karena adanya peregangan pada kulit yang berlebihan diakibatkan oleh janin yang semakin membesar, setiap ibu hamil  mengalami kondisi seperti ini meskipun demikian stretch mark dapat pula terjadi pada wanita yang mengalami pertambahan usia yang mengakibatkan elastisitas kulit menjadi

Continue Reading

Usir Sakit Kepala Saat Hamil Muda

Keluhan yang seringkali diamali oleh ibu di usia kehamilan muda yaitu sakit kepala yang dapat menganggu aktivitas. Bahkan beberapa diantaranya harus mendapatkan penanganan medis karena sakit kepala yang tidak tertahankan. Ibu hamil yang mengalami sakit kepala tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat karena akan menganggu tumbuh kembang janin. Oleh karena itu kenali sakit kepala saat hamil muda dan juga pengobatan harus sesuai dengan resep dokter.

Apakah kondisi yang umum mengalami sakit kepala selama kehamilan?

Sakit kepala pada usia kehamilan muda atau trimester pertama memang sangat seringkali menjadi keluhan ibu hamil. Sakit kepala karena tegang jenis yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil merasakan sakit kepala seperti sakit meremas atau rasa nyeri yang tidak tertahankan di kedua sisi kepala atau bagian belakang leher. Kondisi ibu hamil yang sering mengalami sakit kepala disebabkan karena tegang selama kehamilan akan berakibat buruk pada kesehatan ibu dan janin.

Penyebab utama terjadinya sakit kepala

Continue Reading

Mengapa Leher Hitam Saat Hamil?

Perubahan kondisi fisik saat hamil tidak hanya terlihat pada perubahan perut yang membesar. Perubahan fisik yang terkadang tidak disadari dapat terjadi pada ibu hamil. Meskipun perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil merupakan kondisi normal akan tetapi anda juga harus mengetahui tanda abnormal agar dilakukan pencegahan dini.

Perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil akan terlihat pada saat ibu hamil memasuki usia kehamilan trimester kedua apalagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga. Perubahan yang terjadi pada ibu hamil dipengaruhi juga oleh faktor hormonal. Salah satunya adalah masalah kesehatan yang berhubungan dengan kulit.

Ibu hamil akan mengalami perubahan kulit yang berbeda-beda. Adapula ibu hamil yang tidak mengalami masalah kulit yang berarti selama kehamilan. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai masalah kulit yang sering terjadi saat hamil. Salah satunya adalah leher yang menghitam dan solusi untuk mengatasinya.

Masalah-Masalah Kulit selama Kehamilan

Pada saat ibu hamil seringkali mengeluhkan kondisi

Continue Reading

Mengapa Sering Buang Gas Saat Hamil?

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah masalah pencernaan. Umumnya masalah pencernaan akan dialami oleh ibu hamil di akhir trimester ke dua menjelang trimester ketiga. Bahkan pada usia kehamilan trimester pertama sekalipun dapat terjadi keluhan pencernaan seperti mual dan muntah. Beberapa kasus berbeda-beda, ada yang mengalami heartburn, sembelit atau masalah buang gas selama kehamilan.

Satu contohnya yaitu ibu hamil yang mengeluhkan sering buang gas pada usia kehamilan 15 minggu. Kondisi ibu hamil sulit mengontrol buang angin hingga menyebabkan ibu mengalami kembung dan kram. Tentu saja kondisi ini membuat ibu hamil cemas keluhan yang dialami merupakan keluhan normal atau abnormal? Bagaimana solusi agar menjadi nyaman selama kehamilan?

Gangguan Pencernaan Pada Ibu Hamil

Selama kehamilan seringkali ibu mengalami gangguan pencernaan dari masalah ringan hingga berat. Meskipun sebagian besar relatif lebih aman untuk janin akan tetapi apabila berlangsung memburuk sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter.

Pada umumnya ibu hamil mengalami gangguan

Continue Reading

Mengapa Mulut Terasa Pahit Saat Hamil?

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan menyebabkan ibu hamil seringkali mengeluhkan perubahan secara fisik ataupun psikis yang dialami selama kehamilan. Meskipun setiap ibu hamil memiliki keluhan yang berbeda-beda akan tetapi semua keluhan yang tidak dapat diatasi akan menganggu kesehatan ibu dan janin.

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil berbeda-beda sesuai dengan kesehatan ibu, penyakit bawaan sebelum kehamilan atau usia kehamilan. Pada saat usia kehamilan trimester pertama seringkali ibu hamil sering banyak mengeluh karena perubahan hormon yang belum terbiasa dialami oleh ibu hamil.

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Salah satunya keluhan yang menyebabkan ibu kehilangan selera makan. Penyebabnya dapat terjadi karena mual, muntah ataupun rasa pahit berlebih. Selain itu pada artikel ini akan menjelaskan mengenai penyebab timbulnya rasa pahit saat hamil dan solusi untuk membantu ibu hamil.

Mengapa terjadi keluhan selama kehamilan?

Keluhan yang dialami ibu hamil berhadapan dengan proses

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Lensa Kontak?

Anda boleh tampil cantik selama kehamilan akan tetapi perhatikan alat dan bahan yang digunakan agat tidak menganggu kesehatan ibu dan janin. Selain itu selama hamil anda mengalami perubahan fisik sehingga yang umum anda rasa nyaman digunakan untuk mendukung penampilan anda kini harus diwaspadai berpengaruh negatif untuk kesehatan anda.

Beberapa wanita lebih nyaman menggunakan lensa kontak ketimbang menggunakan kacamata. Hal ini karena dirasa akan membuat percaya diri menggunakan lensa kontak. Meskipun demikian anda harus mengenali dampak menggunakan lensa kontak dengan ibu hamil. Beberapa orang beranggapan akan mengganggu kehamilan dan sebagiannya tetap menggunakan lensa kontak.

Untuk membantu anda menjawab pertanyaan apakah lensa kontak aman untuk ibu hamil.Kami hadirkan melalui artikel "Bolehkah ibu hamil menggunakan lensa kontak ?". Pada artikel ini kami akan membantu anda memberikan informasi mengenai pengaruh negatif menggunakan lensa kontak selama kehamilan dan bagaimana cara mengurangi resiko akibat buruk dari penggunaan lensa kontak selama kehamilan.

Lensa Kontak

Lensa yang

Continue Reading

Jari Bengkak Selama Hamil

Selama kehamilan, ibu hamil wajib menjaga kesehatan. Kesehatan ibu hamil terdiri dari kesehatan fisik dan kesehatan psikis. kesehatan fisik yang berhubungan dengan tubuh ibu hamil. Kesehatan fisik akan dipengaruhi oleh beberapa perubahan fisik selama kehamilan sehingga ibu hamil seringkali mengeluhkan kesehatan fisik karena belum dapat sebenuhnya adaptasi.

Sama halnya dengan kesehatan fisik, yang memerlukan perhatian serius oleh ibu hamil adalah kesehatan psikis. Pada awal kehamilan, trimester pertama ibu hamil sudah mengalami perubahan hormon yang menyebabkan terjadinya perubahan pada psikis ibu hamil. Psikis berhubungan dengan suasana hati, perubahan mood, rasa cemas dll.

Adapula yang berhubungan antara perubahan psikis dan perubahan fisik pada ibu hamil. Misalnya karena merasakan perubahan mood maka ibu hamil lebih menolak makan dan mempengaruhi kesehatan sehingga jatuh sakit. Dengan demikian sangat penting sekali untuk ibu hamil menjaga kesehatan fisik maupun psikis.

Dalam menjalani kehamilan keluhan seringkali terjadi, sebaiknya anda cari solusi sejak dini sehingga anda dapat mengatasi

Continue Reading

Round Ligament Pada Saat Hamil

Ibu hamil rentan terhadap gangguan kesehatan selain memang setiap ibu hamil memiliki perbedaan pada reaksi tubuh sehingga tidak dapat disamakan antara ibu hamil satu dengan lainnya, riwayat kesehatan sebelum hamil ikut mempengaruhi ibu selama kehamilan.

Beberapa gangguan kesehatan seringkali dirasakan ibu hamil, salah satunya adalah mengalami round ligament. Mungkinkah diantaranya anda mengakami round ligament dan bagaimana solusi yang baik untuk ibu hamil yang mengalami Round Ligament?

Round Ligament dapat menyerang ibu hamil dimana ibu hami memiliki kondisi perut yang ditusuk-tusuk dan merasakan rasa sakit yang tajam. Kondisi ini yang umum terjadi secara spontan ketika anda mengubah posisi. Round Ligament dapat terjadi ketika sesaat anda setelah berdiri di tempat tidur, ketika anda batuk, sedang berguling di tempat tidur atau saat beranjak dari kursi.

Sedangkan bentuk lain dari Round Ligament yaitu sakit pada bagian bawah perut yang berlangsung cukup lama sehingga umum terjadi ketika ibu telah melakukan aktivitas yang panjang seperti

Continue Reading

Mengapa Ibu Hamil Sering Migrain?

Keluhan yang saya dapatkan dari ibu hamil menjadi salah satu topik yang diangkat untuk artikel kali ini. Ibu hamil yang tengah hamil di usia kehamilan trimester kedua seringkali mengeluhkan sakit pada bagian sebelah kepala atau migrain. Apakah kondisi migrain merupakan tanda adanya gangguan kesehatan ketika hamil? Apakah migrain akan berimbas pada perkembangan janin? Bagaimana obat yang dapat mengurangi rasa sakit dan aman untuk ibu hamil?

Anda harus dapat membedakan sakit kepala atau migrain. Pada dasarnya migrain berhubungan dengan adanya pelebaran pembuluh darah di kepala sehingga nyeri yang ditimbulkan adalah reaksi peradangan di area kepala. Migrain memiliki ciri khas yaitu nyeri yang tajam dan berdenyut pada bagian kepala, biasanya disertai dengan mual, muntah, menggangu nafsu makan hilang atau hingga membuat anda lemas.

Migrain pada ibu hamil dapat terjadi pada trimester pertama atau trimester kedua. Keluhan migran pada ibu hamil dapat dipicu karena hormon estrogen dan progesteron yang mencapai tingkat stabil.

Continue Reading

Tips Melancarkan Sirkulasi Darah Pada Kaki Ibu Hamil

Anda pasti setuju jika kehamilan adalah anugrah terindah yang tuhan berikan, rasa tidak sabar menunggu kehadiran buah hati di keluarga anda semakin terasa memasuki usia kehamilan yang semakin bertambah. Ibu hamil memang dituntut untuk ekstra terlebih menghadapi perubahan secara hormonal.Inilah masa-masa dimana anda membutuhkan informasi lebih mengenai kehamilan sehingga anda dapat menikmati masa hamil anda. Sayangnya hanya beberapa ibu hamil yang dapat menikmati masa kehamilan.

Keluhan kehamilan yang ringan akan tetapi menggangu kenyamanan anda adalah kaki bengkak. Kaki bengkak ini terjadi karena perubahan postur tubuh saat hamil membuat beban semakin besar sehingga menyebabkan aliran darah kaki menjadi terambat. Meskipun dinilai sangat wajar terjadi pada ibu hamil disebabkan karena asupan oksigen dan juga nutrisi  akan ikut disuplai dari darah ibu ke plasenta.

Dengan kata lain, selama hamil darah akan mengalir juga ke dalam tubuh janin yang menyebabkan volume darah meningkatkan tekanan yang terjadi di pembuluh darah, khususnya area kaki. Kondisi

Continue Reading

Ibu Hamil Lebih Sensitif Terhadap Bau?

Trimester pertama adalah masa adaptasi ibu hamil terhadap perubahan yang terjadi baik secara psikis maupun fisik. Ibu hamil sering kali melakukan sesuatu diluar kebiasannya. Ibu hamil lebih sering mual ketika mencium aroma tertentu, mengapa penciuman ibu hamil lebih sensitif?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan banyak yang terjadi saat ibu hamil, sebagian besar dikarenakan perubahan hormon. Hormon ibu hamil yang meningkat yaitu hormon estrogen yang akan memicu peningkatan daya cium pada ibu yang sedang hamil.

Penelitian yang dilakukan oleh Philadelphia's Monell Chemical Senses Center di AS menyatakan bahwa wanita usia subur lebih sensitif terhadap aroma. Bahkan wanita yang tidak berada di usia subur (di bawah pubertas dan wanita menopause) memiliki sensitifitas atau daya penciuman yang sama. Dengan kata lain sensitivitas penciuman ibu hamil disebabkan karena hormon estrogen.

Penelitian selanjutnya yang dilakukan Yvonne Bohn, MD, penulis “The Mommy Docs’ Ultimate Guide to Pregnancy and Birth” mengatakan bahwa tidak hanya estrogen akan

Continue Reading

Tips Mengatasi Kaki yang Sering Kram Saat Hamil

Ibu hamil yang memasuki trimester akhir seringkali mengeluhkan perubahan fisiknya. Perubahan fisik ibu hamil dapat memicu beberapa gangguan kecil yang membuat ibu hamil tidak nyaman. Ketika bangun tidur, posisi yang tidak berubah selama beberapa waktu atau berjalan terlalu jauh kadang-kadang membuat ibu hamil kesemutan bahkan hingga kram. Normalkah ibu hamil mengalaminya dan bagaimana cara mengatasi ketidaknyaman kaki yang sering kram selama kehamilan?

Rasa tegang yang dialami oleh otot betis membuat ibu hamil mengalami ketidaknyaman. Ini dapat juga dikarenakan perut yang semakin besar sehingga membuat pembuluh darah balik yang berada di pangkal panggul merasa tertekan sehingga menyumbat peredaran darah ke kaki. Kondisi seperti ini yang mengakibatkan sirkulasi darah menjadi lamban pada wilayah kaki dan mengakibatkan kram pada ibu hamil.

Selain adanya perubahan fisik selama kehamilan, yang menyebabkan ibu hamil kram diantaranya adalah kelelahan otot yang menahan tubuh sehingga membuat aliran darah kaki tidak lancar dan terbendung oleh pembesaran rahim. Kram

Continue Reading

Sulit Hamil, Perlukah Untuk Memeriksakan Kesuburan?

Sulit mendapatkan momongan bagi pasangan yang telah lama menikah diduga bermasalah dengan kesuburan. Masalah kesuburan dapat terjadi pada wanita atau laki-laki, meskipun demikian di Indonesia kesadaran pasangan suami istri yang bermasalah dengan sulitnya mendapatkan keturunan jarang sekali melakukan pemeriksaan. Penelitian yang dilakukan pada rumah sakit di Indonesia, hampir 56 persen memilih tidak memeriksakan kesuburan dikarenakan ketakutan dengan hasil pemeriksaan, seperti divonis mandul. 

Pemeriksaan kesuburan sangat penting dilakukan oleh pasangan suami istri, idealnya dilakukan oleh kedua belah pihak. Hal ini terkait dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa wanita menyumbang 45% sulit hamil sedangkan pria hanya menyumbang 40% penyebab sulit hamil sedangkan sisanya 15% diluar pasangan. Akan tetapi, anda tidak perlu was-was dulu apabila baru menikah 1-4 bulan. Pemeriksaan kesuburan dapat dilakukan apabila anda telah menikah dalam kurun waktu 8-12 bulan tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan melakukan hubungan suami istri aktif akan tetapi belum muncul tanda-tanda kehamilan.

Pada umumnya pasangan yang

Continue Reading

Tips Mengatasi Nafas Cepat saat Hamil

Selama kehamilan sering kali mengeluhkan beberapa kondisi yang berhubungan dengan fisik dan psikis ibu hamil. Sebut saja mual dan muntah atau morning sickness yang sering kali dialami oleh ibu di kehamilan usia muda. Selanjutnya yang berhubungan dengan suasana hati ibu hamil yang cepat berubah-ubah, membuat lingkungan disekitarnya perlu pemahaman mengenai kondisi ibu hamil, salah satu yang paling utama adalah pengertian dan kasih sayang dari suami. Memasuki usia kehamilan yang semakin bertambah, sering kali ibu hamil mengalami gangguan pernafasan, seperti mengalami sesak nafas sehingga menyebabkan nafas terengah-engah. Normalkah nafas terengah-engah selama kehamilan, bagaimana cara mengatasinya?

Kesulitan bernapas pada suatu kondisi dimana anda sedang memasuki kehamilan akhir sering kali dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini bukan merupakan tanda kehamilan bermasalah apabila masih bisa diatasi dengan rileksasi dan istirahat. Meskipun demikian kondisi ini seringkali membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Perhatikan pula penyebab terjadinya nafas terengah-engah pada saat kehamilan,

Continue Reading

Mamnesia, Jadi Sering Lupa saat Hamil

Ketika anda sedang hamil terutama calon ibu baru sering sekali lupa serta kesulitan dalam berkonsentrasi. Gejala pelupa ini sering disebut sebagai mamnesia, pregnancy brain, dan mommy brain. Banyak para ibu yang sedang hamil menanyakan tentang kebenaran momnesia ini. Penyebab dari mamnesia ini diantaranya ialah berubahnya hormon serta menyusutnya ukuran yang terapat pada sel-sel otak ketika kehamilan berada pada trimester akhir. Sel-sel otak itu sendiri akan kembali lagi membesar pada 2 minggu ketika akan menjalani kelahiran serta akan kembali pada ukuran yang normal beberapa bulan kemudian setelah proses kelahiran.

Istilah mamnesia ini berasal dari singkatan kata yang berasal dari kata mama dan amnesia. Hal ini sering sekali digunakan oleh ibu hamil yang sedang menggambarkan terjadinya perubahan pada keadaan mental yang terjadi selama kehamilan dan pada masa awal kelahiran. Hal tersebut ditandai dengan terjadinya gangguan pada memori serta ketidakmampuan anda dalam berfikir logis, ataupun keduanya. Penurunan ingatan yang terjadi pada wanita

Continue Reading

Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Terjadinya perubahan postur tubuh selama kehamilan adalah salah satu yang wajar terjadi selama perubahan tersebut menunjukan tanda tanda yang normal. Adapun untuk anda yang mendapatkan keluhan yang abnormal biasanya ditandai dengan kondisi kesehatan yang semakin buruk, nafsu makan berkurang, berat badan berkurang dan adanya beberapa bagian tubuh yang bengkak tidak wajar selama kehamilan. Keluhan kehamilan yang sering dijumpai oleh ibu hamil adalah kaki yang bengkak, hal ini dikarenakan kaki menopang beban yang lebih berat dari keadaan normal, meskipun kondisi ini dianggap wajar akan tetapi apabila bengkak semakin bertambah anda harus segera mencari solusi untuk mengurangi kondisi tersebut.

Perubahan yang terjadi selama kehamilan dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Adapun penyebab kaki bengkak selama kehamilan adalah kecenderungan tubuh anda dalam menahan cairan sehingga tubuh menahan cairan sebesar 30 persen lebih banyak dari keadaan yang normal. Keberadaan cairan yang tertahan di bagian kaki diperparah dengan kondisi rahim

Continue Reading

Mengatasi Hiperemesis Gravidarum (Mual dan Muntah Kronis) saat Kehamilan

Seringkali mual dan muntah menjadi tanda awal kehamilan bagi orang awam dikarenakan siklus menstruasi yang panjang sehingga sebagian ibu hamil baru menyadari setelah mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah umum terjadi pada saat kehamilan dan beberapa diantaranya justru mengalami mual dan muntah yang sangat kronis yang dikenal dengan istilah medis hiperemesis gravidarum. Salah satu kondisi medis yang terjadi ketika anda mengalami hiperemesis gravidarium ditandai dengan gejala mual dan muntah pada trimester pertama yang dapat terjadi selama sepuluh kali atau lebih dalam sehari dan sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas anda.

Bila anda mengalaminya selama kehamilan dan tanpa mendapatkan penanganan dikhawatirkan akan menggangu kesehatan janin dan anda. Bagi ibu hamil yang mengalami hiperemesis gravidarium dapat menyebabkan kehilangan cairan di dalam tubuh dan kekurangan asupan nutrisi dikarenakan penolakan makanan atau sering kali anda mengalami muntah setelah mengkonsumsi makanan, dapat menyebabkan dehidrasi dan pada kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan kehilangan berat

Continue Reading

Kesulitan Mengontrol Buang Air Kecil (Inkontinensia urin) Selama Kehamilan

Ketika anda memasuki kehamilan akan ada beberapa perubahan mengganggu fungsi tubuh anda yang mungkin tidak diharapkan. Salah satunya adalah kesulitan mengontrol buang air kecil. Sehingga ketika anda batuk, bersin atau tertawa mengakibatkan anda mengalami keadaan ngompol. Hal ini dinamakan inkontinensia meskipun ini adalah masalah yang cukup umum di kalangan wanita hamil akan tetapi hal ini akan membuat anda tidak nyaman. Pada umumnya inkontinensia urin terjadi pada 42 persen wanita hamil yang pernah melahirkan (berhubungan dengan kerusakan panggul dari persalinan sebelumnya) atau pada 31 persen wanita hamil yang belum pernah melahirkan. Ketika tertawa atau bersin pada ibu hamil akan memberikan tekanan pada perut dan menyebabkan urin lepas kontrol.

Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir, hal tersebut umum terjadi pada ibu hamil. Inkontinensia dapat terjadi baik sebelum kehamilan dan selama kehamilan. Peneliti menemukan bahwa inkontinensia baik sebelum dan selama kehamilan tampaknya dikaitkan dengan paritas, usia dan indeks massa tubuh. Dengan kata

Continue Reading

Cara Mengatasi Sesak Nafas pada Ibu Hamil

Sesak napas pada akhir kehamilan umum terjadi dikarenakan pada trimester terakhir bayi anda tumbuh mendorong naik sehingga diafragma dan paru-paru mengalami perubahan dari keadaan normalnya. Ini membuat Anda bernapas lebih cepat dari biasanya meskipun tidak akan merugikan kesehatan anda atau bayi anda. Bagi anda yang mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan atau dikarenakan kehamilan kembar sehingga kondisi akan naik lebih berat dari kehamilan biasanya dan membutuhkan istirahat yang lebih banyak.

Sesak napas pada ibu hamil bisa juga terjadi karena adanya gejala anemia. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda dan janin Anda tetapi jika Anda mengalami anemia, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi Anda dan janin sehingga kemungkinan terjadi gangguan dalam pemasokan oksigen, hingga mengakibatkan sesak napas. Kondisi yang berbeda mungkin terjadi pada anda yang mengalami penyakit bawaan sebelum kehamilan seperti adanya gangguan asma atau masalah pernapasan lainya sehingga membutuhkan bantuan medis, dalam

Continue Reading

Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil

Gangguan pencernaan atau dispepsia adalah rasa nyeri yang berhubungan dengan rasa nyeri bagian atas biasanya beberapa keluhan terjadi seperti mual, muntah, kembung serta perasaan kenyang. Gangguan ini disebabkan oleh perubahan hormonal selama kehamilan yang menekan perut anda. Sebanyak delapan dari sepuluh wanita mengalami gangguan pencernaan pada beberapa titik selama kehamilan mereka. Gejala-gejala gangguan pencernaan dapat mencakup perasaan cepat kenyang, merasa sakit atau mual, dan bersendawa. Gejala biasanya datang setelah anda menyantap beberapa makanan. Anda dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan dan mulas dengan membuat perubahan konsumsi makan tertentu dan gaya hidup, dan pengobatan yang aman untuk kehamilan. Bicaralah dengan bidan atau dokter kandungan.

Gejala gangguan pencernaan

Gejala gangguan pencernaan dan mulas pada kehamilan sama seperti kondisi umunya. Gejala utama adalah nyeri atau rasa tidak nyaman di dada atau perut. Hal ini biasanya terjadi setelah makan atau minum, tetapi kadang-kadang sebelum anda makan sehingga mengurangi konsumsi makan tertentu. Pada minggu ke

Continue Reading

5 Penyebab Gangguan Tidur Pada Masa Kehamilan

Pada saat memasuki kehamilan perubahan yang terjadi pada anda dirasa memang perlu penyesuaian. Mengingat beberapa hal dimulai dari perubahan hormon selama masa kehamilan yang mengakibatkan anda mengalami beberapa gangguan. Gangguan yang umum yang terjadi seperti masalah mual dan muntah (morning sickness), pegal-pegal, dan gangguan tidur. Gangguan tidur akan meningkat pada usia kandungan memasuki trimester akhir menginggat pertumbuhan bayi yang semakin besar menyulitkan anda mendapatkan posisi tidur yang nyaman.

Berikut adalah 5 penyebab gangguan tidur pada masa kehamilan dan cara mengatasinya :

1.  Sistem Pencernaan Anda

Kehamilan akan membuat sistem pencernaan anda terhambat sehingga kemampuan tubuh menyerap nutrisi akan ikut menurun. Dalam beberapa kasus yang ditemukan ibu hamil yang tidak dapat memenuhi kecukupan serat dan cairan di dalam tubuhnya rentan terkena sembelit. Apalagi memasuki trimester terakhir dimana pertumbuhan bayi yang semakin membesar sehingga menyebabkan tekanan pada usus ibu hamil. Selain itu ibu hamil sering mengalami rasa terbakar pada pencernaan atau

Continue Reading

Cara Mengatasi Mual dan Muntah (Morning Sickness) Selama Hamil

Morning sickness terjadi karena adanya peningkatan hormon saat kehamilan. Selama kehamilan produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat sehingga mempengaruhi fungsi neuron serta fungsi alat tubuh lainnya. Seperti yang dikutip dari situs parents.com menurut DrMarjorieGreenfield menyatakan bahwa sekitar 70persen wanitamengalami mualdi awal kehamilandan sekitar50 persenmengalami muntah. Meskipun dirasa sangat umum tetapi gejala pada setiap individu sangat beragam. Bahkan pada kasus tertentu ibu hamil dapat mengalami morning sickness sepanjang hari, dipagi hari saja atau ada pula yang mengalami peningkatan di malam hari sehingga mempengaruhi waktu tidurnya. Morning sickness biasanya terjadi pada minggu enam kehamilan atau kurang dan akan meningkat sehingga mengalami puncaknya pada minggu kedelapan dan kesembilan kehamilan.

Apakah morning sickness berbahaya?

Morning sickness terjadi karenaperubahan hormon kehamilan yang bisa kapan saja terjadi, dimana saja dan dalam keadaan apapun sehingga untuk anda akan merasa

Continue Reading

Tips Terhindar dari Anemia Bagi Ibu Hamil

Pada trimester pertama kehamilan banyak sel darah merah yang digunakan dalam pembentukan janin sehingga untuk anda yang memiliki riwayat anemia akan meningkat lebih besar ketimbang dengan ibu hamil lainnya. Di indonesia tujuh dari sepuluh wanita yang sedang hamil mengalami anemia baik dari riwayat penyakit sebelum hamil ataupun bawaan kehamilan. Peningkatan terjadi pada trimester kedua kehamilan, diantaranya disebabkan karena pola makan yang tidak seimbang pada trimester pertama yang banyak sekali mengalami gangguan kesehatan seperti penolakan asupan makanan  yang diakibatkan karena pengurangan nafsu makan, mual dan muntah-muntah. Padahal pada awal kehamilan zat besi sangat dibutuhkan dua kali lipat, kurangnya asupan nutrisi faktor yang harus dipertimbangkan. Jumlah kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral harus tercukupi. Selain itu untuk anda yang mengalami kehamilan berulang dalam waktu yang dekat beresiko tinggi dalam meningkatkan anemia, hal ini terjadi karena cadangan zat besi lebih cepat digunakan sebelum kondisi anda pulih dari kehamilan sebelumnya. Pada usia kehamilan remaja beresiko

Continue Reading

Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil

Membesarnya rahim berpengaruh pada pusat gravitasi, membentang keluar dan melemahkan otot-otot perut anda, mengubah postur tubuh anda serta memberikan tekanan pada punggung anda. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung apabila itu menekan pada saraf. Selain itu, kelebihan berat badan anda tentunya akan sangat mempengaruhi otot anda untuk lebih banyak bekerja sehingga mengakibatkan stres pada sendi, bahkan punggung anda mungkin merasa lebih sakit pada saat malam hari.

Terlebih lagi, perubahan hormon kehamilan dapat melonggarkan sendi dan ligamen yang terjadi pada tulang panggul anda ke tulang belakang. Hal ini dapat membuat anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit saat anda berjalan, berdiri, duduk dalam waktu yang lama, berguling di tempat tidur, dan berdiri pada saat kita duduk dikursi atau pada saat anda membersihkan bak mandi, berkendaraan, atau mengangkat suatu beban yang berat.

Anda tidak sendirian. Sebanyak tiga perempat wanita hamil mengalami nyeri punggung di beberapa titik. Paling sering nyeri muncul

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us