data-ad-format="auto"

7 Tips Menyenangkan Mengajarkan Anak Tentang Uang

Pada dasarnya tidak pernah ada perkataan terlalu dini untuk memulai mengajar anak-anak tentang uang. Anda dapat mengajarkan anak tentang uang pada usia sekolah karena anak-anak belajar penambahan, pengurangan, dan konsep matematika lainnya di sekolah. Orangtua dapat membangun beberapa keterampilan fiskal penting, seperti tabungan. Seiring bertambahnya usia, mereka dapat mulai membuat beberapa keputusan tentang uang, seperti memutuskan bagaimana membelanjakan uang saku. Dengan mengajarkan anak tentang uang maka diharapkan anak anda dapat hidup hemat dikemudian hari.

Berikut adalah 7 tips menyenangkan mengajarkan uang pada anak :

1.  Mengenalkan melalui permainan

Anda dapat mengajarkan anak anda tentang uang dengan cara bermain bersama, salah satu permainan yang dapat anda mainkan bersamanya adalah permainan monopoli, hal ini akan membuat anak anda menyenangkan mengenal uang, sesekali anda mengajarkan anak anda untuk berhemat dan menentukan prioritas kepentingan yang harus didahulukan dalam mengeluarkan uang.

2.  Berbelanja bersama dengan anak

Mengajar anak-anak tentang uang bisa menjadi bagian dari rutinitas rumah tangga biasa seperti pergi ke toko kelontong. Katakan dengan bijaksana kepada anak anda, bahwa membeli permainan yang sekiranya tidak penting dapat ditunda setelah kebutuhan anda tercukupi. Anda dapat mengajaknya terlebih dahulu ke tempat-tempat yang menjadi kebutuhan anda kemudian ke tempat permainan. 

3.  Beri anak anda uang saku

Anda dapat mulai memberikan jatah uang saku pada anak anda, uang saku yang anda berikan untuk sepanjang hari sehingga apabila uang sakunya habis dan meminta lagi pada hari yang sama sebaiknya tidak diberikan, sehingga anak anda dapat mengatur pengeluarannya. Tentu saja anda harus memperingatinya agar uang saku anak anda dapat memenuhi kebutuhan seharinya, ajarkan pula untuk menyisihkan uang sakunya untuk menabung.

4.  Anda dapat memilih tempat favorit untuk tabungan anak

Untuk mendorong kebiasaan menabung, anda dapat membelikan dompet atau celengan dengan tokoh favorit anak anda. Beberapa ahli menyarankan untuk memberikan anak Anda tiga wadah yang berbeda untuk menempatkan uangnya, satu untuk tabungan, satu untuk belanja, dan satu untuk menyumbang untuk amal. Kemudian, Anda dapat memutuskan bersama bagaimana membagi uang saku mingguannya di antara tiga toples tersebut.

5.  Perkenalkan cara tabungan di Bank

Anda dapat memperkenalkan cara menabung ke anak anda, salah satunya adalah dengan membuka rekening di bank pada usia anak anda 8-9 tahun. Setiap bulan anda dapat membimbingnya untuk membiasakan menabung di bank.

6.  Berikan contoh yang baik

Anda dapat memberikan contoh, jangan pernah berbohong dalam memenuhi kebutuhan anda sesuai dengan pengeluaran. Anda dapat memenuhi kebutuhan sebelum memenuhi keinginan anda, catat kebutuhan yang harus diprioritaskan. Ajarkan pula kebiasaan untuk menentukan priotitas kebutuhan pada anak anda.

7.  Mengajarkan kemurahan hati

Anda dapat mengajarkan anak anda tentang uang sekaligus mendiskusikan tentang berbagi pada orang yang membutuhkan. Bantuan uang dimasukkan ke dalam perspektif dengan menunjukkan bahwa ada banyak hal lain seperti dengan adanya cinta keluarga dan sesama umat manusia yang penting. Dengan demikian anak anda akan lebih bijak dalam menggunakan uang untuk tabungan, berbagi sesama dan juga untuk kebutuhannya sehingga anak anda dapat memahami fungsi dari uang, tidak hanya sekedar untuk membeli keinginanya saja.

Author: Metta
Artikel ini di supervisi oleh Bidan Luli Yulistina

Follow us