data-ad-format="auto"

7 Perubahan Kecil Untuk Kesehatan Anda

Perubahan yang anda lakukan untuk membentuk pola hidup yang sehat memang tidak sulit, umunya semua orang mengetahuinya. Dengan membiasakan makanan dan minuman sehat dikonsumsi setiap hari, tidur dengan cukup dan juga membiasakan olahraga merupakan rahasia umum untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Apakah anda tahu , bahwa perubahan kecil yang anda lakukan akan membantu menjaga kesehatan anda?

Berikut adalah 7 perubahan kecil yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga :

1.  Membiasakan sarapan

Makan di pagi hari tidak harus dengan konsumsi makanan yang rumit dan membutuhkan waktu untuk menyajikannya, cukup dengan makanan yang mampu menyediakan energi pada tubuh anda. Anda dapat meluangkan waktu sarapan anda 5-15 menit untuk mengkonsumsi sereal, gandum atau nasi. Pilihan kandungan karbohidrat kompleks akan membantu anda dalam menyediakan energi yang bertahan lebih lama. Anda juga dapat memilih sereal dengan yogurt untuk sarapan di pagi hari dalam mencukupi kebutuhan energi dan juga serat setiap hari.

2.  Pengunaan benang gigi (flossing)

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Membersihan gigi secara teratur dengan menggunakan pasta gigi dirasa belum optimal dikarenakan bagian terkecil pada gigi anda tidak terjangkau dengan menggunakan sikat gigi saja. Flossing atau penggunana benang gigi adalah salah satu cara untuk membersihkan sisa makanan secara optimal. Selain itu manfaat flossing atau penggunaan benang gigi untuk mengurangi plak dan juga bakteri, penelitian menemukan plak dan bakteri yang menumpuk dan tidak dibersihkan akan memperburuk diabetes dan hipertensi bahkan menyebabkan kelahiran prematur.

3.  Membuat racikan kopi sendiri

Membuat racikan kopi sendiri memungkinkan anda untuk mengontrol jumlah asupan gula berlebih, selain itu cemilan yang sehat dapat anda hadirkan dengan berbagai biskuit yang rendah kalori dan lemak. Sebuah penelitian menunjukan bagi anda yang sangat ketergantungan dengan kopi dan membiasakan mengkonsumsinya di rumah saja akan membantu anda menghindari berbagai jenis makanan tidak sehat pada resto makanan cepat saji.

4.  Rutin berjalan kaki

Usahakan untuk menempuh perjalanan yang sekiranya masih bisa anda lakukan dengan berjalan kaki. Membiasakan berjalan kaki akan membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang. Berjalan kaki merupakan cara untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental anda, usahakan untuk menyempatkan diri berjalan kaki setiap hari.

5.  Makan lebih sering

Bagi anda yang sering menunda waktu makan selain dapat meningkatkan tumpukan lemak di area perut juga dapat mengalami berbagai gangguan kesehatan diantaranya tingkat asam lambung di dalam tubuh anda. Makan lebih sering merupakan salah satu cara melakukan perubahan kecil untuk kesehatan anda.Mengkonsumsi makanan yang lebih sering dengan jumlah yang sedikit akan membantu pencernaan anda dan menghindari perut kembung juga makan yang berlebih.

6.  Menambahkan perasa alami ke air minum

Tubuh membutuhkan cairan yang harus dapat dipenuhi dari konsumsi setiap hari. Anda harus mencukupi kebutuhannya sebanyak 8 gelas perhari. Apabila anda merasa bosan dan ingin menambahkan rasa pada minuman anda. Anda dapat menambahkan perasa alami ke air minum anda seperti perasan lemon, jeruk nipis ataupun mentimun. Meskipun rasanya tidak seperti minuman kemasan yang sering anda konsumsi akan tetapi ini dapat membantu anda untuk menghindari kebosanan dalam minum air mineral.

7.  Hidupkan musik klasik saat makan malam

Untuk menjaga diri dari makan terlalu cepat dan terlalu banyak, anda dapat mendengatkan musik yang lambat. Mengutip sebuah studi penelitian yang menemukan orang-orang yang mendengarkan musik yang cepat dengan mengkonsumsi makan, rata-rata lima gigitan per menit. Mereka yang tidak mendengarkan musik makan empat gigitan per menit. Sedangkan mereka yang mendengarkan musik memperlambat makan hanya tiga gigitan per menit.

Loading...

Follow us