7 Tips Mempersiapkan Diri Memberikan ASI dengan Menyenangkan

5/5 (1)

Beberapa persiapan sebelum menyusui ini ialah :

1.    Ciptakan suasana hati yang cukup tenang ketika akan menyusui. Anda dapat melakukan hal yang bisa membuat ibu menjadi tenang dan releks, seperti mendengarkan musik yang anda sukai sebelum menyusui hingga selama anda menyusui.

2.    Sebelum menyusui sebaiknya anda pergi mandi dengan menggunakan air yang hangat, hal ini dapat membuat anda menjadi releks. Air hangat ini dapat membantu aliran darah pada tubuh anda menjadi lencar, dengan begitu sirkulasi air susu yang akan dihasilkan menjadi lancar. Selain dari hal itu, air hangat juga dapat membuat tubuh anda menjadi bersih, sehingga anda dapat memperkecil resiko terkena kontaminasi kuman yang berasal dari tubuh anda terhadap bayi ketika akan menyusui.

3.    Anda juga sebaiknya menyediakan tempat khusus lengkap dengan semua peralatan yang dibutuhkan. Seperti kursi yang cukup nyaman untuk anda, bantal yang cukup empuk untuk menopang tubuh bayi, hingga sediakan handuk yang kecil untuk ibu menyeka mulut bayi yang baru selesai menyusui. Agar ibu tetap nyaman ketika menyusui, usahakan anda duduk dengan posisi kaki tidak menggantung.

4.    Sebaiknya anda membersihkan kotoran yang menempel pada putting susu dengan menggunakan air hangat serta handuk yang sangat lembut. Tidak disarankan untuk anda mencuci puting menggunakan sabun, ini dapat menyebabkan putting susu menjadi kering. Anda dapat menggunakan baby oil atau minyak zaitun untuk membersihkan serta membuat putting tersebut lembab.

5.    Anda dapat melakukan pemijatan sendiri dengan lembut. Mulailah dari pinggir payudara menuju pada putting susu. Lakukan pijatan ini ketika anda akan mandi agar kotoran yang menempel pada puting hilang, selain itu pemijatan ini bisa melancarkan peredaran darah. Akan lebih baik jika pemijatan ini dilakukan menggunakan handuk hangat.

6.    Ketika putting susu anda masuk, segera keluarkan putting susu tersebut kemudian putar-putar menggunakan jari ke arah kanan dan arah kiri. Lakukan hal ini dengan rutin agar putting susu anda bisa lebih keluar.

7.    Sebaiknya anda memastikan kondisi anda dalam keadaan yang bersih.

Sebaiknya anda membiasakan diri untuk cuci tangan ketika akan menggendong bayi. Selain persiapan tadi yang harus di perhatikan oleh ibu, hal yang paling penting ialah perbanyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang, seperti vitamin,mineral, lemak, protein, serta karbohidrat. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, anda dapat mengkonsumsi daun katuk untuk merangsang sistem produksi ASI. Sebaiknya persiapan ini juga dilakukan ketika anda masih hamil. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel