data-ad-format="auto"

5 Tanda Tulang Anda Lemah & Cara Mengatasinya

Tulang memang menjadi bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Tanpa tulang, tentunya manusia tidak bisa tegak dan juga berdiri. Tulang memang menjadi struktur tubuh yang menopang kita seperti halnya tulang rangka dimana memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Bagaimanapun juga, rangka memang menjadi penopang tubuh manusia sehingga manusia bisa berjalan, berdiri, duduk dan juga lain sebagainya. Tentu, bisa kita bayangkan bagaimana jika manusia tidak memiliki tulang, mungkin tidak akan memiliki struktur tubuh yang sempurna, bukan?

Seperti yang sudah tahu bahwa tulang memiliki fungsi yang tidak bisa diabaikan, maka sangat penting bagi kita untuk menjaga tulang kita tetap sehat. Tulang yang sehat akan senantiasa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Terlepas dari hal tersebut tentunya menyadarkan kita akan satu penyakit yang rentan menyerang tulang, yakni osteoporosis. Penyakit ini memang banyak terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada anak muda bahkan saat ini tidak sedikit anak mudah yang sudah mengalami osteoporosis.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan sehat atau tidaknya tulang yang kita miliki. Hal ini dikarenakan cukup sulit untuk mendeteksi masalah tulang yang kita alami. Namun, ada beberapa tanda jika ternyata tulang kita tidak sehat atau lemah. Meskipun kita tahu bahwa tulang ialah bagian tubung yang keras, namun ternyata kelemahan juga bisa terjadi pada tulang. Tentunya, ada beberapa tanda yang bisa Anda ketahui akan tulang yang lemah ataupun kuat.

Tanda Tulang Anda Lemah

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Seperti yang kita tahu bahwa tulang ialah bagian sebuah jaringan hidup yang dilengkapi dengan pembuluh darah, saraf dan juga jaringan lunak lainnya. Pada orang yang memiliki tulang yang lemah tentunya tulang memiliki kepadatan mineral yang rendah. Tulang yang lemah tentunya akan cenderung mudah patah saat terjadinya benturan yang kecil. Sebenarnya, tidak ada gejala apapun saat tulang Anda terasa lemah, akan tetapi tulang yang lemah akan ditandai dengan keadaan dan juga struktur tulang yang mudah patah.

Akan tetapi, banyak orang yang tidak mengetahui akan kondisi tulang yang lemah. Tentunya, ada beberapa penyebab dimana tulang Anda lemah yakni kemungkinan Anda terjatuh ataupun terpeles yang menyebabkan tulang Anda sangat rawan. Kondisi ini dimana dunia medis disebut dengan osteopenia. Osteopenia ini yakni suatu kondisi tulang yang lemah sebelum seseorang tersebut mengalami osteoporosis. Menurut National Foundation yakni seseorang yang memiliki osteopenia akan memiliki risiko yang lebih besar mengalami osteoporosis. Pada fase ini tentunya tulang akan mengalami kepadatan tulang dikarenakan kehilangan kepadatan mineralnya. Dalam hal ini sebenarnya Anda akan melihat tanda jika tulang Anda lemah sebelum benar-benar keropos.

Berikut ini kami sajikan beberapa tanda tulang Anda lemah, diantaranya:

Kuku mudah rapuh

Tanda pertama yang mungkin muncul yakni adanya kerapuhan pada kuku Anda. Bagaimanapun juga, kuku memang dapat dijadikan sebagai tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Sedangkan menurun Dr. Susan E. Brown, wanita yang memiliki kuku tumbuh lebih kuar dan juga sehat, maka menjadi tanda bahwa tulang pada tubuh Anda juga kuat. Ini menjadi tanda dimana kekuatan kuku menjadi tanda bahwa adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk itu, kekuatan kuku tentunya menjadi tanda awal apakah tulang Anda baik-baik saja ataukah tidak.

Adanya penurunan kemampuan aktivitas fisik

Tanda kedua yang mungkin terjadi dimana adanya gangguan pada tulang Anda yakni dengan menurunnya kemampuan aktivitas fisik yang Anda lakukan sehari-hari. Tanda dimana tulang Anda lemah dapat dilihat pula dari kekuatan otot, aktivitas saat berolahraga, keseimbangan tubuh dan juga kapasitas aerobik. Jika Anda mengalami adanya penurunan kebugaran Anda, maka besar kemungkinan massa tulang Anda menjadi cukup rawan.

Kondisi tersebut tentunya akan diperparah saat Anda melakukan aktivitas olahraga. Tentu, hal ini akan menyebabkan Anda merasa khawatir dan juga malas untuk melakukan olahraga. Menurut Dr. Susan E. Brown tentunya wanita yang tidak aktif secara fisik, akan tetap memiliki keseimbangan tubuh setelah melakukan aktivitas olahraga sesuai dengan kebutuhan dirinya. Sedangkan untuk orang yang berusia lanjut yang berumur 80-90 tahun tentunya memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri sehingga dapat merespon olahraga agar tetap memiliki kekuatan dan juga ketahanan. Maka dari itu, Anda tidak boleh merasa takut untuk bergerak.

Menurunnya kekuatan tubuh

Tentunya, seiring dengan bertambahnya usia, risiko patah dan juga lemah tulang menjadi hal yang harus Anda hadapi. Hal ini dikarenakan usia yang semakin bertambah akan menyebabkan kekuatan otot menjadi lebih menurun sehingga kemampuan Anda dalam mengangkat benda-benda berat menjadi lebih menurun. Peneliltian terbaru tentunya mengungkapkan bahwa wanita pasca menopause berhubungan dengan uji fisik untuk mengetahui kepadatan mineral tulang. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa usia yang bertambah tua memiliki kepadatan tulang yang mulai menurun. Bagi Anda yang merasa bahwa kekuatan tulang Anda semakin lemah terutama saat menjingjing dan membawa sesuatu, maka Anda dapat mengatasinya dengan melakukan olahraga sesuai dengan tujuannya dalam meningkatkan kekuatan tulang tangan.

Sering merasa kram, nyeri tulang dan nyeri otot

Tanda selanjutnya yang bisa Anda rasakan yakni seringnya Anda merasakan nyeri pada tulang dan juga otot-otot tubuh. Dapat disimpulkan bahwa semakin seringnya Anda merasakan nyeri pada tulang, maka ini bisa menjadi indikasi dimana tulang Anda mulai lemah. Hal ini mungkin saja dapat disebabkan oleh kurangnya vitamin D karena menurut pakar kesehatan menyatakan bahwa vitamin D sangat berkaitan erat dengan nyeri otot dan juga kekuatan tulang Anda.

Tidak hanya itu, nyeri tulang dan otot juga dapat menjadi tanda dimana rasa kram sering Anda rasakan. Kram kaki yang terjadi pada malam hari tentunya dapat menjadi tanda dimana menurunnya kadar magnesium, kalsium dan juga kalium yang ada di dalam darah. Jika kondisi ini terus terjadi, maka Anda harus segera memeriksakan diri Anda ke dokter tulang untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut lagi.

Cara Mengatasi Tulang Yang Lemah

Jika Anda sudah merasakan adanya gangguan pada tulang, maka hal tersebut dapat ditandai dengan adanya rasa kram dan juga nyeri pada tulang dan juga otot. Nutrisi yang cukup penting dalam menjaga kekuatan tulang yakni dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D dan juga kalsium. Dalam hal ini kalsium memang mendukung penuh struktur gigi dan juga tulang. Sedangkan vitamin D dapat memaksimalkan adanya penyerapan pada kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang.

Maka dari itu, tidak terlalu repot untuk menjaga kesehatan dan juga kekuatan tulang yakni dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan juga vitamin D yang bisa Anda dapatkan dari sumber makanan dan juga minuman. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D dan juga kalsium seperti susu, kacang-kacangan, tahu, keju, dan juga sayuran berwarna hijau. Selain itu, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan juga vitamin D dengan menggunakan suplemen.

Selain itu, Anda juga melakukan aktivitas fisik untuk melatih keseimbangan dan juga mendukung stabillitas stamina. Agar tulang Anda lebih kuat, maka diperlukan aktivitas fisik agar kekuatan otot dalam mengurangi beban menjadi lebih baik. Namun, alangkah baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis tulang untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!