data-ad-format="auto"

7 Tips Mempersiapkan Diri Memberikan ASI dengan Menyenangkan

Menyusui ialah salah satu kegiatan yang paling utama bagi wanita yang telah melahirkan. Untuk wanita yang pertama kalinya akan menyusui tentu saja ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan juga menegangkan. Namun tidak sedikit juga wanita yang masih ragu-ragu ketika akan menyusui bayinya yang disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri atas kemampuannya untuk menyusui bayi atau rasa sakit yang ditimbulkan pada payudara ketika pertama kali akan menyusui. Oleh karena itu sebagai wanita yang hendak melahirkan sebaiknya mencari tahu persiapan apa saja yang mesti dilakukan sebelum menyusui. Dan sebaiknya anda juga mempelajari bagaimana cara yang benar ketika akan menyusui. Proses menyusui ini sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik ibu yang baik serta suasana hati sang ibu itu sendiri. Oleh karena itu, anda dapat melakukan persiapan agar kegiatan menyusui anda berjalan dengan lancar juga menyenangkan.

Beberapa persiapan sebelum menyusui ini ialah :

1.    Ciptakan suasana hati yang cukup tenang ketika akan menyusui. Anda dapat melakukan hal yang bisa membuat ibu menjadi tenang dan releks, seperti mendengarkan musik yang anda sukai sebelum menyusui hingga selama anda menyusui.

2.    Sebelum menyusui sebaiknya anda pergi mandi dengan menggunakan air yang hangat, hal ini dapat membuat anda menjadi releks. Air hangat ini dapat membantu aliran darah pada tubuh anda menjadi lencar, dengan begitu sirkulasi air susu yang akan dihasilkan menjadi lancar. Selain dari hal itu, air hangat juga dapat membuat tubuh anda menjadi bersih, sehingga anda dapat memperkecil resiko terkena kontaminasi kuman yang berasal dari tubuh anda terhadap bayi ketika akan menyusui.

3.    Anda juga sebaiknya menyediakan tempat khusus lengkap dengan semua peralatan yang dibutuhkan. Seperti kursi yang cukup nyaman untuk anda, bantal yang cukup empuk untuk menopang tubuh bayi, hingga sediakan handuk yang kecil untuk ibu menyeka mulut bayi yang baru selesai menyusui. Agar ibu tetap nyaman ketika menyusui, usahakan anda duduk dengan posisi kaki tidak menggantung.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

4.    Sebaiknya anda membersihkan kotoran yang menempel pada putting susu dengan menggunakan air hangat serta handuk yang sangat lembut. Tidak disarankan untuk anda mencuci puting menggunakan sabun, ini dapat menyebabkan putting susu menjadi kering. Anda dapat menggunakan baby oil atau minyak zaitun untuk membersihkan serta membuat putting tersebut lembab.

5.    Anda dapat melakukan pemijatan sendiri dengan lembut. Mulailah dari pinggir payudara menuju pada putting susu. Lakukan pijatan ini ketika anda akan mandi agar kotoran yang menempel pada puting hilang, selain itu pemijatan ini bisa melancarkan peredaran darah. Akan lebih baik jika pemijatan ini dilakukan menggunakan handuk hangat.

6.    Ketika putting susu anda masuk, segera keluarkan putting susu tersebut kemudian putar-putar menggunakan jari ke arah kanan dan arah kiri. Lakukan hal ini dengan rutin agar putting susu anda bisa lebih keluar.

7.    Sebaiknya anda memastikan kondisi anda dalam keadaan yang bersih.

Sebaiknya anda membiasakan diri untuk cuci tangan ketika akan menggendong bayi. Selain persiapan tadi yang harus di perhatikan oleh ibu, hal yang paling penting ialah perbanyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang, seperti vitamin,mineral, lemak, protein, serta karbohidrat. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, anda dapat mengkonsumsi daun katuk untuk merangsang sistem produksi ASI. Sebaiknya persiapan ini juga dilakukan ketika anda masih hamil. 

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us