data-ad-format="auto"

ASI

Kategori artikel yang berisi informasi seputar ASI, dari mulai manfaat ASI, cara menyusui yang baik dan benar, pemberian ASI ekslusif, hingga tips-tips mengenai kendala-kendala dalam permberian ASI

Amankah Donor ASI?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga lebih memudahkan ibu untuk bertukar informasi mengenai kondisi kesehatan bayi. Salah satunya keluhan yang dialami ketika bayi sudah hadir ditengah keluarga dan merasa tidak puas mendukung tumbuh kembang bayi karena ASI sulit diproduksi.

Beberapa media sosial dan milis seringkali memperkenalkan donor ASI. Donor ASI adalah salag satu cara untuk membantu bayi yang kesulitan mendapatkan ASI. Penyebabnya dapat dikarenakan ibu meninggal, bayi masuk NICU, ibu sedang sakit, sedang di dalam inkubator, ASI yang sulit keluar, persedian ASI perah yang habis hingga bayi yang terlantar.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah donor ASI aman dan bagaimana sebaiknya ketika akan mendonorkan ASI atau menerima donor ASI? Artikel kali ini akan membahas donor ASI dari segi kesehatan, pengaruh untuk kesehatan ibu dan bayi baik pendonor atau juga bayi penerima donor ASI.

Apa itu Donor ASI?

Ibu ingin memberikan yang terbaik untuk membantu tumbuh kembang bayi meskipun terkadang mengalami

Continue Reading

Manfaat ASI Ekslusif

AsI merupakan sumber nutrisi pada bayi. Komposisi yang terkandung di dalam ASI menunjang tumbuh kembang bayi apalagi terdapat kandungan antibodi alami yang dapat membantu dalam mencegah infeksi dan gangguan kesehatan pada bayi.

Bahkan ASI lebih dikenal luas sebagai nutrisi yang lengkap yang dapat memberikan dukungan untuk pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan perkembangan bayi sehingga dengan demikian pemberian ASI pada bayi sangat penting untuk diberikan.

Pemberian ASI pada bayi minimal dengan memberikan ASI ekslusif, yaitu memberikan ASI tanpa makanan lainnya selama enam bulan pertama. Sudahkah anda memberikan ASI ekslusif pada bayi anda? Kenali lebih dalam manfaat pemberian ASI untuk bayi dan dapatkan keuntungan untuk ibu yang memberikan ASI. Yuk, kenali lebih dalam pemberian ASI pada bayi.

Pengertian ASI EKslusif

Anda sering mendengar ibu diwajibkan untuk memberikan ASI Ekslusif. ASI Ekslusif merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Dengan demikian bayi tidak diberikan tambahan cairan seperti

Continue Reading

Cara Memperbanyak ASI

Bertambahnya anggota keluarga baru ditengah kehangatan keluarga anda akan memberikan kegembiraan yang sulit terungkap. Penantian si kecil selama 9 bulan terbayar sudah dengan senyum yang dapat membuat anda bangga telah merawat tumbuh kembangnya selama di dalam kandungan.

Setelah bayi anda lahir, peranan anda seorang ibu untuk mendukung tumbuh kembang si kecil sangat diperlukan. Salah satunya yang dilakukan adalah dengan memberikan Air Susu Ibu. ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik untuk bayi anda. Pemberian ASI diberikan pada usia 0 hingga minimal usia 6 bulan, sedangkan pada batas maksimal pemberian ASI dapat disesuaikan dengan anak anda. Ada pula yang diberikan ASI hingga usia dua tahun atau bahkan lebih.

Memberikan ASI pada bayi memberikan manfaat untuk tumbuh kembang bayi. ASI merupakan nutrisi yang paling baik dan mengandung komposisi gizi yang lengkap dan seimbang. Selain itu ASI mengandung zat antobodi yang akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemberian ASi pada

Continue Reading

Mengapa Asi Belum Keluar?

Selama membesarkan dan merawat bayi anda, seringkali dikejutkan dengan hal-hal yang membuat anda kagum pada perkembangan bayi anda. Bayi anda dapat menjadi pelepas lelah dengan tingkah laku yang dapat membuat anda terkagum-kagum. Meskipun demikian pada sebagian ibu seringkali diterpa rasa khawatir karena sampai bayi terlahir masih kesulitan dalam memberikan ASI. Padahal ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi anda, pemberian ASI sangat dianjurkan minimal dari awal kelahiran hingga usia 6 bulan.

Hambatan dalam pemberian ASI memang bukan dialami anda saja, beberapa ibu yang pertama kali memberikan ASI mengalami kondisi kesulitan dalam pemberian ASI. Salah satu penyebabnya ASI belum keluar meskipun bayi sudah berupaya untuk menyusu. Mengapa ASI belum keluar padahal sudah waktunya, mungkinkah kesehatan ibu terganggu dan bagaimana pengaruhnya pada bayi anda? Berikut adalah penjelasan mengenai ASI yang belum keluar pada ibu yang menyusui di minggu pertama kelahiran bayi .

Ibu memilikki kemampuan yang berbeda-beda dalam memberikan ASI akan

Continue Reading

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Sama halnya dengan kehamilan seringkali ibu dibuat bertanya-tanya ketika mengkonsumsi makanan saat ibu sedang menyusui. Ibu khawatir apabila makanan yang dikonsumsinya akan berdampak pada tumbuh kembang bayi. Hal yang wajar saja dialami oleh ibu menyusui meskipun demikian anda juga harus tetap berpikiran bahwa selama menyusui fisik dan psikis anda harus tetap sehat. Menjaga kesehatan psikis dan fisik selama menyusui akan membantu dalam proses menyusui yang baik dan terhindari dari gangguan produksi ASI.

Makanan yang ibu konsumsi baik dalam porsi kecil atau porsi besar akan mempengaruhi kualitas ASI. Bagaimana dengan buah duren, betulkah kandungan yang di dalam buah durian akan berpengaruh pada kesehatan bayi anda? Sehingga ibu menyusui dilarang mengkonsumsi buah durian, betulkah?

Taukah anda bahwa hampir zat yang dikonsumsi oleh ibu terkandung di dalam ASI.Meskipun za tersebut memiliki kadar yang sedikit atau hanya sebatas aroma saja. Apabila ibu menyusui mengkonsumsi vanila, aroma bawang putih atau mint sehingga sedikit memiliki

Continue Reading

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Kini anda memasuki fase menyusui, ibu yang sedang menyusui diharuskan menjaga kesehatan fisik dan psikis, Kesehatan fisik dan psikis akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Dengan kualitas dan kuantitas ASI yang terbaik akan membantu dalam tumbuh kembang bayi anda. Penting untuk ibu menyusui memperhatikan asupan makanan selama menyusui, makanan yang baik akan membantu menjaga kesehatan dan memberikan kualitas ASI yang baik. (Baca : Penting! Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui)

Ketika ibu hamil seringkali mengalami perasaan yang cemas, bolehkah ibu hamil makan ini atau makan itu. Hal yang sama dirasaka ketika ibu menyusui. Makanan dengan kandungan nutrisi tertentu akan membantu ibu dalam proses menyusui, seperti makanan yang akan membantu melancarkan ASI atau makanan yang akan menganggu proses menyusui. Bolehkah ibu menyusui minum kopi dan apa pengaruhnya pada bayi?

Bagi anda wanita penikmat kopi yang sedang memiliki tugas mulia, menyusui. Anda tidak perlu khawatir anda dapat menikmati minum

Continue Reading

Penting! Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui

Menyusui banyak disarankan kepada ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya, sebab kegiatan yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan sebuah riset menunjukan jika bayi yang menyusui memiliki resiko yang rendah terhadap serangan penyakit perut, paparan virus serta infeksi telinga. Selain itu, anak-anak yang mendapatkan ASI juga memiliki resiko yang randah terhadap pengembangan alergi dan obesitas dan juga nampaknya memiliki efek yang baik terhadap kecerdasan anak.

Sama halnya ketika ibu hamil, asupan makanan yang berkualitas juga sama pentingnya untuk dijaga pada periode menyusui. Ibu yang menyusui harus mampu mengatur dan memahami makanan apa saja yang masuk ke tubuhnya. Hal ini semata-mata bukan saja untuk memperlancar atau memperbanyak produksi ASI, namun juga untuk kesehatan bayi tercinta.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak ibu baru yang belum mengetahui makanan apa saja yang aman dikonsumsi saat menyusui dan makanan apa yang harus dihindari. Sedangkan untuk memproduksi 600 hingga 800

Continue Reading

Milk Blister, Jerawat yang Mengganggu Proses Menyusui

Pemberian ASI ekslusif atau memberikan di 6 bulan pertama kelahirannya sangat disarankan karena akan membantu tumbuh-kembang secara optimal. Selain itu secara psikis sangat membantu untuk menjaga hubungan batin antara ibu dan anak. Meskipun demikian dalam proses menyusui seringkali ibu mengalami kendala, salah satunya membagi waktu dengan pekerjaan, bayi menolak ASI, atau masalah yang dihadapi oleh ibu menyusui.

Milk blister adalah salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh ibu saat menyusui. Ditandai dengan adanya bintil putih pada seperti jerawat yang mengganggu proses menyusui. Mengapa dapat terjadi milk blister dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah penjelasan milk blister.

Milk Blister

Milk blister terjadi apabila puting mengalami lecet sehingga secara alami akan membentuk kulit baru. Dalam proses ini terdapat sisa ASI yang akhirnya menutupi pori-pori yang menyebabkan saluran ASI tertutup. Terlihat menyerupai bintil putih (jerawat) yang ditandai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan pada area tersebut. Sakit tersebut ditimbulkan karena saluran

Continue Reading

Ibu Sakit, Bolehkah Menyusui?

Menyusui merupakan proses alami untuk memberikan ASI pada bayi sehingga dapat membantu tumbuh-kembang bayi anda. Menyusui sangat disarankan bagi anda minimal dalam pemberian ASI ekslusif ekslusif yaitu dari umur 0 hingga 6 bulan. Anjuran pemberian ASI ekslusif dikarenakan manfaat ASI yang dapat menjaga daya tahan tubuh bayi, mengoptimalkan tumbuh-kembang, melengkapi nutrisi bayi dan juga menjalin ikatan antara ibu dan anak yang lebih kuat.

Lantas bagaimana apabila ibu mengalami kondisi yang mengakibatkan proses menyusui terhambat? Benarkan ketika ibu sedang sakit bayi tidak boleh mendapatkan ASI, karena akan menyebabkan bayi ikut tertular sakit? Pada kali ini kami akan membahas mengenai kondisi ibu menyusui yang sakit. Umumnya pemberian ASI dapat diberikan dan tidak perlu dihentikan asalkan anda dapat mencegah penularan pada bayi.

Penularan ibu sakit saat sedang menyusui dapat diatasi dengan menggunakan masker atau obat-obatan. Anda tidak perlu khawatir karena antibodi yang dibentuk ketika ibu menyusui sedang sakit terdapat di dalam ASI. Zat

Continue Reading

Tips Mengatasi Mual Saat Menyusui

Kini, bayi anda sudah terlahir. Bahaginya dapat merawat dan menjaga tumbuh-kembang buah hati anda. Anda dapat mengetahui berbagai pengetahuan yang berhubungan dengan perkembangan, pertumbuhan dan perawatan selama bayi terlahir hingga tumbuh besar dari berbagai situs kesehatan. Bergabunglah dengan berbagai forum kesehatan yang membantu anda untuk berbagai mengenai tumbuh-kembang bayi anda sehingga mengurangi kecemasan dan kekhawatiran dalam mengikuti proses pertumbuhan bayi anda.

Banyak hal yang dapat membuat anda cemas ketika mengikuti tumbuh kembang bayi anda. Baik yang berhubungan dengan kondisi kesehatan anda ataupun kondisi bayi. Hal itu memang wajar walaupun demikian anda jangan terlarut dalam kecemasan yang membuat anda stress, karena faktor psikis ibu yang baik sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh-kembang bayi anda.

Proses psikis ibu sangat berhubungan dengan pemberian ASI. Ibu seringkali merasa kurang percaya diri dalam pemberian ASI dikarenakan beberapa kondisi yang dialami oleh ibu menyusui. Beberapa kondisi yang membuat ibu tidak percaya diri seperti payudara bengkak, kelainan

Continue Reading

Ketahui Suhu yang Tepat Untuk Menyimpan ASI

Tidak lagi dapat diragukan bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber makanan dengan kandungan nutrisi terbaik untuk bayi. Kandungan gizi yang ada pada ASI begitu lengkap yang mana manfaatnya begitu baik untuk tumbuh kembang bayi.
Selain itu, ASI juga terbilang amat mudah dan begitu praktis untuk disajikan pada bayi. Namun, ada kalanya ibu yang menyusui tidak daat memberikan ASI-nya secara langsung pada bayi.

Umumnya, kondisi seperti ini banyak terjadi pada orang tua atau ibu yang juga merangkap sebagai seorang wanita karir yang disibukan dengan pekerjaannya, dengan demikian mau tidak mau ibu harus merelakan bayinya untuk menikmati ASI lewat botol seperti halnya ketika bayi mengkonsumsi susu formula. Untuk dapat menjamin ketersediaan ASI untuk bayi, seorang ibu pekerja harus memompa ASI-nya untuk dibuat stock yang disimpan dalam lemari es. Adapula ibu yang mampu menghasilkan ASI dalam jumlah yang banyak. Agar tidak terbuang sia-sia, maka ia harus memompa ASI-nya dan menyimpannya dalam

Continue Reading

Tips Berkarir Sambil Memberikan Asi Ekslusif

Selamat bagi anda kini yang tengah berbahagia dengan kehadiran anggota keluarga baru. Untuk tetap mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak anda berikan ASI eksklusif hingga usia anak anda minimal 6 bulan. Anda yang harus kembali ke kantor sehabis cuti melahirkan terkadang sangat dilematis karena kebanyakan wanita karir seringkali dihadapkan dengan pemberian ASI ekslusif dan tuntutan untuk kembali kerja.

Seringkali kendala dalam memberikan ASI ekslusif adalah kesibukan anda yang harus berbagi peran di luar rumah. Ya, menjadi wanita karir dan harus memberikan ASI ekslusif memang harus memiliki tips tersendiri sehingga anda dapat membagi waktu dan memprioritaskan untuk tetap mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Pertimbangan bagi anda adalah ASI adalah pilihan yang terbaik dibandingkan susu formula dikarenakan kandungan gizi yang terdapat ASI sangat sempurna sehingga dapat membangun perkembangan kecerdasan dan mencegah terserang berbagai macam penyakit.

Inilah tips yang dapat anda lakukan untuk membagi waktu pekerjaan dan memberikan ASI :

1. Lakukan

Continue Reading

Kenali Gaya Menyusui Pada Bayi Anda

 Tahukah anda keberhasilan seorang ibu dalam memberikan ASI akan didukung oleh posisi yang benar sehingga ibu menyusui disarankan untuk mempelajari posisi ketika memberikan ASI dalam mendukung kelancaran pemberian ASI. Anda dapat membiasakan untuk mengatur posisi tubuh dalam memberikan kenyamanan pada bayi anda terutama ketika sedang memberikan ASI.

Mengetahui cara yang baik dan benar untuk memberikan ASI :

1. Posisi Menggendong

Ketika anda menggendong bayi anda maka anda dapat memposisikan kepala bayi pada lekukan tangan anda. Salah satu contohnya apabila anda akan memberikan ASI dari payudara kanan anda maka anda dapat meletakan bayi anda di lekuk siku tangan kanan dan juga menggendong bokong pada telapak tangan kanan. Perhatikan pula arahan pada bayi anda sehingga kupingnya berada pada satu garis lurus dengan tangan bayi yangn berada di atas.Sehingga dapat disimpulkan bagi anda yang akan memberikan ASI dengan cara menggendong posisi muka, perut dan lutut bayi anda menempel pada dada dan perut

Continue Reading

Mencegah Bayi Mengantuk Ketika Sedang Mendapatkan ASI

Seorang bayi yang berada di bawah usia dua minggu perlu dibangunkan setidaknya setiap dua jam untuk mendapatkan ASI sehingga ia tidak mengalami dehidrasi. Setiap bayi yang mendapatkan ASI harus aktif mengisap dan menelan setidaknya selama 20 menit. Ibu juga perlu menjaganya sehingga pasokan susu sendiri tidak mengalami hambatan. Perlu anda ingat semakin anda memberikan ASI maka produksi ASI akan semakin lancar.

Ketika usia bayi anda memasuki usia dua minggu maka permintaan untuk mendapatkan ASI akan disesuaikan dengan kebutuhan bayi anda. Bahkan pada usia ini maka bayi sudah dapat mendapatkan ASI secara rutin. Walaupun demikian alangkah baiknya anda melakukan adaptasi sehingga beberapa minggu kedua hingga ketiga ketika anda mendapatkan kesulitan dapat diatasi. Beberapa minggu pertama menyusui selalu yang paling sulit salah satu diantaranya bayi akan mengalami kantuk ketika mendapatkan ASI. Ada begitu banyak yang dapat ibu lakukan untuk membantu menjaga bayi akan tetap terjaga saat sedang menyusui.

Berikut adalah beberapa

Continue Reading

Cara Menyimpan dan Menyiapkan ASI dari Kulkas

Dalam mendukung pemberian ASI maka ibu menyusui dapat menggunakan ASIP atau yang dikenal ASI perah sehingga membantu memberikan secara eksklusif selama enam bulan pada bayi anda. Pemberian asi perah seringkali dilakukan untuk ibu menyusui yang aktif  bekerja. Salah satu alasan sehingga tidak mengalami pembengkakan dikarenakan produksi ASI yang tidak seimbang dengan pemenuhan kebutuhan bayi anda. Dengan memerah ASI maka anda telah membantu mempertahankan produksi ASI.

Disarankan ibu menyusui yang akan aktif bekerja maka belajar untuk memerah ASI sebelum kembali bekerja pasca melahirkan. Dengan belajar memerah ASI sedini mungkin maka makin banyak stock ASI perah yang dapat disimpan untuk memenuhi kebutuhan bayi anda. Penyimpanan ASI perah sebaiknya di tempat yang disesuaikan, misalnya dengan menyimpan di dalam lemari pendingin. Penyimpanan ASI tidak harus selalu di freezer akan tetapi anda dapat menyimpan di kulkas hingga mencapai 3-8 hari. Waktu penyimpanan disesuaikan dengan kondisi dan cara yang tepat.

Perhitungan penyimpanan ASI perah di

Continue Reading

Upaya Mengatasi ASI yang Berlebih “Hiperlaktasi”

Beberapa masalah yang umum terjadi pada saat ibu sedang menyusui diantaranya adalah ketika produksi ASI yang berlebih sehingga membuat kebocoran meskipun tidak dihisap oleh bayi, seringkali produksi ASI meningkat pada saat pagi dan menggangu aktivitas anda terlebih bagi anda yang memiliki kesibukan di luar rumah. Normalkah apabila produksi ASI berlebih hingga dapat keluar tiba tiba, lantas bagaimana mengatasinya?

Sebelum anda menyatakan bahwa anda sedang mengalami masalah dengan produksi ASI yang berlebih, sebaiknya anda mengenal beberapa masalah yang berhubungan dengan produksi ASI. Pertama adalah ASI yang terlalu sedikit sehingga bermasalah dengan kecukupan susu pada bayi sedangkan selanjutnya seringkali ibu menyusui bermasalah dengan ASI yang terlalu banyak di awal kelahiran bayi, akan tetapi anda tidak perlu khawatir dikarenakan akan dapat menyeimbangkannya setelah beberapa minggu kehadiran bayi anda.

Terakhir adalah ASI yang menyembur ini terjadi dikarenakan produksi ASI yang berlebih dan membuat bayi anda kaget bahkan menolak untuk mendapatkan ASI. Dalam kejadian

Continue Reading

Kuantitas ASI Berkurang, Mungkinkah Saluran ASI yang Tersumbat?

Menjadi ibu baru menantang anda untuk mengetahui bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan yang terbaik untuk bayi anda. Anda memang dituntut tidak hanya sekedar mengikuti tradisi yang berkembang di keluarga akan tetapi perawatan dan kesehatan yang ilmiah yang akan menunjang tumbuh kembang bayi anda.

Pemberian ASI merupakan salah satu sumber utama nutrisi bayi anda hingga berusia minimal enam bulan. Dengan memberikan ASI ekslusif akan membantu tumbuh kembang yang optimal. Meskipun terkadang pemberian ASI bagi sebagian ibu mengalami hambatan dikarenakan adanya beberapa masalah yang berhubungan dengan kelancaran asi sehingga kuantitasnya berkurang.

Masalah yang seringkali dihadapi oleh ibu baru adalah kelancaran asi yang dapat disebabkan karena beberapa hal diantaranya adalah masalah saluran yang tersumbat. Bagaimana solusi untuk anda yang mengalami saluran ASI yang tersumbat? Saluran ASI yang tersumbat merupakan salah satu masalah yang seringkali dialami oleh ibu baru, biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama kelahiran bayi anda. Ketika saluran ASI tersumbat biasanya

Continue Reading

Tips Sukses Memberikan ASI pada Ibu yang Bekerja

Kegagalan memberikan asi ekslusif salah satunya dikarenakan faktor ibu yang mempunyai peranan ganda sehingga sibuk bekerja di luar rumah. Padahal pemerintah dalam undang-undang perburuhan telah memberikan hak kepada ibu menyusui mendapatkan kesempatan dalam memberikan asi. Meskipun demikian bagi ibu yang bekerja memberikan asi ekslusif pada anaknya dinilai masih kurang optimal dengan beberapa hal salah satunya kebijakan perusahaan dalam memberikan waktu cuti yang terlalu pendek, kurangnya dukungan dari tempat kerja untuk memerah asi dan tidak di sediakannya ruangan khusus untuk memerah asi. Sebaiknya ibu yang sedang menyusui mempunyai trik khusus sehingga sukses memberikan asi meskipun sibuk di kantor.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pelajari sukses dalam memberikan asi pada anak anda meskipun sibuk dengan pekerjaan kantor :

1.    Persiapkan diri sebelum masuk kerja

Pasca melahirkan anda dapat menyusun jadwal dalam mempersiapkan pemberian asi ekslusif meskipun anda akan di sibukkan dengan urusan kantor anda. Pada saat masa nifas anda dapat

Continue Reading

Benarkah ASI dan Susu Formula Punya Kandungan Gizi Yang Sama?

Bagi anda para wanita yang memiliki bayi, kegiatan memberikan ASI amat penting bagi bayi, fungsinya adalah untuk memenuhi kebutuhan yodium sang bayi. Tak hanya itu, penelitian menemukan dengan memberikan ASI pada bayi anda yang baru lahir bisa menghindarkan anda dari resiko terkena kanker payudara. Seorang peneliti dari Better Health Channel menuturkan, nutrisi yang baik merupakan kunci pertumbuhan fisik serta mental bagi sang bayi. Sementara kekurangan yodium saat ini menjadi salah satu penyebab terjadinya penurunan intelektual dan mental anak-anak diseluruh dunia, pungkasnya.

Sebagaimana dilansir dari The Examiner, bahwa sumber yodium bisa diperoleh dari ASI. Namun mencengangkannya lagi, sebuah studi penelitian baru-baru ini menemukan, kadar yodium yang dibutuhkan bayi dapat pula diperoleh dari susu formula dan memiliki kandungan gizi baik sebagaimana yodium dalam ASI ibu. Yodium juga dianggap berperan penting bagi bayi baru lahir karena dianggap penting bagi hormone tiroid. Nutrisi ini juga berperan aktif dalam perkembangan bayi seperti mencegah terjadinya

Continue Reading

Pemberian ASI Pertama pada Bayi Prematur

Bayi yang lahir prematur akan meningkatkan ancaman pada kelangsungan hidupnya, resiko yang paling sering ditemukan adalah penyakit pencernaan yang berhubungan dengan masalah usus. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, komposisi yang terdapat di dalam asi dapat menyelawatkan nyawa bayi anda. Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir, baik pada bayi yang lahir cukup bulan ataupun pada bayi yang lahir kurang bulan (prematur). Penelitian menemukan adanya pengaruh yang signifikan pada bayi yang mendapatkan ASI Ekskutif dengan yang tidak mendapatkannya. Hal ini tampak jelas dari perubahan fisiologis ataupun emosional pada anak yang tidak mendapatkan ASI.

Badan kesehatan dunia, WHO sangat menyarankan untuk memberikan ASI minimal hingga usia bayi 6 bulan. Meskipun beberapa ibu baru sering kali mengalami kesulitan, apalagi bila bayi lahir secara prematur. Pada bayi yang lahir prematur sering kali mengalami gangguan medis disebabkan belum sempurnanya fungsi pernafasan, saluran cerna dan juga jantung. Sehingga seringkali

Continue Reading

7 Tips Mempersiapkan Diri Memberikan ASI dengan Menyenangkan

Menyusui ialah salah satu kegiatan yang paling utama bagi wanita yang telah melahirkan. Untuk wanita yang pertama kalinya akan menyusui tentu saja ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan juga menegangkan. Namun tidak sedikit juga wanita yang masih ragu-ragu ketika akan menyusui bayinya yang disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri atas kemampuannya untuk menyusui bayi atau rasa sakit yang ditimbulkan pada payudara ketika pertama kali akan menyusui. Oleh karena itu sebagai wanita yang hendak melahirkan sebaiknya mencari tahu persiapan apa saja yang mesti dilakukan sebelum menyusui. Dan sebaiknya anda juga mempelajari bagaimana cara yang benar ketika akan menyusui. Proses menyusui ini sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik ibu yang baik serta suasana hati sang ibu itu sendiri. Oleh karena itu, anda dapat melakukan persiapan agar kegiatan menyusui anda berjalan dengan lancar juga menyenangkan.

Beberapa persiapan sebelum menyusui ini ialah :

1.    Ciptakan suasana hati yang cukup tenang ketika akan

Continue Reading

Tips Menyusui Setelah Melakukan Persalinan Caesar

Beberapa wanita memilih persalinan dengan operasi caesar, baik hanya sekedar pilihan maupun atas berbagai macam pertimbangan medis sesuai anjuran dari dokter yang mengharuskan untuk melakukan operasi caesar. Namun walaupun begitu bayi yang telah terlahir melalui proses persalinan caesar masih membutuhkan asupan berupa ASI sebagai nutrisi yang paling pertama dan paling baik bagi pertumbuhan bayi. Pada kondisi yang berbeda, ibu yang akan menyusui bayinya sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan kondisi tubuh setelah proses operasi caesar.

Walaupun kondisi anda masih sangat lemas setelah melewati proses operasi caesar, namun yang pasti anda sangat ingin sekali segera memberikan ASI untuk bayi anda. Bayi yang terlahir melalui operasi caesar kemungkinan besar akan terlihat seperti lesu dan akan lebih sering tidur dikarenakan bayi tersebut terkena imbas dari obat anestesi saat operasi caesar. Jika dibandingkan dengan bayi yang lahir secara normal. Hal ini sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bayi supaya rasa ngantuk

Continue Reading

Memerah Asi atau Pompa ASI?

Sebagai seorang ibu menyusui, kita harus pandai dalam membagi waktu supaya jadwal anda dalam memerah ASI tidak sedikit pun terganggu dan juga pekerjaan lainnya tidak teganggu. Anda bisa mendapatkan ASIP atau Air Susu Ibu Perah dengan menggunakan dua cara. Yaitu menggunakan tangan ataupun dengan alat bantu pompa ASI. Sudah tentu dari kedua teknik tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Apapun yang menjadi pilihan anda sebaiknya pilih yang menurut anda paling nyaman dan yang paling baik untuk anda sendiri.

Beberapa keuntungan memerah ASI menggunakan tangan :

1.    Terasa lebih efektif dalam mengosongkan payudara anda, bahkan ketika ASI tinggal sedikit. Dengan memijat langsung pada payudara, anda dapat mengeluarkan ASI yang ada tersisa.

2.    Lebih ekonomis, anda tidak diharuskan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli allat pompa ASI, baterai ataupun biaya listrik untuk mengoperasikan alat pompa ASI elektrik.

3.    ASI yang dihasilkan menggunakan tanggan, jumlahnya akan lebih banyak jika

Continue Reading

Makanan yang Mempengaruhi ASI

Apakah rasa ASI yang dihasilkan oleh ibu dipengaruhi oleh makanan yang ibu konsumsi? Mungkin banyak ibu menanyakan hal yang sama. Berikut beberapa informasi yang berhubungan dengan pertanyaan tersebut. Menurut para ahli mengatakan bahwa ternyata rasa dari ASI yang di hasilkan oleh ibu dipengaruhi oleh makanan tertentu. Namun para ahli laktasi menyebutkan agar anda tidak terlalu mencemaskan rasa dari ASI tersebut, karena rasa yang dihasilkan tidak sama persis dengan rasa makanan yang ibu konsumsi. Rasanya samar-samar dan hanya bertahan selama 8 jam.

Yang paling penting yaitu, ibu mengkonsumsi makanan dengan jenis yang berbeda supaya kualitas pada ASI tetap terjaga dengan baik dan bayi juga dapat mengenal bermacam cita rasa pada makanan. Beberapa pengamatan juga menunjukan bahwa sebenarnya selera makan pada bayi dapat dipengaruhi oleh beberapa jenis rasa yang dikenalnya dari air susu ibu. Dengan demikian ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk membuat anak anda lebih mengenal rasa sayuran

Continue Reading

Langkah Memberikan ASI Perah yang Telah di Simpan dalam Lemari Pendingin

Jika anda termasuk seorang wanita yang harus melakukan kegiatan di luar rumah, atau anda harus kembali bekerja namun tetap ingin memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi anda. Namun anda tidak perlu cemas, anda dapat mengatasinya dengan Air Susu Ibu Perah atau ASIP. Ada beberapa hal yang penting untuk anda ketahui, yaitu cara yang benar dalam menyimpan juga memberikan ASI perah tersebut. Anda juga harus mengetahui cara penyimpanan ASI perah yang benar.

Jika terjadi kesalahan pada penyimpanan dapat menyebabkan ASI perah tersebut rusak dan menurunnya kualitas ASI. Selain itu cara pemberian ASI perah yang salah, dapat menyebabkan bayi tidak ingin menyusui langsung pada ibunya. Sebelum ASI perah ini diberikan pada bayi, ASI perah yang telah disimpan dalam lemari pendingin diharuskan untuk melalui tahapan ini :

1.    Ambilah ASI perah yang telah disimpan sesuai waktu pemerahan ASI atau ASI yang paling pertama diperah harus terlebih dulu diberikan.

2.    Jika ASI perah telah

Continue Reading

Tips Memilih Pompa ASI

Dukungan untuk memberikan ASI ekslusif tidak saja datang dari ahli medis maupun keluarga anda akan tetapi pemerintah dan lingkungan kerja anda untuk senantiasa memberikan asi minimal sampai usia bayi anda berumur enam bulan. Kewajiban memberikan asi pada bayi berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan yang optimal pada bayi anda. Bagi anda yang memiliki kesibukan di luar rumah sehingga mengharuskan menyediakan asi cadangan, anda dapat menggunakan metode memerah asi. Meskipun terdengar mudah akan tetapi tidak sedikit sebagian ibu menyusui yang kesulitan di dalam memerah asi.

Memerah asi dapat menggunakan tangan langsung atau menggunakan bantuan alat seperti pompa khusus memerah asi. Banyak ibu menyusui yang kesulitan dalam memerah asi menggunakan tangan sehingga memilih menggunakan pompa yang lebih efisien dalam mendapatkan asi ketimbang dengan menggunakan tangan. Hal yang harus anda ingat bahwa menggunakan pompa asi tidak boleh sembarangan, memilih pompa asi yang benar sehingga nyaman dan tidak memberikan efek samping bagi anda yang menggunakannya.

Continue Reading

Melakukan Relaksasi bagi Ibu Menyusui

Relaksasi merupakan salah satu cara yang dalam mengistirahatkan beberapa fungsi fisik dan psikis yang berada di dalam diri sehingga mendapatkan hasil untuk mengurangi stress dan berdampak pada kenyaman dalam diri anda. Metode relaksasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, salah satu metode relaksasi yaitu relaksasi pada ibu hamil dan relaksasi pada ibu menyusui. Melancarkan asi tidak saja dari faktor makanan yang dikonsumsi oleh ibu, beberapa faktor lain seperti situasi kesehatan dan psikis ibu akan membantu dalam melancarkan asi.

Beberapa kondisi yang membuat ibu tertekan sehingga mengakibatkan kelancaran asi menjadi terhambat, ibu perlu membutuhkan beberapa teknik dalam melakukan rileksasi untuk tetap menjaga kualitas dan kuantitas asi. Teknik relaksasi dalam melancarkan asi dimulai sejak dini setidaknya pada saat anda berada dalam usia kehamilan memasuki usia trimester ketiga. Anda dapat melanjutkan hingga proses menyusui berlangsung, lakukan metode ini di rumah dengan langkah-langkah berikut :

1.    Menggunakan olive oil atau baby oil

Anda dapat

Continue Reading

ASI Meningkatkan Kecerdasa Anak

Asi merupakan salah satu makanan sekaligus minuman yang memberikan sumber gizi yang sempurna dalam kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan bayi anda. Selain itu penelitian menemukan manfaat asi bagi perkembangan kecerdasaan anak anda. Penelitian yang di lakukan di Amerika Serikat menunjukan kandungan gizi dari asi memberikan manfaat dalam mempercepat pertumbuhan otak hingga tiga puluh persen pada anak anda. Pemerintah Indonesia sangat mendukung dalam pemberian asi selain berhubungan dengan aspek kesehatan bayi, pemberian asi akan membantu meningkatkan sumber daya di masa depan. Bayi yang mendapatkan asi secara ekskulisif selama enam bulan pertama akan mengalami pertumbuhan yang optimal pada bagian otak dan dapat mengendalikan kemampuan anak anda di kemudian hari, salah satunya adalah kemampuan dalam bahasa, pemahaman dan juga emosi.

Sangat disarankan untuk anda memberikan asi ekskusif pada bayi anda, penelitian menemukan perbedaan otak pada bayi yang mendapatkan asi dengan bayi yang diberikan susu formula. Dari penelitian tersebut ditemukan adanya perbedaan pada struktur

Continue Reading

Cara Memanaskan ASI

Bagi anda yang memiliki kesibukan di luar rumah, pekerjaan kantor ataupun beberapa kondisi seperti perjalanan dinas sehingga membuat anda harus meninggalkan bayi anda beberapa hari padahal bayi anda masih harus terpenuhi nutrisi dari ASI anda. Kondisi ini jelas membuat anda kebingungan, anda khawatir dengan asi yang sudah anda perah tidak segar dan basi sehingga menggangu kesehatan bayi anda. Asi merupakan salah satu nutrisi terbaik yang dapat memenuhi kecukupan gizi harian bayi anda, penelitian menemukan bahwa asi memiliki kelengkapan nutrisi yang tidak ditemukan pada susu formula selain itu asi mampu memberikan imunitas bagi bayi anda. Pentingnya pemberian asi sehingga pemerintah melalui Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)  sangat mendukung dalam pemberian asi ekslusif. Meskipun anda sibuk anda dapat memberikan asi perah yang disimpan di dalam lemari pendingin, apabila bayi anda membutuhkan anda dapat memanaskannya.

Dalam penyimpanan air susu perah akan bertahan hingga 24 jam dalam suhu tertentu. Sedangkan apabila anda menyimpannya

Continue Reading

Waktu yang Tepat dalam Memberikan ASI

Air Susu Ibu merupakan minuman sekaligus makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik dan sempurna jika dikonsumsi semenjak bayi lahir hingga mencapai usia 6 bulan. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ASI diantaranya yaitu lectalbumin, lemak sehat juga zat antibody yang bermanfaat melindungi bayi dari berbagai penyakit. Disarankan sekali kepada wanita yang baru melahirkan agar memberikan sang bayi ASI secara eksklusif selama 6 bulan. ASI eksklusif ini baik bagi daya tahan tubuh si kecil agar tidak terserang penyakit. Banyak hal yang ibu harus perhatikan pada saat mengurus bayi.

Tidak terkecuali kapan waktu yang tepat untuk memberikan ASI pada bayi anda, diantaranya :

1.    Berikan ASI pada saat setelah bayi dilahirkan. Pada saat bayi anda baru lahir, mungkin ASI yang diproduksi belum begitu lancar, namun itu tidak menjadikan masalah karena bayi akan menghisap sangat kuat sehingga proses produksi ASI dengan sendirinya lancar.

2.    Berikan ASI ketika bayi menginginkan. Dengan berjalannya waktu, bayi

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us